6+ Cara Retur Barang di Lazada, Dijamin Berhasil!

Membeli barang di Lazada memang tidak selalu sesuai dengan harapan. Terkadang seller mengirimkan barang yang salah atau barang rusak. Jika mengalami hal ini, ada cara retur barang di Lazada.

Pengembalian barang ke Lazada perlu melalui beberapa tahap. Supaya lebih paham dan tidak bingung, sebaiknya simak penjelasan yang akan diberikan di bawah ini. Jangan sampai lewatkan informasi pentingnya.

Syarat Pengembalian Barang di Lazada

Sebelum membahas cara mengajukan pengembalian di Lazada, sebaiknya pahami syaratnya terlebih dahulu. Ini penting supaya pengajuan pengembalian atau retur disetujui. Berikut detail persyaratannya:

  • Pastikan bahwa barang yang akan dikembalikan sudah memiliki status “Telah Diterima”.
  • Pengembalian barang hanya bisa dilakukan apabila masih dalam masa garansi pengembalian. Masing-masing produk memiliki masa garansi berbeda. Detailnya bisa dilihat di bawah ini.
  • Produk dari LazMall: garansi pengembalian barang 15 hari
  • Produk dari seller MP Lokal: garansi pengembalian barang 7 hari
  • Produk yang disediakan oleh Lazada (FBL): garansi pengembalian barang 14 hari.
  • Produk Taobao dan Global Collection (produk impor): garansi pengembalian barang 7 hari.

Perhitungan waktu garansi pengembalian barang terhitung sejak pembeli menerima barang.

  • Memenuhi syarat jaminan pengembalian barang Lazada. Syarat tersebut dapat dilihat pada laman produk yang dibeli.
  • Pembeli memberikan alasan pengembalian yang sah dan memenuhi persyaratan persetujuan pengembalian barang.
  • Pembeli harus memenuhi persyaratan berkas sebagai berikut:
  • Bukti pembelian barang berupa faktur pembelian, nomor pesanan, dan sejenisnya.
  • Rincian akun atau rekening bank untuk pengembalian dana apabila pembelian barang dibayar melalui konter Alfamart, Indomaret, COD, One KlikBCA, serta bank transfer.
  • Dokumen nomor resi untuk pengembalian yang dikembalikan melalui pengiriman drop off.
  • Barang yang ingin dikembalikan harus dikirimkan ke alamat sesuai dengan yang tercantum pada formulir pengembalian barang.
  • Pastikan nonaktifkan password untuk barang seperti HP dan laptop yang dikembalikan untuk mempermudah pemeriksaan kualitas barang.
  • Biaya kirim akan dikembalikan jika dikirimkan sesuai dengan ekspedisi yang dipilih pada Formulir Pengembalian Barang. Jika tidak sesuai, biaya kirim tidak dapat dikembalikan kepada pembeli.
Baca Juga :  Cara Download Scribd Gratis dengan Cepat dan Praktis

Cara Retur Barang di Lazada

Di bawah ini terdapat 7 langkah yang perlu dilakukan untuk mengembalikan barang ke pihak Lazada:

1. Masuk ke Aplikasi Lazada

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah masuk ke aplikasi Lazada terlebih dahulu. Caranya klik ikon aplikasi Lazada yang ada di home screen maupun app drawer. Setelah aplikasi terbuka, pastikan sudah login ke akun Lazada.

2. Pilih Produk yang Akan Diretur

Kalau sudah login, pilih produk atau barang yang akan dikembalikan. Berikut ini langkah-langkah memilih produknya.

  • Klik pada menu Akun.
  • Kemudian klik pada menu Lihat Semua Pesanan.
  • Sekarang klik Pesanan Saya.
  • Klik pada salah satu produk yang akan dikembalikan. Pastikan juga bahwa status barang tersebut “Telah Diterima”.

3. Pilih Pengembalian

Selanjutnya, detail barang tadi akan ditampilkan. Sekarang klik pada tombol Pengembalian Saya untuk memulai proses retur barang. Berikutnya klik pada opsi Saya Ingin Mengembalikan Produk.

4. Isi Formulir Pengembalian Barang Lazada

Sekarang pengguna akan dihadapkan pada formulir pengembalian. Formulir ini wajib diisi dan dilengkapi dengan data yang diminta Lazada.

5. Pilih Alasan Pengembalian

Pada saat mengisi formulir retur barang di Lazada, pengguna akan diminta untuk memilih alasan pengembalian. Berikut ini prosedur dalam pemilihan alasan pengembalian barang.

  • Pilih salah satu alasan yang sesuai dengan kondisi produk atau barang.
  • Berikan keterangan lebih lanjut mengenai kondisi barang tersebut.
  • Untuk memperkuat alasan supaya retur diterima, tambahkan foto produk.
  • Sertakan juga video ketika unboxing atau membuka barang ketika diterima.
  • Klik Selanjutnya setelah selesai mengisi data barang tadi.

6. Pilih Metode Pengembalian Dana

Berikutnya, pilih salah satu metode yang akan digunakan untuk mengembalikan dana dari Lazada ke pengguna. Ada dua jenis pengembalian dana yang bisa dipilih pengguna. Pilihan yang pertama adalah pengembalian melalui transfer ke rekening. Sedangkan pilihan kedua melalui voucher belanja Lazada.

Baca Juga :  3+ Cara Mengubah Username Shopee yang Tidak Bisa Diubah

7. Konfirmasi

Cek kembali detail pengembalian barang berikut dengan dana yang akan dikembalikan kepada pengguna. Kalau sudah sesuai, klik pada tombol Konfirmasi.

8. Pilih Kurir

Cara retur barang di Lazada yang terakhir adalah memilih salah satu kurir yang disediakan. Pengguna bisa memilih pick up atau drop off. Klik Pilih pada salah satu opsinya. Kemudian klik Kirimkan.

Cara Retur Lazada Metode Drop Off

Khusus untuk pengembalian barang dengan metode drop off, langkahnya agak sedikit berbeda. Berikut tutorial atau panduan yang bisa diikuti:

1. Isi Formulir Pengembalian Barang

Pertama, isi formulir retur barang terlebih dahulu. Caranya kurang lebih hampir sama seperti yang telah dijelaskan di atas.

2. Pilih Metode Drop Off

Perbedaannya ada pada metode pengiriman barang. Di sini, jangan pilih Pick Up, tetapi pilih opsi Drop Off. Berikutnya pilih salah satu jasa pengiriman yang paling dekat.

3. Dapatkan Nomor Resi

Ketika mengisi formulir retur barang, pengguna akan mendapatkan kode otorisasi pengembalian barang (return number/return authorization) serta nomor resi. Kode ini nantinya diberikan kepada jasa pengiriman.

4. Kemas Ulang Produk

Setelah selesai mendapatkan nomor resi, kemas ulang produk yang akan dikembalikan. Pastikan barang dikemas dengan aman untuk meminimalisir kerusakan selama pengiriman.

5. Kunjungi Counter Pengiriman

Berikutnya, kunjungi counter jasa pengiriman yang sesuai dengan formulir tadi. Hal ini wajib dilakukan supaya pengguna tidak perlu membayar biaya pengiriman. Serahkan barang ke counter maksimal 3 hari setelah selesai mengisi formulir.

6. Terima Resi dari Counter Pengiriman

Setelah barang diserahkan ke counter pengiriman, kamu akan mendapatkan nomor resi baru. Nomor resi atau airway bill dapat digunakan untuk melacak status pengiriman barang.

Baca Juga :  Cara Transfer Shopeepay ke Gopay dengan Cepat dan Praktis

7. Tunggu Barang Sampai Terkirim

Terakhir, tunggu saja sampai barang terkirim ke alamat penjual atau gudang Lazada. Estimasi waktu pengiriman ini 3 hingga 5 hari bergantung jarak dan lokasi.

Berapa Biaya Retur Barang ke Lazada?

Pengguna tidak perlu membayar biaya pengiriman jika memilih metode drop off. Namun, ada batasan berikut ini:

  • J&T Cashless: tidak melebihi 50 kg dan/atau dimensi 150 cm.
  • JNE Cashless: tidak melebihi 15 kg dan/atau dimensi 70 cm.

Jika melebihi batas di atas, akan dikenakan biaya tambahan yang ditanggung oleh pembeli.

Apakah Barang COD Bisa Dikembalikan?

Pertanyaan ini juga sering diajukan oleh konsumen atau pembeli di Lazada. Apakah barang yang dibeli dengan metode COD bisa dikembalikan? Jawabannya adalah “bisa”.

Untuk langkah-langkah pengembaliannya juga sama persis seperti cara retur barang di Lazada yang sudah dijelaskan di atas. Sebelumnya, pembeli perlu memastikan bahwa barang sudah diterima. Jangan lupa rekam video ketika barang diunboxing atau dibuka kemasannya.

Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga apabila barang terjadi kerusakan atau tidak sesuai dengan pesanan pembeli. Sertakan juga alasan yang masuk akal dan kuat untuk memastikan pengajuan pengembalian disetujui pihak Lazada.

 

Sampai pada bagian akhir ini, informasi cara retur barang di Lazada tentu sudah bisa dipahami dengan baik. Jadi, tidak perlu ragu lagi untuk mengembalikan barang jika tidak sesuai dengan yang seharusnya diterima.

Leave a Comment