Cara Berjualan di Facebook Marketplace 100% Laris Manis

Cara Berjualan di Facebook Marketplace – Salah satu fitur gratis pada facebook yang bisa Anda gunakan yaitu Facebook Marketplace. Fitur ini mempermudah setiap pengguna untuk menjual dan membeli barang pada Facebook.

Pada artikel kali ini kami akan mengulas mengenai cara berjualan di Facebook Marketplace untuk Anda.

Cara Berjualan di Facebook Marketplace

Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengupload produk pada marketplace Facebook.

  1. Lakukan login pada akun facebook yang Anda miliki lalu cari icon Error! Filename not specified.   pada sisi kiri laman Facebook. Jika anda login menggunakan ponsel atau tablet maka icon tersebut ada pada bawah untuk pengguna iOS dan berada di atas untuk pengguna android.
  2. Selanjutnya klik Jual Barang hingga muncul pilihan Jenis Tawaran. Jika Anda tidak menjual kendaraan, lowongan kerja, rumah maka silahkan Anda memiliki kategori Barang Dijual.
  3. Lalu klik Tambahan Foto untuk mengunggah foto produk pada galeri ponsel atau PC. Silahkan lengkapi deskripsi produk mulai dari harga, kondisi barang, lokasi, nama, ukuran, dan lain sebagainya.
  4. Pada sisi kanan deskripsi terdapat kolom Pratinjau  yang bisa Anda gunakan untuk memastikan informasi produk yang akan Anda jual sudah lengkap sebelum Anda memostingnya.
  5. Tawarkan produk pada komunitas atau grub yang ada pada sekitar tempat tinggal Anda. Misalnya saja dengan menjualnya pada Grub Jual Beli Online Malang Raya, Jual Beli Kota Batu, Jual Beli Kota Malang, dan masih banyak lainnya.
  6. Jika sudah, maka Anda bisa langsung klik terbitkan untuk melakukan postingan pada marketplace Facebook.
  7. Jika produk yang akan Anda jual sudah terposting pada marketplace, maka langkah selanjutnya yaitu dengan menunggu calon pembeli merasa tertarik pada produk Anda. Biasanya aka nada notifikasi pop up chat atau messenger pada bagian bawah beranda.
  8. Pembeli akan menanyakan ketersediaan barang serta metode pembayaran. Untuk menghindari penipuan, Anda bisa bertukar nomor WhatsApp sebelum menyetujui transaksi tersebut.
  9. Jika produk yang Anda juga telah habis, maka Anda bisa menghapus postingan dari Marketplace dengan klik Tandai Sebagai Terjual. Pilih keterangan dimana produk Anda terjual dan klik Selanjutnya. Dengan begitu, produk Anda akan terhapus dan tidak bisa ditemukan pengguna lain.
Baca Juga :  Cara Membuat Facebook Bisnis 100% Berhasil

Tips Berjualan di Facebook Marketplace

Jika Anda berharap barang cepat terjual, maka terdapat cara atau tips yang bisa Anda lakukan agar ramai pembeli. Berikut ini adalah tipsnya :

Berikan Informasi Produk dengan Lengkap

Informasi yang lengkap akan membuat calon pembeli merasa tertarik untuk membeli produk Anda. Informasi tersebut juga mempermudah calon pembeli mengetahui kekurangan dan kelebihan produk yang Anda jual.

Buat Foto Produk Menarik dan Asli

Sebisa mungkin upload foto produk yang menarik dan asli hal ini juga akan membuat calon pembeli merasa yakin dengan produk yang Anda jual.

Lakukan Promosi ke Grub Jual Beli

Bergabunglah dengan komunitas jual beli yang ada pada area sekitar tempat tinggal Anda. Lakukan promosi barang dagangan pada grub jual beli lainnya untuk membantu Anda mendapatkan banyak calon konsumen.

Tentu saja, setiap grub memiliki aturan yang berbeda-beda. Jadi, pastikan Anda menaati setiap aturan, misalnya saja terdapat batasan unggahan. Jika begitu, jangan terlalu sering mengunggah barang dalam satu waktu agar akun tidak ditandai spam.

Tawarkan Sistem COD

Untuk meningkatkan kepercayaan pembeli, Anda bisa menawarkan metode pembayaran COD atau Cash On Delivery. Anda bisa melakukan transaksi jual beli dengan bertemu pada tempat yang sudah Anda sepakati dengan pembeli.

Nah, itulah Cara Berjualan di Facebook Marketplace yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan.

Leave a Comment