Cara Boost Iklan di Facebook yang Benar

Cara boost iklan di Facebook merupakan metode untuk memaksimalkan penggunaan iklan agar tepat sasaran dan sesuai keinginan.

Pada saat sekarang ini Facebook tidak hanya bisa kamu gunakan sebagai media sosial dalam mencari teman saja. Namun sudah banyak pelaku bisnis pada saat sekarang ini memanfaatkan Facebook sebagai wadah dalam mempromosikan produk mereka.

Hal itu sangatlah wajar karena pada saat sekarang ini Facebook juga sudah membekali dirinya dengan iklan berbayar. Dengan memanfaatkan fitur tersebut, kamu bisa melakukan promosi produk dengan mudah dan menjangkau banyak audiensi. Namun cara ini tentu membutuhkan modal di mana kamu membayar pihak Facebook untuk melakukan iklan tersebut.

Akan tetapi terdapat sedikit permasalahan yang mana untuk mendapatkan pelanggan, kamu tidak bisa hanya memanfaatkan iklan saja. Namun kamu juga harus melakukan boost iklan tersebut agar sesuai target dan tepat sasaran.

Mengenal Apa Itu Boost Iklan Facebook

Boost iklan merupakan salah satu metode yang bisa kamu gunakan pada aplikasi Facebook untuk beriklan selain Ads Manager. Tujuan dari metode ini ialah agar iklan yang kamu buat terlihat oleh banyak orang.

Penggunaan metode yang mudah tentunya sangat membantu pengguna yang memakai teknik boost iklan ini.  Dalam penggunaan kamu bisa langsung menekan tombol “promosikan postingan” pada bagian bawah postingan dan secara otomatis postingan tersebut akan di iklankan.

Cara tersebut merupakan metode paling dasar dan mudah yang bisa kamu lakukan. Akan tetapi dalam melakukan iklan Facebook, ada beberapa hal yang harus kamu pahami. Hal tersebut diantaranya target audiens, jumlah anggaran, dan waktu penayangan.

Baca Juga :  Cara Live di Grup Facebook

Jika kamu sudah memahami hal tersebut, maka iklan yang kamu pakai pasti bisa maksimal. Sebab itu pada pembahasan kali ini akan dijelaskan cara boost iklan di Facebook.

Manfaat Penggunaan Boost Iklan Facebook

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, boost iklan berguna untuk mengerucutkan iklan yang kamu buat. Akan sangat rugi rasanya jika membuat iklan namun tidak di koordinir dengan baik.

Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat dari penggunaan boost iklan Facebook:

  1. Menjangkau Audiens yang Lebih Luas

Manfaat utama dari penggunaan boost iklan ialah agar iklan tersebut menjangkau audiens lebih luas. Dengan demikian kamu bisa menjangkau penggunaan Facebook bahwa yang tidak berteman sekalipun.

  1. Menargetkan Audiens Tertentu

Keuntungan lain yang bisa kamu rasakan ketika melakukan boost iklan ialah kamu dapat menargetkan audiens secara spesifik. Dengan demikian iklan yang kamu buat akan muncul pada target tertentu saja.

Cara ini tentu sangat bagus dalam mencapai target iklan dan juga tidak buang-buang biaya. Bukan itu saja, jika target yang kamu tuju itu benar maka angka penjualan pun juga bisa naik.

Sebagai contohnya ketika kamu ingin mempraktekkan baju anak-anak. Sebagai target dari produk tersebut tentulah ibu-ibu yang memiliki anak kecil. Maka sebelum melakukan iklan, kamu bisa mengatur target dengan rentang usia berapa saja yang kamu mau.

  1. Mendapatkan Analisis Iklan

Boost iklan masih satu paket dengan jenis iklan Facebook lainnya. Dalam artian kamu masih bisa melihat analisis hasil iklan di menu Facebook insight.

Dengan adanya analisis ini, tentunya kamu bisa memantau jalannya iklan. Apakah iklan dengan target tersebut efektif atau tidak apabila digunakan pada kemudian hari.

Tips-tips Sebelum Melakukan Boost Iklan di Facebook

Sebelum menerapkan cara boost iklan di Facebook, ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan. Berikut tips-tips tersebut:

  1. Tetapkan Tujuan Boost

Sebelum melakukan boost iklan, hal pertama yang harus kamu atur ialah tujuan melakukannya. Hal tersebut sangat berpengaruh karena itu akan menentukan iklan seperti apa yang akan kamu pakai. Apakah untuk meningkatkan penjualan atau sekedar meningkatkan brand awareness.

  1. Lakukan Eksperimen Iklan

Jika ingin melakukan boost, jangan pernah takut mengalami kegagalan. Eksperimen iklan perlu kamu lakukan untuk mengetahui pada terget apa iklan mendapatkan banyak Audiens.

Baca Juga :  Cara Kerja Facebook Ads, Tingkatkan Bisnis Jadi Lebih Laris

Sebagai contoh kamu melakukan iklan untuk dua daerah Bandung dan Jakarta. Pada menu insight kamu bisa melihat daerah mana yang lebih banyak mendapat respon. Dengan demikian kamu bisa memprioritaskan daerah tersebut untuk mendapatkan target yang lebih banyak.

  1. Lakukan Evaluasi Peforma Iklan

Kegunaan dari evaluasi peforma iklan ialah melihat insight seberapa efektif iklan yang kamu buat. Setiap iklan selesai kamu jalankan, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan ialah melihat efektif iklan. Apakah iklan lebih efektif dalam meningkatkan penjualan atau meningkatkan brand awareness.

Dengan melakukan evaluasi, kamu akan mengerti target kedepannya yang harus dilakukan dalam melakukan boost iklan kedepannya.

Cara Boost Iklan di Facebook yang Benar

Setelah mengetahui kegunaan boost iklan Facebook, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan ialah mengetahui bagaimana cara menggunakan boost tersebut dengan benar.

Berikut tata cara menggunakan boost iklan Facebook yang benar:

  1. Login Terlebih ke Akun Facebook

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah melakukan login ke akun pribadi terlebih dahulu. Jika sudah silakan bukan fanspage atau halaman tempat kamu posting produk.

Pada halaman tersebut pilihan satu postingan yang mau kamu boost dengan iklan. Kamu tidak perlu khawatir jika belum memiliki halaman dan postingan.

Karena tujuannya untuk melakukan boost, maka halaman baru sekalipun tidak akan jadi masalah. Silakan buat saja postingan yang akan kamu iklan-kan nanti pada halaman yang baru kamu buat atau sudah ada sebelumnya. Kamu juga bisa melakukan boost untuk postingan yang sudah lama.

  1. Setting Target Iklan

Setelah memilih salah satu postingan yang ingin kamu boost, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan ialah mengatur target iklan. Tujuan dari tindakan ini ialah agar iklan tersebut bisa menjangkau target yang tepat sehingga iklan yang kamu buat tidak sia-sia

Baca Juga :  Cara Bayar Iklan di Facebook

Secara umum ada tiga metode target iklan Facebook yang bisa kamu pilih, yaitu default target, orang yang menyukai halaman kamu, dan orang yang menyukai halaman kamu beserta teman-temannya.

Default target ialah metode iklan yang secara otomatis Facebook pilihkan untuk postinganmu. Orang yang menyukai halaman kamu, merupakan metodenya iklan yang menargetkan audiens yang suka halaman kamu, dalam artian postingan tersebut akan lebih sering mereka lihat. Sedangkan yang terakhir merupakan metode yang paling bagus karena kamu bisa menargetkan orang yang suka halaman kamu serta teman-temannya.

Setelah memilih salah satu dari ketiga metode tersebut, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan ialah menentukan audiens. Tujuan dari penentuan Audiens ialah agar iklan tepat sasaran sesuai usia target. Sebagai contoh kamu menjual baju anak, maka silakan pilih Audiens dengan rentang usia 24-30 tahun.

  1. Setting Biaya Iklan serta Lama Tayangan

Setelah mengatur target iklan, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan ialah mengatur biaya iklan. Setelah itu silakan kamu atur juga berapa lama iklan akan di tayangkan. Semakin banyak biaya yang kami keluarkan, maka semakin banyak juga Audiens yang bisa kamu capai. Jika sudah langkah selanjutnya silakan tekan tombol “Boost” dan kamu sudah berhasil membuat boost iklan.

Itulah cara boost iklan di Facebook yang bisa kamu lakukan. Bagaimana? Cukup mudah kan. Cara ini merupakan metode paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk mempromosikan produk. Namun kemudahan tersebut juga membutuhkan biaya.

Semoga penjelasan ini bisa membantu kamu dalam meningkatkan audiens Facebook dan mendapatkan target yang kamu inginkan.

Leave a Comment