4 Cara Unreg Kartu XL, Gampang dan Prosesnya Cepat

Bisa mengaktifkan atau registrasi kartu XL dengan mudah namun bagaimana cara unreg kartu XL? Tidak jarang masalah ketidaktahuan cara unreg kartu provider ini datang padahal sedang dalam kondisi mepet.

Unreg kartu bisa jadi harus dilakukan karena kesalahan input data atau kondisi mendesak lainnya. Semudah proses pengaktifan kartu, kamu juga bisa dengan mudah melakukan unreg kartu XL dengan cepat. Bagaimana caranya?

4 Cara Unreg Kartu XL

Sedikitnya ada 4 cara yang bisa dilakukan untuk melakukan pembatalan registrasi pada kartu XL yang sudah terlanjur terdaftar di sistem registrasi. Bisa dengan mudah kamu sesuaikan, berikut pilihan cara yang bisa digunakan:

1. Unreg Kartu XL via SMS

Cara unreg kartu pertama bisa dilakukan dengan menggunakan layanan SMS. Menggunakan kode tertentu siapa saja bisa dengan bebas melakukan pembatalan registrasi apapun alasannya. Untuk melakukan unreg via SMS, berikut cara yang bisa kamu lakukan:

  • Pastikan slot kartu yang akan digunakan merupakan slot kartu XL yang ingin di Unreg.
  • Masuk ke aplikasi pesan atau SMS yang ada dalam perangkat.
  • Langsung tulis format unreg berupa UNREG#No. Hp# tanpa spasi (Contoh penulisan format: UNREG#087800001234#)
  • Kirim format SMS tersebut ke nomor 4444

Setelah SMS dikirimkan, kamu bisa memantau proses dengan menunggu notifikasi lanjutan. Notifikasi berhasil akan berisi detail pembatalan pendaftaran data yang telah diajukan sebelumnya. Bila kamu mendapatkan notifikasi berisi hal ini, maka bisa dikatakan unreg berhasil dilakukan.

Baca Juga :  5 Cara Membatalkan Pesanan di Lazada yang Sedang Diproses

2. Unreg Kartu XL via Dial Up

Cara lain yang bisa digunakan yakni dengan memanfaatkan kode dial up. Cara telepon kode tertentu atau dial up bisa dilakukan bagi kamu yang tidak ingin ribet melakukan opsi SMS. Langkah yang perlu kamu lakukan di antaranya:

  • Buka aplikasi panggilan bawaan dari perangkat pribadi.
  • Tekan kode *123*4444#, pastikan jangan salah memasukkan kode.
  • Lalu tekan Call atau YES atau OK bergantung pada perangkat untuk melakukan panggilan.
  • Ikuti proses verifikasi lanjutan.

Bila sudah selesai, nantinya notifikasi langsung akan muncul di layar sesaat setelah proses diselesaikan. Namun tidak jarang juga proses memakan waktu beberapa menit dan nantinya notifikasi akan muncul lewat SMS.

3. Unreg Kartu XL via Service Center Langsung

Memanfaatkan layanan service center jadi salah satu cara unreg kartu XL yang paling efektif dilakukan. Kamu bisa dengan mudah langsung mengunjungi service center yang terdapat di hampir seluruh daerah.

Cukup kunjungi gerai terdekat langsung mengambil nomor antre. Saat bertemu dengan CS secara langsung, kamu bisa langsung mengatakan maksud kunjungan. Nantinya, proses akan sepenuhnya dilakukan oleh CS yang berpengalaman.

4. Unreg Kartu XL via CS Daring

Bila kepalang kesulitan untuk melakukan unreg dan tidak bisa mengunjungi service center secara langsung, maka kamu bisa memanfaatkan layanan CS secara daring. Kamu bisa memasukkan kode panggilan dan akan langsung terhubung dengan CS resmi.

  • Buka aplikasi panggilan pada perangkat.
  • Ketik kode panggilan CS 817.
  • Klik Call atau Yes atau OK.
  • Sampaikan maksud dan keluhan untuk mengetahui cara unreg kartu XL Axiata.
  • Alih-alih dilakukan sendiri CS akan mengambil alih proses unreg dengan cepat.
  • Tunggu dan ikuti prosesnya hingga akhir.
Baca Juga :  3 Cara Mengaktifkan Hotspot iPhone dan Solusinya Jika Tidak Berhasil

Saat prosesnya telah berakhir, kamu biasanya akan langsung dikabari oleh CS bahwa kartu sudah tidak aktif atau proses unreg telah berhasil dilakukan. Bila masih ada kendala, kamu masih bisa menggunakan layanan yang sama. Pastikan pulsa mencukupi hingga proses unreg selesai.

Cara Mengubah Data Kartu

Proses unreg juga bisa dimanfaatkan untuk mengubah, mengurangi atau menambah data kartu yang sudah terlanjur tersimpan dalam sistem. Proses ini juga bisa dilakukan kapan saja. Langkah-langkah yang harus digunakan di antaranya:

  • Buka aplikasi pesan atau SMS pada perangkat yang dimiliki.
  • Klik opsi pembuatan pesan.
  • Ketik UNREG#No. Kartu XL yang sudah teregistrasi
  • Kirim pesan ke nomor 4444

Kamu bisa menunggu proses lanjutan dari balasan sistem secara otomatis. Kedepannya kamu bisa langsung mengikuti cara langkah yang ditentukan untuk mengurangi, menambah atau mengganti data yang telah teregistrasi.

Masalah dan Solusi Seputar Unreg Kartu XL

Tidak lepas dari permasalahan saat unreg baik orang yang pertama kali melakukannya hingga orang yang berkali-kali melakukannya bisa saja bertemu permasalahan yang tak terduga. Tidak perlu panik, kamu bisa melihat tuntunan di bawah ini sebagai pegangan.

1. Unreg SMS Tidak Ada Balasan

Masalah pertama yang sering kali menghampiri yakni unreg SMS tidak ada balasan. Melakukan unreg dengan menggunakan metode SMS memang jadi pilihan banyak orang. Namun, apa jadinya bila unreg dari cara ini tidak ada balasan sama sekali?

Bisa jadi kamu lupa menonaktifkan mode pesawat yang jadi salah satu penghalang masuknya SMS dari luar. Atau mungkin juga nomor yang dituju salah hingga proses yang dilakukan perlu diulang dari awal.

2. Tidak Bisa Melakukan Dial Up

Tidak bisa melakukan dial up padahal nomor yang digunakan sudah pasti benar. Tidak perlu khawatir, kamu bisa coba untuk memastikan mode pesawat telah dinonaktifkan. Setelah itu, pastikan juga jaringan yang digunakan dalam keadaan baik.

Baca Juga :  4 Cara Cek Kuota XL Paling Mudah dan Praktis

Dua hal ini sangat amat berpengaruh pada proses unreg kartu XL dengan cara dial up. Bila masih eror dan tidak bisa dilakukan, kamu bisa merestart HP dan pindah mencari tempat dengan jaringan yang bagus.

3. Unreg Selalu Gagal

Bagaimana jadinya bila proses unreg selalu gagal padahal sudah melakukan berbagai metode unreg secara mandiri? Opsi terbaiknya kamu bisa menghubungi CS via kontak 817 yang merupakan CS resmi dari XL.

Bila diperlukan, kamu bisa langsung berkunjung ke gerai resmi XL dan langsung melakukan konsultasi di sana. Jangan lupa untuk datang membawa data pendukung dan datang saat jam kerja berlangsung.

4. Sudah Unreg tapi Kartu Masih Aktif

Kenapa kartu yang telah berhasil melewati proses unreg masih aktif bahkan masih bisa menggunakan layanan dari provider? Hal ini bukan berarti proses yang dilakukan salah atau bahkan gagal melakukan proses unreg.

Sebagai cara untuk mengatasinya, kamu bisa langsung coba merestart perangkat dengan nomor yang masih ada pada slot SIM. Setelahnya, pastikan kartu sudah benar-benar tidak aktif. Bila masih aktif segera hubungi CS.

5. Proses Unreg hingga Berhari-Hari

Masalah terakhir yang mungkin saja menghampiri adalah proses unreg yang cukup lama bahkan hingga berhari-hari. Perlu dipahami proses unreg bisa dilakukan langsung dalam jangka waktu singkat.

Namun bila ini terjadi, kamu bisa langsung menghubungi CS. Sebelumnya kamu juga bisa mengulang cara unreg kartu yang sama. Siapa tahu saat itu sistem sedang error dan proses unreg gagal dilakukan dan berdampak pada masih aktifnya kartu XL yang digunakan.

 

Lakukan cara unreg kartu XL yang sudah disebutkan dan pastikan kamu mengikuti langkahnya dengan benar. Ini dimaksudkan agar kamu tidak perlu mengulang cara dari awal karena kesalahan kecil.

Leave a Comment