Begini Cara Buat Google Drive yang Cepat di Smartphone

Salah satu cloud server yang kini banyak diandalkan ialah Google Drive, sebagai media penyimpanan berbagai jenis file. Keberadaannya yang praktis untuk di akses dari smartphone, telah menggeser penggunaan hardisk eksternal. Untuk bisa menggunakannya dengan cepat, begini cara buat Google Drive di smartphone !

Cara Buat Google Drive Cepat di Smartphone

Dirilis pada April 2012, Google Drive merupakan layanan penyimpanan (storage) berbasis online dengan kapasitas sekitar 15GB yang dapat di gunakan secara gratis. Cara buat Google Drive ini dapat disinkronkan ke seluruh perangkat baik itu smartphone maupun PC.

Dan apabila dirasa kapasitas masih kurang, maka sebagai pengguna bisa membeli penyimpanan Google Drive.

Sebelum masuk pada pembahasan cara buat Google Drive, perlu untuk mengetahui fitur menarik yang ada di dalamnya :

Menyimpan dan membuka berbagai file

Dalam GDrive terdapat lebih dari 30 jenis file yang bisa di simpan seperti JPEG, dokumen Office, video HD, Photoshop, hingga Adobe Ilustrator dan lain sebagainya.

Pengguna bisa terhubung dengan mudah

Antar sesama pengguna G Drive, bisa melakukan komunikasi bahkan dalam bentuk obrolan langsung. Media obrolan langsung itu bisa anda lakukan melalui Spreadsheets, Documents, atau bahkan Slides.

Akses secara offline melalui Chrome

Google Drive ini sangat memfasilitasi penggunanya baik secara online maupun offline. Untuk dapat anda gunakan dalam mode offline perlu menggunakan Chrome. Barulah bisa melakukan aktivitas membuat, mengedit, bahkan mengomentari file di G Drive tanpa jaringan internet.

Baca Juga :  4 Cara Memulihkan Akun Google Jika Kehilangan Akses Google

Berbagai file antar pengguna

File yang tersimpan di Google Drive bisa anda bagikan ke pengguna lain melalui link tautan. Atau bisa di setiing melalui opsi sharing yang ada pada file di G Drive. Sehingga pengguna lain juga bisa mengakses file secara bersama di G Drive.

Lebih dari itu, pengguna dapat membuat folder sesuai kebutuhan penyimpanan. Termasuk untuk memindahkan data atau dokumen ke dalam folder tersebut. Untuk keperluan edit juga bisa anda lakukan langsung dari Google Drive atau mengunduhnya terlebih dulu.

Untuk menggunakannya tidak harus selalu melalui PC, karena di smartphone juga bisa. Apalagi smartphone memang tidak pernah ketinggalan untuk dibawa, sehingga G Drive bisa digunakan kapan saja saat anda butuhkan. Mari di simak begini cara buat Google Drive yang cepat di smartphone :

  • Lakukan login ke akun Gmail yang aktif.
  • Dan pastikan aplikasi G Drive sudah terpasang di smartphone.
  • Tapi, jika belum ada aplikasi G Drive maka download lebih dulu di Play Store atau App Store. Lakukan download hingga terinstal di smartphone.
  • Jika sudah terinstal, maka tinggal jalankan aplikasi G Drive.
  • Tunggu ada notifikasi persetujuan, lalu klik ‘Accept’ atau ‘Terima’.
  • Akan muncul syarat dan ketentuan, lali klik ‘Ok’.
  • Google Drive sudah jadi dan siap anda gunakan pada smartphone.

Meski cara buat Google Drive ini di lakukan melalui smartphone. Tapi tenang saja, karena data dan dokumen yang tersimpan di G Drive melalui PC, juga akan tetap muncul di smartphone. Untuk itu pastikan bahwa G Drive menggunakan satu alamat email valid yang sama.

Berikut cara menggunakan G Drive di smartphone juga terbilang mudah :

  • Jalankan aplikasi Google Drive, hingga halaman pertama muncul yaitu My Drive.
  • Halaman Drive ini adalah tempat untuk mengunggah berbagai file, melalui klik menu + Baru yang berada di bagian pojok kiri atas.
  • Lalu pilih Upload File untuk mengunggah file
  • Pilih File dari penyimpanan berkas di smartphone, kemudian klik Ok.
  • Tunggu hingga file berhasil diunggah secara otomatis.
Baca Juga :  Link Google Drive: Tutorial dan Ulasan

Melihat cara buat Google Drive di atas, tentu sangat mudah untuk anda aplikasikan di smartphone. Terlepas dari itu, sebagai pengguna tidak perlu khawatir akan keamanan file. Karena yang bisa mengakses file tersebut hanya pemilik akun G Drive.

Menjaga Keamanan Akun Google dengan Verifikasi Ganda

Hanya karena keamanan file sudah terjaga oleh Google, dan kita hanya bisa mengaksesnya lewat password – bukan berarti dalam hal ini kita full aman dari berbagai cobaan peretasan. Memang, anda mungkin bisa percaya pada Google untuk menjaganya, namun bagaimana dengan ponsel anda?

Kini, ketika anda kehilangan ponsel, bisa saja anda menggunakan pengingat password sehingga Google Drive anda bisa buka. Selain itu, bisa juga peretas atau pencuri menggunakan alat tertentu yang berusaha mencari kombinasi password untuk memasuki akun anda di ponsel yang ter-retas.

Verifikasi Ganda

Solusi dari ini adalah dengan mengaktifkan fitur keamanan verifikasi ganda. Hal ini membuat ketika ada upaya untuk masuk ke akun anda, profil anda di gawai yang lain akan di-info untuk mengkonfirmasi apakah ini benar-benar anda, atau paling tidak apakah anda mengizinkan.

Jadi, verifikasi ganda bekerja pada dua gawai yang berbeda. Satu mungkin di ponsel, satu lagi di desktop/PC. Setiap ada akses yang masuk, anda bisa mengatur antara 1) harus meminta izin pada desktop agar bisa masuk, atau 2) mengizinkan masuk namun memberitahu desktop tentang login.

Hal ini membuat anda bisa memonitor apakah login dan log off yang di lakukan di Google Drive dan akun terkait seperti akun Google Meet, Classroom, dan lainnya di retas oleh orang yang tidak bertanggung jawab – atau teman yang anda izinkan untuk mengunduh suatu data tertentu langsung.

Baca Juga :  Cara Menggunakan Google Meet

Selain itu, anda juga bisa menggunakan verifikasi ganda ini di dua profil yang berbeda atau dua ponsel dengan nomor yang berbeda. Mereka akan mengirimkan notifikasi baik berupa Whatsapp, SMS atau pesan lain yang memberi tahu atau meminta anda memasukkan OTP Code untuk akses.

Dengan verifikasi ganda, tidak perlu khawatir apabila ponsel anda tercopet. Seperti kartu kredit, anda bisa membekukan berbagai aktivitas ilegal atau yang tidak anda inginkan bersama akun yang kita miliki.

Pertanyaan Rahasia

Selain verifikasi ganda, ada juga pertanyaan-pertanyaan penting. Pertanyaan ini bisa anda atur dengan beberapa fakta yang anda ketahui secara pribadi – misalnya siapa nama muda ibu anda sebelum menikah? Di mana anda bertemu pasangan anda? Dan lain-lain.

Intinya, keamanan memang cukup baik di Google Drive. Namun ada baiknya apabila kita bisa menggunakan fitur-fitur lengkap lainnya yang membuat kita bisa lebih tenang dan lebih percaya pada keamanan maksimal dari Google setelah mengaktifkan semua sistem keamanan yang ada.

Ini karena peretas selalu memiliki cara dan alat baru untuk memasuki atau menipu sistem. Apalagi kalau ponsel kita juga ikut di curi dan di ambil olehnya. Semakin mudah di tembus dan semakin lemah pertahanan kita untuk di tembus oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Sistem komputasi awan yang kembangkan oleh Google semakin lama semakin baik, bahkan juga semakin aman. Namun kita juga harus tetap menggunakannya secara sadar dan bertanggung jawab agar keamanan data dan profil pribadi kita tidak terganggu oleh keisengan atau kejahatan.

Leave a Comment