10 Rekomendasi Aplikasi Pembuat Mind Map

Zinergi.id – Terkadang menampilkan atau menjabarkan pikiran kreatif yang dimiliki itu tidaklah mudah. Dibutuhkan semacam mind mapping agar setiap konsep yang ada bisa saling terhubung. Nah, untung saja saat ini ada banyak aplikasi pembuat mind map yang akan membantumu saat membuatnya.

Mind map sendiri merupakan salah satu teknik untuk menghubungkan setiap konsep kunci menggunakan garis, gambar, maupun link. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari mind map, seperti brainstorming ide, menyempurnakan rencana bisnis, hingga mempelajari sesuatu.

Sebenarnya mind mapping ini bisa kamu buat dengan kertas dan juga pena atau spidol berwarna. Setiap warna melambangkan tiap-tiap poin yang berbeda. Akan tetapi, berkat teknologi yang semakin berkembang, mind mapping kini bisa dibuat dengan jauh lebih mudah.

Rekomendasi Aplikasi Pembuat Mind Map

Bisa dibilang jika saat ini ada beberapa aplikasi yang memungkinkan kamu untuk membuat mind mapping dengan sangat mudah. Kamu hanya perlu memilih satu dari beberapa aplikasi membuat mind mapping yang akan direkomendasikan sebagai berikut ini!

1. XMind

Rekomendasi yang pertama ada XMind, aplikasi untuk brainstorming serta mind mapping dengan fitur yang kaya. Aplikasi yang satu ini dibuat dengan tujuan untuk mengasah kreativitas, menggambarkan ide, dan membuat para penggunanya bisa lebih produktif lagi.

Banyak yang mengatakan jika XMind ini berbeda dengan aplikasi mind map yang lain, pasalnya ada beberapa desain chart yang bisa kamu gunakan. Misalnya saja seperti Matrix, Fishbone Chart, Organizational Chart, dan juga Timeline.

Bukan sekadar menuliskan ide saja, aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk mendalami dan menganalisa kronologi dalam penyampaian ide yang dilakukan.

2. Ayoa

Berikutnya ada Ayoa, aplikasi yang dibuat oleh Chris Griffiths, seorang pakar mind mapping yang terkenal di dunia. Dilihat dari situs resmi Ayoa, aplikasi yang satu mampu menunjukkan masa depan dari sebuah mind mapping.

Baca juga:  13 Aplikasi Perekam Layar PC Terbaik Paling Direkomendasikan

Di dalam aplikasi Ayoa, para penggunanya dapat menuliskan ide yang dimiliki secara langsung. Kemudian pengguna dapat mengelola ide tersebut dari awal hingga benar-benar akhir dan memberikan hasil seperti yang diinginkan.

Terdapat beberapa fitur unggulan yang disediakan oleh aplikasi ini, seperti pilihan font yang beragam, pembuatan ide dalam waktu cepat, serta warna yang sangat menarik.

3. MindMeister

Seperti yang dapat dilihat pada situs resminya, MindMeister merupakan sebuah alat pembuat mind mapping online. Aplikasi ini akan memudahkan kamu dalam mengembangkan, mencari, hingga membagikan ide yang dimiliki secara visual.

MindMeister menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan, baik itu pribadi, sekolah, hingga pekerjaan. Pasalnya MindMeister sangat mudah untuk membantumu dalam melakukan berbagai kegiatan.

Di antaranya seperti membuat rencana di kantor, melakukan brainstorming, dan juga membuat berbagai macam karya kreatif yang lain.

4. SimpleMind

Salah satu aplikasi pembuat mind map yang cukup populer di kalangan pengguna Android adalah SimpleMind. Keunggulan utama yang dimiliki oleh aplikasi yang satu ini, yaitu penggunanya yang sangat mudah.

Dengan desainnya yang menarik dan mudah dimengerti, kamu dapat langsung menuliskan setiap ide yang dimiliki. Bisa dibilang jika aplikasi ini sudah menjalani 7 tahun untuk proses pengembangan. Jadi tidak heran jika fitur yang ditawarkan benar-benar lengkap.

Beberapa fitur menarik yang ditawarkan aplikasi ini, seperti memberikan tulisan, video, gambar, bahkan voice note berupa suara.

5. ClickUp

Rekomendasi berikutnya yang dapat kamu coba adalah ClickUp. ClickUp menjadi salah satu aplikasi pembuat mind map yang bisa kamu manfaatkan dalam perencanaan dan juga pengaturan suatu proyek dengan cara yang sangat mudah.

Fitur mind map yang dimilikinya dapat digunakan oleh pengguna untuk menggambar hubungan antara proyek dengan tugas setiap staf. Selain itu, aplikasi ini juga bisa kamu manfaatkan untuk membuat visualisasi alur kerja dan mengelola tugas secara jelas.

Baca juga:  10 Aplikasi Edit Video Android Terbaik

Menariknya, ClickUp ini juga mempunyai integrasi native dengan beberapa tool yang sangat dibutuhkan seperti G Suite, Dropbox, hingga Slack, sehingga kolaborasi bisa dilakukan dengan lebih mudah.

6. Coggle

Coggle merupakan sebuah platform yang memungkinkan para penggunanya untuk membuat sekaligus membagikan mind mapping. Kamu bisa membuat semacam catatan ide menggunakan aplikasi ini dengan sangat mudah, lalu mendiskusikan ide tersebut dengan teman secara real time.

Jadi pada saat diskusi ada yang ide yang harus diubah atau ditambah, maka kamu bisa melakukannya saat itu juga. Coggle hadir dengan tampilan antarmuka yang sederhana sehingga setiap orang pun bisa menggunakannya tanpa kesulitan.

Dijamin, kamu tidak akan merasa bingung dengan setiap menu yang ada, bahkan saat pertama kali menginstal aplikasi pembuat mind map tersebut.

7. Miro

Miro menjadi salah satu tools pembuat mind map yang sudah lama digunakan. Oleh sebab itu, kredibilitas dan juga kualitas dari aplikasi ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Miro sendiri berbentuk platform whiteboard online yang sering digunakan dalam kolaborasi antar tim.

Fitur kolaborasi tersebut tentunya akan membuat setiap peserta dalam tim mampu menuangkan ide yang dimiliki dengan mudah.

Tidak perlu khawatir karena aplikasi ini menyediakan kanvas yang tidak dibatasi. Bahkan, Miro memungkinkan hingga 20 juta pengguna untuk ikut serta dalam sesi perancangan produk, brainstorming, pengaturan proyek, dan lain sebagainya.

8. Milanote

Jika kamu menginginkan sebuah aplikasi membuat mind map di android yang menyediakan banyak fitur, maka Milanote dapat menjadi pilihan yang tepat. Bukan hanya lengkap, setiap fitur yang dihadirkan tersebut juga sangat mudah untuk dipahami.

Aplikasi yang satu ini bisa kamu gunakan untuk membuat mind map untuk mengatur perencanaan ide dengan cara yang simple.

Menariknya, aplikasi ini memungkinkan para penggunanya untuk menambahkan media lain, seperti gambar, video, hingga link. Kamu juga dapat membuat level hierarki untuk dimasukkan ke dalam topik sebanyak mungkin.

Baca juga:  10 Aplikasi Membuat Video Animasi di Android & PC

9. Microsoft Visio

Rekomendasi aplikasi pembuat mind map yang berikutnya ada Microsoft Visio. Ini adalah aplikasi visualisasi diagram yang memungkinkan para penggunanya untuk membuat mind map dan juga berbagai representasi grafis yang lain.

Bagi kamu yang sudah terbiasa dengan tool Office 365, maka Visio merupakan pilihan yang terbaik. Hal ini karena aplikasi tersebut bisa menarik data secara langsung dari Office 365. Kemudian kamu bisa memvisualisasikan mind map yang sudah dibuat secara real-time.

Bisa dibilang jika kemampuan tersebut itulah yang membuat beda dari aplikasi lain, karena kamu jadi bisa menghidupkan data yang ada di bagian dashboard.

10. MURAL

Terakhir ada MURAL, aplikasi yang bisa diibaratkan seperti ruang kerja digital yang sangat efektif untuk dalam membuat visualisasi kolaborasi. Banyak perusahaan yang mengandalkan aplikasi ini untuk memecahkan berbagai masalah dan juga mengambil keputusan.

Menariknya, manfaat dari tool ini tidak hanya untuk whiteboard online saja, namun juga sebagai inovasi dalam skala besar dengan berbagai fitur yang disediakan di dalamnya.

 

Dari beberapa rekomendasi aplikasi pembuat mind map yang sudah dijelaskan di atas, apakah kamu sudah menemukan aplikasi yang tepat? Berbagai aplikasi memiliki keunggulan yang bisa disesuaikan dengan keinginan para pengguna.

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul 10 Rekomendasi Aplikasi Pembuat Mind Map yang dipublish pada Desember 11, 2022 di website Zinergi.id

Artikel Terkait

Leave a Comment