Cara Kerja Facebook Ads, Tingkatkan Bisnis Jadi Lebih Laris

Sebagai seorang pengguna sosial media khususnya Facebook, Anda mungkin pernah bertanya-tanya bagaimana cara kerja Facebook ads yang sering muncul pada tampilan Facebook. Mungkin Anda juga pernah berpikir bahwa tidak ada yang mengklik iklan tersebut. Jika Anda pernah berpendapat demikian, maka Anda salah.

Facebook saat ini berada pada kondisi yang mampu untuk menghasilkan lebih dari 60 miliar USD pertahunnya hanya dari Facebook ads. Tentunya hal ini bisa terjadi karena seseorang mengklik iklan yang ada di Facebook.

Bagaimana Cara Membuat Seseorang Mengklik Iklan Facebook? Dan, Bagaimana Cara Membuat Mereka Membeli Produk Anda?

Iklan Facebook telah banyak digunakan oleh para marketer untuk mempromosikan sebuah produk melalui iklan ini. Jika Anda adalah seorang pemula dan ingin mencoba beriklan di Facebook, mulailah dengan panduan pemasaran Facebook. Kemudian pelajari juga lebih dalam terkait Facebook ads.

Dalam panduan Facebook ads, Anda akan mempelajari bisnis mana yang paling cocok untuk melakukan periklanan Facebook dan cara menjalankan promosi yang sukses.

Bagaimana Cara Kerja Facebook Ads?

Facebook ads kini hadir dalam berbagai jenis. Anda dapat mempromosikan halaman atau page Facebook milik Anda, mempromosikan postingan, ataupun situs website milik Anda sendiri. Meskipun Facebook lebih berfokus pada FB ads original dan membatasi lintas situs, Anda masih bisa mengirim pengguna Facebook yang lain untuk mengunjungi situs website Anda.

Baca Juga :  Cara Menambahkan Admin Halaman Facebook dengan Mudah!

Ada juga beberapa format iklan yang tersedia, antara lain gambar, carousel (multiple image), Video, collection, dan instant experiences.

Facebook ads lebih ditargetkan kepada pengguna berdasarkan lokasi, informasi profil, dan demografi mereka. Opsi seperti ini tentunya hanya tersedia di platform Facebook. Setelah membuat iklan, Anda dapat menetapkan anggaran dan tawaran untuk setiap klik atau seribu penayangan dari setiap tayangan yang akan Anda terima dari iklan.

Pengguna lain juga akan melihat iklan Facebook Anda melalui sidebar Facebook atau di halaman berita Facebook mereka. Opsi Facebook ads juga sangat cocok untuk mem-push sebuah merek. Tetapi, iklan Facebook dengan mengarahan pengguna ke situs lain masih menjadi pilihan terbaik, karena pengiklan bisa mendapatkan tanggapan secara langsung dalam melakukan penjualan.

Siapa Yang Harus Beriklan Di Facebook?

Setelah membaca sekilas tentang cara kerja Facebook ads pada ulasan di atas, berbagai pertanyaan muncul terkait siapa saja orang yang harus menggunakan Facebook ads?.

Banyak bisnis yang gagal setelah menggunakan Facebook ads karena terdapat ketidak cocokan. Anda harus selalu menguji saluran pemasaran, terutama sebelum terdapat permintaan untuk penaikan harga. Pertimbangkan terlebih dahulu, apakah bisnis Anda cocok untuk beriklan di Facebook.

Sebelumnya, Facebook ads lebih seperti iklan bergambar dari pada iklan pencarian. Namun, seiring berkembanya zaman, cara kerja Facebook ads lebih memungkinkan pengguna untuk melakukan penjualan produk secara langsung kepada konsumen ataupun pengguna Facebook lainnya.

Berikut adalah beberapa jenis bisnis yang kemungkinan berhasil dan cocok untuk menggunakan layanan iklan Facebook.

·         Model Bisnis dengan siklus penjualan panjang atau pembelian kecil

Pada akhirnya Anda harus menghasilkan uang dari bisnis ini jika ingin iklan Anda menguntungkan. Model bisnis terbaik yang cocok untuk iklan Facebook adalah bisnis yang memperoleh pendapatan dari penggunanya dari waktu ke waktu, tidak sekaligus. Seorang pengguna mungkin telah memberi Anda email mereka untuk membangun kepercayaan sebelum membeli suatu produk.

Baca Juga :  Cara Promosi di Facebook Gratis

Anda tidak harus bergantung pada pembelian dengan skala besar, beberapa pembelian dengan skala kecil juga sangat ideal.

·         Situs transaksi harian dan langganan

Salah satu model bisnis yang cocok menggunakan Facebook ads ini juga memilki pelanggan dengan berbagai kalangan umur di sosial media. Contohnya Udemy, mereka fokus untuk membuat pengguna mendaftar pada kunjungan pertama.

Dengan tujuan untuk mendapat keuntungan dari pengeluaran iklan selama enam bulan. Udemy mengubah pengguna Facebook untuk menjadi pelanggan layanan mereka secara jangka panjang.

Mereka menargetkan pengembalian 20% untuk pembelanjaan iklan pada hari pertama dan pengembaian 100% dalam enam bulan. Angka-angka ini dapat berfungsi sebagai acuan untuk memulai bisnis Anda.

Cara Menargetkan Facebook Ads Dan Kesalahan Nomor Satu Yang Dilakukan Sebagian Besar Penguna Facebook Ads

Cara kerja Facebook ads juga tergantung dengan opsi penargetkan iklan Facebook. Anda dapat menargetkan menurut demografi dan membuat pemirsa khusus atau serupa dengan pelanggan terbaik Anda.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan penargetan iklan berulang untuk pengguna Facebook yang telah berinteraksi dengan halaman atau mengunjungi situs website Anda. Di Facebook Anda dapat menargetkan pengguna berdasarkan:

  • Lokasi
  • Usia
  • Gender
  • Minat
  • Status hubungan
  • Bahasa
  • Pendidikan
  • Tempat kerja

Setiap opsi ini dapat berguna tergantung dengan jenis audience Anda. Sebagian pemasar harus fokus pada lokasi, Gender, usia, dan juga minat maupun hobi.

· Lokasi

Memungkinkan Anda untuk menargetkan pengguna di negara bagian, kota, atau kode pos yang Anda layani. Dengan opsi ini Anda dapat memilih kepada siapa iklan Facebook Anda ditujukan.

· Usia dan gender

Penargetak usia dan jenis kelamin harus berdasarkan pada pelangan Anda yang sudah ada. jika wanita umur 25-44 adalah sebagian besar pelanggan Anda, mulailah dengan menargetkan mereka. Jika mereka terbukti menguntungkan, Anda dapat memperluas penargetan iklan Anda berdasarkan usia.

Baca Juga :  Cara Membuat Iklan di Facebook Terbaru untuk Pemula

· Minat

Penargetan minat adalah salah satu opsi cara kerja Facebook ads yang paling kuat, tetapi banyak juga yang menyalah gunakannya.  Saat membuat iklan, Anda memiliki dua opsi, kategori luas dan minat terperinci.

Kategori luas mencakup film horor, konsumen barang elektronik, ulang tahun, dan lainnya. kategori yang luas ini memungkinkan Facebook ads tampak seperti cara yang efisien dalam menjangkau audience yang luas.

Penargetan minat terperinci memungkinkan Anda untuk menargetkan pengguna berdasarkan informasi di profil mereka. Misalnya informasi terkait hal yang mereka sukai, aplikasi yang mereka gunakan, konten profil, dan lainnya.

Facebook memiliki serangkaian minat yang bervariasi mulai dari Harry Potter hingga rugby bawah air. bagian tersulitnya adalah memilih opsi yang tepat.

Saat menargetkan minat terperinci, Facebook menyediakan ukuran pemirsa dan minat lainnya yang disarankan. Tentunya, Anda tidak akan memiliki data persaingan. Setelah Anda memiliki minat untuk iklan, Facebook akan menampilkan tawaran gabungan yang disarankan.

Penargetan Ulang Facebook ads

Untuk meningkatkan cara kerja Facebook ads secara maksimal dalam mendukung bisnis Anda adalah dengan melakukan penargetan ulang Facebook ads. Langkah ini dilakukan untuk menjangkau pelanggan yang sudah mengenal merek bisnis Anda. Buat iklan yang dinamis dengan menampilkan item yang mungkin mereka sukai.

Misalnya, Anda dapat menargetkan ulang pengguna yang telah menunjungi situs Anda dengan meninggalkan item di keranjang mereka atau mengklik iklan.

Anda juga dapat melacak kinerja dari Facebook ads dengan menggunakan program analitik seperti Google Analytics, atau sistem Back-end yang Anda buat sendiri. Beri tag pada tautan Anda menggunakan pembuat URL Google untuk melakukan pelacakan.

Sebagai seorang pemula yang ingin mencoba untuk beriklan di Facebook ads, Anda tentunya harus memperhatikan dan mempelajari lebih dalam tentang cara kerja facebook ads melalui panduan yang telah disediak oleh Facebook. Selamat mencoba!

Leave a Comment