7 Cara Restart iPhone Tanpa Menghapus Data

iPhone yang mengalami masalah tentunya tidak nyaman digunakan. Apalagi kalau HP sudah lemot, memori penuh atau jaringan lambat. Kalau kamu mau tahu cara restart iPhone agar seperti baru, baca terus pembahasan ini.

Untuk melakukan restart pun sangat mudah. Bahkan masih bisa dilakukan walau tombol Home rusak. iPhone yang di-restart secara berkala juga menunjukkan performa yang baik, karena dengan cara ini segala cache aplikasi yang menumpuk bisa bersihkan.

 

Cara Restart iPhone Semua Model

Sederhananya, langkah-langkah restart iPhone sama saja. Melakukan hal ini sangat direkomendasikan, sebab bisa mengatasi sejumlah masalah ringan. Kamu bisa memilih untuk restart secara paksa atau biasa. Temukan informasi selengkapnya di bawah ini:

1. Cara Restart iPhone Lewat Sistem

Sayangnya, cara ini dikhususkan untuk iPhone yang tombol Sleep/Wake masih berfungsi. Restart lewat sistem yang berhasil bisa membuat performa ponsel kembali normal dan lancar, cocok buat mengatasi overload. Simak tata caranya berikut:

  1. Tekan dan tahan tombol Sleep/Wake sampai muncul slider merah.
  2. Tarik menu slider tersebut untuk menonaktifkan iPhone.
  3. Diamkan beberapa saat.
  4. Nyalakan kembali iPhone dengan klik dan tahan tombol Sleep/Wake.
  5. Proses selesai setelah logo Apple muncul.

 

2. Cara Force Restart iPhone

Force restart atau restart paksa bakal selalu berhasil dilakukan pada setiap model iPhone. Cara ini bisa jadi pilihan kalau iPhone kamu tidak responsif atau tidak bisa menyala. Perlu diketahui, restart paksa tidak terlalu direkomendasikan, karena bisa memicu masalah. Untuk panduannya, cek di bawah ini:

  1. Tekan dan tahan tombol Sleep/Wake sampai iPhone mati.
  2. Selanjutnya, tunggu sampai iPhone nyala kembali.
Baca Juga :  Cara Buka Toko di Lazada dan Tips Melakukan Pengamanan Akun Seller

Apabila kamu menggunakan iPhone 4s ke bawah, cara melakukan restart paksa adalah dengan menekan dan menahan tombol Home selama 10 detik.

 

3. Cara Restart iPhone Tanpa Tombol Home

Tombol Home yang rusak sangatlah menyebalkan. Aktivitas ponsel pun jadi terganggu. Beruntungnya, iPhone memiliki alternatif cara untuk restart tanpa menahan tombol Home atau tombol Sleep/Wake. Sebagai gantinya, Assistive Touch digunakan. Berikut penjelasan langkah-langkahnya:

  1. Buka Settings.
  2. Geser ke bawah dan klik General.
  3. Masuk ke Accessibility. Lalu, pilih Assistive Touch.
  4. Pastikan dalam keadaan ON.
  5. Jika aktif, akan muncul tombol Assistive Touch pada layar iPhone.
  6. Klik tombol tersebut untuk membuka pintasan yang ada.
  7. Tekan Device. Pilih More.
  8. Terakhir, klik opsi Restart.
  9. Tunggu sampai iPhone mati dan menyala kembali. Selesai.

 

4. Cara Reset iPhone di Pengaturan

Masih dengan menu settings, namun cara ini memanfaatkan fitur Bold Text. Kamu bisa menemukannya apabila mengikuti panduan ini. Apabila tertarik untuk mencoba, silakan pahami alur restart sebagai berikut:

  1. Masuk ke Settings.
  2. Pilih menu General.
  3. Lalu, klik Accessibility.
  4. Klik menu Bold Text untuk mengaktifkan dan menonaktifkannya.
  5. Ketuk tombol Continue untuk konfirmasi pilihan.
  6. Setelah itu, iPhone akan restart secara otomatis. Selesai.

 

5. Cara Restart iPhone 7 dan 7 Plus

iPhone 7 dan 7 Plus adalah salah satu model iPhone yang banyak digunakan. Jika kamu pemilik dari model ini, pastikan ketahui cara melakukan restart. Sebetulnya tidak ada perbedaan yang signifikan dengan model yang lain. Biar lebih jelas, lihat panduannya di bawah ini:

  1. Tahan tombol Sleep/Wake yang berada di sisi kanan.
  2. Bersamaan dengan itu, tahan tombol Volume Down selama 8 sampai 10 detik.
  3. Setelah logo Apple muncul, lepas jari dari tombol.
  4. Tunggu sampai iPhone selesai melakukan restart.
  5. Terakhir, masukkan kata sandi jika iPhone memiliki keamanan. Selesai.
Baca Juga :  Syarat dan Cara Transfer OVO ke DANA Tanpa Bank 2022

 

6. Cara Restart iPhone 11

Jelas, cara restart model iPhone 11 tidaklah sama dengan model sebelumnya. Meski begitu, prosesnya tetap simpel dan tidak sampai satu jam. Sebelum mempraktikkan langsung, pahami dulu tutorial lengkapnya di bawah ini:

  1. Tekan dan tahan tombol Volume + Power selama beberapa detik.
  2. Lepaskan jari setelah muncul slider merah.
  3. Lalu, geser slider tersebut dari kiri ke kanan layar.
  4. Untuk menyalakannya lagi, tekan dan tahan tombol Power sampai muncul logo Apple. Selesai.

 

7. Cara Restart iPhone 12

Sebagai pemilik iPhone 12, wajib bagi kamu untuk memahami cara restart. Ini merupakan informasi mendasar yang harus diketahui. Caranya pun bisa dibilang hampir sama dengan iPhone 11. Untuk yang mau tahu lebih lanjut, lihat langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Tekan tombol Power dan Volume, lalu tahan dua-duanya sekaligus.
  2. Setelah muncul slider warna merah, geser slide tersebut.
  3. Tunggu sesaat sampai layar iPhone mati.
  4. Nyalakan kembali iPhone dengan menahan tombol Power selama beberapa saat.
  5. Pastikan muncul logo Apple dan iPhone siap digunakan kembali.

 

Berbagai Keuntungan Melakukan Restart iPhone

Sedikit yang tahu bahwa restart ternyata menawarkan banyak keuntungan untuk kesehatan iPhone. Karena itu sangat dianjurkan untuk melakukan restart beberapa saat sekali. Lantas, apa saja keuntungan yang dimaksud? Baca selengkapnya di bawah ini:

1. iPhone Bisa Beristirahat Sejenak

Penggunaan iPhone secara terus-menerus bisa membuat ponsel cepat panas. Hal ini akibat perangkat keras harus bekerja ekstra tanpa henti. Apalagi kalau kamu menjalankan banyak aplikasi di latar belakang.

Dengan melakukan restart, setidaknya iPhone punya kesempatan untuk beristirahat sejenak dari penggunaan berlebih tersebut. Lebih baik lagi kalau kamu membiarkannya dalam keadaan mati selama beberapa menit atau jam ketika tidak digunakan.

Baca Juga :  Cara Masukkan Voucher IM3 Mudah, Kuota Paket Cepat Masuk

Idealnya, lakukan restart setiap tiga hari sekali. Tetapi, melakukannya setiap hari pun tidak masalah. Asalkan bukan restart paksa. Cara ini bisa memelihara kesehatan perangkat keras, sehingga membuat umur iPhone jauh lebih lama dan tidak mudah rusak.

 

2. Menyempurnakan Kinerja Aplikasi

Mengikuti cara restart iPhone dengan benar juga akan menyempurnakan kinerja aplikasi. Pernahkah kamu menginstal aplikasi dari App Store dan mendapatkan pemberitahuan untuk me-restart ponsel? Itulah tujuan yang dimaksud.

Restart akan membantu supaya performa aplikasi nantinya berjalan dengan lancar dan bebas hambatan.

 

3. Mencegah Malfungsi Sistem

Malfungsi sistem bisa terjadi akibat penggunaan iPhone yang berlebihan. Pada beberapa kasus, malfungsi bahkan membuat iPhone mati mendadak. Bagi yang baru mengalaminya, kejadian ini pasti bikin panik.

Akan tetapi, masalah malfungsi sistem ini adalah pertanda kalau ponsel kamu sudah overload atau kepanasan.

Dengan melakukan restart, masalah tersebut bisa langsung terselesaikan dan ponsel pun bisa digunakan seperti biasa. Direkomendasikan untuk menghapus aplikasi yang tidak terpakai guna mengurangi penggunaan memori.

 

4. Membersihkan File Sampah

Memori iPhone yang penuh sangat memengaruhi performa sistem. Lambat laun, ponsel menjadi lambat dan rentan mengalami masalah. Memori yang penuh disebut juga sebagai overload. Ketika ini terjadi, ada beberapa solusi yang bisa dipilih.

Yaitu menghapus foto, video dan aplikasi yang tidak terpakai. Apabila masalahnya masih persisten dan memori tetap saja penuh, kamu bisa melakukan restart dengan cara di atas. Restart akan membersihkan file sampah atau cache yang menumpuk.

Usai restart, biasanya performa iPhone langsung berubah drastis. Jika semulanya iPhone nge-lag, setelah restart performanya akan cepat dan anti-lemot.

 

Bagi yang sudah tahu segala keuntungan restart iPhone, mending langsung ikuti cara restart iPhone tanpa menghilangkan data seperti di atas dan lihat hasilnya sendiri. Untuk hasil yang lebih optimal, pastikan melakukannya secara rutin, minimal tiga hari sekali.

Leave a Comment