2 Cara Retur Barang di Shopee Dijamin Berhasil

Barang yang dibeli dari e-commerce Shopee terkadang tidak sesuai dengan deskripsi. Sebagian toko mengizinkan pembeli untuk mengajukan pengembalian barang. Apakah sudah tahu bagaimana cara retur barang di Shopee?

Pengembalian juga dapat diajukan apabila penjual salah mengirimkan barang, barang mengalami kerusakan, dan sebagainya. Tidak sulit untuk melakukan retur barang. Hanya saja ada beberapa langkah yang harus ditempuh. Semuanya akan dijelaskan pada kesempatan kali ini.

Ketentuan Retur Barang di Shopee

Sebelum mempelajari cara retur barang di Shopee, sebaiknya pahami ketentuan atau persyaratan yang harus dipenuhi. Berikut ini adalah beberapa poin yang perlu diperhatikan sebelum mengajukan pengembalian produk di Shopee.

  1. Pengajuan pengembalian hanya bisa dilakukan untuk barang atau produk yang belum diterima. Barang yang akan dikembalikan juga harus memenuhi syarat, yaitu tidak sesuai dengan pesanan atau dalam kondisi yang rusak.
  2. Jika pengguna sudah menekan tombol Pesanan Diterima dan uang sudah diserahkan kepada penjual, maka pengajuan pengembalian sudah tidak bisa dilakukan.
  3. Proses pengajuan pengembalian barang hanya dapat dilakukan saat masih dalam masa garansi Shopee.
  4. Dalam mengajukan pengembalian barang, pembeli wajib memberikan alasan yang masuk akal disertai dengan bukti yang kuat.
  5. Pembeli yang mengajukan pengembalian barang atau produk harus mendapatkan persetujuan dari penjual.
  6. Shopee memfasilitasi diskusi antara penjual dan pembeli ketika pengembalian barang diajukan oleh pembeli.
  7. Penjual dapat menolak permintaan pengembalian barang yang diajukan oleh pembeli apabila alasannya kurang masuk akal atau tidak disertai dengan bukti yang kuat. Contoh buktinya seperti foto dan video unboxing.
  8. Jika penjual tidak menanggapi permintaan pengembalian dana yang diajukan oleh pembeli, maka permintaan tersebut akan otomatis disetujui oleh sistem setelah 3 x 24 jam.
  9. Apabila disetujui penjual, pembeli akan menerima pengembalian dana setelah penjual menerima barang.
  10. Setelah barang diterima oleh penjual, pembeli akan mendapatkan pengembalian dana yang dikirimkan melalui metode pembayaran yang dipilihnya.
Baca Juga :  3 Cara Unreg Kartu Indosat Efektif yang Bisa Dilakukan Sendiri

Cara Retur Barang di Shopee Mall

Ada sedikit perbedaan prosedur cara retur barang di Shopee Mall dan non Shopee Mall. Di bawah akan dijelaskan tentang retur barang dari Shopee Mall.

1. Buka Aplikasi Shopee

Pertama, buka aplikasi Shopee terlebih dahulu di smartphone. Caranya adalah dengan mengeklik ikon aplikasinya. Semua pengguna tentu sudah memahami langkah ini.

2. Pilih Barang yang Dikembalikan

Berikutnya, pilih salah satu barang yang ingin dikembalikan. Prosedur atau langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Klik pada menu Saya yang terletak di kanan bawah.
  2. Kemudian klik menu Dikirim pada kelompok menu Pesanan Saya.
  3. Klik pada salah satu pesanan.
  4. Scroll ke bawah pada halaman detail pesanan, kemudian klik Ajukan Pengembalian.

3. Pilih Alasan dan Sertakan Bukti

Berikutnya, pengguna akan diarahkan ke halaman pengembalian. Ikuti prosedur berikut ini untuk melanjutkan.

  1. Beri tanda centang pada produk yang bermasalah.
  2. Kemudian klik Pilih Alasan.
  3. Pengguna bisa memilih salah satu alasan, misalnya “Menerima produk yang salah”.
  4. Klik Tambahkan Foto untuk memberikan bukti yang kuat kepada penjual. Di sini, pengguna juga dapat menambahkan video.
  5. Isi juga bagian deskripsi untuk menjelaskan lebih lanjut tentang alasannya.

4. Pilih Solusi Pengembalian Barang

Sekarang pilih salah satu solusi untuk pengembalian barang. Pembeli bisa memilih antara Pengembalian barang dan dana atau pengembalian sebagian dana tanpa pengembalian barang.

Karena akan mengembalikan barang, maka pilih opsi yang pertama. Terakhir, klik pada tombol Kirimkan.

5. Tunggu Persetujuan Penjual

Sekarang pengguna hanya perlu menunggu persetujuan dari pihak penjual untuk memproses permintaan tersebut. Di tengah proses ini, penjual dan pembeli bisa berdiskusi di forum yang disediakan oleh Shopee.

Baca Juga :  6+ Cara Retur Barang di Lazada, Dijamin Berhasil!

Cara Retur Barang di Shopee Star Seller

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, cara retur atau pengembalian barang di Shopee Mall dan Star Seller agak berbeda. Perhatikan langkah-langkah di bawah dan perhatikan bedanya.

  1. Buka aplikasi Shopee dan lanjut masuk ke menu Saya.
  2. Klik Pesanan Saya dan pilih Dikirim.
  3. Klik salah satu pesanan untuk melihat rinciannya.
  4. Scroll ke bawah lalu klik Ajukan Pengembalian.
  5. Centang produk yang akan dikembalikan.
  6. Pilih alasan yang sesuai.
  7. Sertakan bukti berupa foto dan video.
  8. Tambahkan keterangan lebih lanjut di bagian bawah.
  9. Masukkan juga alamat email yang aktif.
  10. Kemudian klik Kirimkan.
  11. Tunggu tanggapan dari penjual.

Perbedaannya adalah tidak ada pilihan solusi pengembalian untuk toko non Shopee Mall. Jadi, pengguna hanya punya satu opsi, yaitu retur barang untuk mendapatkan pengembalian dana.

Cara Mengirim Barang Retur ke Shopee

Jika memilih untuk mengembalikan barang dan sudah disetujui penjual, maka yang harus dilakukan sekarang adalah mengirim kembali barang tersebut. Pengiriman dapat dilakukan melalui dua jasa kirim, yaitu J&T dan Alfatrex dengan ketentuan berikut ini.

  • J&T: berat maksimum barang 50kg dan/atau dimensi 50 cm x 50 cm x 50 cm.
  • Alfatrex: berat maksimum barang 20 kg dan/atau dimensi 100 cm x 100 cm x 100 cm.

Jika masih masuk dalam batasan tersebut, pengiriman masuk ke dalam kategori gratis ongkir. Artinya, ongkos kirim ditanggung oleh pihak Shopee. Pengiriman barang ditujukan ke alamat toko. Khusus untuk barang dari Shopee Mall ditujukan ke alamat gudang Shopee.

Pastikan barang dikemas dengan baik dan aman terlebih dahulu. Kemudian bawa ke counter jasa kirim untuk dikirimkan. Tunjukkan resi yang didapatkan dari Shopee agar tidak perlu membayar ongkos kirim ke counter.

Baca Juga :  3+ Cara Mengubah Username Shopee yang Tidak Bisa Diubah

Berapa Lama Waktu yang Diperlukan Untuk Pengembalian Barang?

Waktu yang diperlukan untuk pengembalian barang dan dana berbeda antara toko Shopee Mall dengan Star Seller. Pengembalian barang atau dana untuk barang dari Shopee Mall akan diproses kurang lebih 3 hingga 5 hari kerja setelah pesanan sampai dan diterima di Gudang Shopee.

Sedangkan untuk produk yang dibeli dari toko selain Shopee Mall, pengembalian akan diproses maksimal 2 hari setelah barang terkirim ke alamat toko, jika menggunakan resi otomatis dari Shopee.

Untuk barang yang dikirimkan tanpa menggunakan resi otomatis Shopee, pengembalian dana akan diproses maksimal 7 hari sejak resi diinput oleh pengguna ke sistem.

Apakah Barang yang Sudah Diterima Bisa Dikembalikan?

Sebagian pembeli sudah terlanjur mengeklik “Pesanan Diterima” sebelum memeriksa barang. Kalau sudah begini, apakah barang masih bisa dikembalikan kepada penjual jika tidak sesuai dengan pesanan?

Dalam syarat dan ketentuan yang dimiliki oleh Shopee telah disebutkan bahwa barang tidak bisa dikembalikan jika statusnya sudah diterima apalagi yang sudah dinilai. Namun masih ada solusi berikut ini yang bisa dicoba.

  1. Coba hubungi penjual melalui fitur Chat.
  2. Jelaskan kendala yang dialami terkait barang yang diterima, misalnya rusak, cacat, dan sebagainya.
  3. Jangan lupa untuk menyertakan bukti.
  4. Apabila penjual menyetujui untuk pengembalian dana/barang, langkah berikutnya adalah hubungi Customer Service Shopee.
  5. Jelaskan kendala yang dialami kepada CS Shopee dan petugas akan memberikan solusinya.

Cara retur barang di Shopee sebenarnya tidak terlalu sulit, bukan? Jika menerima barang dari e-commerce, jangan lupa buat video unboxing. Video ini bisa menjadi bukti jika memang harus mengajukan pengembalian.

Leave a Comment