13 Aplikasi Perekam Layar PC Terbaik Paling Direkomendasikan

zinergi.idAplikasi perekam layar PC merupakan salah satu software penting yang harus dimiliki oleh setiap video creator. Pasalnya, aplikasi yang dipilih akan memberikan pengaruh besar terhadap konten yang dihasilkan. Oleh sebab itu, pastikan memilih aplikasi terbaik yang telah mendukung grafis tinggi.

Sebagai smart creator, kamu juga harus mempertimbangkan spesifikasi dan fitur yang dimiliki oleh setiap aplikasi screen recorder. Supaya tidak merasa kecewa karena aplikasi unduhan kurang sesuai dengan ekspektasi, pastikan hanya memilih aplikasi yang kompatibel dengan perangkat.

Referensi Aplikasi Perekam Layar PC dan Laptop Gratis

Berencana untuk memulai debut sebagai video creator, namun masih bimbang dalam memutuskan ingin menggunakan aplikasi perekam layar PC yang dapat menghasilkan rekaman video berkualitas?

Di bawah ini adalah beberapa pilihan aplikasi screen recorder yang bisa dijadikan referensi:

1. Hitpaw Screen Recorder

Aplikasi perekam layar PC gratis ini mengusung antarmuka sederhana sehingga mudah digunakan oleh pengguna. Meskipun gratis, namun Hitpaw telah dibekali berbagai fitur mumpuni yang diakses untuk berbagai kepentingan, termasuk meeting online, presentasi, live game, dan sebagainya.

Di samping itu, pengguna juga bisa memutuskan untuk merekam sebagian atau seluruh layar dekstop sesuai kebutuhan. Hanya saja, jika menggunakan versi gratis Hitpaw, maka hasil rekaman akan memiliki tanda air (watermark) yang dianggap mengganggu oleh sebagian pengguna.

2. VideoProc

Software VideoProc bisa menjadi alternatif pilihan mudah untuk merekam layar laptop dan komputer pada perangkat dengan OS Windows dan Mac. Menariknya, di VideoProc pengguna bisa melakukan screen recording tanpa batasan waktu dengan kualitas rekaman video berkualitas tinggi.

Baca Juga :  Cara Buka Toko di Lazada dan Tips Melakukan Pengamanan Akun Seller

Oleh sebab itulah, tidak mengherankan jika VideoProc sangat diminati oleh banyak orang karena bisa dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan, mulai dari live streaming, online conference, dan lainnya. Kabar baiknya, aplikasi ini juga kompatibel dengan berbagai spesifikasi perangkat.

3. Screenpresso

Aplikasi screen recorder ini hadir dalam mode gratis dan premium. Untuk menikmati semua tools yang terdapat di Screenpresso, maka pengguna bisa upgrade keanggotaan melalui situs resminya.

Namun, untuk penggunaan standar, sebenarnya cukup menggunakan mode gratis. Apalagi, pengguna juga tetap dapat merekam layar tanpa watermark mengganggu.

Lebih lanjut, Screenpresso memungkinkan pengguna untuk bisa langsung membagikan hasil rekaman ke berbagai platform atau memilih untuk menyimpannya di perangkat.

4. Action!

Kamu berencana untuk melakukan streaming dan ingin merekam video secara real time? Action bisa menjadi pilihan terbaik. Aplikasi ini telah mengusung berbagai fitur handal, termasuk screenshot.

Untuk mendukung kenyamanan dan kepuasan pengguna, Action menghadirkan format rekaman AVI dan MP4 yang kompatibel dengan berbagai aplikasi video editor.

Sedangkan untuk kualitas grafis rekaman, pengguna dapat memilih HD (1080p) supaya hasilnya lebih jernih. Sayangnya, saat ini Action hanya dapat dioperasikan pada perangkat berbasis OS Windows, dan belum tersedia untuk Linux maupun Mac.

5. TinyTake

Aplikasi perekam layar PC yang layak untuk dijadikan pertimbangan selanjutnya adalah TinyTake. Software besutan MangoApps ini dapat kamu gunakan tanpa harus merogoh kocek sepeserpun.

Meskipun begitu, fitur-fitur yang disuguhkan juga terbilang canggih. Mulai dari screen recorder untuk sebagian area atau seluruh layar, anotasi, zoom in, zoom out, dan sebagainya.

Hanya saja, pada versi gratisnya kamu hanya dapat melakukan perekaman hingga durasi 5 menit. Sedangkan jika kamu upgrade ke versi berbayar, maka bisa merekam hingga 120 menit.

Baca Juga :  10 Aplikasi Belanja Online Terbaik Paling Diminati 2022

6. Open Broadcaster Software (OBS)

Download aplikasi perekam layar PC gratis tanpa watermark OBS untuk kenyamanan merekam screen tanpa adanya tanda air yang mengganggu tampilan video.

Open Broadcaster Software adalah aplikasi open source yang dapat digunakan di berbagai platform, mulai dari perangkat dengan sistem operasi GNU/Linux, Windows, hingga OSX.

Aplikasi ini menghadirkan antarmuka cukup sederhana sehingga bisa dengan mudah dipahami oleh pengguna amatiran. Bahkan, kamu juga dapat memanfaatkan fitur yang ada untuk merekam suara.

7. ShadowPlay

Jika kamu membutuhkan perekam layar mumpuni dengan dukungan teknologi canggih, maka ShadowPlay dari Nvidia GeForce Experience adalah jawabannya. ShadowPlay mempunyai kemampuan untuk merekam mundur dengan durasi 20 menit ke belakang, menarik sekali, bukan?

8. DXTory

Software screen recorder DXTory menyuguhkan interface dan pengaturan yang bisa dikatakan sangat simple. Meskipun begitu, kemampuannya dalam merekam video berkualitas tinggi tidak perlu diragukan. Aplikasi ini bahkan memungkinkan pengguna untuk merekam dua suara secara terpisah.

9. iMyFone Filme

Bagi yang sedang mencari aplikasi perekam layar PC gratis dengan fitur super lengkap, maka jangan ragu untuk mengunduh iMyFone Filme. Software ini hadir dengan 3 opsi mode yang dapat disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan pengguna.

iMyFone Filme dapat dijalankan pada perangkat komputer maupun laptop dengan sistem operasi Windows, termasuk Windows 7 yang mengusung GPU Intel HD Graphics 5000 ke atas.

10. ShareX

Selain menyuguhkan antarmuka yang praktis digunakan. Aplikasi sumber terbuka ini juga didukung berbagai macam fitur mumpuni, termasuk screen recorder dan anotasi yang akan membuat aktivitas merekam layar menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Bukan hanya itu, ShareX juga memungkinkan para penggunanya untuk melakukan perekaman layar secara unlimited (tanpa batas waktu) dan menyimpannya dalam berbagai format, seperti GIF.

Baca Juga :  Cara Download Scribd Gratis dengan Cepat dan Praktis

Akan tetapi, ShareX tidak cocok digunakan merekam game dan tampilannya juga cenderung monoton. Namun, masih worth it jika dipakai untuk kebutuhan dasar.

11. Xsplit Gamecaster

Sesuai namanya, Xsplit Gamecaster cocok untuk digunakan oleh para gamer amatir maupun profesional. Selain gratis, aplikasi ini juga menyuguhkan fitur-fitur unggul, seperti live streaming game secara stabil hanya dengan sekali klik saja.

Menariknya lagi, aplikasi ini juga akan melakukan konfigurasi pengaturan secara otomatis sesuai spesifikasi perangkat yang kamu gunakan.

Untuk memberikan layanan optimal pada penggunanya. Xsplit juga dibekali fitur video editor default (bawaan), sehingga pengguna bisa merekam video sekaligus mengeditnya di aplikasi yang sama.

12. WM Capture

Aplikasi perekam layar dan audio PC WM Capture bisa menjadi alternatif pilihan terbaik untuk merekam video di perangkat desktop. Uniknya, software ini juga mengusung fitur schedule recording, sehingga pengguna dapat menjadwalkan kapan ingin memulai rekaman.

Di samping itu, kamu juga dapat memilih area layar yang ingin direkam. Setelah perekaman selesai, kamu bisa langsung membagikan atau menyimpan hasil rekaman dalam berbagai format, seperti AVI, WMV, MPEG, DVD-ISO, dan banyak lagi lainnya.

13. Bandicam

Aplikasi screen recorder PC/Laptop populer ini bisa digunakan untuk merekam video berkualitas tinggi, bahkan hingga 4K UltraHD. Selain itu, Bandicam juga menghadirkan fitur kompres video, sehingga kamu bisa menyimpan hasil rekaman dalam ukuran file lebih kecil.

Akan tetapi, pada versi gratisnya kamu akan diganggu dengan keberadaan watermark. Lebih lanjut, aplikasi ini juga belum memiliki fitur live streaming.

 

 

Setiap aplikasi perekam layar PC mengusung fitur berbeda, dan memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, setiap creator dituntut untuk lebih detail dalam memilih aplikasi. Sebaiknya, gunakan aplikasi dengan fitur-fitur sesuai yang dibutuhkan.

Leave a Comment