10 Aplikasi Edit Video PC untuk Pemula

Tertarik untuk menjadi video creator atau ingin mendalami hobi di bidang video editing? Kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi edit video PC terbaik untuk membuat konten visual bagus yang dapat memanjakan penonton. Apalagi, ada banyak pilihan software gratis yang bisa dicoba.

Konten visual dalam bentuk video memang sedang trending dalam beberapa tahun terakhir. Jadi wajar saja jika ada banyak orang yang tertarik untuk menjadi vlogger maupun YouTuber. Seiring dengan trend tersebut, profesi sebagai video editor juga semakin tinggi peminatnya.

Rekomendasi Aplikasi Edit Video PC Terbaik

Sedang mencari software edit video yang ramah bagi pemula, namun belum menemukan pilihan terbaik? Beberapa aplikasi video editing di bawah ini bisa dijadikan sebagai pertimbangan:

1. Adobe Premiere Pro

Bagi kamu yang sudah lama bergelut dalam bidang video editing, pasti sudah familiar dengan Adobe Premiere Pro. Pasalnya, software besutan Adobe ini memang terkenal memiliki beragam pilihan fitur kompleks untuk memanjakan pengguna, mulai dari color grading hingga scene edit detection.

Selain itu, Adobe Premiere Pro juga mengusung tampilan interface yang mudah dipahami. Sehingga cukup worth it untuk digunakan oleh pemula maupun editor video amatiran.

Hanya saja, untuk bisa mengakses semua fitur dan tools eksklusif yang terdapat pada Adobe Premiere Pro, kamu harus merogoh kocek lumayan dalam.

2. Windows Movie Maker

Software video editor besutan Windows ini memang sudah eksis sejak zaman dahulu. Akan tetapi, selalu mengalami pembaruan seiring perkembangan waktu. Kamu bisa memilih versi paling kompatibel dengan OS yang diinstal pada perangkat untuk mendapatkan hasil lebih optimal.

Baca Juga :  9 Cara Melihat Spesifikasi Laptop Windows dan MacOS Terlengkap

Di Windows Movie Maker, kamu bisa menyunting video sesuai kebutuhan. Karena meskipun software ini gratisan, namun fitur yang disematkan cukup mumpuni.

Kamu dapat menikmati fitur editing dasar, seperti menambahkan efek visual maupun animasi, menambahkan transisi, menciptakan narasi, dan lain sebagainya.

Menariknya, untuk menggunakan aplikasi legal ini, kamu tidak membutuhkan perangkat PC dengan spesifikasi tinggi. Sebab software ini dapat diinstal hampir di semua versi komputer.

3. VirtualDuB

Bagi yang sedang mencari aplikasi edit video gratis terbaik, maka VirtualDub wajib masuk dalam daftar kamu. Software ini memungkinkan kamu untuk melakukan berbagai aktivitas penyuntingan video karena sudah dilengkapi tools basic, seperti cutting, splitting, dan trimming.

Selain itu, kamu juga bisa memperbaiki kualitas video supaya hasilnya steady dengan fitur Deshaker sehingga getaran yang dihasilkan saat mengambil video bisa diatasi. Sebelum memutuskan menyimpan file video, kamu bisa melihat hasil suntingan melalui menu preview pada aplikasi.

4. LumaFusion

Umumnya, LumaFusion digunakan oleh para editor video untuk menyunting karyanya. Namun, jika kamu ingin mengembangkan skill editing, maka LumaFusion bisa menjadi pilihan yang tepat. Terlebih lagi, aplikasi ini dapat dioperasikan pada perangkat dengan OS Windows maupun Mac.

Selain menghadirkan fitur penyunting video dasar, LumaFusion juga akan memanjakan pengguna dengan ragam tools canggihnya. Software yang juga kompatibel untuk perangkat smartphone ini juga memungkinkan kamu untuk langsung membagikan hasil editan video ke berbagai platform.

5. HitFilm Express

Aplikasi edit video PC HitFilm Express dapat kamu gunakan secara gratis sehingga sangat recommended untuk editor pemula yang memiliki budget pas-pasan. Meskipun begitu, faktanya HitFilm Express tetap menyuguhkan ragam fitur handal yang bisa memenuhi kebutuhan editing kamu.

Sebenarnya, HitFilm Express hadir dalam versi gratis dan berbayar. Bagi video editor profesional yang ingin merasakan sensasi menyunting video secara real time, maka bisa upgrade ke versi premium. Dengan begitu, bisa bebas menggunakan semua tools yang ada pada aplikasi.

Baca Juga :  Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Smartphone Android Tanpa Root

Mulai dari 2D dan 3D composting hingga penghapusan warna tertentu yang tampak tidak bagus pada video. Jadi, meskipun harus mengeluarkan sejumlah uang, namun tetap worth it. Pasalnya, harga yang perlu dibayarkan sebanding dengan keuntungan yang akan didapatkan.

6. EaseUS Video Editor

Bagi yang sedang mencari software mumpuni dengan antarmuka simple dan mudah dipahami, maka EaseUS Video Editor wajib untuk dipertimbangkan. Aplikasi ini telah mengusung berbagai fitur dan tools canggih yang akan memudahkan kegiatan editing video, baik dari segi audio maupun visual.

Menariknya lagi, EaseUS dapat digunakan pada semua sistem operasi Windows. Jadi, pengguna tidak perlu upgrade OS ke versi tertentu terlebih dahulu.

EaseUS sangat cocok dijadikan sebagai alternatif pilihan mengedit ragam jenis video, mulai dari marketing, materi training, konten hiburan, presentasi bisnis, dan lain sebagainya. Selain itu, pengguna juga bisa langsung mengekspor video ke perangkat atau platform lain secara gratis.

7. Avidemux

Aplikasi edit video PC Avidemux terkenal memiliki tampilan antarmuka user friendly sehingga tidak heran jika sangat diminati oleh berbagai kalangan. Pengguna dapat mengakses dan menggunakan semua fitur yang tersedia di Avidemux secara gratis. Bagaimana, menarik sekali, bukan?

Di Avidemux, pengguna bukan hanya bisa melakukan editing dasar, seperti cut dan trim video, tapi juga mengerjakan tugas pemrograman.

Kelebihan lain dari Avidemux adalah karena mendukung berbagai macam format file video, termasuk MP4, AVI, ASF, dan MPEG. Dengan begitu, pengguna tidak harus mengubah format video terlebih dahulu untuk bisa menyunting hasil karyanya di Avidemux.

8. BeeCut

Aplikasi video editing BeeCut juga sangat cocok untuk digunakan oleh pemula karena menawarkan ragam fitur keren dan kekinian, namun mudah dipahami. Di BeeCut, pengguna dapat menggunakan berbagai fitur tersedia untuk membuat hasil karya video tampak semakin bagus dan berkualitas.

Baca Juga :  10 Aplikasi Jual Beli Rumah Terpercaya yang Mudah Digunakan

Salah satu fitur andalan dari BeeCut yang banyak digandrungi adalah dubbing. Pasalnya, dengan fitur ini pengguna bisa langsung merekam suara melalui software. Jadi, tidak perlu install aplikasi lain.

9. Corel Video Studio Pro

Aktivitas menyunting video akan terasa jauh lebih mudah dan menyenangkan menggunakan Corel Video Studio Pro. Hadir dengan antarmuka yang intuitif, kamu bisa mengakses ragam fitur editing dasar sesuai kebutuhan, mulai dari menambahkan filter dan efek, koreksi warna, dan sebagainya.

Untuk menikmati fitur terlengkap dari Corel Video, maka pengguna harus upgrade ke versi premium terlebih dahulu. Namun, pengguna bisa melakukan uji coba dengan memanfaatkan trial 30 hari.

10. CyberLink PowerDirector

Aplikasi PowerDirector memungkinkan setiap orang untuk membuat konten menarik dengan efek visual berkualitas tinggi. Bahkan, pengguna bisa melakukan semua proses, mulai dari pembuatan video, editing, hingga mempublikasikan video ke berbagai platform melalui satu aplikasi saja.

Satu dari sekian banyak kelebihan yang menjadi daya tarik PowerDirector terdapat pada export video atau produce karena telah mendukung Full HD. Di samping itu, antarmuka yang diusung juga sangat bersahabat, sehingga kegiatan mengedit video menjadi lebih mudah.

Pada versi terbarunya, CyberLink PowerDirector juga telah mendukung fitur kekinian, seperti green screen dan stabilisasi video yang berfungsi meredam guncangan pada proses mengambil video.

 

Nikmati kemudahan menyunting video menggunakan aplikasi edit video PC terbaik. Untuk mendapatkan hasil editan berkualitas tinggi, pengguna dapat memilih salah satu aplikasi yang sesuai dengan budget dan kebutuhan. Pasalnya, tidak semua aplikasi dapat digunakan secara gratis.

Leave a Comment