Cara Ganti Password Gmail Lupa Sandi Paling Mudah

Mengganti atau mengubah kata sandi gmail tidaklah selalu buruk, justru hal ini dapat bermanfaat baik bagi akun gmail Anda jika rutin melakukannya. Selain itu, Anda tidak pernah tahu kapan pelanggaran keamanan akan terjadi atau jika seorang peretas telah menyusupi akun gmail Anda. cara ganti password gmail tidaklah terlalu sulit, dan bisa dilakukan di semua perangkat.

Untuk memastikan pesan gmail dan pengaturan akun Anda tetap pribadi, rutin lakukan perubahan sandi gmail setiap  beberapa bulan. Bahkan jika Anda melakukannya, kemungkinan lupa sandi atau password juga bisa terjadi karena seringnya melakukan perubahan. Artikel ini akan memberikan informasi terkait cara mengubah kata sandi  jika Anda lupa atau ingin mengamankan akun Anda.

Cara Ganti Password Gmail

Ada beberapa cara untuk mengatur ulang kata sandi akun gmail Anda metode pertama yang akan kita bahas adalah opsi yang paling mudah, dan berfungsi jika Anda tidak dapat masuk karena lupa kata sandi. Berikut caranya:

  1. Buka halaman login Gmail, masukkan alamat email Anda, lalu klik “lupa kata sandi”.
  2. Masukan kata sandi terakhir yang Anda ingat kemudian klik “selanjutnya”.

Note: perlu diingat, langkah ini tidak harus berupa sandi terbaru Anda, kredensial login sebelumnya yang terkait dengan akun ini akan memungkinkan Anda melanjutkan ke langkah berikutnya.

  1. Sekarang , periksa email cadangan Anda.

Note: email cadangan, atau email pemulihan adalah email yang telah Anda tambahkan ke akun.

  1. Sekarang, masukan kode 6 digit ke dalam opsi yang sesuai dengan situs web gmail.
  2. Dengan asumsi kode berfungsi, Anda sekarang dapat mengatur ulang kata sandi Anda
Baca Juga :  Cara Hapus Akun Gmail Secara Permanen

jika metode ini tidak berhasil, Anda dapat melalui proses pemulihan akun. Kami akan membahasnya pada penjelasan selanjutnya.

Cara Ganti Password Gmail Menggunakan Metode Pemulihan Akun

Jika Anda mengalami masalah dalam mengingat sandi gmail yang terlupa, Anda harus memiliki email cadangan atau nomor ponsel yang terdaftar di akun Anda. jika tidak, Google tidak dapat mengirim kode konfirmasi yang digunakan untuk menyetel ulang password.

Tanpa salah satu dari dua persyaratan tersebut, Google akan meminta Anda untuk mencoba masuk lagi, yang akan membuat Anda terhenti. Satu-satunya pengecualian adalah jika Google mendeteksi bahwa Anda telah masuk ke perangkat itu sebelumnya. Ini akan menampilkan opsi kata sandi baru secara otomatis, apakah Anda memasukan kata sandi yang sebenarnya atau tidak.

Berikut cara mengatur ulang kata sandi Anda:

  1. Arahkan ke “pemulihan akun Google
  2. Masukan alamat email yang Anda coba akses dan klik “berikutnya”
  3. Pada prompt yang muncul, klik “coba cara lain”
  4. Minta kode verifikasi ke nomor ponsel tertaut atau email cadangan Anda. jika Anda hanya memiliki salah satu dari keduanya, maka secara otomatis akan mengirimkan kode ke opsi yang terdaftar. Masukan kode dan klik “selanjutnya”.
  5. Di layar “ubah kata sandi”, buat kata sandi baru Anda, konfirmasikan lalu klik “simpan kata sandi”.
  6. cara ganti password gmail yang selanjutnya, simpan kata sandi baru Anda, pada layar pemeriksaan akan muncul klik “lanjutan”
  7. Anda sekarang akan melihat halaman “akun google” dan kata sandi baru Anda sekarang dapat diaktifkan.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, langkah-langkah di atas memerlukan email cadangan terdaftar, dan nomor telepon ataupun keduanya. Jika Anda tidak menyetel salah satu opsi keamanan, Anda tidak dapat mengubah kata sandi yang terlupa kecuali Google mendetekdi bahwa Anda pernah masuk sebelumnya ke perangkat tersebut.

Baca Juga :  Cara Memperpendek Link Google Form

Agar Google mendeteksi kejadian login sebelumnya, pilih opsi “coba cara lain” atau tebak kata sandi lama sebagai gantinya.

Cara Mengubah Kata Sandi Gmail Tanpa Lupa Pasword

Jika Anda sudah mengetahui kata sandi Gmail Anda saat ini dan dapat mengakses akun Anda, maka mengatur ulangnya semudah mengklik tautan.

  1. Masuk ke myaccount.google.com
  2. Klik “keamanan” di menu sebelah kiri, gulir ke bawah lalu klik “masuk ke Google
  3. Klik “kata sandi”, lalu masukan kata sandi Anda saat ini jika diminta.
  4. Masukan kata sandi baru Anda dan konfirmasikan, lalu klik “ubah password”

Langkah-langkah cara ganti password gmail di atas dapat dipakai bila Anda masih mengingat pasword gmail Anda sebelumnya.

Cara Mencegah Masalah Masuk Gmail

Misalkan Anda tidak dapat mengingat detail keamanan Anda, seperti email pemulihan tertaut, atau tidak lagi memiliki akses ke nomor telepon Anda. dalam hal ini, akan sangat sulit untuk mengatur ulang kata sandi Anda.

Kami akan merekomendasikan dua hal jika skenario di atas terjadi.

1. Pertama

Pastikan Anda mengatur otentikasi dua faktor dan alamat email Anda ditautkan ke nomor telepon yang akan selalu Anda gunakan.

2. Kedua

Berinvestasi dalam pengelola kata sandi gratis atau berbayar yang baik akan menjaga kata sandi Anda tetap aman dan dapat diakses terus menerus. Dengan begitu, Anda tidak akan kehilangan kata sandi lagi dan dapat dengan mudah menemukannya menggunakan aplikasi.

3. Terakhir

Atur fungi kode cadangan dan simpan di tempat yang aman. Google memungkinkan pengguna untuk memiliki sepuluh kode cadangan sekaligus. Langkah ini berguna ketika Anda terkunci. Jika Anda kehilangan kode kapan saja, mendapatkan yang baru akan menghapus yang lama untuk keamanan tambahan. Dengan begitu, Anda dapat melakukan metode cara ganti password gmail  dengan sangat mudah.

Baca Juga :  Cara Memulihkan Akun Google

Kiat Saat Menggunakan Pemulihan Akun Google

Sayangnya, akun gmail yang diretas dapat sulit dakses karena penyusup mungkin telah mengubah informasi telepon Anda atau alamat email cadangan Anda, yang tentunya dapat mempengaruhi proses pengaturan ulang kata sandi.

Dengan semua fitur gmail, termasuk Google 2-faktor Authentication (2FA), beberapa kasus yang terjadi menunjukan bahwa akun Gmail tidak dapat ditembus.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah kembali ke halaman Account Recovery seperti yang Ada lakukan pada proses pertama, kemudian gunakan tips berikut dan coba lagi.

Gunakan perangkat yang sudah dikenal, baik itu smartphone, browser di komputer, atau bahkan tablet. Jika Anda telah menggunakan akun Gmail di perangkat tersebut, kembali ke perangkat sebelumnya untuk pemulihan.

Saat memilih untuk menggunakan kata sandi terakhi Anda, Google akan meminta kata sandi terakhir yang Anda gunakan. Tetapi banyak jua pengguna yang mengklaim bahwa kata sandi lama juga berfungis dengan baik untuk membantu Anda melalui proses cara ganti password gmail dengan aman tanpa gangguan.

Saat menggunakan akun gmail pemulihan, gunakan email yang sama sebelum akun Anda diretas. Ingatlah, bahwa Anda dapat menggunakan pemulihan akun Google lebih dari sekali. Jika Anda gagal pada percobaan pertama, coba lagi hingga berhasil.

FAQ

1.Seberapa sering saya harus mengubah sandi gmail?

Beberapa pakar keamanan menyatakan bahwa Anda harus menggantikata sandi setiap tiga bulan.

2.Bisakan saya menonaktifkan autentikasi dua faktor di Gmail?

Ya. Meskipun tidak disarankan.

Leave a Comment