5 Cara Screenshot Samsung Berbagai Seri Secara Mudah

Samsung jadi salah satu perangkat yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia. Punya segudang fitur luar biasa, namun tidak jarang di awal penggunaan fiturnya membingungkan. Salah satunya terkait cara screenshot Samsung yang tidak jarang berbeda dengan perangkat lain.

Sebut saja saat kamu baru pindah jenis perangkat ke Samsung, bisa jadi fitur sederhana namun diperlukan seperti screenshot sulit untuk dilakukan. Tidak perlu bingung, kamu bisa gunakan tutorial beberapa opsi screenshot mudah di perangkat Samsung berikut ini.

Cara Screenshot Samsung Tanpa Aplikasi Tambahan

Sebenarnya perangkat Samsung mulai dari HP, tablet, hingga perangkat PCnya sudah dibekali dengan tools untuk mudah melakukan screenshot tanpa perlu bantuan aplikasi lain. Sayangnya, tidak semua pengguna sadar akan tools tersebut. Lalu apa saja cara screenshot yang tersedia?

1.     Screenshot Menggunakan Kombinasi Tombol

Cara pertama yang bisa dilakukan yakni dengan menggunakan kombinasi tombol. Untuk seri terbaru sekalipun, khususnya seri HP masih menggunakan tombol di bagian pinggir body HP sekalipun menghilangkan tombol tengah. Untuk mengambil foto tangkapan layar, lakukan cara ini:

  • Pastikan perangkat tengah aktif dan tombol pinggir (power dan audio) masih berfungsi dengan baik.
  • Buka laman atau tab yang ingin di screenshot.
  • Langsung tekan tombol power dan tombol pengurangan audio (-) secara bersamaan.
  • Jangan lepaskan hingga hadir bunyi ‘cekrek’ dari layar.

Nantinya kamu bisa menikmati tangkapan layar dari cara ini langsung di galeri. Foto akan tersimpan di folder bawaan bernama Screenshot. Bila kamu menggunakan seri yang dikeluarkan tahun 2017 ke bawah bisa menggunakan opsi lain berikut:

  • Pastikan perangkat tengah aktif dan tombol perangkat (power dan home) masih berfungsi dengan baik.
  • Buka laman atau tab yang ingin di screenshot.
  • Langsung tekan tombol power dan tombol home (tombol tengah layar) bersamaan.
  • Jangan lepaskan hingga hadir bunyi ‘cekrek’ dari layar.
Baca Juga :  5 Cara Cek Kuota Indosat Menggunakan atau Tanpa Aplikasi

Sama seperti cara sebelumnya, foto screenshot akan langsung tersimpan pada galeri perangkat. Kamu juga bisa menggunakan cara yang sama saat sedang menonton video dan ingin mengambil potongan gambar.

2.     Screenshot Menggunakan Fitur Motion Control

Fitur motion control mungkin tidak bisa ditemukan di perangkat HP seri keluaran terbaru seperti A32. Namun, kamu bisa berbahagia bila masih menggunakan seri Samsung S9, S9+ atau seri kelas atas di tahun yang sama. Fitur motion control bisa digunakan untuk screenshot dengan cara:

  • Buka HP atau tab lalu pergi ke Pengaturan atau Setting perangkat.
  • Langsung cari di bar pencarian Motion and Gesture.
  • Di dalam kolom tersebut akan menemukan menu Palm Swipe to Capture, lalu aktifkan.

Setelah fitur ini diaktifkan, kamu bisa langsung mencobanya pada tab tertentu. Langsung lakukan gestur seperti menggeser telapak tangan secara halus dari kanan ke kiri tanpa kena layar. Nantinya screenshot akan otomatis terjadi dan gambar otomatis tersimpan di galeri.

3.     Scroll Screenshot (Screenshot Panjang)

Samsung juga bisa melakukan scroll screenshot atau screenshot panjang tanpa bantuan aplikasi lain. Kamu cukup menghidupkan fitur satu ini langsung di pengaturan perangkat. Namun perlu dipahami fitur ini hanya tersedia di seri HP Samsung S8 ke atas. Lalu, bagaimana cara mengaktifkan fitur ini?

  • Buka pengaturan atau setting dalam perangkat.
  • Lalu cari kolom Advanced Features.
  • Aktifkan opsi Smart Capture.

Setelah diaktifkan, kamu bisa langsung mencoba fitur screenshot panjang satu ini. Cukup langsung gunakan gestur scroll screenshot, lalu scroll ke bawah untuk menentukan seberapa panjang screenshot yang ingin didapatkan.

4.     Menggunakan S Pen

S Pen kini tidak hanya bisa ditemukan pada perangkat tablet tapi juga bisa ditemukan di perangkat HP dengan seri terbaru seperti seri Note atau S22 Ultra. Dengan menggunakan S Pen, kamu bisa melakukan screenshot dengan sekali klik. Bagaimana cara screenshot Samsung pakai S Pen?

  • Langsung aktifkan perangkat dan keluarkan S Pen yang ingin digunakan.
  • Siapkan gambar atau tab laman yang ingin di ambil screenshotnya.
  • Temukan fitur Air Command lalu klik Smart Select.
  • Tempelkan dan tahan sebentar ujung S Pen pada layar HP atau tab.
  • Lalu tarik ke bawah seperti menggambar garis vertikal untuk screenshot.
  • Pilih opsi Save pada bagian bawah kanan.
  • Hasil bisa langsung dinikmati di galeri.
Baca Juga :  7 Cara Buat Link WhatsApp, Dijamin Gampang!

Fitur screenshot menggunakan S Pen ini bisa langsung digunakan saat kamu menemukan objek menarik atau objek yang harus diambil fotonya. Sekalipun saat memutar video, fitur ini tetap bisa digunakan oleh pemilik perangkat.

5.     Menggunakan Menu Assistant Menu (Menu Asisten)

Cara screenshot Samsung lain yang bisa kamu gunakan yakni dengan menggunakan fitur dari Assistant Menu. Hal ini sama dengan fitur yang berada di perangkat berbasis iOS dimana beberapa fitur penting terkumpul di satu titik dan bisa diakses kapan saja.

Termasuk fitur screenshot, dalam versi Android khususnya di perangkat Samsung, kamu bisa menggunakannya kapan saja selagi perangkat aktif. Berikut cara mengaktifkan fitur ini dalam perangkat HP atau tab Samsung seri atas:

  • Saat perangkat aktif langsung pergi ke Pengaturan atau Setting.
  • Pergi ke kolom Accessibility.
  • Klik menu Interaction and Dexterity.
  • Temukan opsi Assistant Menu dan geser untuk mengaktifkan opsi ini.
  • Setelah Assistant Menu aktif, kamu akan menemukan ikon kecil persegi di layar utama. Untuk melakukan screenshot kamu bisa klik ikon tersebut, setelah terbuka pilih ikon screenshot yang tersedia.
  • Setelahnya screenshot akan otomatis berlangsung pada layar yang sedang dibuka dengan munculnya suara tangkapan layar yang khas. Hasil screenshot seperti biasa bisa dengan mudah ditemukan di galeri khususnya di folder screenshot.

Cara Screenshot Samsung dengan Aplikasi Tambahan

Lalu, bagaimana jadinya bila sistem di perangkat atau tools screenshot perangkat tidak bisa difungsikan dengan baik? Tenang saja, kamu masih bisa menggunakan cara lain yakni dengan mengaktifkan aplikasi tambahan pada perangkat Samsung. Berikut aplikasi yang bisa diaktifkan:

1.     Aktifkan Aplikasi Bixby

Sebenarnya Bixby merupakan aplikasi bawaan dari perangkat Samsung seri atas. Namun, aplikasi asisten satu ini tidak akan aktif bila tidak diaktifkan oleh penggunanya. Salah satu fitur yang bisa digunakan yakni memberikan perintah terkait perangkat lewat identifikasi suara.

Baca Juga :  Cara Transfer ShopeePay ke DANA Tanpa KTP Gratis Admin 2022

Tinggal pergi ke aplikasi Bixby yang langsung tersedia lalu aktifkan aplikasi ini. Setelah aktif dan diatur sedemikian rupa (seperti pengaturan bahasa), kamu bisa langsung menggunakannya untuk melakukan screenshot.

Tinggal sapa Bixby dengan mengatakan ‘Hai Bixby’ dan sambung dengan perintah tangkapan layar. Seperti biasa, kamu perlu membuka laman yang ingin di screenshot terlebih dulu. Setelah proses screenshot selesai, bisa langsung melihat hasilnya di galeri.

2.     Download dan Instal Aplikasi Eksternal

Ada banyak aplikasi eksternal yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah terkait screenshot. Di bawah ini merupakan aplikasi yang terbukti support untuk melakukan screenshot di berbagai seri HP hingga tab Samsung, di antaranya:

  • Screenshot Easy – Free
  • Screenshot Unlimited
  • Super Screenshot, dll.

Sudah tidak kebingungan lagi bagaimana cara screenshot Samsung? Kamu bisa menggunakan beberapa opsi yang sudah disajikan di atas. Gunakan cara yang paling efisien untuk dilakukan sesuai dengan seri perangkat Samsung yang kamu miliki.

Leave a Comment