10 Rekomendasi Aplikasi Desain Grafis PC Fitur Lengkap

Zinergi.id – Untuk saat ini, desain grafis bisa menjadi ladang penghasilan yang cukup menjanjikan. Keberadaan dunia digital yang semakin menyebar luas membuat kebutuhan akan desain grafis semakin meningkat. Bagi kamu yang tertarik menggeluti dunia tersebut, apa sudah punya aplikasi desain grafis PC terbaik?

Ketika kamu punya ide dalam pikiran, tentu saja butuh aplikasi yang mampu mendukung dan mewujudkan ide tersebut. Namun, pemilihan aplikasi itu sendiri tidak bisa sembarangan. Pasalnya, setiap aplikasi tentunya punya interface dan juga fitur yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, untuk menghasilkan desain yang maksimal kamu harus menyesuaikan jenis aplikasi yang digunakan sesuai dengan kemampuan dan kenyamanan. Penasaran apa saja aplikasi untuk desain grafis PC yang direkomendasikan, simak informasi di bawah ini.

Rekomendasi Aplikasi Desain Grafis PC Terbaik

Untuk saat ini, ada banyak sekali aplikasi desain grafis yang bisa digunakan di PC atau laptop. Sebenarnya kamu bisa memilih aplikasi manapun sesuai kenyamanan. Namun jika masih bingung, simak beberapa rekomendasi aplikasi desain grafis di PC berikut ini!

1. CorelDraw Graphics Suite

Rekomendasi yang pertama adalah CorelDraw. Bagi kamu yang sudah biasa berurusan dengan desain grafis, tentu saja sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini, kan? Ya, CorelDraw memang sudah lama menjadi aplikasi andalan para desainer grafis.

Bisa dibilang fitur yang disediakan oleh aplikasi ini sangat lengkap. Kamu bisa menggunakannya untuk membuat berbagai desain, mulai dari poster, pamflet, bahkan banner sekalipun. Selain itu, tampilan antarmuka yang dihadirkan juga cukup sederhana.

Sehingga membuat para penggunanya bisa dengan mudah memahami menu yang dihadirkan. Bagi kamu yang masih pemula pun, dijamin akan langsung merasa nyaman dengan aplikasi ini.

Baca juga:  9 Cara Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding

2. Adobe Photoshop

Berikutnya ada Adobe Photoshop, salah satu aplikasi yang juga sering digunakan untuk membuat berbagai macam desain. Jika kamu menggunakan aplikasi yang satu ini, maka akan menemukan alat-alat lengkap yang akan mempermudah proses pembuatan desain.

Akan tetapi, sebenarnya Adobe Photoshop sendiri bukanlah aplikasi yang memang dibuat secara khusus untuk membuat desain dari awal. Fungsi utama dari aplikasi ini adalah untuk mengedit foto atau gambar dan membuatnya lebih keren.

Nah, dengan memanfaatkan semua fitur yang dimilikinya, kamu pun bisa membuat berbagai desain dari foto atau gambar yang sudah ada.

3. Adobe Illustrator

Masih dari developer yang sama, ternyata Adobe tidak hanya menghadirkan satu aplikasi desain grafis saja. Kali ini ada Adobe Illustrator, yang bisa juga kamu gunakan untuk membuat desain-desain profesional.

Berbeda dari Photoshop, Adobe Illustrator memang diciptakan secara khusus untuk membuat atau menggambar berbagai desain sesuai dengan keperluan pengguna. Jadi kamu bisa benar-benar membuat desain dari awal.

Menariknya, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membuat jenis gambar vektor. Jenis gambar tersebut, mempunyai keunggulan berupa tidak akan pecah pada saat di-zoom.

4. Adobe InDesign

Tidak hanya Adobe Photoshop dan juga Illustrator, masih ada lagi aplikasi desain grafis PC besutan Adobe yang bisa dimanfaatkan. Aplikasi yang satu ini bernama Adobe Illustrator, salah satu aplikasi yang sering digunakan untuk mengatur tata letak dari desain-desain yang sebelumnya sudah dibuat.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa lebih mudah pada saat mengatur tata letak untuk sebuah buku, poster, majalah, PDF interaktif, dan masih banyak lagi. Jika dilihat dari fungsinya tersebut, Adobe InDesign memang tidak diperuntukkan untuk membuat desain dari awal.

Melainkan membuat sesuatu semacam buku, yang berisikan hasil-hasil desain. Namun dengan fiturnya yang sangat lengkap, tentu saja kamu bisa membuat pembukuan yang keren.

5. Affinity Designer

Rekomendasi aplikasi desain grafis untuk PC yang berikutnya ada Affinity Designer. Dapat dikatakan jika aplikasi desain ini, mungkin akan cocok bagi kamu yang suka membuat desain ikon, logo, mockup, desain UI, dan lain sebagainya.

Baca juga:  13 Aplikasi Booking Hotel Termurah Paling Direkomendasikan

Alasannya sudah pasti, aplikasi yang satu ini telah menyediakan berbagai macam yang akan memudahkan para pengguna untuk membuat desain-desain tersebut. Penggunaan dari Affinity Designer ini juga terbilang cukup mudah.

Bagi kamu yang sudah terbiasa menggunakan Adobe Illustrator atau Photoshop, dijamin akan langsung paham dengan setiap menu yang ada di Affinity Designer.

6.  Krita

Walaupun tidak setenar aplikasi buatan Adobe maupun Corel, namun Krita dinilai mampu menghadirkan beragam fitur dan fungsi yang sangat bermanfaat. Tidak hanya sekedar untuk mendesain saja, namun aplikasi ini juga cocok digunakan untuk digital painting.

Jadi jika kamu gemar membuat gambar-gambar seperti pada komik, tentunya akan cocok dengan aplikasi yang satu ini. Hal itu karena aplikasi Krita telah menyediakan beberapa fitur yang sangat dibutuhkan, seperti smooth shape, layer mask, halftones, dan masih banyak lagi yang lainnya.

7. Sketch

Bagi para pengguna Mac OS, nampaknya tidak perlu kebingungan saat mencari aplikasi desain grafis terbaik. Pasalnya, ada Sketch salah satu aplikasi desain grafis PC Mac OS yang dinilai multifungsi dan sangat nyaman digunakan.

Nah, untuk fungsi dari aplikasi yang satu ini, sepertinya memang lebih ditujukan untuk pembuatan desain-desain seperti situs web, UI, flow, dan aplikasi tertentu. Jika kamu memang bergelut di bidang pembuatan desain-desain tersebut, pastikan untuk mendownload aplikasi, ya!

8. Xara Designer Pro X

Di urutan berikutnya ada Xara Designer Pro X, sebuah aplikasi desain yang berbasis pada vektor serta bitmap. Bisa dibilang jika Xara Designer Pro X merupakan salah satu aplikasi desain grafis yang hadir dengan membawa paket lengkap untuk keperluan pembuatan desain.

Jika kamu sedang benar-benar tidak punya inspirasi untuk membuat desain seperti apa, maka tidak perlu khawatir. Xara Designer Pro X juga telah menyediakan banyak sekali template yang bisa digunakan secara gratis.

Dengan menggunakan jenis template yang tepat, tentu saja proses pembuatan desain grafis yang dilakukan bisa lebih cepat.

Baca juga:  13 Aplikasi Perekam Layar PC Terbaik Paling Direkomendasikan

9. Gravit Designer

Bagi yang sedang mencari aplikasi desain grafis PC berbasis vektor, maka salah satu aplikasi yang bisa dipilih adalah Gravit Designer. Jika dilihat secara garis besar, fungsi dari aplikasi ini sama seperti Adobe Illustrator, CorelDraw, dan lain sebagainya.

Menariknya, aplikasi ini juga mendukung berbagai sistem operasi, seperti Mac OS, Windows, Chrome OS, hingga Linux. Jadi jika PC atau laptop kamu menggunakan sistem operasi yang anti mainstream, maka salah satu aplikasi yang bisa dipilih adalah Gravit Designer.

10. Canva

Di urutan terakhir ada Canva, salah satu aplikasi desainer terbaru yang hadir dengan antarmuka sederhana dan fitur yang lengkap. Selain versi aplikasi, Canva juga tersedia dalam bentuk situs yang bisa digunakan secara online.

Satu hal yang menarik dari aplikasi ini, yaitu kamu tidak hanya bisa membuat desain grafis saja. Hal ini karena Canva juga menyediakan fitur lain berupa pembuatan video slide show sederhana. Jadi selain ringan, aplikasi desain yang satu ini juga multifungsi.

Kebanyakan orang berpikir jika desain yang bagus hanya bisa dibuat dengan menggunakan aplikasi desain grafis PC yang terkenal saja. Padahal jika kamu benar-benar menguasai satu aplikasi desain walaupun aplikasi tersebut tidak terlalu dikenal, maka desain yang dihasilkan pun akan jauh lebih maksimal

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul 10 Rekomendasi Aplikasi Desain Grafis PC Fitur Lengkap yang dipublish pada November 28, 2022 di website Zinergi.id

Artikel Terkait

Leave a Comment