4 Cara Agar Laptop Tidak Lemot untuk Windows & Mac

Pekerjaan yang menumpuk dan harus diselesaikan dalam waktu cepat memang memberikan tekanan tersendiri. Terlebih jika laptop yang digunakan tidak bisa diajak “kerja sama”. Oleh sebab itu, kamu perlu mencari tahu cara agar laptop tidak lemot.

Pada dasarnya, kendala laptop lemot bisa diatasi sendiri, bahkan tidak membutuhkan skill khusus. Kamu mungkin tidak menyadari bahwa kinerja laptop menurun karena terlalu banyak program yang berjalan dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya, simak cara agar laptop tidak lemot berikut ini.

Cara Agar Laptop Tidak Lemot Pada Windows 7, 8, & 10

Laptop seharusnya menjadi perangkat yang bisa menunjang pekerjaan agar selesai lebih cepat. Namun, laptop juga bisa mengalami kendala yang akhirnya menghambat pekerjaan yang seharusnya sudah selesai. Berikut beberapa solusi yang bisa dilakukan agar performa laptop kembali bagus:

1. Memeriksa Browser Web

Terlalu nyaman menggunakan browser yang jarang diupdate bisa menimbulkan kendala tertentu. Misalnya laptop menjadi lemot karena browser tidak mendukung performa laptop yang maksimal. Untuk melihat versi browser yang digunakan, bisa dilihat di fitur About.

Beberapa browser biasanya memiliki opsi instalasi versi terbaru secara otomatis. Jika terdapat update pada browser kamu, sebaiknya pilih fitur tersebut. Selain itu, browser yang memiliki extension dan add-on juga bisa memberatkan kinerja laptop.

Baca Juga :  Cara Kredit HP di Shopee, Cicilan Terjangkau Tanpa Ribet!

2. Mengidentifikasi Program yang Memberatkan Memori

Laptop yang lemot bisa jadi karena banyaknya program yang memakan banyak memori. Jika sudah demikian, maka sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengurangi program-program tersebut. Tak jarang program yang teridentifikasi tersebut berjalan secara otomatis, padahal tidak diperlukan.

Membiarkan program berat terbuka dalam waktu lama juga bisa membebani kinerja laptop. Oleh sebab itu, menghapus program-program yang tidak diperlukan bisa menjadi salah satu cara agar laptop tidak lemot.

3. Menutup Program yang Berjalan di Latar Belakang

Membuka terlalu banyak program sekaligus bukanlah ide yang bagus. Terlebih jika spesifikasi laptop memang tidak terlalu tinggi, tak heran jika performanya menurun signifikan. Cara agar laptop tidak lemot adalah dengan menekan Ctrl + Alt + Delete.

Shortcut tersebut akan menutup program yang dirasa tidak perlu di laptop kamu. Untuk melihat program apa saja yang terbuka, pengguna bisa melihatnya melalui Task Manager dan Processes Tab.

4. Defrag HDD

Tindakan defragmenting HDD bisa memberikan efek signifikan pada performa laptop. Bagi yang belum pernah melakukan hal ini, berikut tutorialnya:

  • Langkah pertama, pilih menu Start pada Windows.
  • Selanjutnya, pilih Control Panel lalu System & Security.
  • Klik Defragment your hard drive yang berada di bawah Administrative tools.

Cara Agar Laptop Tidak Lemot Pada MacBook

Tidak hanya Windows, MacBook juga tidak lepas dari performa yang menurun sehingga membuatnya lemot. Biasanya hal ini terjadi karena program yang baru diinstall bermasalah. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa file yang corrupt agar tidak mengganggu kinerja laptop.

1. Menutup Tab Browser yang Tidak Diperlukan

Selain restart, metode ini juga sangat mudah dilakukan namun masih banyak yang belum menyadarinya. Kamu mungkin tengah melakukan tugas sehingga banyak melakukan browsing. Namun, jika memori tidak mendukung pun bisa membuat perangkat lemot.

Setiap tab baru yang dibuka sebenarnya tidak jauh berbeda ketika kamu membuka browser baru. Misalnya ketika membuka sepuluh tab, maka bisa terbayang banyaknya memori yang dibutuhkan.

2. Restart Macbook

Restart bisa menjadi cara mudah mengatasi Macbook yang lemot. Cara ini memang sangat simple sehingga tidak ada salahnya dicoba. Tindakan ini akan membuat perangkat menyimpan informasi atau memberi RAM dari awal.

Tidak hanya itu, dengan restart juga bisa menghilangkan proses yang tidak diperlukan namun tetap berjalan di belakang.

3. Membatasi Jumlah Aplikasi yang Dibuka

Perlu diingat bahwa membuka banyak aplikasi sekaligus akan memakan RAM besar. Terlebih jika kamu menggunakan laptop untuk multitasking. RAM sendiri akan tersebar ke masing-masing program yang terbuka.

4. Menghapus Aplikasi yang Jarang Digunakan

Seperti yang telah diketahui laptop Mac memang masih menggunakan sistem Hard Drive dibanding SSD. Dengan kenyataan seperti ini, maka cara agar laptop tidak lemot adalah dengan mengosongkan memori. Sebaiknya seleksi kembali mana aplikasi yang jarang digunakan dan mana yang krusial.

5. Membatasi Jumlah Aplikasi di Dock

Kamu mungkin tidak sadar bahwa kumpulan aplikasi yang terbuka di dock ternyata menggunakan banyak memori. Tak heran sumber daya sistem pun semakin terkuras. Meski fitur tersebut bermanfaat, namun sebaiknya berikan lebih banyak ruang untuk Mac.

Untuk mengurangi jumlah aplikasi di dock, caranya yaitu dengan membuka System Preferences terlebih dahulu. Selanjutnya pilih Dock lalu hilangkan centang di bagian Automatically hide and show the dock dan Animate opening applications.

6. Tidak Perlu Memakai Screen Saver

Sebagian orang masih senang jika memamerkan foto melalui screensaver atau wallpaper. Sebenarnya, hal ini sah-sah saja selagi tidak mengganggu performa laptop. Namun, perlu diingat untuk menampilkan screen saver dalam rentang waktu tertentu ternyata memakan cukup banyak memori.

Terlebih jika RAM laptop memang terbatas, maka untuk hal kurang penting seperti screen saver ini sebaiknya tidak perlu diaktifkan.

Tips Agar Performa Laptop Tetap Kencang dan Awet

Setiap orang pastinya menginginkan laptop yang awet dan nyaman digunakan. Hal ini juga bisa diusahakan dengan beberapa cara. Tentunya hal ini bukan tidak mungkin, kamu bisa mencoba beberapa tips berikut ini:

1. Update Sistem Operasi dan Driver

Perlu diketahui bahwa mengupdate software adalah pilihan yang tepat demi keamanan perangkat. Selain bisa mendapatkan fitur terbaru, tindakan ini juga bisa mencegah laptop dari loading lama.

Adapun untuk OS Windows sendiri biasanya menyediakan update otomatis.  Oleh karena itu, pastikan kamu tidak menundanya karena performa laptop bisa terus menurun. Hal ini juga berlaku untuk driver jika saatnya diupdate, maka kamu perlu memperbaruinya dengan segera.

2. Tutup Program yang Berjalan Otomatis

Cara agar laptop tidak lemot saat browsing memang erat kaitannya dengan program yang kurang penting. Misalnya aplikasi antivirus yang mungkin terinstall dua buah di laptop kamu. Oleh sebab itu, sebaiknya segera hentikan program yang berjalan otomatis agar RAM tidak banyak terbebani.

3. Menghapus File yang Tidak Penting

Hobi mengoleksi file random di laptop? Pada dasarnya, hal tersebut bisa menyebabkan memori laptop terbebani. Terlebih file-file tersebut memiliki resolusi tinggi, maka sebaiknya segera mengosongkannya.

4. Mencari File dengan Sistem Besar di Task Manager

Terkadang kamu mungkin hanya menebak-nebak program atau perangkat lunak mana yang banyak membebani memori. Tidak perlu khawatir, salah satu cara mudah mengidentifikasinya adalah dengan memilih menu Task Manager lalu perhatikan list programnya.

Cara agar laptop tidak lemot perlu dilakukan agar pekerjaan kamu bisa selesai tepat waktu. Sebaiknya hapus program yang jarang digunakan agar RAM lebih luang. Terlebih jika spesifikasi laptop yang digunakan memang terbatas, maka sebaiknya batasi pula program di dalamnya.

Baca Juga :  Cara Buka Rekening BCA Online Terbaru 2022

Leave a Comment