5 Cara Membatalkan Pesanan di Lazada yang Sedang Diproses

Entah karena berubah pikiran dan tidak jadi beli atau menemukan penawaran yang lebih menarik, ada saatnya pesanan akhirnya dibatalkan. Bagi yang belum tahu cara membatalkan pesanan di Lazada, bisa terus mengikuti pembahasan berikut ini.

Lazada adalah platform e-commerce yang sangat diminati. Produk yang ditawarkan super lengkap dengan pilihan harga yang variatif. Belum lagi, pengguna sering dihujani oleh voucher cashback dan gratis ongkir. Jika kamu butuh jawaban atas pertanyaan tadi, yuk simak ulasannya di bawah ini!

Cara Membatalkan Pesanan di Lazada

Perlu diketahui, tidak semua pesanan yang sudah diproses bisa dibatalkan. Jadi, ada baiknya mengikuti tutorial yang sesuai dengan masalah kamu. Berikut disajikan sejumlah cara mudah yang memastikan dana kembali:

1. Pesanan yang Belum Dibayar

Apabila masih dalam kategori ini, pesanan bisa dibatalkan dengan mudah. Pasalnya belum ada dana yang masuk dan kamu pun punya hak untuk tidak jadi beli. Untuk membatalkan pesanan tersebut, mari ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Buka aplikasi Lazada.
  2. Klik menu Akun yang berada di pojok kanan bawah.
  3. Lihat kolom Pesanan Saya, dan klik menu Dalam Proses.
  4. Klik pesanan yang mau dibatalkan.
  5. Pada bagian bawah pesanan ada tombol Batal, klik tombol tersebut.
  6. Sampaikan alasan mengapa pesanan dibatalkan pesanan. Kolom komentar boleh diisi atau tidak, sesuai keinginan.
  7. Setelah beres, pesanan pun otomatis resmi dibatalkan. Selesai.

2. Pesanan yang Tidak Jadi Beli

Masih dengan kasus sebelumnya, cara membatalkan pesanan di Lazada ini bisa dilakukan pada pesanan yang masih berstatus Dalam Proses. Kamu bisa melakukan cara berikut menggunakan aplikasi Lazada atau versi web, untuk lebih jelasnya, silakan simak panduan ini:

  1. Buka aplikasi Lazada pada ponsel.
  2. Masuk ke akun Lazada kamu, jika belum.
  3. Arahkan ke halaman Akun Profil.
  4. Kemudian, klik menu Pesanan Saya.
  5. Klik nomor pesanan yang tidak jadi dibeli. Lakukan pemeriksaan ulang untuk memastikan itu pesanan yang tidak diinginkan.
  6. Gulir sedikit ke bawah, dan tekan tombol Batal.
  7. Pilih salah satu alasan mengapa pesanan dibatalkan pada kotak survei yang muncul. Ketikkan juga komentar pada kotak yang tersedia.
  8. Klik Submit untuk mengirimkan pesan tersebut.
  9. Terakhir, pilih metode pengembalian saldo yang diinginkan. Saldo akan diproses secepat mungkin. Sedikit informasi, cara ini tidak berlaku untuk pesanan bayar di tempat.
Baca Juga :  Cara Transfer ShopeePay ke DANA Tanpa KTP Gratis Admin 2022

3. Pesanan yang Sudah Diterima Seller

Bagaimana cara membatalkan pesanan di Lazada yang sudah diproses seller? Bagi yang memutuskan untuk mengubah pikiran secara tiba-tiba, kabar baiknya pesanan masih bisa dibatalkan.

Dengan catatan, belum ada keterlibatan pengiriman, sehingga prosesnya jauh lebih mudah. Kamu bisa mengikuti alur pembatalannya sebagai berikut:

  1. Buka dan Masuk ke akun Lazada yang ada pesanannya.
  2. Klik menu Akun pada sisi paling kanan bawah layar.
  3. Arahkan ke menu Dalam Proses.
  4. Di sini akan muncul deretan pesanan yang sedang diproses. Klik pesanan dengan status diproses penjual yang mau dibatalkan.
  5. Akan terbuka halaman berisikan detail pesanan, tekan tombol Batal untuk konfirmasi pembatalan.
  6. Apabila tampil alasan pembatalan, silakan pilih alasan yang sesuai dengan situasi kamu. Bisa juga menambahkan komentar. Namun ini sifatnya opsional.
  7. Klik Submit untuk melanjutkan.
  8. Selepas ini, pesanan langsung hilang dari halaman Dalam Proses.

4. Pesanan yang Sudah Masuk Pengiriman

Jika kasus yang kamu hadapi sudah mau dikirim, kamu bisa mengisi formulir pembatalan yang bisa diakses melalui website. Nantinya pihak Lazada akan me-review permohonan tersebut dan melakukan pengembalian dana sejumlah yang sudah disetorkan. Simak tutorialnya di bawah ini:

  1. Buka halaman Kontak Lazada di browser pada perangkat kamu.
  2. Masuk ke opsi Saya Ingin Membatalkan Pesanan.
  3. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk masuk ke akun.
  4. Lengkapi formulir yang muncul dengan data yang benar dan lengkap. Adapun data yang diminta seperti produk, nomor pesanan, alasan pembatasan dan lain sebagainya.
  5. Ikuti instruksi yang tersedia, lalu tekan Submit untuk mengirimkan formulir.
  6. Tentukan metode pengembalian saldo yang diinginkan.
  7. Tunggu sampai Lazada selesai mengurus pembatalan tersebut.

5. Pesanan Cash on Delivery (COD)

Salah satu keuntungan menggunakan metode pembayaran COD adalah barang bisa dikembalikan. Akan tetapi, ada syarat-syarat yang perlu dipenuhi agar barang bisa dibatalkan. Salah satunya akibat kecerobohan kurir atau penjual.

Baca Juga :  Cara Buka Rekening BNI Online, Lebih Mudah dan Praktis!

Sehingga produk yang diterima dalam keadaan rusak atau tidak sesuai. Lazada memiliki layanan di mana pesanan bisa dibatalkan, meski sudah sampai di tangan pembeli. Untuk itu, kamu tinggal mengembalikan pesanan tersebut ke kurir dan tidak perlu membayar.

Nantinya pihak Lazada akan mengurus hal tersebut, jadi tinggal menunggu sampai ada informasi kelanjutannya.

Syarat Pesanan Lazada yang Boleh Dibatalkan

Semua cara membatalkan pesanan di Lazada di atas berlaku apabila memenuhi persyaratan pembatalan. Itu artinya, tidak semua pesanan boleh dibatalkan secara semena-mena.

Memang pembatalan sering terjadi ketika terjadi masalah selama ekspedisi atau penjual tidak menunjukkan respons. Namun, sebagai pembeli, ada beberapa persyaratan yang perlu diketahui, yaitu:

  • Pembeli harus menghubungi penjual terlebih dulu terkait pembatalan pesanan.
  • Pesanan boleh dibatalkan apabila ada kesepakatan antara kedua belah pihak.
  • Pesanan yang tidak bermasalah dan sudah diproses tidak bisa dibatalkan.
  • Apabila menggunakan voucher, maka penawaran tersebut tidak bisa digunakan kembali pada pesanan selanjutnya.
  • Pesanan yang sudah resmi dibatalkan tidak bisa diaktifkan kembali.
  • Harga produk bisa berubah sewaktu-waktu setelah pesanan dibatalkan.
  • Untuk metode pembayaran menggunakan transfer bank, maka dana akan dikembalikan dalam rentang waktu 2 hingga 5 hari kerja.
  • Untuk metode pembayaran KlikPay, cicilan dan kartu kredit, maka limit akan dikembalikan dalam rentang waktu 7 sampai 14 hari kerja.

Apa Pesanan Lazada yang Tidak Bisa Dibatalkan?

Jika kamu masih pengguna baru, pastinya butuh penjelasan tentang apa pesanan yang boleh dan tidak boleh dibatalkan.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, cara membatalkan pesanan di Lazada berlaku untuk pesanan yang telah mendapatkan kesepakatan penjual dan pembeli. Pesanan juga bisa dibatalkan, apabila sistem Lazada melakukan pembatalan otomatis.

Baca Juga :  Cara Buka Toko di Lazada dan Tips Melakukan Pengamanan Akun Seller

Di samping itu, ada beberapa produk yang tidak bisa dibatalkan, yaitu produk LazGlobal dan produk digital. Semua produk yang didapatkan dari LazGlobal tidak bisa di-refund, meski masih di status Dalam Proses.

Begitu pun dengan produk digital, tidak bisa dikembalikan setelah konfirmasi pembelian. Beberapa produk juga tidak bisa dibatalkan apabila sudah diproses oleh pihak penjual, sudah diproses di gudang maupun dalam tahan pengiriman.

Apa Saja Metode Pembayaran yang Bisa Membatalkan Pesanan?

Pembeli dengan segala metode pembayaran bisa membatalkan pesanan, termasuk di antaranya melalui transfer bank, kartu kredit, COD dan lain sebagainya.

Apakah Produk yang Sudah Dibayar Bisa Dibatalkan?

Untuk hal ini, hanya ada produk tertentu yang bisa dibatalkan. Dengan catatan masih dalam status tertentu dan batas waktu yang ditentukan.

Apakah Pesanan Lazada Bisa Dikembalikan?

Tentu saja bisa. Semua produk yang sudah diterima dan dibuka bisa dikembalikan ke pihak Lazada. Asalkan produk mengalami kerusakan, tidak sesuai atau ada masalah lainnya.

Sebagai pembeli, tidak usah khawatir kalau tiba-tiba berubah pikiran. Dengan cara membatalkan pesanan di Lazada, dana akan tetap kembali. Namun, pastikan pesanan telah memenuhi persyaratan pembatalan agar permohonan dikabulkan.

Leave a Comment