Rekomendasi Aplikasi Mengecilkan Ukuran Video Terbaik

Zinergi.id – Seiring dengan kemajuan teknologi, kini smartphone yang ada di genggamanmu turut menjadi makin canggih. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan, termasuk kompres ukuran video dengan aplikasi mengecilkan ukuran video khusus.

Ya, seperti yang telah diketahui, saat ini smartphone hadir dengan kamera yang berkualitas tinggi. Tentu saja hal tersebut memungkinkanmu untuk merekam video dengan kualitas yang tinggi pula. Namun satu masalah yang terjadi, terkadang ukuran dari video tersebut menjadi terlalu besar.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, salah satu cara yang bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi kompres ukuran video. Jika kamu penasaran apa saja aplikasi untuk mengecilkan ukuran video di Android, simak daftar berikut ini.

10 Aplikasi Mengecilkan Ukuran Video

Sebenarnya aplikasi untuk mengecilkan video yang ada di Google Playstore itu sangat banyak. Namun, tidak semua aplikasi mampu memberikan kemudahan dan juga layanan terbaik bagi penggunanya. Ketahui dulu apa saja fitur dari berbagai aplikasi yang ada.

Membaca review pengguna juga dapat membantu untuk menemukan aplikasi terbaik. Berikut ini rekomendasi aplikasi mengecilkan ukuran video Android yang bisa dicoba:

1. Video Compressor – Converter

Rekomendasi yang pertama ada Video Compressor – Converter, aplikasi kompresi video yang mampu bekerja secara otomatis. Menariknya, aplikasi yang satu ini mampu mengecilkan ukuran video tanpa menurunkan kualitasnya.

Selain itu, Video Compressor – Converter juga telah mendukung hampir semua format video yang sering digunakan untuk saat ini. Beberapa di antaranya seperti MKV, MP4, MOV, AVI, FLV, 3GP, MPEG, MTS, WMV, MPG, VOB, M4V, dan masih banyak lagi format lainnya.

Baca juga:  10 Aplikasi Jual Beli Rumah Terpercaya yang Mudah Digunakan

Mungkin kamu tidak percaya jika aplikasi ini mampu membuat video berukuran 3 GB jadi 300 MB, tanpa penurunan kualitas secara berlebih. Namun, pada kenyataan Video Compressor – Converter mampu melakukannya.

2. Video Transcoder

Video Transcoder adalah sebuah aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk mengompres ukuran video sesuai keinginan. Bahkan, kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengubah format video ke berbagai format yang sudah disediakan di dalamnya.

Video Transcoder hadir dengan menggunakan program open source FFmpeg untuk melakukan transcode sebuah file video dari suatu format ke format yang lain. Tersedia pula menu konfigurasi untuk mengatur detail dari sebuah video.

Kemudian untuk format yang didukung, yakni seperti Flv, Avi, Matroska, Gif, Mp4, Mp3, Opus, Ogg, WebM. Bahkan, ada juga dukungan codec video seperti MPEG-1, H.264, MPEG-4, MPEG-2, VP9, VP8, dan Xvid.

3. Video Converter

Sesuai dengan namanya, Video Converter memiliki fungsi utama untuk mengonversi suatu format video ke format yang lain. Selain itu, aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk kompresi ukuran video dengan sangat cepat.

Ada banyak format video yang didukung oleh Video Converter, di antaranya seperti MKV, MP4, 3GP, AVI, MTS, MOV, MPG, MPEG, M4V, WMV, FLV VOB, dan lain sebagainya. Selain konversi video, kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk konversi audio, lho.

Menariknya, Video Converter juga menyediakan fitur untuk menggabungkan video dan juga audio. Jadi hanya dengan satu aplikasi, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas sederhana.

4. Video & Image Compressor

Video & Image Compressor hadir dengan kemampuan kompres video, namun tetap mempertahankan kualitas video aslinya. Sebelum proses kompresi video dimulai, kamu bisa mengontrol kualitas, bitrate, dan juga resolusi dari video yang akan dihasilkan.

Proses pengecilan ukuran file video dengan aplikasi ini juga berjalan dengan waktu yang singkat. Akan tetapi, aplikasi ini hanya mendukung format MP4 saja. Jadi jika video yang ingin dikompres memiliki format lain, disarankan untuk memilih aplikasi yang lain.

Baca juga:  13 Aplikasi Perekam Layar PC Terbaik Paling Direkomendasikan

Nah, tidak ada batasan aktivitas kompresi yang bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi ini. Dalam satu hari, kamu bisa mengompres video sebanyak-banyaknya.

5. VidCompact – Video Compressor Mp3 Converter

VidCompact adalah aplikasi yang memiliki kelengkapan fitur, seperti halnya mengkompres video, memangkas video, mengganti nama, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini dibesut oleh salah satu developer aplikasi VideoShow.

Cara mengecilkan ukuran video di Android dengan VidCompact juga cukup mudah. Kamu hanya perlu memilih menu Trim and Compress. Kemudian bukalah video yang ukurannya akan dikecilkan. Setelah itu, pilih resolusi yang diinginkan, dan klik tombol Compress.

Nah, pada saat proses kompresi, kamu juga dapat memotong bagian tertentu dari video tersebut. Menariknya, aplikasi ini benar-benar gratis dan tidak ada iklan yang mengganggu.

6. Video Dieter 2

Salah satu aplikasi kompres video yang mempunyai fitur banyak adalah Video Dieter 2. Kamu tidak perlu khawatir dengan kapasitas memori yang tersisa, karena ukuran dari aplikasi ini hanya 2,2 MB saja. Bahkan, aplikasi ini juga mendukung konversi video berkualitas 4K.

Kamu juga bisa melakukan pengeditan sederhana di aplikasi ini, seperti menerapkan filter. Ada sekitar 24 filter menarik yang bisa kamu gunakan. Aplikasi ini juga menyediakan pilihan untuk menentukan kualitas video yang akan dilakukan.

Akan tetapi, mungkin kamu akan sedikit terganggu dengan iklan yang muncul saat aplikasi ini digunakan. Ya, wajar saja karena Video Dieter 2 ini adalah aplikasi gratis yang menyediakan fitur-fitur berbayar.

7. YouCut – Video Editor & Maker

Jika kamu sudah biasa dengan aktivitas kompres video, tentu saja sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang bernama YouCut. Ya, YouCut sendiri merupakan salah satu aplikasi untuk mengecilkan video yang saat ini banyak digunakan.

Aplikasi ini juga diklaim mampu mengecilkan ukuran dari video hingga 80%, tanpa menurunkan kualitasnya. Selain itu, kamu juga akan menemukan beragam fitur editing video keren seperti, Slideshow Maker, Video Speed Control diantaranya Cutter & Trimmer, dan lain sebagainya.

Baca juga:  10 Aplikasi Merubah Background Foto Terbaik dan Mudah

8. Video Compressor Panda Resizer

Salah satu alternatif saat kamu mencari aplikasi yang mampu mengecilkan ukuran dari sebuah video adalah Video Compressor Panda Resizer. Aplikasi yang satu ini sangat mudah digunakan dan mampu mengkompres ukuran video tanpa menurunkan kualitasnya.

9. Smart Video Compressor and Resizer

Smart Video Compressor and Resizer adalah pengompres video buatan AppAspect Technologies Pvt Ltd., yang bisa kamu gunakan secara gratis. Selain penggunaannya yang mudah, proses kompresi yang dilakukan juga terbilang cepat.

Saat kamu mengkompres video dengan kualitas HD, maka ukuran dari file video tersebut dapat berkurang hingga 80%. Aplikasi ini juga mendukung banyak kualitas video, dari Full HD sampai VGA sekalipun.

10. Video Compress Shrink Vids

Rekomendasi aplikasi mengecilkan ukuran video yang terakhir ada Video Compress Shrink Vids. Aplikasi ini dapat kamu gunakan untuk mengompres lebih dari satu file video sekaligus. Kamu juga bisa menyesuaikan bit rate dan juga resolusi file yang nantinya akan dihasilkan usai proses kompresi.

Aplikasi mengecilkan ukuran video yang direkomendasikan bisa dicoba langsung. Ada aplikasi yang dilengkapi banyak fitur, namun ada juga yang tidak. Pilihan tersebut kembali lagi pada keinginan masing-masing pengguna.

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Rekomendasi Aplikasi Mengecilkan Ukuran Video Terbaik yang dipublish pada Desember 9, 2022 di website Zinergi.id

Artikel Terkait

Leave a Comment