11 Aplikasi Video Call Gratis Terbaik untuk Semua Perangkat

Di era modern saat ini, penggunaan aplikasi video call gratis memang sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi banyak kalangan. Pasalnya, melakukan panggilan video merupakan alternatif terbaik untuk mengatasi kerinduan terhadap orang-orang tersayang yang terpisah jarak dan waktu.

Dibandingkan berkomunikasi melalui pesan teks atau panggilan suara. Video call tentu jauh lebih efektif dan efisien. Sebab kamu bisa melihat langsung lawan bicara secara real sehingga komunikasi semakin lancar. Oleh karena itu, wajar jika aplikasi vc juga sering digunakan untuk meeting online.

Tingginya minat terhadap aplikasi panggilan video membuat banyak developer berlomba-lomba meluncurkan video call app dengan ragam fitur terbaik. Di satu sisi, pilihan aplikasi yang beragam ini tentu menjadi keuntungan bagi publik. Sebab bisa lebih leluasa dalam memilih aplikasi terbaik.

Aplikasi Video Call Gratis dengan Fitur Terlengkap

Sedang mencari aplikasi panggilan video gratis dengan fitur terlengkap? Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi terbaik yang bisa dijadikan bahan referensi:

1. Skype

Kamu pasti sudah sangat familiar dengan layanan komunikasi multiplatform satu ini, bukan? Popularitas Skype memang sudah tidak perlu diragukan. Apalagi, aplikasi video call gratis seluruh dunia ini juga kompatibel dengan berbagai perangkat, mulai dari PC, laptop, hingga smartphone.

Skype memungkinkan setiap orang untuk berkomunikasi, baik melalui SMS, voice call, serta video call secara gratis kapan dan dimana saja. Dengan catatan, perangkat kamu terhubung dengan jaringan internet. Di Skype, kamu juga mengekspresikan perasaan dengan mengirim emoticon unik.

2. LINE

Apabila dilihat seri segi layanan dan fitur yang diusung, aplikasi besutan LINE Corporation ini memang bisa dikatakan komplit. Sebab keseruan sosial media dan komunikasi, termasuk video call praktis dan gratis dapat dilakukan hanya dengan menginstal satu aplikasi.

Baca Juga :  10 Aplikasi Tanda Tangan Digital Berbasis Website dan Android

Di LINE, kamu bisa menikmati berbagai layanan, mulai dari perpesanan (messaging), panggilan video (video call), shopping, berita (news), dan lain sebagainya.

Hampir sama dengan WhatsApp, LINE juga mendukung video call group. Jadi, kamu bisa mengundang orang lain untuk bergabung. Pada versi terbarunya, pengguna dapat melakukan video call dengan 200 orang sekaligus. Bagaimana, menarik sekali, bukan?

3. Google Duo

Aplikasi video call lintas platform yang dikembangkan oleh Google LLC ini memungkinkan kamu melakukan panggilan video call grup dengan anggota hingga 32 orang.

Hadir dengan tampilan Interface sederhana, kamu pasti tidak akan menemukan kesulitan berarti saat menggunakan Google Duo. Berbeda dengan aplikasi kebanyakan, untuk melakukan panggilan video grup, kamu harus menggunakan sebuah link invitation.

4. IMO

Bagi yang sedang mencari aplikasi video call gratis berskala global, maka IMO – International Calls & Chat bisa menjadi pilihan terbaik. IMO merupakan aplikasi gratis dan praktis yang memungkinkan kamu untuk melakukan video call lintas negara tanpa harus merogoh kocek sepeser pun.

Untuk mendukung kenyamanan dan kepuasan pengguna, IMO dirancang khusus agar kompatibel dengan semua jaringan, mulai dari 2G, 3G, 4G, atau WiFI. Jadi, bisa dibayangkan betapa mumpuninya aplikasi ini. Karena kamu bisa melakukan video call meskipun jaringan hanya 2G.

IMO juga dapat digunakan pada berbagai perangkat dan sistem operasi, termasuk smartphone OS Android dan iOS, maupun PC/Laptop OS Windows dan Mac.

5. WhatsApp

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa WhatsApp merupakan salah satu aplikasi video call gratis terbaik Android dan menjadi primadona bagi banyak kalangan. Pada versi terbarunya, WhatsApp juga sudah mendukung penggunaan aplikasi di berbagai perangkat dan OS.

Baca Juga :  Cara Mengaktifkan Shopee Paylater, Besar Bunga dan Dendanya

Untuk memanjakan para penggunanya, WhatsApp menghadirkan fitur panggilan suara dan video berkualitas tinggi yang dilindungi enkripsi end to end. Sehingga keamanan dan privasi terjamin.

Menariknya lagi, di WhatsApp kamu bisa melakukan panggilan video dengan beberapa orang sekaligus, bahkan bisa sampai 50 orang. Tidak heran jika WhatsApp sangat digandrungi. Karena memungkinkan setiap orang untuk bisa ngobrol  seru melalui panggilan video di satu platform.

6. Zoom

Popularitas aplikasi besutam Zoom.US ini memang melonjak drastis pada masa pandemi Covid-19, terutama pada saat pemberlakuan work from home dan study from home.

Aplikasi Zoom menawarkan panggilan video berkualitas HD untuk mendukung aktivitas meeting online. Kamu juga bisa melakukan video call grup dengan mengundang hingga 100 orang.

Sayangnya, pengguna Zoom versi basic hanya dapat menikmati panggilan video secara gratis dalam 40 menit pertama. Jika ingin bebas menggunakan semua fitur yang ada tanpa batasan waktu, maka harus upgrade akun ke versi berbayar terlebih dahulu.

7. JustTalk

Nikmati kemudahan berkomunikasi, mulai dari berkirim pesan teks, hingga melakukan panggilan suara dan panggilan video hanya di JustTalk. Aplikasi video call dan perpesanan gratis ini menghadirkan antarmuka yang sederhana sehingga bisa dengan mudah dipahami penggunanya.

Selain menawarkan interaksi video secara real time, aplikasi ini juga mendukung voice call dan video call berkualitas tinggi meskipun koneksi internet kamu sedang jelek, misalnya hanya tersedia 2G.

8. Instagram

Aplikasi video call gratis yang wajib masuk dalam daftar selanjutnya adalah Instagram. Aplikasi berbasis sosial media ini memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan video, baik secara personal maupun berkelompok. Jadi, tetap bisa ngobrol seru dalam satu frame video dengan teman.

Fitur panggilan video di Instagram dapat diakses melalui halaman Direct Message. Setelah itu, pilih teman yang hendak dihubungi. Bagi yang memiliki grup, maka dapat memanfaatkan fitur video call group. Hanya saja, jumlahnya masih terbatas jika dibandingkan beberapa aplikasi serupa lainnya.

Baca Juga :  5 Cara Reset HP Xiaomi All Tipe agar Data Tidak Hilang

9. Facebook Messenger

Kangen dengan teman, kerabat, atau sahabat tapi terhalang jarak dan waktu? Jangan khawatir, karena kamu bisa download aplikasi video call gratis Facebook Messenger sebagai solusinya.

Melalui aplikasi FB Messenger, kamu dapat melakukan video call dengan semua teman di Facebook. Seperti LINE, aplikasi besutan Meta Platforms, Inc ini juga menghadirkan stiker dan filter yang bisa digunakan selama melakukan panggilan video. Sehingga kegiatan video call menjadi lebih seru.

10. BOTIM

Aplikasi video call BOTIM dilindungi enkripsi sehingga aman digunakan. Secara umum, fitur basic yang tersedia di BOTIM hampir sama dengan aplikasi panggilan video lain. Kamu juga bisa berkirim pesan teks, mengirim foto, video, rekaman suara, hingga melakukan video call grup.

11. ICQ

Komunikasi melalui pesan teks dan panggilan video menjadi lebih mudah dan praktis dengan aplikasi ICQ. Meskipun aplikasi ini gratis, namun kamu tidak akan terganggu oleh iklan dadakan.

Aplikasi ICQ dapat diakses melalui perangkat seluler maupun desktop sehingga sangat fleksibel digunakan. Kabar baiknya, ICQ juga bisa dijalankan secara lancar tanpa perlu khawatir dengan koneksi internet buruk. Karena ICQ tetap dapat berfungsi stabil saat sinyal sedang lemah.

Demi kepuasan pengguna, ICQ menghadirkan fitur konversi pesan suara menjadi teks. Jadi, kamu tidak perlu bersusah-payah mengetik pesan untuk dikirimkan.

 

Beberapa aplikasi video call gratis di atas dapat dijadikan alternatif pilihan untuk berkomunikasi secara intens dengan orang yang dikenal, maupun keperluan lain. Pasalnya, aplikasi tersebut juga mendukung panggilan video grup sehingga cocok digunakan untuk meeting, dan sebagainya.

Leave a Comment