Cara Cek Hak Cipta YouTube, Mudah !!

Cara cek hak cipta atau copyright di YouTube memang harus anda ketahui sebelum terjuan ke dunia YouTube, apalagi jika anda mengharapkan penghasilan dari memonetisasi akun anda.

Bukan hanya terkenal di negara-negara maju saja, YouTube di negara Indonesia juga memiliki perkembangan yang sangat pesat.

Tidak sedikit orang yang membuat channel karena merasa termotivasi oleh YouTuber sukses, seperti yang belum lama ini mendapatkan Diamond penghargaan dari YouTube, yakni Atta Halilintar & Ria Ricis.

Sebagai content creator pemula, tentunya akan ada banyak hal yang harus anda pelajari agar tidak salah dalam mengurus channel YouTube.

Salah satu hal penting yang harus anda perhatikan adalah hak cipta atau istilah gaulnya copyright yang kerap kali menjadi masalah bagi konten kreator, baik itu pemula maupun yang sudah profesional.

Oleh karenanya, saya akan membahas beberapa cara cek hak cipta YouTube paling mudah. Tujuannya, agar channel YouTube anda aman copyright.

Hak cipta alias copyright ini memang menjadi suatu hal yang paling mengerikan bagi para YouTuber pemula dan YouTuber profesional.

Pasalnya, jika salah satu konten video yang mereka upload mengandung copyright, maka channel YouTube bisa kena hukuman bernama Copyright Strike.

Masalah paling fatal jika channel anda terkena hukuman copyright strike adalah dapat menyebabkan gagal monetisasi dan yang lebih parahnya lagi channel YouTube akan terhapus.

Cara Cek Hak Cipta YouTube Dengan Mudah

Cara cek hak cipta YouTube ini memang sangat berguna buat anda yang sudah membuat konten dan ingin jaga-jaga agar YouTube bisa memonetasi akun anda.

Buat anda yang belum mengetahui cara cek hak cipta youtube, silakan ikuti langkah – langkah mudah berikut ini:

  • Pertama, Buka halaman YouTube.
  • Login dengan memakai akun Google/Gmail yang anda punya.
  • Kemudian masuk ke menu “YouTube Studio”.
  • Buka menu “Setelan”, caranya cuku klik saja foto profil akun YouTube milik anda, lalu klik opsi “Setelan”.
  • Untuk melihat copyright YouTube, klik saja opsi “Status dan fitur channel” yang ada pada menu setelan tadi.
  • Selanjutnya, klik ikon akun YouTube anda.
  • Lalu pilih opsi “Creator Studio” yang berada tepat di samping foto profil anda.
  • Jika anda tidak menemukan pelanggaran apapun, silakan lakukan pengecekan pada konten video lainnya dengan cara pilih menu “Pengelola video” yang ada di samping kiri.
  • Jika semua video kamu ada ikon dollars hijau dan bumi berwarna biru, itu artinya channel YouTube kamu aman dari copyright alias belum ada pelanggaran hak cipta apa pun.
  • Selesai
Baca Juga :  Cara Setting Youtube untuk Anak

Jika memang channel YouTube anda terkena hak cipta atau copyright, biasanya konten video yang anda posting bakalan memiliki keterangan “Mencakup konten berhak cipta”.

Bagaimana cara menghindari pelanggaran hak cipta di YouTube? Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghindari copyright strike YouTube, seperti:

Pertama, Jika ingin menambahkan audio atau musik untuk video YouTube anda, cobalah untuk mengunduhnya dari audio library yang bebas copyright seperti YouTube Audio Library dan Non Copyrighted Song (NCS).

Kedua, jangan meng-upload ulang konten dari channel YouTube lain, ataupun video dari acara televisi, baik lokal atau siaran luar negeri.

Jika membutuhkan video bernuansa tertentu sebagai bahan racikan untuk membuat konten, anda dapat menggunakan kembali video-video yang berlisensi Creative Commons.

Demikianlah cara cek hak cipta YouTube yang dapat anda lakukan. Yuk, buat konten-konten video menarik tanpa harus melanggar copyright YouTube!

Leave a Comment