3 Cara Mengaktifkan Hotspot iPhone dan Solusinya Jika Tidak Berhasil

Ingin berbagi jaringan internet via hotspot di iPhone? Pada dasarnya, hal ini bisa dilakukan menggunakan beberapa cara. Meski terbilang mudah, tidak sedikit yang belum tahu mengenai cara mengaktifkan hotspot iPhone.

Hotspot memang bisa menjadi solusi ketika seseorang membutuhkan jaringan internet darurat. Adapun untuk penerima hotspot sendiri tinggal menyalakan fasilitas WiFi di HP-nya. Bagi pengguna iPhone yang ingin tahu cara mengaktifkan hotspot, simak ulasan di bawah ini.

Cara Menyalakan Hotspot iPhone

Cara menyalakan hotspot iPhone terbilang mudah, namun untuk pengguna baru iPhone mungkin belum memahaminya. Kamu perlu mengetahui hal ini agar lebih mudah ketika ingin berbagi jaringan internet dengan teman atau saudara.

1. Menggunakan WiFi

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengatur personal  hotspot terlebih dahulu di iPhone. Cara ini terbilang mudah sehingga bisa diikuti pemula. Penjelasannya di bawah:

  • Langkah pertama, buka menu Setting lalu pilih Cellular.
  • Selanjutnya pilih Personal Hotspot.
  • Tap opsi Allow others to join atau Izinkan pengguna lain bergabung.
  • Selanjutnya perhatikan pilihan untuk pengaturan WiFi hotspot.
  • Silahkan atur password untuk hotspot, yaitu terdiri dari 8 karakter. Adapun aturan penggunaannya yaitu terdiri dari huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol.
Baca Juga :  4 Syarat dan Cara Pinjam Uang di Shopee Pengguna Baru

Jika sudah mengatur personal hotspot sesuai instruksi di atas, maka selanjutnya tinggal ikuti cara mengaktifkan hotspot iPhone, berikut langkah-langkahnya.

  • Pada perangkat iPhone, buka menu Pengaturan lalu Seluler.
  • Selanjutnya pilih opsi Hotspot Pribadi.
  • Jika sudah dipilih artinya hotspot sudah aktif.
  • Agar hotspot tersambung, selanjutnya verifikasi kata sandi nama telepon dan WiFi.
  • Pada tahap ini, sebaiknya tetap berada di layar agar hotspot berhasil tersambung ke perangkat lain.
  • Di perangkat yang ingin tersambung hotspot, silahkan aktifkan fitur WiFi-nya terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, masukkan kata sandi hotspot iPhone kamu yang sebelumnya sudah diatur.

2. Menggunakan Kabel USB

Cara mengaktifkan hotspot iPhone berikutnya yaitu dengan menggunakan mode USB. Cara ini terbilang mudah dan direkomendasikan jika kamu menggunakan perangkat laptop/Mac OS.

  • Langkah pertama, siapkan USB lalu sambungkan dari iPhone ke perangkat laptop.
  • Buka menu Pengaturan lalu pilih Hotspot Pribadi.
  • Selanjutnya pilih opsi Izinkan Akses.
  • Tap USB
  • Setelah itu, sambungkan perangkat ke hotspot iPhone.

3. Menggunakan Bluetooth

Mungkin kamu belum mengetahui bahwa penggunaan hotspot juga bisa memanfaatkan bluetooth, berikut langkah-langkahnya.

  • Langkah pertama, silahkan buka menu Pengaturan lalu Aktifkan Bluetooth di iPhone.
  • Tap kembali lalu pilih Hotspot Pribadi.
  • Selanjutnya tap Izinkan Akses.
  • Tap Nyalakan WiFi & Bluetooth.
  • Kemudian sambungkan hotspot iPhone ke Mac atau perangkat lainnya.

Cara Mengatasi Hotspot Pribadi Tidak Berfungsi di iPhone

Dengan menggunakan hotspot pribadi, kamu bisa berbagi data seluler ke perangkat lain dengan mudah. Terutama di saat-saat genting ketika teman atau saudara sedang tidak memiliki kuota. Lalu, bagaimana jika hotspot pribadi tidak berfungsi? Berikut tips mengatasinya.

1. Pastikan Hotspot Pribadi Menyala

Ketika hendak berbagi data seluler, tak jarang hal ini terkendala karena sebenarnya hotspot pribadi belum menyala. Mungkin kamu tidak menyadari bahwa fitur hotspot itu sendiri belum dinyalakan. Untuk mengaktifkannya, silahkan pilih menu Pengaturan lalu Hotspot Pribadi.

Baca Juga :  Cara Kredit HP di Shopee, Cicilan Terjangkau Tanpa Ribet!

2. Reboot iPhone

Solusi berikutnya apabila hotspot tidak berfungsi adalah dengan muat ulang perangkat tersebut. Caranya dengan tekan dan tahan tombol di samping HP sampai muncul logo Apple. Jika sudah menyala, silahkan coba kembali fitur hotspot di menu pengaturan.

3. Menggunakan IOS Terbaru

Pada dasarnya, iOS terbaru memang menyediakan banyak fitur untuk memudahkan penggunanya. Termasuk dalam hal penggunaan hotspot, akan lebih mudah tersambung jika sistem operasi yang digunakan memang versi terupdate.

4. Mengatur Ulang Jaringan

Cara lain agar bisa menggunakan hotspot di iPhone adalah mengatur ulang jaringan. Pastikan perangkat yang digunakan memang menyediakan hotspot pribadi. Caranya dengan menekan menu Pengaturan terlebih dahulu kemudian pilih Umum.

Selanjutnya pilih Transfer lalu Atur Ulang lalu pilih Pengaturan Jaringan. Pada tahap ini, silahkan coba nyalakan hotspot dan sambungkan ke perangkat yang dituju.

Solusi Jika Tidak Dapat Tersambung ke Hotspot Menggunakan WiFi

Seperti yang telah diketahui, salah satu cara agar bisa tersambung ke hotspot pribadi iPhone adalah menggunakan WiFi. Namun jika ternyata fitur WiFi itu sendiri bermasalah, kamu bisa mengatasinya melalui langkah-langkah berikut ini.

1. Memberikan Izin Akses

Tidak semua izin akses sudah diatur secara otomatis, termasuk ketika hendak menggunakan WiFi. Oleh karena itu, sebaiknya periksa kembali pengaturan izin akses agar ketika menyalakan hotspot bisa tersambung ke perangkat yang dituju.

Tidak sedikit pengguna iPhone yang lupa memberikan izin akses untuk aplikasi tertentu. Tanpa izin akses dari sistem perangkat, fitur yang hendak dipakai pun bisa tidak berfungsi.

2. Mengingat Username dan Password

Tak jarang nama dan password WiFi diubah oleh pemiliknya. Oleh karena itu, kamu perlu mengkonfirmasinya agar nama dan password sesuai. Mengingat mengubah kedua hal tersebut sangat mudah dilakukan di menu pengaturan.

Baca Juga :  7 Cara Restart iPhone Tanpa Menghapus Data

3. Memaksimalkan Kompatibilitas

Bagi pemilik iPhone 12 atau di atasnya, sebaiknya nyalakan fitur maksimalkan kompatibilitas. Setelah itu, coba kembali menghubungkan perangkat ke hotspot pribadi yang ada di iPhone.

4. Tidak Berpindah Layar Sampai Tersambung

Ketika proses menghubungkan hotspot dan WiFi berlangsung, ada baiknya tidak menutup layar terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar berhasil menghubungkan perangkat lainnya ke jaringan wireless tersebut.

Tips Agar Bisa Terhubung ke Hotspot iPhone dengan Lancar

Cara mengaktifkan hotspot iPhone memang termasuk mudah, namun tak jarang perangkat tak kunjung berhasil tersambung. Sebenarnya terdapat solusi untuk mengatasi hal ini, yaitu sebagai berikut.

1. Mematikan lalu Menyalakan WiFi

Ketika pertama kali tap fitur WiFi, terkadang memang tidak langsung tersambung ke hotspot. Untuk mengatasinya, kamu bisa mematikannya terlebih dahulu. Setelah itu, nyalakan kembali WiFi agar bisa tersambung ke hotspot iPhone.

2. Tersambung ke Hotspot Pribadi yang Tepat

Tak jarang di suatu area yang menyalakan hotspot pribadi lebih dari satu orang. Hal tersebut bisa menyebabkan kekeliruan ketika hendak menggunakan hotspot. Oleh sebab itu, pastikan kamu mengecek nama dan memasukkan password yang benar ke perangkat yang ingin disambungkan.

3. Cek Kembali Kata Sandi

Sedikit saja kesalahan ketika memasukkan kata sandi, hal ini bisa menyebabkan hotspot gagal tersambung. Oleh karena itu, kamu bisa mengatasinya dengan mengecek password hotspot terlebih dahulu.

Caranya silahkan ke menu pengaturan lalu pilih opsi hotspot pribadi. Setelah itu, tap bagian hotspot dan perhatikan kata sandinya. Tinggal sesuaikan saja dengan perangkat yang ingin disambungkan dengan hotspot iPhone.

Cara mengaktifkan hotspot iPhone memang perlu dipahami, terutama ketika kamu ingin berbagi data seluler. Cara ini terbilang mudah dan efektif sehingga bisa dilakukan bagi pengguna iPhone pemula. Penggunaan hotspot tidak hanya dengan WiFi, melainkan juga USB dan Bluetooth.

Leave a Comment