5 Cara Reset HP Xiaomi All Tipe agar Data Tidak Hilang

HP Xiaomi kamu punya masalah? Sebelum dibawa ke teknisi profesional, kenapa tidak coba cara reset HP Xiaomi ini? Pastinya gratis dan tidak sampai satu jam. Dengan beberapa cara ini, HP yang tadinya terinfeksi virus, bootloop atau lupa kata sandi, bakal kembali lagi ke semula dalam hitungan menit.

Cara ini berlaku untuk semua tipe Xiaomi. Dan sebelum itu, jangan lupa untuk mengingat detail akun Google yang digunakan sebelumnya. Pasalnya, HP ini memiliki fitur Google FRP yang mengharuskan pengguna untuk verifikasi melalui akun Google.

 

Cara Reset HP Xiaomi Tanpa Hapus Data

Reset HP biasa dipakai untuk menghapus malware, mengatasi lag, memberikan ruang memori, hingga menyelesaikan beberapa masalah ringan. Pada dasarnya, ada dua jenis reset yang bisa dipakai. Soft Reset alias restart/reboot dipilih untu masalah aplikasi berhenti tiba-tiba.

Sedangkan Hard Reset atau Factory Reset dikhususkan dalam menangani masalah yang lebih serius. Untuk pembahasan kali ini, yuk ketahui bagaimana cara melakukan hard reset di ponsel Xiaomi sebagai berikut:

1. Melalui Settings

Apabila ingin melakukan lewat menu settings, ada satu keuntungan yang bisa kamu nikmati, yaitu fitur cadangkan data. Semua data internal (video, foto, dan dokumen) akan diunggah ke penyimpanan awan, dan akan dikembalikan lagi setelah proses reset selesai. Adapun langkah-langkahnya yaitu:

  1. Jalankan aplikasi Settings.
  2. Geser ke bawah, lalu pilih Additional Settings.
  3. Klik menu Back Up and Restore yang berada di paling bawah.
  4. Setelah itu, masuk ke menu About Phone.
  5. Ketuk Factory Reset.
  6. Konfirmasi pilihan dan tunggu sampai proses selesai. Nantinya, ponsel akan melakukan reboot secara otomatis dan durasinya bisa memakan waktu hingga beberapa menit.
Baca Juga :  Cara Transfer ShopeePay ke DANA Tanpa KTP Gratis Admin 2022

 

2. Melalui Recovery Mode

Mode recovery tidak bisa diakses begitu saja dari settings. Kamu perlu menekan tombol power dan volume supaya bisa dibawa ke tampilan mode ini. Yang pasti, cara ini paling ampuh mengatasi masalah lupa PIN, kata sandi, bootloop dan lain-lain. Jika ingin mencoba, silakan ikuti alurnya sebagai berikut:

  1. Tahan tombol Power untuk menonaktifkan ponsel.
  2. Kemudian, masuk ke Recovery Mode. Caranya, tekan dan tahan tombol Power dan Volume Up selama beberapa detik.
  3. Akan muncul logo Mi yang menandakan kamu berhasil masuk.
  4. Gunakan tombol Volume Down untuk memilih opsi Wipe Data.
  5. Tekan tombol Power untuk konfirmasi pilihan.
  6. Pilih menu Wipe All Data.
  7. Klik tombol Confirm pada tampilan Confirm Wipe of All Data.
  8. Tunggu sampai semua data terhapus.
  9. Gunakan tombol Back untuk kembali ke menu sebelumnya, dan pilih Reboot.
  10. Terakhir, klik Reboot System. Selesai.

 

3. Melalui TWRP

Cara reset HP Xiaomi dengan tombol power ini dilakukan melalui Mi Recovery. TWRP bisa dijadikan pilihan apabila kamu lupa kata sandi, sehingga tidak bisa masuk ke HP.

Cara ini akan menghapus keamanan yang sebelumnya dipasang, dan juga file yang ada di dalamnya. Jika kamu siap dengan risiko tersebut, silakan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Nonaktifkan daya ponsel seperti biasa.
  2. Tekan dan tahan tombol Power dan Volume Up secara bersamaan.
  3. Setelah muncul logo Mi, lepaskan tombol dan tunggu sejenak.
  4. Gunakan tombol Volume dan Power sebagai tombol navigasi.
  5. Pilih menu TWRP.
  6. Lalu, klik opsi Wipe.
  7. Terakhir, pilih Swipe to Factory Reset.
  8. Proses reset akan dimulai dan pastikan ponsel terhubung ke charger apabila baterainya lemah.

 

4. Melalui Mi Cloud

Belum menemukan cara reset HP Xiaomi yang diinginkan? Ada baiknya menjajal tutorial ini. Cara ini menggunakan aplikasi Mi Cloud, yaitu aplikasi bawaan yang bisa digunakan untuk mencadangkan data sekaligus untuk me-reset ponsel. Adapun, berikut cara menggunakannya:

  1. Hubungkan ponsel ke internet yang stabil.
  2. Pastikan ponsel masih terhubung dengan akun Mi.
  3. Setelah itu, buka website com.
  4. Masuk ke akun kamu pada website tersebut.
  5. Pilih menu Find Device.
  6. Pada pojok kanan atas, pilih ponsel Xiaomi yang mau disetel ulang.
  7. Klik tombol Wipe Device untuk menghapus data.
  8. Konfirmasi dengan klik Wipe sekali lagi.
  9. Ponsel kamu pun akan mulai di-reset selama beberapa menit.
  10. Terakhir, Restart ponsel untuk memastikan prosesnya sempurna.
Baca Juga :  Cara Daftar Shopee Food Driver

 

5. Melalui Program PC Fastboot

Tidak seperti cara reset HP Xiaomi sebelumnya, cara ini membutuhkan laptop atau komputer sebagai alat bantu. Kamu diharuskan untuk menjalankan perintah Fastboot. Cara ini efektif digunakan pada ponsel yang mengalami bootloop atau tidak bisa masuk ke Recovery Mode sama sekali.

Kamu juga bisa menggunakannya apabila proses reset sebelumnya tidak sempurna, sehingga membuat memori internal yang terbaca hanya 0 MB. Untuk melakukan cara ini, silakan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Unduh ADB Fasboot terlebih dulu.
  2. Ekstrak file tersebut ke mana saja. Jika tidak bisa, pastikan WinRAR atau 7ZIP terinstal pada PC kamu.
  3. Selanjutnya, matikan daya ponsel.
  4. Masuk ke Fastboot Mode, caranya dengan menekan tombol Power dan Volume Down selama beberapa detik. Lepaskan saat muncul logo.
  5. Perhatikan layar PC kamu, buka folder ADB Fastboot yang tadi sudah diekstrak.
  6. Klik dua kali pada file dengan ekstensi .CMD.
  7. Akan muncul jendela CMD, sekarang masukkan perintah ‘fastboot Devices’.
  8. Tekan Enter untuk mengeksekusinya.
  9. Ketikan kembali perintah ‘fastboot format userdata’, dan tekan Enter.
  10. Setelah itu, Restart ponsel dengan cara tekan dan tahan tombol Power selama beberapa saat.
  11. Proses reset selesai dan ponsel bisa digunakan seperti biasa lagi.

 

Risiko Bahaya Reset HP Xiaomi

Melakukan reset secara berlebih justru bisa menimbulkan sejumlah masalah. Karena itu, kamu harus tahu dulu apa saja risiko mengikuti cara reset HP Xiaomi beserta solusi mengatasinya. Meski kemungkinannya sangat kecil, namun kamu bisa mengalami beberapa masalah berikut usai reset:

1. Semua Aplikasi Terhapus

Semua aplikasi yang pernah kamu instal akan terhapus. Sebab, factory reset akan menghapus semua data yang ada di ponsel tersebut.

Baca Juga :  3 Cara Mengaktifkan Hotspot iPhone dan Solusinya Jika Tidak Berhasil

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk mengamankan aplikasi. Pertama, tulis daftar aplikasi yang kamu miliki pada kertas.

Kedua, gunakan aplikasi APK Extractor untuk menyimpan file .APK tersebut, lalu unggah file-nya ke Google Drive. Jadi, kamu tinggal mengunduh dan menginstalnya kembali setelah selesai reset.

 

2. Loading Berkepanjangan (Bootloop)

Risiko bahaya reset HP Xiaomi ini sangat sering terjadi. Bagi yang belum tahu, bootloop adalah kondisi dimana ponsel hanya menunjukkan layar loading dan tidak bisa masuk ke sistem meski sudah berjam-jam.

Makanya disebut sebagai boot dan loop. Penyebabnya bisa dikarenakan oleh reset yang terganggu di tengah jalan, misalnya akibat baterai habis. Bisa juga akibat ada data sistem yang terhapus atau corrupt, sehingga ponsel terjebak dan tidak bisa mengakses sistem.

Jika ini terjadi, kamu bisa coba reset dengan cara lain atau menggunakan software PC. Apabila masih belum berhasil, sebaiknya kunjungi teknisi terdekat. Yang penting, tak usah khawatir, masalah ini mudah diatasi.

 

Sebelum mengikuti cara reset HP Xiaomi tanpa menghapus foto ini, selalu lakukan back up atas semua daya yang kamu miliki. Jika tidak, semua data akan terhapus. Pilih cara yang dirasa paling mudah dan ikuti setiap langkah dengan baik. Semoga berhasil!

Leave a Comment