10 Aplikasi Membuat Kartu Ucapan yang Gratis dan Praktis

Zinergi.id – Saat menjelang hari besar, banyak orang yang memberikan ucapan ke saudara atau teman-teman melalui media sosial atau chat. Agar lebih menarik, sebaiknya gunakan aplikasi membuat kartu ucapan.

Pada kesempatan kali ini, akan dijelaskan tentang beberapa rekomendasi aplikasi yang dapat dipakai untuk membuat kartu ucapan. Semua aplikasinya bisa digunakan secara gratis. Penasaran? Mari simak informasi lengkapnya berikut ini.

Rekomendasi Aplikasi Membuat Kartu Ucapan

1. PicsArt

Rekomendasi aplikasi pertama adalah PicsArt yang tersedia di Android serta iOS. PicsArt sendiri merupakan aplikasi photo editor yang menyediakan layanan gratis bagi para penggunanya.

PicsArt punya fitur yang sangat lengkap. Selain bisa dipakai untuk mengedit gambar, aplikasi yang satu ini juga dapat digunakan untuk mendesain kartu ucapan. Bahkan di dalamnya sudah tersedia library yang memuat puluhan template kartu ucapan.

Pengguna hanya tinggal memilih dari template yang sudah disediakan. Kemudian edit tulisan serta tambahkan gambar atau elemen lain sesuai kebutuhan. Kalau ingin lebih unik, pengguna juga bisa membuat kartu ucapan dari nol alias membuat desain sendiri.

Kalau kartu ucapan sudah selesai dibuat, pengguna bisa langsung membagikannya melalui WhatsApp, Instagram, atau media sosial lainnya.

2. Canva

Siapa yang tidak kenal dengan Canva? Aplikasi yang satu ini sudah sangat terkenal di kalangan desainer grafis profesional maupun pengguna smartphone pada umumnya.

Canva sendiri merupakan sebuah layanan photo and video editor berbasis online. Selain bisa diakses melalui aplikasi Android atau iOS, layanan Canva juga dapat diakses melalui laman web.

Toolsnya terbilang sangat lengkap, bahkan lebih lengkap dari PicsArt. Didalamnya juga terdapat ribuan template kartu ucapan siap pakai. Pengguna hanya tinggal memilihnya, kemudian mengubah warnanya. Kalau ingin lebih simpel, ganti saja di bagian tulisannya.

Baca juga:  10 Aplikasi Desain Rumah Android Gratis

Kalau sudah selesai mengedit kartu ucapan menggunakan Canva, pengguna dapat mendownload hasilnya. File kartu ucapan dapat dibagikan kepada teman-teman melalui berbagai aplikasi.

Layanan Canva bisa digunakan secara gratis oleh pengguna. Kalau ingin menggunakan tools atau template yang lebih lengkap, sebaiknya berlangganan ke layanan Pro.

3. Muslim Cards Pro: Eid & Ramadhan

Ramadhan, Idul Fitri, Idul Adha, dan Tahun Baru Islam merupakan beberapa hari besar yang dirayakan oleh umat muslim. Di saat ini pula, banyak dari mereka yang membagikan kartu ucapan, baik dalam bentuk fisik maupun digital.

Aplikasi Muslim Cards Pro: Eid & Ramadhan bisa diandalkan untuk membuat kartu ucapan hari-hari besar Islam. Untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna tidak perlu login menggunakan akun Google atau Facebook.

Artinya, tidak ada data pengguna yang dikirimkan ke aplikasi Muslim Cards Pro: Eid & Ramadhan. Sebagian pengguna merasa lebih aman ketika menggunakan aplikasi yang tidak membutuhkan login seperti ini.

Muslim Cards Pro menyediakan berbagai template kartu ucapan. Selain itu, pengguna juga bisa menggunakan foto-foto yang tersimpan di galeri sebagai latar belakang kartu ucapan tersebut. ada pula berbagai pilihan frame menarik yang akan semakin mempercantik tampilannya.

4. Kinemaster

Kartu ucapan dalam bentuk gambar sudah terlalu biasa. Bagaimana kalau bikin kartu ucapan dalam bentuk video? Tentu akan lebih unik dan berkesan untuk penerima kartu ucapan tersebut. Untuk membuatnya, gunakan aplikasi Kinemaster.

Kinemaster sendiri merupakan salah satu video editor yang masuk ke dalam rekomendasi aplikasi membuat kartu ucapan kali ini. Aplikasi ini dapat diinstall di Android serta iOS dan pastinya gratis.

Langkah-langkah pembuatan kartu ucapan menggunakan Kinemaster terbilang mudah. Pertama, pengguna dapat menentukan durasi video ucapan terlebih dahulu. Berikutnya, pengguna bisa langsung memilih media yang akan dipakai di dalam video.

Media yang dimaksud di sini dapat berupa foto. Selanjutnya, tambahkan berbagai efek transisi, musik latar belakang, serta teks ucapan sesuai kebutuhan. Kalau proses editing sudah selesai, videonya bisa diekspor ke format MP4 atau dibagikan langsung di media sosial.

Baca juga:  10 Rekomendasi Aplikasi Desain Grafis PC Fitur Lengkap

5. Story Art

Rekomendasi aplikasi selanjutnya bernama Story Art. Kalau dilihat dari namanya, mungkin sudah tergambar fungsi utama dari aplikasi tersebut.

Story Art merupakan sebuah aplikasi yang dikembangkan untuk mempermudah pengguna dalam membuat Instagram Stories. Selain itu, pengguna juga bisa memanfaatkannya untuk mendesain kartu ucapan.

Sebagian besar template yang tersedia di Story Art dapat diaplikasikan untuk pembuatan kartu ucapan. Cara pembuatannya kurang lebih hampir sama seperti PicsArt dan Canva. Pengguna perlu memilih template yang akan dipakai terlebih dahulu.

Kalau template sudah terpilih, bisa langsung edit saja sesuai kebutuhan. Tambahkan teks, gambar atau foto, ornamen, dan masih banyak lagi.

Kartu ucapan digital yang dihasilkan dari aplikasi Story Art dapat dibagikan langsung kepada saudara, kerabat, atau sahabat melalui berbagai media sosial.

6. Phonto

Saat membuat kartu ucapan, banyak permainan tipografi dan jenis font yang dipakai. Kalau untuk urusan font dan tipografi, aplikasi Phonto sangat bisa diandalkan.

Perlu diketahui bahwa Photo sebenarnya merupakan sebuah aplikasi photo editor. Namun di dalamnya terdapat lebih banyak tools untuk mengatur font serta tipografi. Itulah mengapa Photo masuk dalam list rekomendasi kali ini.

Ada template yang sudah disediakan oleh Photo. Pengguna juga dapat membuat kartu ucapan dengan desainnya sendiri. Kalau sudah selesai mengedit kartu ucapan, file gambarnya dapat langsung dikirimkan melalui aplikasi chatting atau media sosial lainnya.

7. Touch Note

Aplikasi ini bukanlah aplikasi catatan atau notes, melainkan aplikasi khusus untuk membuat kartu ucapan. Touch Note sendiri sudah cukup populer di kalangan pengguna Android karena mudah digunakan.

Seperti aplikasi membuat kartu ucapan lainnya, Touch Note menyediakan berbagai template. Selain itu, pengguna juga dipersilakan untuk membuat kartu ucapan dengan kreativitasnya sendiri.

Pengguna bisa memasukkan berbagai foto ke dalam kartu ucapan. Tentunya, pengguna juga dapat mengedit teks sesuai dengan keperluan. Seluruh fitur di dalam aplikasi Touch Note bisa digunakan secara gratis.

Baca juga:  10 Aplikasi Tanda Tangan Digital Berbasis Website dan Android

8. Invitation Card Maker

Seperti namanya, aplikasi ini sebenarnya dirancang khusus untuk pembuatan kartu undangan. Meskipun begitu, Invitation Card Maker juga bisa dipakai untuk membuat kartu ucapan ulang tahun, lebaran, dan sebagainya.

Aplikasi ini sangat praktis. Bahkan, pengguna cuma butuh waktu beberapa menit untuk membuat kartu ucapan sampai selesai.

9. Muslim Pro

Muslim Pro merupakan sebuah aplikasi yang di dalamnya tersedia fitur lengkap untuk umat muslim. Contohnya seperti Azan, waktu salat, Al Quran digital, dan masih banyak lagi.

Siapa sangka kalau aplikasi ini juga bisa dipakai untuk membuat kartu ucapan? Ya, tidak salah baca, Muslim Pro menyediakan kartu ucapan untuk hari-hari besar Islam seperti Tahun Baru Hijriyah, Idul Fitri, Idul Adha, dan sebagainya.

10. Unfold

Rekomendasi aplikasi membuat kartu ucapan yang terakhir jatuh kepada Unfold. Fungsi aplikasi ini sebenarnya adalah untuk mendesain Instagram Stories, sama seperti Story Art.

Di dalamnya tersedia berbagai macam template yang cocok untuk membuat kartu ucapan ulang tahun, natal, tahun baru, bahkan lebaran.

 

Aplikasi membuat kartu ucapan memang ada banyak alternatifnya. Sebagian besar aplikasi juga sudah menyediakan template yang siap pakai. Pastinya lebih mudah dan cepat untuk membuat kartu ucapan sendiri.

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul 10 Aplikasi Membuat Kartu Ucapan yang Gratis dan Praktis yang dipublish pada Desember 12, 2022 di website Zinergi.id

Artikel Terkait

Leave a Comment