5 Cara Menambah Akun Google di Berbagai Gadget

Sebagian besar orang, khususnya pengguna gadget, pasti memiliki akun Google. Bahkan satu orang bisa punya dua akun atau lebih. Lalu, bagaimana cara menambah akun Google di HP, laptop, atau iOS?

Kalau masih belum tahu, sebaiknya simak terus penjelasan di bawah ini. Artikel ini akan menjelaskan tutorial menambahkan akun Google di berbagai perangkat. Jadi, jangan lewatkan seluruh informasinya.

Cara Menambah Akun Google di Laptop

Yang akan dijelaskan pertama kali adalah cara untuk menambahkan akun Google di laptop. Dalam hal ini, akun Google biasanya digunakan di browser. Dengan sekali menambahkan akun Google di browser, pengguna tidak perlu login ulang meskipun laptop/PC dimatikan.

Akun Google baru akan hilang dari browser apabila dibersihkan secara total. Untuk menambahkan akun Google di browser laptop, perhatikan tutorial yang akan diberikan di bawah ini.

Menambahkan Akun yang Sudah Ada

Kalau sudah punya akun Google sebelumnya, pengguna hanya perlu login untuk menambahkan akun Google di laptop. Berikut adalah langkah untuk menambahkan akun Google yang sudah ada ke dalam browser laptop.

Baca Juga :  Cara Menggunakan Google Meet

1. Buka Browser

Karena akan menggunakan akun Google di Browser, maka hal paling awal yang harus dilakukan adalah membuka browser. Jangan lupa memastikan bahwa laptop atau PC sudah terhubung dengan jaringan internet.

2. Kunjungi Google

Kalau browser sudah terbuka, sekarang adalah waktunya untuk masuk ke laman Google. Caranya sangat mudah, ketik saja www.google.com di address bar. Kemudian tekan enter di keyboard untuk memulai proses loading.

3. Login ke Akun Google

Berikutnya, pengguna dapat langsung login ke Google dengan mengikuti panduan di bawah ini.

  1. Klik tombol Login.
  2. Berikutnya, masukkan username Google atau alamat email.
  3. Klik Next.
  4. Sekarang masukkan password dengan benar.
  5. Klik Next

4. Verifikasi Dua Langkah Jika Diperlukan

Beberapa akun diatur untuk verifikasi dua langkah. Jika diaktifkan, pengguna tidak langsung masuk setelah memasukkan password tadi. Ada satu langkah lagi yang perlu dilewati. Beberapa tahap verifikasinya antara lain:

  • Memilih angka sesuai dengan yang tampil di layar HP
  • Mengeklik tombol Yes pada HP yang sudah terhubung dengan akun Gmail
  • Menerima SMS berupa kode verifikasi

Membuat Akun Baru

Bagaimana jika ingin menambahkan sebuah akun baru yang belum ada sebelumnya? Artinya, pengguna harus melakukan registrasi akun dari awal terlebih dahulu. Caranya tidak sulit, ikuti saja panduan di bawah ini.

1. Buka Halaman Google

Buka laman Google terlebih dahulu di browser laptop. Alamatnya adalah www.google.com. Pastikan laptop sudah dalam kondisi online supaya bisa menjangkau laman Google.

2. Klik Menu Login

Di tampilan awal Google, klik pada menu Login yang terdapat di sudut bagian kanan atas. Pengguna akan diarahkan ke halaman login.

3. Pilih Buat Akun Baru

Karena akan membuat akun baru, maka yang perlu dilakukan adalah mengeklik menu Buat Akun. Selanjutnya pilih Untuk diri sendiri.

4. Isi Data

Isi beberapa data yang diminta oleh Google. Adapun data tersebut antara lain.

  • Nama depan
  • Nama Belakang
  • Nama pengguna atau username
  • Password
Baca Juga :  Syarat dan Cara Transfer OVO ke DANA Tanpa Bank 2022

Setelah mengisi semua data yang diperlukan, klik Berikutnya.

5. Tambahkan Nomor HP

Di langkah berikutnya, pengguna akan diminta untuk memasukkan nomor HP. Lalu klik tombol Berikutnya.

Kode verifikasi akan dikirimkan melalui SMS. Masukkan kode tersebut pada tempat yang sudah tersedia di laman registrasi Google.

6. Isi Tanggal Lahir dan Gender

Setelah nomor dikonfirmasi, sekarang masukkan email pemulihan. Ini tidak wajib, tapi isi saja jika diperlukan. Kemudian masukkan beberapa data berikut

  • Tanggal lahir
  • Bulan lahir
  • Tahun lahir
  • Gender

Klik berikutnya.

7. Selesaikan Pembuatan Akun

Di laman berikutnya, pengguna akan ditawari untuk mengoptimalkan nomor telepon. Klik saja Lewati. Terakhir, klik Saya Setuju.

Cara Menambah Akun Google di HP Android              

Pengguna ponsel Android wajib untuk menambahkan akun Google ke perangkatnya. Akun ini diperlukan supaya Google Service bisa dijalankan secara maksimal. Selain itu, apabila ada pembayaran aplikasi dan sejenisnya juga membutuhkan akun Google.

Login Google yang Sudah Ada

Kalau sudah punya akun Google sebelumnya dan ingin menambahkannya ke HP Android, caranya sangat mudah. Bagaimanakah cara menambah account email di Android? Mari simak bersama di bawah ini.

1. Masuk ke Settings

Masuk ke Settings terlebih dahulu dengan cara mengeklik ikon roda gerigi. Ikonnya bisa ditemui di homescreen, app drawer, maupun control center.

2. Tambahkan Akun

Di halaman Settings, lakukan beberapa langkah ini.

  1. Scroll ke bawah dan pilih menu Accounts.
  2. Kemudian klik pada opsi Add account.
  3. Pilih Google.

3. Masukkan PIN

Demi keamanan, pengguna diminta untuk memasukkan PIN smartphone atau bisa juga menggunakan sensor sidik jari.

4. Masukan Username

Setelah berhasil melewati keamanan, lanjutkan dengan memasukkan username atau alamat email akun Google. Klik Next.

5. Masukkan Password

Sekarang masukkan password atau kata sandi. Pastikan tidak typo supaya bisa langsung login. Klik Next.

6. Selesaikan Login

Lompati jika ada tawaran untuk menambahkan nomor telepon dengan klik Skip. Kemudian klik I agree untuk menyetujui syarat dan ketentuan Google.

Membuat Akun yang Baru

Dalam beberapa situasi, pengguna ponsel Android juga butuh untuk membuat akun Google baru. Tutorial atau panduan pembuatan akun baru Google bisa disimak di bawah.

Baca Juga :  10 Aplikasi Edit Video Android Terbaik 2022

1. Buka Settings

Buka halaman Settings terlebih dahulu. Untuk masuk ke halaman ini, klik pada ikon berbentuk roda gerigi di homescreen.

2. Masuk ke Pengaturan Akun

Kalau sudah berada di halaman Settings, scroll ke bagian bawah dan klik pada Accounts. Pilih Add account. Pilih Google tentu saja. Masukkan PIN untuk verifikasi.

3. Pilih Registrasi Akun Baru

Di halaman login, klik pada opsi Create account karena akan membuat sebuah akun baru. Bukan memakai akun yang sudah ada.

4. Isi Nama

Isikan nama depan dan nama belakang. Lalu klik Next setelah memastikan bahwa datanya benar.

5. Masukkan Informasi Dasar

Sekarang masukkan beberapa informasi dasar seperti tanggal, bulan, dan tahun lahir. Kemudian pilih salah satu gender. Klik Next.

6. Memilih Username

Pilih salah satu username yang ditawarkan oleh Google. Pengguna juga bisa membuat usernamenya sendiri di kolom bagian bawah. Klik Next.

7. Membuat Password

Sekarang buat sebuah password yang mudah diingat tapi tidak mudah ditebak juga oleh orang lain. Gunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, serta simbol supaya lebih kuat. Masukkan password sebanyak dua kali. Klik Next.

8. Tambahkan Nomor HP

Tambahkan juga nomor HP jika Google memintanya. Ketik kode OTP sesuai dengan yang ada di SMS. Langkah ini juga bisa dilewati dengan mengeklik Skip.

9. Setujui Syarat dan Ketentuan Google

Terakhir, baca syarat dan ketentuan dari Google, kemudian klik I Agree untuk menyetujuinya.

Cara Menambah Akun Google di iOS

Para pengguna iOS juga bisa menambahkan akun Google ke perangkatnya. Ikuti tutorial di bawah ini jika ingin melakukannya.

  1. Buka aplikasi Safari.
  2. Kemudian kunjungi alamat www.google.com.
  3. Klik di bagian kanan atas, lebih tepatnya pada menu Login.
  4. Masukkan username dan lanjutkan dengan memasukkan password.
  5. Ikuti langkah berikutnya sesuai instruksi di layar.

Apakah cara menambah akun Google yang sudah dijelaskan di atas bisa dipahami dengan baik? Sekarang saatnya mempraktikkan sendiri tutorial yang sudah dijelaskan tadi

Leave a Comment