5 Cara Transfer BRI ke BCA Terbaru 2022

Ingin mentransfer uang dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) ke Bank Central Asia (BCA)? Di sini akan dijelaskan mengenai cara transfer BRI ke BCA secara lengkap.

Untuk transfer dari BRI ke BCA, minimal nominal transfernya adalah Rp10.000. Sedangkan biaya admin yang harus dibayarkan adalah Rp6.500.

Cara Transfer BRI ke BCA

Terdapat 5 cara untuk mentransfer uang dari BRI ke BCA. Supaya lebih memahami caranya, sebaiknya simak panduan atau tutorial yang terdapat di bawah ini:

1. Transfer ke BCA Lewat Teller Bank

Cara yang pertama adalah mentransfer uang dari BRI ke BCA adalah melalui teller. Cara ini hanya bisa dilakukan di hari dan jam kerja. Ini dia langkah-langkahnya:

a. Kunjungi Kantor Cabang BRI Terdekat

Pertama, kunjungi kantor cabang BRI terdekat. Nasabah bisa mendatangi kantor cabang BRI ke mana saja, tidak harus sesuai dengan kantor cabang tempat pembukaan rekening.

b. Ambil Nomor Antrean

Setelah sampai di kantor cabang BRI terdekat, ambil nomor antrean. Karena akan melakukan transfer melalui teller, maka ambil antrean untuk teller.

Baca Juga :  Cara Kredit HP di Shopee, Cicilan Terjangkau Tanpa Ribet!

c. Isi Formulir Transfer

Sembari menunggu nomor antrean dipanggil, isi formulir transfer terlebih dahulu. Formulir ini biasanya tersedia di bagian depan kantor atau di dekat mesin nomor antrean. Pastikan isi dengan data-data yang benar, mulai dari nomor rekening penerima hingga nominal yang akan ditransfer.

d. Serahkan Formulir dan Uang ke Teller

Ketika nomor antrean dipanggil, datangi ke teller. Kemudian serahkan formulir yang tadi telah diisi serta uang yang akan dikirimkan.

e. Terima Bukti Transfer

Petugas teller akan memproses transaksi transfer uang dari bank BRI ke BCA. Ketika sudah berhasil, teller akan memberikan bukti transfer. Simpan baik-baik sebagai bukti pembayaran.

2. Transfer ke BCA Lewat ATM

Cara transfer BRI ke BCA melalui mesin ATM adalah sebagai berikut:

a. Kunjungi ATM BRI Terdekat

Transaksi berupa transfer hanya bisa dilakukan di ATM BRI. Jadi, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengunjungi ATM BRI terdekat.

b. Masukkan Kartu Debit ke ATM

Sesampainya di ATM, masukkan kartu debit pada slot kartu yang tersedia. Pastikan untuk memasukkan kartu dengan posisi yang benar.

c. Pilih Bahasa

Apabila kartu sudah dibaca oleh mesin, pilih bahasa. Supaya lebih mudah, pilih saja Bahasa Indonesia.

d. Masukkan PIN

Berikutnya, nasabah akan diminta untuk memasukkan PIN 6 digit untuk melanjutkan transaksi. Jangan sampai salah memasukkan PIN. Pasalnya, kalau sampai salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali, kartu akan terblokir.

e. Pilih Menu Transfer

Sekarang di layar tampil beberapa menu, klik pada menu Transfer. Karena akan transfer ke BCA, maka pilih opsi Transfer ke Bank Lain.

Masukkan kode transfer BCA, yaitu “014” diikuti dengan nomor rekening BCA tujuan. Pastikan nomor rekening sudah benar, lalu klik menu Benar.

f. Masukkan Nominal Transfer

Berikutnya, masukkan nominal transfer yang diinginkan. Pastikan mengetik nominal dengan benar. Klik Benar.

g. Selesaikan Transaksi

Berikutnya, di layar akan muncul informasi nama penerima transfer beserta nominal uang yang akan dikirimkan. Kalau sudah memastikan seluruhnya benar, klik Benar.

Baca Juga :  Cara Membuat Google Docs

h. Tunggu Konfirmasi

Terakhir, tunggu saja sampai proses transaksi berhasil dilakukan. Jika berhasil, layar akan menampilkan “Transaksi Berhasil Diproses”.

3. Transfer ke BCA Lewat SMS

Khusus untuk nasabah yang terdaftar dalam layanan SMS Banking BRI, bisa melakukan transfer via SMS. Caranya tidak begitu sulit. Tetapi perlu dipastikan bahwa nomor yang terdaftar di SMS banking tersebut masih memiliki pulsa. Cara transfer via SMS dari BRI ke BCA adalah sebagai berikut:

  • Buka menu Messages di HP.
  • Kemudian klik tombol Buat Pesan Baru.
  • Masukkan nomor 3300 di tujuan pengiriman SMS.
  • Selanjutnya, ketik pesan dengan mengikuti format berikut ini.
  • Transfer (spasi) Kode Bank BCA diikuti nomor rekening (spasi) nominal (spasi) PIN.
  • Contoh pesannya adalah berikut ini.
  • Transfer 0140186034831 1000000 756441
  • Berikutnya, nomor 3300 akan mengirimkan SMS balasan. Ikuti saja instruksi yang diberikan.
  • Berikutnya, nasabah akan menerima laporan transfer berhasil melalui SMS dari 3300.

4. Transfer ke BCA Lewat Internet Banking

Cara transfer BRI ke BCA berikutnya bisa dilakukan melalui internet banking. Perlu diketahui bahwa internet banking dapat diakses melalui browser. Nasabah perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu sebelum bisa menggunakan internet banking. Untuk cara transfernya dapat disimak di bawah ini.

a.  Masuk ke Laman Internet Banking dan Login

Pertama, nasabah perlu mengunjungi laman internet banking BRI menggunakan browser, baik di HP maupun laptop/PC. Alamatnya adalah sebagai berikut https://ib.bri.co.id/ib-bri/.

Setelah itu, masukkan username, password, serta kode verifikasi yang terlihat di layar. Kemudian klik Masuk untuk login.

b. Memilih Menu Transfer

Setelah berhasil login, klik pada menu Transfer. Lanjutkan dengan mengklik menu Transfer Antar Bank karena akan mentransfer ke rekening BCA. Lalu pilih rekening BRI yang akan dipakai untuk mentransfer dana.

c. Pilih Rekening dan Tujuan Transfer

Pilih bank tujuan transfer, yaitu bank BCA. Kemudian masukkan nomor rekening penerima dengan benar. Masukkan juga nama penerima, nominal yang akan ditransfer, nomor referensi (jika ada), berita/keterangan, dan alamat email penerima. Klik Kirim.

Baca Juga :  Cara Membuat Link Google Meet

d. Masukkan Kode mToken

Untuk proses verifikasi transaksi, nasabah harus meminta mToken. Caranya adalah dengan mengklik menu Permintaan mToken.

Sesaat kemudian, mToken akan dikirimkan melalui SMS. Kode ini wajib dimasukkan ke laman internet banking untuk menyelesaikan transaksi. Terakhir, klik Kirim.

e. Transaksi Selesai

Transaksi transfer akan diproses. Kemudian pastikan bahwa transaksi berhasil dilakukan. Nasabah dapat mendownload bukti transaksi dalam bentuk dokumen PDF.

5. Transfer ke BCA Lewat Mobile Banking

BRI memiliki aplikasi mobile banking yang bernama BriMo. Aplikasi tersebut bisa dipakai nasabah untuk mentransfer uang ke rekening BRI. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak tutorial transfer via mobile banking di bawah ini.

a. Buka Aplikasi BriMo

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi BriMo yang sudah diinstall di smartphone. Caranya adalah dengan mengklik ikonnya di home screen atau app drawer.

b. Login

Apabila aplikasi BriMo sudah berhasil dibuka, pengguna bisa mulai login. Caranya adalah dengan memasukkan username dan password. Bisa juga dengan sidik jari apabila opsi login menggunakan biometrik sudah diaktifkan.

c. Pilih Menu Transfer

Setelah berhasil login, pengguna akan dibawa ke halaman awal BriMo yang berisi beberapa menu. Di sini, klik pada menu Transfer. Kemudian klik pada menu Tambah Daftar Baru apabila rekening belum pernah tersimpan sebelumnya.

d. Masukkan Tujuan dan Nominal Transfer

Berikutnya, pilih BCA pada list nama bank tujuan yang sudah disediakan pada aplikasi BriMo. Masukkan nomor rekening BCA tanpa perlu memasukkan kode seperti saat transfer via ATM maupun SMS Banking.

Masukkan juga nominal uang yang akan ditransfer ke rekening BCA tersebut. Pastikan sudah mengetik nominal dengan benar. Jika sudah yakin, klik Transfer.

e. Selesaikan Transaksi

Untuk menyelesaikan transaksi, masukkan PIN yang berupa 6 digit untuk memverifikasi transaksi. Tunggu sesaat sampai muncul pesan bahwa transaksi sedang diverifikasi dan transfer dinyatakan berhasil.

 

Bisa disimpulkan bahwa ada 5 cara transfer BRI ke BCA yang bisa dipraktikkan. Pilih saja salah satu cara yang paling mudah. Semua cara ini bisa dilakukan secara mudah dan praktis sesuai keinginan.

Leave a Comment