11 Aplikasi Pengecil Ukuran Foto untuk Ponsel Android

zinergi.id – Memahami cara menggunakan aplikasi pengecil ukuran foto memang penting di zaman modern ini. Tidak terkecuali bagi pengguna ponsel Android. Selain bisa menghemat ruang penyimpanan, saat ingin mengunggah gambar ke platform online, terkadang kamu juga harus mengurangi ukuran file.

Sebenarnya, saat ini ada banyak sekali aplikasi image compressor yang bisa dijadikan sebagai alternatif solusi mengecilkan gambar. Akan tetapi, kamu juga harus memastikan kalau aplikasi yang dipilih tidak akan mengurangi kualitas foto meskipun ukuran filenya rendah.

Aplikasi Pengecil Ukuran Foto Terbaik 2022

Bingung dalam menentukan aplikasi photo compressor terbaik untuk dijalankan pada smartphone Android? Beberapa aplikasi di bawah ini bisa kamu jadikan sebagai referensi:

1. Compress Image Size

Aplikasi pengecil ukuran foto untuk Android besutan Mobso Apps ini dapat digunakan secara gratis. Hadir dengan antarmuka yang sangat sederhana, pengguna bisa mengecilkan ukuran gambar tanpa mengurangi kualitasnya secara mudah dan praktis dengan Compress Image Size.

Software ini memungkinkan pengguna untuk melakukan kompres foto ke ukuran file tertentu sesuai yang dibutuhkan. Hanya dalam beberapa detik, pengguna dapat memperkecil ukuran gambar ke mb atau kb. Setelahnya, bisa langsung disimpan ke galeri dalam format JPG/JPEG.

2. Video & Image Compressor

Selain bisa digunakan untuk memperkecil ukuran file foto, aplikasi ini juga menyediakan fitur video compressor. Jadi, kamu bisa mengurangi size file video supaya lebih mudah dibagikan.

Untuk memberikan kepuasan pada pengguna, Video & Image Compressor juga menyediakan beberapa opsi format file yang dapat kamu pilih, seperti JPEG, JPG, PNG, dan WEBP.

Baca Juga :  Cara Registrasi Kartu Smartfren Pengguna Baru atau Pengguna Lama

Kamu bahkan bisa memperkecil ukuran foto, misalnya dari 5 mb menjadi 200 kb untuk menghemat ruang penyimpanan. Pasalnya, aplikasi ini memungkinkan pengguna mengurangi ukuran gambar hingga 99%. Bagaimana, menarik sekali bukan?

3. Puma Image

Di Puma Image, pengguna dapat mengecilkan file gambar ke ukuran yang diinginkan. Jadi, tidak akan merasa kecewa dengan hasilnya. Apalagi, aplikasi ini mengusung antarmuka super friendly, sehingga cocok bagi pemula atau kalangan yang awam dengan teknologi.

Untuk mendukung aktivitas mengkompres ukuran file gambar, Puma menghadirkan 3 mode yang dapat dipilih pengguna, yaitu Auto untuk kompres foto otomatis, File Size untuk mengatur ukuran kompres secara manual, dan Resolution & Quality untuk memilih resolusi dan kualitas gambar.

Sayangnya, untuk penggunaan secara gratis kamu mungkin akan sedikit terganggu dengan keberadaan iklan yang pasti muncul setelah proses compressing selesai dilakukan.

4. Image Compressor

Aplikasi yang dikembangkan oleh Technozer Solution ini bukan hanya menyediakan fitur pengecil ukuran foto saja, tapi juga GIF. Dengan aplikasi Image Compressor, kamu bisa mengurangi ukuran maupun resolusi gambar secara tepat dan cepat.

Selain menawarkan fitur photo compressor hingga 90%, kamu juga dapat mengubah gambar ke berbagai format. Untuk mendukung kenyamanan pengguna, Image Compressor juga menghadirkan fitur share foto secara langsung ke berbagai platform, seperti Facebook, YouTube, dan Email.

5. Photo Compress 2.0

Aplikasi pengecil ukuran foto besar selanjutnya yang layak dicoba adalah Photo Compress 2.0. Selain memiliki ukuran ringan, aplikasi ini juga terkenal dengan performanya yang mumpuni.

Bahkan, Photo Compress 2.0 juga bebas iklan, sehingga pengguna tidak harus menonton iklan tertentu untuk bisa menikmati fitur yang tersedia di aplikasi.

Baca Juga :  9 Cara Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding

Photo Compress 2.0 memungkinkan kamu mengecilkan ukuran file gambar hingga 100 kb saja. Di aplikasi ini, kamu juga dengan memangkas bagian foto yang tidak diinginkan secara mudah.

Sayangnya, jika menggunakan versi gratis kamu hanya dapat mengkompres maksimal 10 foto. Untuk menikmati fitur unlimited compress dan batch resize, maka harus berlangganan terlebih dahulu.

6. TinyPhoto

Sama seperti namanya, aplikasi pengecil ukuran foto ini berfungsi untuk mengurangi ukuran file pada gambar yang kamu inginkan. Bagi kamu yang membutuhkan aplikasi handal untuk mengkompres foto dalam jumlah banyak, maka TinyPhoto bisa menjadi pilihan terbaik.

Bahkan, kamu juga dapat melakukan proses compressing gambar dalam format berbeda secara bersamaan. Jadi, tidak perlu  bersusah payah mengkompres foto satu per satu.

7. PicTools Batch

Memiliki keinginan untuk mengecilkan ukuran foto, namun merasa khawatir kalau kualitas atau resolusinya akan berubah? Jika kamu sedang menghadapi dilema ini, maka dapat menjatuhkan pilihan pada aplikasi photo compressor mumpuni PicTools Batch.

Aplikasi ini menyajikan tampilan antarmuka minimalis dan sederhana, sehingga kamu tidak akan menemukan kesulitan berarti dalam mengoperasikan PicTools Batch. Kabar baik lainnya adalah karena PicTools Batch bisa diakses secara offline, sehingga kamu tidak harus terhubung internet.

8. Photo & Picture Resize

Aplikasi pengecil ukuran foto di hp Android yang wajib masuk dalam list kamu selanjutnya adalah Photo & Picture Resize. Photo compressor besutan Farluner Apps & Games ini cukup mumpuni digunakan untuk memperkecil ukuran file gambar hingga 100 KB.

Photo & Picture Resize dibekali dengan ragam fitur lengkap dan gratis untuk digunakan, seperti batch resizer. Menariknya, meskipun ukuran foto telah berkurang, namun resolusi foto akan tetap sama.

Di samping itu, proses kompresi tidak akan menghilangkan file original. Dengan kata lain, foto yang dikompres akan diduplikasi. Sehingga kamu tidak perlu khawatir jika gambar aslinya hilang.

Baca Juga :  Cara Buka Toko di Lazada dan Tips Melakukan Pengamanan Akun Seller

9. Reduce Photo Size

Bagi yang menggunakan smartphone Android dengan spesifikasi terbatas, tapi mempunyai keinginan untuk mengecilkan ukuran gambar. Aplikasi pengecil ukuran foto Reduce Photo Size bisa dijadikan pilihan terbaik. Pasalnya, ukuran aplikasi ini terbilang sangat ringan, yakni hanya 1,8 MB.

Dibalik ukurannya yang ringan, Reduce Photo Size menghadirkan fitur cukup kompleks. Bukan hanya kompres foto, namun juga memangkas, dan memutar foto sesuai keinginan.

10. Lite Photo

Nikmati mudahnya aktivitas memperkecil ukuran foto dengan 3 opsi kompresi default untuk menjaga keseimbangan antara kualitas dan resolusi gambar.

Lite Photo memungkinkan kamu untuk mengurangi ukuran gambar sesuai keinginan. Melalui aplikasi ini, kamu juga dapat mengubah ukuran gambar dan mengkonversi file ke format JPG, PNG, WEBP, hingga PDF. Jadi, kamu bisa lebih mudah dalam membagikan gambar.

11. Quality Image Compressor

Aplikasi yang diprakarsai oleh ACE Labs ini dirancang khusus untuk memudahkan proses kompresi gambar ke ukuran lebih kecil tanpa kehilangan kualitasnya. Hadir dengan User Interface yang mudah digunakan, kamu bisa menggunakan semua fitur yang ada tanpa hambatan berarti.

Selain fitur kompres foto, Quality Image Compressor juga bisa digunakan untuk fungsi lain, termasuk rotasi (memutar), memangkas, dan menyimpan gambar yang sudah diperkecil ukurannya.

Salah satu keunggulan dari Quality Image Compressor yang tidak boleh dilewatkan adalah karena memungkinkan pengguna mengkompres foto dengan rentang ukuran 20 kb – 100 kb. Setelah foto dikompresi, gambar asli tidak akan dihapus dari galeri.

 

Membutuhkan gambar untuk di upload atau dikirim urgent, tapi sedang tidak membawa laptop? Kamu bisa langsung mengunduh aplikasi pengecil ukuran foto hp Android sebagai solusinya. Terlebih lagi, ada cukup banyak aplikasi photo compressor gratis dengan fitur handal yang bisa kamu coba.

Leave a Comment