3 Cara Unreg Kartu Indosat Efektif yang Bisa Dilakukan Sendiri

Cara registrasi kartu Indosat mungkin sudah lumrah diketahui, tapi bagaimana cara unreg kartu Indosat? Unreg kartu operator atau provider bisa jadi dibutuhkan pada saat-saat tertentu seperti halnya salah memasukkan nomor KTP saat registrasi.

Tidak perlu datang ke kantor untuk langsung berbicara pada CS, kamu bisa menggunakan beberapa metode mudah yang bisa dilakukan secara mandiri. Tidak hanya mudah, proses unreg kartu juga terbilang sangat cepat.

3 Pilihan Cara Unreg Kartu Indosat

Perlu kamu ketahui, Indosat menyediakan 3 pilihan utama untuk melakukan proses pengurungan registrasi atau umum disebut unreg. Ketiga pilihan ini bisa disesuaikan berdasar kemauan konsumennya. Apa saja cara yang bisa dipilih?

1. Unreg Kartu Indosat Lewat SMS

SMS jadi salah satu layanan yang bisa digunakan untuk berbagai tujuan. Salah satunya untuk mengakses layanan khusus dari provider yang kamu gunakan. Termasuk untuk melakukan unreg, tentunya kamu bisa memanfaatkan SMS.

Unreg bisa dilakukan langsung dengan memanfaatkan layanan SMS dari Indosat. Tidak sembarangan, kamu bisa menggunakan kode yang sudah ditetapkan oleh Indosat untuk langsung melakukan unreg. Cara yang perlu kamu lakukan di antaranya:

  • Buka aplikasi atau fitur SMS pada perangkat yang digunakan.
  • Langsung pilih opsi untuk mengetik pesan dan masukkan format unreg UNPAIR#Nomor HP kamu# tanpa spasi. (Contoh penulisan format SMS unreg: UNPAIR#083112341234#).
  • Kirim format pesan ke nomor 4444.
Baca Juga :  4 Cara Unreg Kartu XL, Gampang dan Prosesnya Cepat

Pastikan untuk tidak mengaktifkan atau tidak sedang menggunakan mode pesawat terbang saat kamu menggunakan cara unreg lewat SMS. Aktifnya mode pesawat terbang bisa menghambat masuknya notifikasi lanjutan hingga berpotensi proses unreg gagal dilakukan.

2. Unreg Kartu Indosat Lewat Dial Up (Telepon)

Untuk opsi cara unreg kartu Indosat satu ini bisa dilakukan dengan cara memanggil kode USSD atau dial up dengan kode tertentu. Tidak sembarang kode yang bisa digunakan untuk unreg kartu Indosat. Lakukan cara di bawah ini untuk unreg dengan cara dial up:

  • Buka aplikasi atau fitur telepon bawaan dari perangkat yang digunakan.
  • Masukkan kode *123*4444#.
  • Setelah memasukkan kode tersebut langsung klik Call atau Yes atau OK sesuai dengan perangkat yang digunakan.
  • Pada menu yang terpampang, pilih menu unreg atau hapus data registrasi.
  • Lanjut masukkan angka 1 untuk konfirmasi.
  • Lanjutkan proses unreg dengan memasukkan data sesuai arahan.
  • Bila proses berhasil dilakukan, maka akan muncul notifikasi berupa UNREG nomor sukses atau UNPAIR berhasil. Bila memang dibutuhkan, kamu bisa melakukan unreg kembali di waktu yang berbeda.

3. Unreg Kartu Indosat Lewat CS

Cara unreg kartu Indosat terakhir yang bisa dicoba adalah dengan langsung menghubungi CS resmi Indosat. Cara ini jadi salah satu cara paling efektif untuk melakukan unregi kartu yang sudah digunakan. Proses yang akan terjadi juga tidak akan melibatkan terlalu banyak pemilik kartu.

Namun, pahami nomor resmi yang bisa digunakan untuk melakukan unreg kartu Indosat tidak banyak. Salah satu nomor resmi yang bisa kamu gunakan yakni (021) 30003000. Nomor ini bisa dihubungi langsung pada saat jam kerja.

Namun bila ingin langsung menemui CS, kamu bisa langsung pergi ke gerai resmi Indosat. Proses unreg akan dibantu hingga tuntas asalkan kamu membawa data yang diperlukan seperti KK dan KTP pribadi.

Baca Juga :  Cara Masukkan Voucher IM3 Mudah, Kuota Paket Cepat Masuk

Ketentuan Umum Unreg Kartu Indosat

Pahami dulu ada beberapa waktu krusial yang perlu dipertimbangkan untuk melakukan registrasi kartu sebuah provider. Termasuk provider Indosat, kamu bisa mempertimbangkan saat-saat berikut untuk langsung melakukan registrasi kartu.

1. Unreg Hanya Bisa Dilakukan pada Kartu yang Sudah terdaftar

Ketentuan pertama yang perlu dipahami yakni proses unreg hanya bisa dilakukan pada kartu Indosat yang sudah terdaftar. Berhubung dengan proses unreg bisa digunakan untuk mengurangi, menambah atau mengganti data, maka prosesnya hanya bisa dilakukan pada data yang sudah ada.

Pastikan dulu kartu Indosat sudah aktif terlebih dulu. Setelahnya, baru bisa dilakukan proses unreg dengan metode yang dipilih oleh pengguna. Jangan segan untuk langsung hubungi CS bila mendapat kendala berlanjut.

2. Bisa Dilakukan Secara Berkala Bila Memang Dibutuhkan

Ketentuan selanjutnya yang bisa dipahami yakni proses unreg bisa dilakukan secara berkala bila memang dibutuhkan. Kamu bisa menggunakan proses ini bila memang data yang didaftarkan belum benar 100%.

Penggantian data bisa dilakukan secara berkala tanpa perlu takut data akan bocor. Proses ini juga bisa langsung dilakukan bila kartu hilang dengan menggunakan cara unreg kartu Indosat yang hilang. Atau bila ingin langsung, kamu bisa temui CS di gerai resmi Indosat.

3. Harus Siapkan Data Penunjang

Tidak kalah penting, kamu perlu mempersiapkan data penunjang untuk melakukan proses unreg apapun cara yang digunakan. Data penunjang berupa KTP dan nomor KK diperlukan baik untuk proses unreg online atau offline.

Data penunjang ini harus punya kesesuaian dengan data yang sudah terdaftar sebelumnya. Kamu perlu memastikan setidaknya data yang digunakan merupakan data pribadi. Bila terjadi kendala, cukup langsung hubungi CS resmi dengan nomor yang sudah ditentukan.

Baca Juga :  Cara Buka Rekening BCA Online Terbaru 2022

4. Bisa Dilakukan Mandiri atau Lewat CS

Perlu diketahui juga pengajuan unreg kartu Indosat bisa dilakukan dengan cara mandiri atau lewat CS. Cara mandiri yang bisa dilakukan diantaranya dengan unreg lewat SMS atau dial up menggunakan kode khusus.

Untuk unreg lewat CS bisa dilakukan dengan cara langsung maupun tidak langsung. Kamu bisa menghubungi CS bila memang tidak bisa menemuinya langsung. Namun bila ingin langsung menemui CS, kamu bisa langsung pergi ke servis center atau gerai resmi terdekat.

5. Proses Verifikasi Singkat

Terakhir, pahami juga bahwa proses verifikasi unreg berjalan cukup singkat. Kamu memegang ketentuan ini sebagai bahan pertimbangan apakah proses berhasil atau gagal. Umumnya, hanya berselang beberapa menit dari proses akhir hingga proses berhasil dilakukan.

Bila unreg tidak berjalan dengan lancar bahkan tidak ada notifikasi lanjutan hingga hitungan hari, maka ada baiknya bagi kamu untuk mengulang proses unreg. Bisa juga untuk langsung menghubungi CS untuk pengawalan proses unreg yang lebih efektif dan cepat selesai.

6. Berlaku untuk Kartu Indosat Ooredoo, Mentari, dan IM3

Proses unreg bisa dilakukan langsung oleh semua kartu di bawah naungan Indosat Group. Tidak hanya Indosat Ooredoo, kamu juga bisa melakukan hal yang sama pada kartu Mentari atau IM3 yang tentunya sudah melakukan aktivasi sebelumnya.

Terlepas dari jenis kartu yang digunakan kamu bebas memilih cara apa yang akan digunakan untuk melakukan unreg. Baik cara online maupun offline, cara menggunakan pulsa atau kuota kamu tetap perlu menyediakan data umum.

Cara unreg kartu Indosat mana yang akan kamu gunakan? Kamu bisa pilih salah satu cara di atas untuk melakukan pengurungan daftar kartu alias unregistrasi. Bila proses terbilang sulit untuk diselesaikan, barulah bisa langsung kontak CS resmi di jam kerja yang berlaku.

Leave a Comment