3 Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard Mudah dan Efektif

Ketika sedang asyik bekerja dengan laptop, tak jarang perangkat yang satu ini tiba-tiba error. Jika menghadapi situasi seperti ini, kamu bisa mencoba cara mematikan laptop dengan keyboard. Terlebih jika dengan cara biasa tidak berjalan seperti biasanya.

Sebagai perangkat yang cocok untuk bekerja dan mencari hiburan, laptop memang bisa mengalami error. Terlebih jika perangkat tersebut memang sudah berusia cukup lama sehingga performanya menurun. Agar bisa mengembalikan fungsinya, kamu bisa mematikan laptop dengan keyboard.

Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard

Pengetahuan dasar mengenai laptop penting diketahui, terutama jika kamu sering menggunakannya untuk pekerjaan. Umumnya, mematikan laptop bisa dengan menu start. Namun jika laptop sedang gangguan atau error, maka disarankan menonaktifkannya dengan keyboard.

1. Menggunakan Windows + Shut Down

Cara mematikan laptop dengan keyboard ini terbilang aman dan tidak memerlukan keterampilan khusus. Cara ini sangat praktis karena kamu tinggal menekan tombol Windows terlebih dahulu pada keyboard.

Jika sudah, selanjutnya bisa memilih logo shut down, yaitu yang berlogo panah. Setelah itu, lanjutkan dengan tombol Enter kemudian laptop secara perlahan akan mati.

2. Menggunakan Alt + F4

Mematikan laptop ketika sedang gangguan sebenarnya bukan perkara sulit. Kamu tinggal memahami shortcut apa saja yang bisa digunakan agar perangkat tersebut bisa segera nonaktif. Misalnya dengan menekan kombinasi tombol ALT + F4 secara bersamaan.

Baca Juga :  Cara Kirim Pulsa Telkomsel dan Syarat Lengkap

Setelah itu, geser ke menu shutdown hingga laptop berpindah ke mode nonaktif secara otomatis. Dengan demikian, kamu tinggal menyalakannya kembali dan cek apakah laptop sudah berfungsi seperti semula atau belum.

3. Menggunakan Ctrl + Alt + Del

Ada banyak shortcut yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan laptop error. Misalnya kombinasi tombol Ctrl + Alt + Del yang bisa ditekan bersamaan sehingga laptop akan mati secara otomatis.

Pada dasarnya, pengguna harus menekannya secara bersamaan hingga nantinya muncul logo shutdown. Selanjutnya, kamu bisa menekan opsi shutdown tersebut sampai laptop dalam kondisi off.

4. Cara Mematikan Laptop Menggunakan Tombol Power

Cara mematikan laptop dengan keyboard Windows 8 juga bisa dilakukan dengan menggunakan tombol power. Tombol ini bisa ditekan selama beberapa detik sampai layar menghitam. Metode ini dikenal juga dengan istilah hard reset, namun memang cukup berisiko.

Langsung menekan tombol power bisa mempengaruhi performa hardware laptop secara tidak langsung. Oleh karena itu, sebaiknya jangan sering menggunakan metode ini agar laptop tidak error.

Cara Mematikan Perangkat Laptop/Komputer Melalui CMD

Salah satu cara agar laptop bisa awet adalah dengan mematikannya jika sedang tidak digunakan. Kebanyakan orang akan menonaktifkan perangkat ini melalui tombol start lalu dilanjutkan dengan memilih shut down. Namun, ternyata fitur CMD juga bisa digunakan jika ingin mematikan laptop.

Fitur CMD memang menjadi solusi banyak kendala pada perangkat. Salah satunya ketika laptop sedang tidak bisa dimatikan menggunakan menu start. Pada dasarnya, command prompt akan menjalankan perintah yang sudah diinput melalui tulisan.

1. Membuat Perintah Matikan Laptop

Adapun cara akses CMD sendiri sangat mudah, begitupun jika ingin mematikan laptop menggunakan fitur ini.

  • Langkah pertama, buka menu Start lalu cari “Command Prompt” di kolom pencarian.
  • Selanjutnya, tekan
  • Jika CMD sudah terbuka, berikutnya ketikkan “shutdown –s”.
  • Tekan
  • Tunggu sampai pada layar menampilkan informasi “Windows akan dimatikan dalam kurang dari satu menit”.
Baca Juga :  Cara Transfer Shopeepay ke Gopay dengan Cepat dan Praktis

2. Membuat Hitung Mundur Sebelum Laptop Mati

Fitur CMD juga memungkinkan kamu membuat program sederhana, yaitu dengan menghitung mundur sebelum laptop mati. Adapun waktu yang bisa dipilih memang sesuai dengan kebutuhan pengguna, misalnya 1 menit.

  • Pastikan fitur CMD sudah terbuka pada Windows.
  • Selanjutnya, ketikkan perintah “shutdown –s –t60”.
  • Klik
  • Tunggu sampai laptop mati sesuai waktu yang ditentukan.

Adapun arti dari “-s –t30” yaitu laptop akan segera mati dalam waktu mundur selama 30 detik. Pada bagian tersebut, kamu bisa mengubahnya sendiri menjadi 5 menit, 10 menit, dan sebagainya.

3. Memunculkan Pesan Ketika Laptop Mati

CMD memang bisa menjadi pilihan tepat jika kamu ingin mematikan laptop dengan cara berbeda. Fitur ini bisa memunculkan pesan saat laptop mati, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka fitur CMD melalui menu Start atau tekan shortcut Windows + R.
  • Setelah itu, input perintah “-s –t 30 –c” “(isi pesan)”. Contohnya “-s –t 30” “Sebentar lagi laptop akan mati”.
  • Tekan Enter.
  • Tunggu beberapa saat (30 detik) sampai laptop memunculkan pesan lalu nonaktif dengan sendirinya.

Jika ingin membatalkan perintah yang sudah diinput dalam CMD, kamu bisa mengetikkan perintah “shutdown –a”. Dengan demikian, perintah yang sudah diatur sebelumnya akan terhenti.

Cara Mengatur Ulang Tombol Power pada Laptop

Pada dasarnya, cara mematikan laptop dengan keyboard memang mudah dilakukan. Namun, kamu juga bisa mengatur ulang tombol power, terlebih jika di situasi darurat. Cara ini sebaiknya tidak terlalu sering dilakukan karena bisa berdampak buruk pada perangkat laptop.

Metode ini dilakukan dengan cara setting ulang tombol power menjadi shut down. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan:

  • Langkah pertama, silahkan buka menu Pengaturan lalu Control Panel.
  • Pilih opsi Hardware & Sound.
  • Pada menu Power Option, silahkan ubah pilihan tombol power dari Sleep ke Shut Down.

Penyebab Laptop Tiba-Tiba Error (Mati)

Laptop yang tiba-tiba mati memang bisa mengurangi produktivitas. Terlebih jika kamu sedang menggunakannya untuk mengerjakan pekerjaan penting. Lalu, apa saja penyebab laptop error secara tiba-tiba? Berikut penjelasan dan solusinya:

1. Suhu Terlalu Panas

Mungkin kamu tidak sadar bahwa suhu panas bisa menyebabkan laptop tiba-tiba mati. Biasanya hal ini terjadi ketika perangkat diletakkan di tempat yang sirkulasi udaranya kurang bagus untuk laptop, misalnya di atas sofa, bantal, dan tempat tidur.

Untuk meminimalisir hal ini, sebaiknya gunakan alas laptop yang keras dan rata sehingga sirkulasi udara laptop tidak terganggu. Bila perlu, gunakan cooling pad atau kipas pendingin agar suhu laptop bisa terkontrol.

2. Kipas Pendingin Prosesor Kotor

Prosesor memiliki komponen berupa kipas pendingin yang bisa mencegah laptop dari suhu panas. Agar kinerja kipas tersebut tetap maksimal, pastikan kamu mengecek dan membersihkan komponen ini secara rutin.

Hal ini tentu akan sangat berpengaruh supaya laptop tidak mudah mati atau error.

3. Pasta pada Komponen Sudah Mengering

Pasta pada prosesor laptop berperan dalam menghambat suhu panas terus menjalar. Komponen ini terbuat dari kombinasi aluminium dan tembaga. Jika kondisinya sudah kering, maka suhu panas bisa merusak prosesor dan komponen penting lainnya.

Oleh karena itu, kamu bisa mengatasinya dengan mengoleskan pasta baru secara merata ke tempat yang sesuai. Tidak perlu khawatir, pasta untuk prosesor ini terbilang terjangkau dan pengguna bisa membelinya di toko komputer terdekat.

 

Cara mematikan laptop dengan keyboard bisa menjadi solusi jika perangkat kamu tiba-tiba error. Terlebih jika laptop stuck pada layar sehingga komponen keyboard adalah satu-satunya yang bisa dimanfaatkan.

Baca Juga :  5 Cara Screenshot Samsung Berbagai Seri Secara Mudah

Leave a Comment