4 Cara Memulihkan Akun Google Jika Kehilangan Akses Google

Tidak dapat dipungkiri akun Google memiliki banyak manfaat bagi penggunanya, baik dalam hal login aplikasi, pengiriman berkas, dan hal-hal penting yang sifatnya rahasia. Bagaimana cara memulihkan akun Google saat kehilangan akses? Mudah, ada beberapa alternatif untuk mengatasinya.

 

Sebelum mengetahui cara yang tepat untuk memulihkan akun Google, maka kamu harus tahu penyebab kehilangan akses tersebut. Biasanya, penyebab pengguna Google kehilangan akses karena lupa dengan username dan kata sandi aktif yang terdaftar saat awal-awal menggunakan aplikasi tersebut.

Cara Memulihkan Akun Google yang Dinonaktifkan

Akun Google yang sudah tidak dapat diakses oleh penggunanya menunjukkan bahwa akun sudah dinonaktifkan sementara. Hal ini bisa disebabkan banyak faktor seperti pengguna lupa kata sandi, lupa alamat email, lupa nomor HP yang terdaftar dan masih banyak penyebab lainnya.

1. Memulihkan Akun Google dengan Nomor Pemulihan

Apa yang dimaksud dengan nomor pemulihan? Pengguna Google yang mengalami masalah akses bisa menambah, menghapus, atau mengubah nomor HP yang sebelumnya digunakan. Langkah berikut ini diharapkan bisa membuat akun Google bisa kembali digunakan secara normal.

 

  • Langkah pertama, pengguna bisa membuka laman Gmail baik menggunakan perangkat browser maupun aplikasi.
  • Lakukan login aplikasi Gmail dengan memasukkan email dan password aktif, kemudian klik opsi “Next”. Jika pengguna mengalami masalah saat login, bisa menghubungi pusat bantuan.
  • Pada halaman berikutnya, pengguna akan diminta menginput kode verifikasi pada email yang sudah dimasukkan. Lalu, pengguna bisa langsung klik “Try Another Way” kemudian “Klik”.
  • Google akan memberikan beberapa pilihan agar pengguna bisa lebih mudah mendapatkan kode verifikasi. Pengguna bisa mencoba lewat email, nomor HP baru, atau dua-duanya.
  • Coba periksa kode verifikasi yang dikirimkan pada email atau nomor HP. Kamu bisa mencoba untuk menghafalkan kode verifikasi kemudian memasukkannya pada kolom yang disediakan.
  • Setelah memasukkan kode verifikasi, pengguna bisa klik opsi “Next”. Pengguna akan diminta untuk menginput kata sandi baru.
  • Pengguna disarankan untuk membuat kata sandi yang mudah diingat dan kuat, kemudian catat agar tidak mudah lupa.
  • Klik “Save Password” kemudian tunggu konfirmasi berhasil dari Google  dan masuk halaman “Security Checkup”.
Baca Juga :  Cara Memperpendek Link Google Form

2. Cara Memulihkan Akun Google dengan Email Pemulihan

Bagi pengguna Google yang mengalami masalah lupa kata sandi bisa memanfaatkan alamat email untuk pemulihan akun. Pihak Google akan membantu memberikan instruksi kepada pengguna untuk menemukan kata sandi lama yang terlupakan atau membuat kata sandi baru.

 

  • Silahkan masuk pada halaman Gmail menggunakan browser atau aplikasi. Masukkan alamat email aktif yang digunakan saat mendaftar akun Google.
  • Langsung ketuk opsi “Next” untuk lanjut pada halaman berikutnya. Pengguna nantinya akan diminta untuk memasukkan kata sandi, silahkan klik “Forgot Password”.
  • Pada halaman berikutnya, pengguna akan mendapatkan kode verifikasi pada Gmail untuk melakukan pemulihan akun.
  • Silahkan copy atau hafalkan kode verifikasi, selanjutnya pilih “Next”. Tidak perlu menunggu lama, pengguna akan diminta untuk memasukkan kata sandi baru.
  • Buatlah kata sandi kuat untuk memberikan keamanan akun, kemudian catat sandi tersebut agar tidak mudah lupa.
  • Klik “Save Password” maka pengguna sudah bisa mengaktifkan akun Google kembali dengan sandi baru.

3. Mencoba Melakukan Backup Akun

Cara memulihkan akun Google yang kehilangan akses bisa menggunakan alternatif berupa backup akun. Backup akun merupakan salah satu metode mengembalikan data pengguna aplikasi secara normal agar akun bisa kembali digunakan seperti awal.

 

Google sendiri juga menyediakan sarana yang bisa kamu gunakan untuk mengunduh data. Salah satu fitur Google yang berguna untuk pemulihan data seperti Takeout. Pengguna bisa melakukan pemulihan data dari salah satu, beberapa, dan semua aplikasi Google.

 

Untuk format unduhannya sendiri bermacam-macam disesuaikan dengan jenis data yang sudah di backup. Ketika backup data berhasil dilakukan, maka pengguna bisa kembali menggunakan akun Google seperti biasanya ketika belum mengalami masalah.

Baca Juga :  Cara Membuat Gmail Baru di Hp dan PC, Cuma 5 Menit

4. Melakukan Pemeriksaan pada Bagian Info Pemulihan

Para pengguna akun Google yang mengalami masalah akses bisa mengatasinya dengan mencoba layanan info pemulihan yang disediakan oleh pihak Google. Bagi pemula yang belum memahami penggunaan layanan, bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

 

  • Pengguna bisa membuka halaman akun Google, kemudian pilih menu “Keamanan” yang letaknya ada di kolom sebelah kiri.
  • Coba scroll ke bawah untuk menemukan opsi keamanan dan memastikan bahwa pemilik akun Google sedang mengakses layanan.
  • Pengguna nanti bisa melihat riwayat alamat email, nomor telepon yang sebelumnya sudah didaftarkan.
  • Namun jika pengguna melihat bahwa salah satu kolom data akun tidak diisi, maka sebaiknya isi data minimal satu untuk melakukan pemulihan akun.
  • Langkah selanjutnya, pengguna bisa menyiapkan akun email yang digunakan untuk pemulihan. Akun yang bisa kamu gunakan bisa berupa Gmail untuk lebih mudah.
  • Buka menu “Cara Kami Dapat Memverifikasi Bahwa Ini Memang Anda” > “Email Pemulihan” tentukan email pemulihan yang ingin digunakan.
  • Pilih “Verifikasi” untuk menyelesaikan proses. Google nantinya akan mengirim kode verifikasi sebanyak 6 digit pada alamat email yang sudah di input sebelumnya.
  • Pengguna bisa membuka email kemudian menyalin kode verifikasi. Masuk kembali pada halaman pemulihan untuk menginput kode, baru input nomor telepon.

Bagaimana Mengaktifkan Kembali Akun Google yang Melanggar ToS?

Ada banyak penyebab akun Google tidak dapat diakses seperti biasanya. Selain faktor-faktor yang sudah dijelaskan sebelumnya, akun Google Nonaktif juga bisa dikarenakan melanggar ToS. Apa itu ToS? ToS merupakan singkatan dari “Term Of Service” yang termasuk dalam deretan kebijakan Google.

 

Oleh sebab itu, para pengguna akun Google diwajibkan memahami segala kebijakan aplikasi agar tidak mengalami kendala nantinya. Perlu kamu ketahui, pengguna yang melakukan pelanggaran ToS yang terlalu serius bisa menyebabkan akun Google terblokir dan tidak dapat diaktifkan kembali.

Baca Juga :  Link Google Drive: Tutorial dan Ulasan

 

Akan tetapi ketika pengguna melakukan pelanggaran ToS ringan, maka pihak Google akan memberikan kemudahan untuk pemulihan akun dalam waktu 1-2 hari. Untuk melakukan pemulihan akun Google yang melanggar ToS, bisa lakukan langkah-langkah yang dijelaskan di bawah ini:

 

  • Silahkan buka halaman Google, kemudian tap icon berbentuk roda gigi. Pada halaman berikutnya, pengguna bisa klik opsi “Pilih Pengaturan”.
  • Tap opsi “Akun” untuk bisa membuka halaman berikutnya. Lalu klik “ Ubah Opsi Pemulihan Sandi”. Opsi tersebut bisa ditemukan pada bagian “Ubah Setelan Akun”.
  • Pengguna bisa menginput kata sandi aktif yang biasanya digunakan untuk login. Klik “Tambahkan Email atau Nomor Telepon aktif” yang sebelumnya digunakan sebagai langkah pemulihan.
  • Tap “Edit” bagi pengguna yang ingin mengubah perangkat pemulihan, lalu “Simpan” untuk memastikan bahwa semua perubahan sudah tersimpan dalam sistem.
  • Dalam waktu sekitar 24-48 jam, akun Google akan kembali aktif digunakan.

 

Cara memulihkan akun Google yang sudah lama dihapus bisa menggunakan alternatif email pemulihan, nomor telepon pemulihan, dan backup akun. Namun untuk memulihkan akun Google yang melanggar ToS bisa dilakukan dengan merubah setelah akun Google pada menu “Pengaturan”.

Leave a Comment