Cara Buka Rekening BNI Online, Lebih Mudah dan Praktis!

Nasabah Bank BNI yang ingin menabung atau menggunakan layanan lainnya dalam perbankan biasanya harus melakukan administrasi secara offline. Kini nasabah sudah tidak perlu lagi mengunjungi kantor cabang BNI terdekat karena sudah ada cara buka rekening BNI online dengan cepat dan mudah.

 

Dengan menggunakan layanan BNI online, maka nasabah hanya perlu melakukan pembukaan rekening dan aktivitas perbankan lainnya lewat HP. Sebelum menggunakan layanan BNI online, pastikan nasabah menyiapkan terlebih dahulu berbagai persyaratan yang dibutuhkan sesuai penjelasan berikut ini.

Persyaratan Buka Rekening BNI Online Tanpa Ke Bank

Ada banyak sekali alasan nasabah bank BNI tidak ingin mengurus administrasi secara offline lewat kantor cabang terdekat seperti terlalu banyak antrean, tidak ada waktu, dan alasan lainnya. Namun, disisi lain nasabah membutuhkan pelayanan untuk membuka rekening baru yang lebih cepat.

 

Hal ini mendorong Bank BNI menciptakan rekening bank digital yang bisa di akses dengan mudah oleh nasabah hanya lewat smartphone. Rekening Bank BNI digital merupakan salah satu fitur yang memudahkan nasabah BNI untuk membuka rekening perorangan lewat perangkat smartphone.

 

Namun, tidak semua jenis tabungan BNI bisa menggunakan layanan rekening digital satu ini. Informasi resmi dari website Bank BNI menyatakan bahwa tabungan BNI yang bisa didapatkan dari rekening digital diantaranya BNI Taplus Bisnis, BNI Taplus Muda, dan Tabungan BNI Taplus.

Baca Juga :  8 Pilihan Cara Cek Nomor Indosat, Tanpa Ribet!

 

Apa saja kira-kira persyaratan untuk bisa menggunakan layanan rekening BNI digital? Nasabah Bank BNI perlu menyiapkan berkas-berkas penting sebagai berikut. Umumnya, tiap jenis tabungan BNI memberikan persyaratan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan nasabah itu sendiri.

1. Syarat untuk Menggunakan Layanan Rekening BNI Taplus

  • Nasabah harus mengisi formulir aplikasi yang dibutuhkan dalam pembukaan rekening.
  • Nasabah perlu menyiapkan setoran awal sekitar Rp500.000,- untuk area Jabodetabek. Sedangkan untuk nasabah luar Jabodetabek bisa menyiapkan Rp250.000,-.
  • Nasabah menyiapkan persyaratan berkas seperti KTP (untuk warga lokal) dan Paspor (WNA).
  • Nasabah harus siap ketika dikenakan biaya administrasi bulanan.

2. Syarat Menggunakan BNI Taplus Muda

  • Cara buka rekening BNI online 2022 untuk jenis tabungan BNI Taplus Bisnis dilakukan dengan mengisi formulir pendaftaran terlebih dahulu.
  • Nasabah yang berada di area Jabodetabek bisa menyiapkan setoran awal minimal Rp500.000 sedangkan luar jabodetabek sebesar Rp250.000.
  • Menyiapkan identitas berupa KTP atau Passport.
  • Nasabah harus siap dikenakan biaya administrasi tiap bulannya.

3. Syarat Pembukaan Rekening BNI Online Tabungan Taplus Bisnis

  • Nasabah memiliki background seorang wiraswasta atau pengusaha baik berbentuk perorangan atau Badan Usaha.
  • Menyiapkan berkas identitas seperti KTP, SIM, atau Passport.
  • Usaha memiliki legalitas perizinan.
  • Surat Kuasa yang didalamnya menunjukkan bukti pengelolaan rekening.
  • Tanda bukti dari pejabat yang bersangkutan.
  • Tanda bukti berasal dari penerima kuasa.
  • Berkas lain seperti akte pendirian usaha, NPWP, Surat Perizinan, SITU, dan berkas penting lainnya sebagai bukti.

Cara Buka Rekening BNI Online Indonesia Tanpa Ribet

Setelah mengetahui berbagai persyaratan yang dibutuhkan untuk membuka layanan Bank BNI online, maka berikutnya akan dijelaskan cara membuka layanan bagi nasabah baru. Tidak perlu bingung, karena pembukaan layanan rekening BNI online sama mudahnya dengan perbankan lainnya.

1. Nasabah Menyiapkan Berkas yang Dibutuhkan

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, nasabah perlu menyiapkan beberapa berkas persyaratan untuk bisa menggunakan layanan tabungan digital BNI. Apa saja berkas yang harus ada? Dokumen persyaratan pengajuan meliputi e-KTP dan NPWP jika diperlukan.

Baca Juga :  Cara Melihat Pesanan di TikTok Shop dengan Mudah

 

Tidak hanya itu, nasabah baru Bank BNI yang ingin membuka tabungan digital juga perlu menyiapkan tanda tangan di atas kertas putih. Oleh sebab itu, jangan lupa membawa alat tulis yang nantinya semua data persyaratan akan di convert atau scan secara online.

 

Pihak BNI akan meminta nasabah untuk upload semua data persyaratan yang dibutuhkan pada laman atau kolom yang sudah disediakan dalam formulir. Pastikan bahwa file tidak berukuran lebih dari 1 MB, karena akan membuat proses upload bisa gagal berkali-kali.

2. Pastikan Perangkat Handphone Sesuai

Layanan rekening digital Bank BNI menyarankan kepada nasabah baru untuk menggunakan perangkat smartphone yang sesuai. Tujuannya agar akses pelayanan rekening online bisa lebih mudah dilakukan dan tidak mengalami kendala apapun.

 

Apa perangkat HP yang cocok digunakan oleh nasabah? Cara buka rekening BNI online bisa menggunakan jenis HP dengan sistem operasi Android/iPhone/IOS. Pastikan bahwa perangkat yang digunakan mendukung layanan Bank BNI dan memiliki kamera depan.

 

Dengan menggunakan kamera depan, nasabah akan lebih mudah melakukan verifikasi wajah saat proses pendaftaran. Oleh sebab itu, pastikan bahwa perangkat HP dan kamera bisa support dengan layanan BNI online supaya proses pendaftaran bisa berjalan dengan lancar.

3. Download Aplikasi BNI Mobile Banking

Langkah selanjutnya menggunakan layanan rekening digital Bank BNI yaitu mendownload BNI Mobile Banking. Nasabah baru bisa mendownloadnya lewat Google Play Store bagi pengguna Android, sedangkan pengguna iPhone bisa mendapatkannya lewat App Store.

 

Klik BNI Mobile Banking kemudian install aplikasi sampai selesai. Setelah aplikasi terpasang pada perangkat smartphone, maka kamu bisa melakukan proses registrasi terlebih dahulu. Berhasil masuk ke halaman utama aplikasi, langsung klik fitur “Buka Rekening BNI”.

4. Tentukan Jenis Tabungan yang Dibutuhkan

Seperti penjelasan diatas, Bank BNI menyediakan 3 jenis tabungan digital seperti BNI Taplus, BNI Taplus Muda, dan BNI Taplus Bisnis. Pada tahap ini, nasabah perlu menentukan jenis tabungan yang ingin digunakan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Baca Juga :  7 Cara Restart iPhone Tanpa Menghapus Data

 

Tekan fitur “Daftar” untuk menentukan jenis tabungan yang ingin digunakan. Penting untuk diperhatikan, nasabah yang ingin melakukan registrasi rekening digital Bank BNI harus memiliki pulsa yang cukup untuk mengirim pesan kepada Bank BNI dan mendapatkan kode OTP.

5. Menginput Data Diri dengan Benar dan Lengkap

Setelah menentukan jenis tabungan yang diperlukan, maka nasabah perlu mengisi data diri sesuai dengan prosedur yang berlaku. Pastikan bahwa semua data diri yang dimasukkan sudah benar dan sesuai dengan berkas kependudukan agar tidak menimbulkan kendala nantinya.

 

Umumnya Bank BNI akan meminta nasabah untuk melakukan pengisian data diri dengan mengisi NIK, tanggal lahir, dan kode verifikasi. Nasabah juga diwajibkan untuk mengunggah foto selfie dengan jelas dan mengupload foto berupa tanda tangan pada kertas putih yang sudah disiapkan.

6. Menyiapkan Setoran Tahap Awal

Jika sudah selesai menginput data diri dengan lengkap dan mengumpulkan semua persyaratan, nasabah bisa menyiapkan setoran awal dalam pembukaan rekening digital BNI online. Sebaiknya jangan melakukan pendaftaran lebih dulu ketika belum memiliki biaya melakukan setoran.

 

Selain itu, Bank BNI juga memberikan kebijakan kepada semua nasabah yang menggunakan layanan rekening digital Bank BNI untuk rutin membayar setoran. Hal ini sudah menjadi ketentuan mutlak yang harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab bagi semua nasabah baru.

 

Ketika nasabah melanggar ketentuan yang sudah disepakati oleh Bank BNI, maka pihak bank akan melakukan penutupan rekening secara otomatis. Berapa setoran tabungan kedepannya? Nasabah bisa memberikan setoran BNI online sesuai dengan nominal awal pembayaran.

 

Cara buka rekening BNI online bisa dilakukan dengan mengakses aplikasi BNI Mobile Banking. Kemudian nasabah baru perlu melakukan pendaftaran dengan mengisi data diri yang diperlukan, lalu menyiapkan setoran tabungan sesuai ketentuan yang dikeluarkan oleh Bank BNI.

Leave a Comment