10 Aplikasi Edit Video YouTube Terbaik di Tahun 2022

Zinergi.id – Bagi kamu yang sedang berencana untuk menjadi seorang YouTuber, salah satu modal penting yang harus dimiliki adalah aplikasi edit video YouTube. Dengan aplikasi ini, tampilan dari video yang dibuat bisa terlihat lebih bagus dan menarik.

Ya, aplikasi edit video untuk YouTube tersebut memungkinkan kamu untuk membuat konten video yang lebih profesional. Oleh sebab itu, jangan sembarang menggunakan aplikasi untuk mengedit video-video yang akan diupload di akun YouTube milikmu.

Rekomendasi Aplikasi Edit Video YouTube Terbaik

Seperti yang telah diketahui, untuk saat ini ada banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk mengedit video. Nah, lalu aplikasi apa yang paling cocok digunakan untuk edit video YouTube, langsung saja simak beberapa rekomendasi aplikasi yang ada di bawah ini:

1. Adobe Premiere Pro

Pertama ada Adobe Premiere Pro, aplikasi edit video yang paling umum digunakan di Indonesia. Bukan karena terkenal saja, aplikasi yang satu ini menyediakan fitur editing video yang sangat lengkap. Jika kamu mahir dalam hal editing, maka aplikasi ini sangatlah cocok.

Selain fitur-fitur editing yang wajib, beberapa fitur menarik yang dapat ditemukan di aplikasi ini, seperti VR, 8K, hingga low resolution. Walaupun aplikasi ini memang didesain untuk proses pengeditan video profesional, namun kamu tidak perlu khawatir.

Aplikasi editing video buat YouTube juga cukup mudah untuk digunakan dan dipelajari, bahkan untuk para pemula sekalipun. Jadi jika kamu merasa masih pemula, maka bisa berlatih dengan aplikasi ini.

2. Corel Video Studio

Sama halnya seperti dalam aplikasi desain grafis, nampaknya persaingan antara Corel dan Adobe tidak akan pernah berhenti. Jika Adobe punya Premiere Pro, maka Corel punya Video Studio untuk mengedit video secara profesional.

Baca juga:  10 Aplikasi Edit Video Android Terbaik

Walaupun jumlah penggunanya tidak sepopuler Adobe Premiere Pro, namun aplikasi ini banyak digunakan oleh para YouTuber. Ya, jadi aplikasi tersebut dibuat dengan berbagai fitur penting untuk mengedit video, di antaranya seperti backsound, transisi video, filter, efek, dan lain sebagainya.

Bahkan, Corel Video Studio juga menyediakan template opening video yang bisa kamu gunakan secara gratis. Jadi kamu tidak butuh aplikasi lain untuk membuat opening di video YouTube-mu.

3. Adobe Premiere Elements

Rekomendasi aplikasi edit video YouTube yang berikutnya ada Adobe Premiere Elements. Salah satu aplikasi yang sering digunakan oleh para YouTuber ini juga dibekali dengan fitur yang lengkap, dan juga AI (artificial intelligence) yang memudahkan para penggunanya untuk mengedit video secara otomatis.

Tidak hanya itu, aplikasi juga menyediakan beberapa efek visual yang kerap dibutuhkan untuk video YouTube, seperti overlay, slow motion, bounce back, timelapse, hingga double exposure.

Nah, jika kebetulan video yang kamu ambil cukup bergoyang (shaking), maka tidak perlu khawatir. Hal ini karena aplikasi Adobe Premiere Elements menyediakan fitur fix action cam footage yang berguna untuk mengatasi masalah tersebut.

4. iMovie

Bagi kamu yang menggunakan device dari Apple, maka bisa mencoba aplikasi iMovie untuk mengedit video yang akan diupload di YouTube. Aplikasi yang satu ini memungkinkan para pengguna untuk melakukan sinkronisasi pada setiap perangkat Apple yang kamu gunakan.

Dengan begini, tentu saja pekerjaan mengedit video dapat dilakukan dengan lebih praktis dan juga cepat. Kemudian untuk fiturnya, terdapat berbagai macam filter, template tema, soundtrack, background, serta efek video.

Salah satu hal yang menarik dari iMovie, yakni dukungan akan pengedit video split screen dan green screen. Bahkan, ada beragam template animasi yang dapat kamu gunakan.

5. Shotcut

Selanjutnya ada Shotcut, aplikasi pengedit video di PC yang dapat kamu andalkan untuk membuat konten di YouTube terlihat lebih menarik. Aplikasi ini sudah pasti menyediakan beberapa fitur dasar dalam editing video, seperti trim, cut, filter, efek khusus, dan juga pengatur kecepatan.

Baca juga:  10 Aplikasi Jual Beli Saham Online Terpercaya

Kamu juga bisa melakukan multi track editing pada saat mengedit video dengan menggunakan aplikasi ini. Shotcut juga bersifat multiplatform, yang berarti dapat diinstall di berbagai macam sistem operasi, baik itu MacOS, Windows, maupun Linux.

6. DaVinci Resolve

Jika kebanyakan aplikasi editing video mengharuskan para penggunanya untuk membayar, maka tidak dengan DaVinci Resolve. DaVinci Resolve menjadi salah satu aplikasi edit video Youtube tanpa watermark yang bisa kamu gunakan secara gratis.

Meskipun benar-benar gratis, namun kamu bisa menggunakan berbagai macam fitur yang sangat cocok untuk pengeditan konten video untuk YouTube. Beberapa di antaranya, adalah color correction, motion graphic, audio mixing, serta visual effect.

Selain itu, aplikasi ini juga telah mendukung proses editing video dengan berbagai kualitas resolusi bahkan hingga 8K.

7. Pinnacle Studio

Pinnacle Studio dapat kamu jadikan sebagai alternatif aplikasi untuk mengedit video di YouTube berikutnya. Dengan beragam template yang bervariasi, maka kamu bisa dengan mudah menghasilkan video keren untuk diupload di platform YouTube.

Khususnya bagi kamu yang fokus sebagai YouTuber gaming, maka aplikasi ini sangat cocok untuk digunakan. Pasalnya, Pinnacle Studio juga menyediakan fitur screen recording yang akan membantumu untuk merekam segala aktivitas gaming di layar.

8. Vimeo Create

Jika kamu merasa benar-benar masih seorang pemula dalam hal editing video, maka aplikasi yang bisa dicoba adalah Vimeo Create. Vimeo Create hadir sebagai aplikasi edit video YouTube dengan tampilan antarmuka yang sederhana dan juga mudah digunakan.

Walaupun sederhana, tetapi aplikasi yang satu ini juga bisa diandalkan untuk membuat video profesional. Nah, jika kamu memilih aplikasi ini, maka akan menemukan beberapa template menarik yang bisa dipasang sebagai dasar saat proses pengeditan video.

Jika kamu kekurangan gambar pada saat proses editing video, maka tidak usah khawatir. Vimeo Create telah menyediakan berbagai gambar gratis yang dapat langsung digunakan.

Baca juga:  11 Aplikasi Video Call Gratis Terbaik untuk Semua Perangkat

9. KineMaster

Seiring dengan perkembangan teknologi, kini smartphone yang ada di genggamanmu bisa juga digunakan untuk mengedit video. Nah, salah satu aplikasi editing video di smartphone Android yang sangat direkomendasikan adalah KineMaster.

Tidak hanya gratis, aplikasi ini juga sangat mudah digunakan karena tampilan antarmukanya yang sederhana. Fitur yang tersedia di dalam aplikasi ini juga cukup lengkap, seperti menambahkan animasi, foto, teks, dan juga backsound atau audio.

10. Filmora

Nah, untuk rekomendasi yang terakhir ada Filmora. Dapat dikatakan jika Filmora merupakan software pengedit video yang hadir dengan fitur lengkap dan antarmuka sederhana. Aplikasi ini memungkinkan para pengguna untuk mengedit video dengan resolusi lebih dari 4K, lho.

Kelebihan yang lain yakni tersedia lebih dari 100 efek transisi yang dapat digunakan secara gratis. Jadi kamu bisa lebih variatif dalam menggunakan efek transisi. Tidak hanya untuk PC atau laptop saja, saat ini Filmora juga hadir dalam versi smartphone dengan nama FilmoraGO.

Jika sudah melihat dan memahami beberapa aplikasi edit video YouTube di atas, apakah sudah menemukan aplikasi yang paling tepat? Sebenarnya aplikasi yang dipilih tidak harus khusus untuk PC atau yang berbayar. Yang penting kamu benar-benar memahami setiap menu dan fitur yang ada di dalamnya.

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul 10 Aplikasi Edit Video YouTube Terbaik di Tahun 2022 yang dipublish pada November 29, 2022 di website Zinergi.id

Artikel Terkait

Leave a Comment