4 Syarat dan Cara Pinjam Uang di Shopee Pengguna Baru

Harga kebutuhan sehari-hari kian meningkat setelah pandemi. Akibatnya, beberapa orang terpaksa harus meminjam uang guna menutup pengeluaran tersebut. Shopee, platform e-commerce terbesar, beruntungnya menyediakan fitur pinjaman. Kalau mau tahu cara pinjam uang di Shopee, tepat sekali.

Semuanya akan dijelaskan pada pembahasan ini. Meminjam dari Shopee tentu lebih aman, dibandingkan meminjam dari aplikasi pinjaman online yang belum jelas kredibilitasnya. Prosesnya lebih singkat daripada mengajukan pinjaman ke bank. Terdengar menarik? Simak selengkapnya berikut!

Syarat Pinjam Uang di Shopee

Fitur pinjaman yang dimaksud adalah Shopee Pinjam. Untuk menggunakannya, kamu harus membuat akun terlebih dulu. Supaya akun disetujui, ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi, di antaranya:

1. Memenuhi Administrasi

Untuk keperluan administrasi, berikut syarat-syaratnya:

  • Memiliki kartu identitas (KTP).
  • Akun Shopee sudah terverifikasi.
  • Memiliki akun ShopeePay.
  • Mendapatkan undangan penggunaan Shopee Pinjam.

2. Menyambungkan ke Rekening Bank

Calon pengguna SPinjam harus mempunyai rekening bank. Rekening digunakan untuk mentransfer uang yang dipinjam.

3. Tersedia Limit SPinjam

Untuk bisa mengajukan pinjaman, pengguna harus menyesuaikan dengan limit yang didapatkan. Jika lebih dari limit, permohonan akan ditolak.

Baca Juga :  Cara Transfer DANA ke ShopeePay Tanpa Bank

4. Koneksi Internet Online

Pastikan ponsel terhubung ke koneksi internet yang stabil, supaya proses pengajuan pinjaman tidak gagal.

Cara Daftar Akun Shopee Pinjam

Setelah memahami persyaratan cara pinjam uang di Shopee 2022 tersebut, kamu perlu mendaftar akun SPinjam terlebih dulu. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Persiapan Sebelum Daftar

Cek kembali dokumen-dokumen yang disebutkan di atas, pastikan berada dekat kamu. Jadi proses input data lebih cepat. Tak lupa, periksa apakah jaringan internet yang digunakan stabil.

2. Buka Aplikasi Shopee

Selanjutnya, jalankan Shopee dan masuk ke menu Saya. Akan muncul menu SPinjam, klik menu tersebut.

3. Klik Menu Aktifkan Sekarang

Selanjutnya, pilih opsi Aktifkan Sekarang. Masukkan kode OTP yang diterima, dan klik Lanjut.

4. Verifikasi Data Diri

Untuk pengguna Shopee PayLater, pastikan nama tertulis sama dengan yang tertera pada KTP. Sedangkan non-pengguna Shopee PayLater, kamu harus mengunggah foto e-KTP.

5. Konfirmasi Data yang Dimasukkan

Periksa kembali data yang dimasukkan. Caranya, klik menu Informasi Tambahan. Lalu, pilih Konfirmasi.

6. Lakukan Verifikasi Wajah

Tekan Mulai Verifikasi Wajah untuk melanjutkan. Aplikasi akan membuka tampilan kamera, posisikan wajah kamu pada bingkai yang tersedia. Usahakan kamera tidak buram, supaya sistem bisa mendeteksi dengan jelas.

Jika verifikasi gagal, cobalah pergi ke tempat dengan pencahayaan baik. Cek juga koneksi internet. Sinyal yang buruk seringkali membuat proses ini gagal. Perbarui aplikasi apabila masih dalam versi lawas.

7. Tunggu Sampai Permohonan Diproses

Kirimkan permohonan aktivasi akun setelah semuanya beres. Biarkan pihak Shopee memproses pengajuan tersebut, kamu akan menerima pemberitahuan setelah proses selesai.

8. Aktivasi Akun Selesai

Pihak Shopee akan langsung mengaktifkan akun kamu setelah disetujui. Setelah pendaftaran berhasil, kamu pun bisa menggunakannya untuk mengajukan pinjaman. Pihak Shopee juga memberitahukan terkait limit SPinjam.

Cara Pinjam Uang di Shopee untuk Pemula

SPinjam cukup digemari oleh sejumlah orang. Pasalnya, untuk mengajukan pinjaman online, prosesnya sangat mudah dan cepat. Hanya dengan beberapa langkah sederhana, uang langsung masuk ke rekening bank kamu. Biar lebih paham, simak caranya sebagai berikut:

Baca Juga :  5 Cara Membatalkan Pesanan di Lazada yang Sedang Diproses

1. Jalankan Aplikasi Shopee

Buka Shopee pada ponsel kamu. Lalu, masuk ke akun yang mau digunakan untuk SPinjam.

2. Masuk ke Profil Saya

Setelah halaman utama Shopee terbuka, klik menu Saya. Lokasinya berada di sudut paling kanan bawah layar.

3. Tekan menu SPinjam

Lihat pada bagian tengah layar, di sana tersedia deretan menu. Klik menu SPinjam yang berada di paling kanan.

4. Ajukan Pinjaman

Setelah halaman Shopee Pinjam terbuka, cek berapa limit pinjaman yang kamu miliki. Pinjaman tidak bisa melebihi limit. Klik opsi Ajukan untuk memulai pinjaman.

5. Pilih Jumlah Pinjaman yang Diinginkan

Cara pinjam uang di Shopee selanjutnya yaitu tentukan berapa banyak uang yang mau dipinjam. Ketikan angkanya pada kolom yang tersedia.

6. Tentukan Lama Waktu Meminjam

Kamu akan diminta untuk menentukan berapa lama pinjaman tersebut berlangsung. Pilihannya yaitu 2 bulan, 3 bulan hingga 6 bulan. Tentukan mana yang paling sesuai dengan kemampuan finansial kamu.

7. Sambungkan ke Rekening Bank

Supaya dana yang dikabulkan bisa digunakan, kamu perlu menyambungkan SPinjam ke rekening bank. Pastikan namanya sama dengan yang tertulis pada Shopee. Jika belum tersambung, silakan klik Tambah Rekening Bank Baru dan ikuti instruksinya.

8. Periksa Informasi Mengenai Pinjaman

Sebelum gegabah mengklik tombol yang lain, periksa lagi informasi pinjaman yang diajukan, seperti biaya penanganan, besaran bunga, tagihan per bulan, dan lain sebagainya.

9. Klik Ajukan Sekarang

Cara pinjam uang di Shopee selanjutnya yaitu ketuk tombol Ajukan Sekarang.

10. Pinjaman akan Diproses

Pengajuan pinjaman langsung terkirim setelah itu. Tak lupa, masukkan PIN ShopeePay sebagai konfirmasi. Tunggu sampai ada pemberitahuan mengenai disetujui atau tidaknya pengajuan.

Kelebihan Shopee Pinjam

Sejumlah pengguna SPinjam menunjukkan kepuasan selama menggunakan layanan ini. Kepuasan pengguna didukung oleh kelebihan dari berbagai fitur menarik yang tersedia. Untuk mengenal lebih jauh, yuk ketahui kelebihannya sebagai berikut:

  • Suku bunga pinjaman terbilang rendah, yaitu mulai dari 2,45%. Membayar secara rutin akan mencegah bunga jadi tinggi.
  • Proses pengajuan pinjaman sangat mudah, karena melalui beberapa langkah saja.
  • Biaya penanganan cukup wajar. Setiap pengajuan dana dikenakan biaya 3% dari total transaksi.
  • Tidak ada persyaratan ribet, pengguna hanya perlu membuka akun SPinjam.
  • Durasi pinjaman sangat variatif, pilihannya yaitu 2, 3, 6 sampai 12 bulan.
  • Limit pinjaman tergolong besar. Pembeli bisa mengajukan pinjaman hingga Rp3 juta, sedangkan penjual bisa meminjam sampai Rp15 juta.
  • SPinjam telah bekerja sama dengan berbagai bank ternama, seperti Mandiri, BCA dan BRI. Sehingga transaksi pinjaman uang diproses dengan cepat.
  • Untuk bank yang belum diverifikasi, pengguna maksimal menunggu 2 hari kerja sampai dana ditransfer.
  • Bisa dilakukan secara online dan platform ini telah terverifikasi.
Baca Juga :  Cara Mengaktifkan Shopee Paylater, Besar Bunga dan Dendanya

 

Kekurangan Shopee Pinjam

Tidak jauh berbeda dengan layanan pinjaman online lainnya, SPinjam juga memiliki sejumlah kekurangan. Pahami kekurangannya di bawah ini untuk membantu membuat keputusan yang tepat:

  • Hanya Bisa digunakan oleh Pengguna Terpilih

Sayangnya, fitur SPinjam tidak tersedia untuk semua pengguna Shopee. Pihak Shopee yang nantinya menentukan apakah kamu memenuhi syarat atau tidak. Jika iya, kamu akan mendapat undangan terkait fitur ini.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan undangan tersebut? Caranya cukup mudah, kamu harus meningkatkan reputasi kamu. Misalnya, belanja online secara berkali-kali dari biasanya. Membayar tagihan Shopee PayLater juga bisa membantu supaya pihak Shopee memilih kamu.

Setelah mendapatkan undangan, kamu langsung bisa mengaktifkan akun tersebut. Ikuti cara-cara yang disebutkan di atas. Nantinya mereka yang memutuskan apakah kamu bisa menjadi pengguna SPinjam atau tidak.

  • Suku Bunga Bisa Lebih Tinggi

Jika pembayaran terus menerus dilakukan terlambat, kamu rentan membuat pinjaman jadi lebih mahal. Ini dikarenakan oleh hutang yang terus menumpuk, sehingga bunga yang semulanya kecil, mulai membuat tagihan lebih besar.

Buat keputusan yang matang dan tidak tergesa-gesa ketika hendak membuka akun SPinjam. Dari panduan cara pinjam uang di Shopee di atas, bisa disimpulkan kalau prosesnya sangat mudah, cepat dan dilakukan secara online.

Leave a Comment