Cara Logout Akun Gmail Di Semua Perangkat Dengan Mudah!

Anda mungkin pernah menggunakan akun Gmail untuk log in di komputer orang lain ataupun teman dan lupa untuk mengeluarkannya kembali. Hal ini bisa terjadi satu atau dua kali di berbagai tempat yang berbeda. atau mungkin juga Anda salah meletakan ponsel dan akun Gmail yang masih aktif dan tidak tahu cara logout akun gmail dari perangkat tersebut.

Hal ini tentu saja bisa berpengaruh terhadap keamanan informasi Anda, apalagi jika akun Gmail Anda berisi banyak informasi pribadi yang harus dijaga, sehingga log out Gmail sangat diperlukan.

Bagaimana cara logout akun Gmail dari semua perangkat?

Ada berbagai cara yang bisa digunakan untuk mengeluarkan akun Gmail dari semua perangkat, baik itu ponsel maupun komputer. Artikel ini akan mendemonstrasikan cara mengeluarkan akun Gmail dari semua perangkat .

Metode 1: dengan menggunakan “di mana Anda masuk fitur” sebuah fitur yang disediakan oleh Gmail

  1. Buka akun Gmail Anda dari perangkat manapun Anda ingin menghapus / mengeluarkan Gmail tersebut.
  2. Klik ikon akun Anda yang terletak di pojok kanan atas.
  3. Klik “kelola akun Google Anda”
  4. Di bawah panel kiri, klik “keamanan”
  5. Gulir ke bawah, lalu di bawah bagian perangkat Anda akan menemukan semua perangkat yang aktif masuk ke akun Google Anda. klik “kelola perangkat” di bawah perangkat Anda.

ada kemungkinan Anda akan melewati “sesi” dalam beberapa kondisi. Sesi adalah periode waktu di mana Anda masuk ke akun Google menggunakan browser, aplikasi, ataupun layanan perangkat. Sesi mirip seperti loading dan dapat berlangsung selama beberapa detik hingga beberapa jam. Bukan hal yang aneh lagi untuk melewati masa loading ini apalagi jika Gmail aktif secara bersamaan dalam perangkat yang berbeda.

  1. Anda akan mendapatkan pemberitahuan semua perangkat yang telah menggunakan aku Gmail Anda. yang pertama adalah perangkat log in Anda saat ini, kemudian perangkat lain yang tidak dikenal. Anda juga akan menerima informai berupa waktu dan tangga Gmail log in. anda dapat mengeluarkan akun Gmail dari perangkat tesebut satu persatu.
Baca Juga :  Cara Melacak Lokasi dengan Akun Gmail

Note: waktu yang ditampilkan disini menunjukan kejadian terbaru saat ada koneksi antara perangkat dan sistem Google di setiap lokasi.

Koneksi atau aktivitas yang terjadi diantaranya:

  • Aktivitas pengguna menggunakan akun Google, Google aps, dan lainnya
  • Sinkronisasi latar belakang antara fitur dan Google yang terjadi secara otomatis di latar belakang.
  1. cara logout akun gmail selanjutnya, Klik panel dimana saja, kecuali yang pertama. Kemudian klik “log out / keluar”

Disini Anda dapat dengan jelas melihat bahwa akun Gmail yang ini digunakan untuk log in pertama ke perangkat yang tidak dikenal pada tanggal … dan bulan… Dengan mengklik alamat IP, Anda akan mendapatkan lokasi yang tepat di mana akun Gmail ini masuk.

  1. Selanjutnya, klik “log out / keluar”
  2. Selanjutnya, klik “oke”

Cara Logout Akun Gmail Dan Mendapatkan Riwayat Login Aktif Gmail

Anda juga bisa mendapatkan riwayat login aktif Gmail, sehingga Anda dapat mengetahui dari mana Gmail Anda diakses sehingga Anda dapat mengubahnya nanti.

  1. Buka layar beranda Gmail Anda
  2. Gulir ke bawah dn klik “detail”
  3. Pop up akan muncul, dan Anda akan mendapatkan pemberitahuan terkait semua perangkat, lokasi penggunaanya, alamat IP, data waktu, jenis perangkat (browser, ponsel, dll) tempat Gmail Anda masuk. Ini hanya akan menyediakan beberapa riwayat masuk saja. Ketika anda mengklik tampilan “detail” maka sistem akan menampilkan detail dari data-data tersebut.
  4. Klik pada pemeriksaan keamanan

Perlu diperhatikan, langkah-langkah ini dapat bekerja secara sempurna melalui perangkat PC, Mac, Linux, dan Gmail web. Saat Anda mengklik tulisan detail, Anda akan melihat tombol yang bertuliskan “keluar dari semua sesi web lain”. Dan mengkliknya akan menghapus sesi dari semua perangkat. Anda bisa menghapusnya satu persatu dan tidak bisa dilakukan secara bersamaan.

Baca Juga :  Cara Membuat Link Google Meet

Metode 2 : Cara Logout Akun Gmail Melalui Ubah Kata Sandi

Jika anda melihat ada upaya login yang aneh pada akun Gmail Anda, maka hal terbaik yang harus dilakukan adalah dengan mengatur ulang kata sandi Gmail milik Anda. dengan mengubah kata sandi juga akan mengeluarkan Gmail dari semua perangkat yang terhubung saat ini.

Karena Google akan mengharuskan semua perangkat memasukan kata sandi baru sebelum menggunakan Gmail dengan akun Gmail yang sama. Selain itu, jika peretas sudah masuk dan melkukan perjalanan ke halaman Gmail atau melakukan aktivitas apapun di Gmail, ia tidak akan diizinkan dan akan dipaksa untuk memasukan kata sandi yang baru.

Oleh sebab itu, mengatur ulang kata sandi Gmail menjadi metode paling mudah dan aman untuk keluar dari semua perangkat. Anda tidak lagi repot dengan prosedur yang rumit, namun dengan syarat tetap mengingat kata sandi yang sebelumnya untuk melakukan langkah ini.

Langkah-langkah cara logout akun Gmail dengan ubah kata sandi:

  1. Masuk ke akun Gmail Anda
  2. Klik ikon profil di sudut kanan atas
  3. Klik “kelola akun Anda”
  4. Di panel kiri, klik “keamanan”
  5. Klik pada kata sandi
  6. Masukan kata sandi Anda saat ini dan klik berikutnya
  7. Di slide berikutnya Anda akan diminta untuk memasukan kata sandi baru dan mengkonfirmasi sandi.

Gunakan kata sandi yang kuat, dan dapat membantu Anda menjaga keamanan file dan konten Gmail, dan mencegah siapapun masuk ke akun Anda.

  1. Klik tombol ubah kata sandi

Itulah langkah-langkah metode mengatur ulang kata sandi Gmail yang dapat membantu Anda mengeluarkan akun Gmail dari semua perangkat dengan sangat mudah. Perhatikan bahwa jika Anda membuat perubahan pada bagian keamanan, Gmail akan selalu memberi tahu Anda. saat Anda membuat perubahan di “kelola perangkat” Google meminta Anda untuk meninjau aktivita keamanan terbaru. Jika Anda menemukan sesuatu yang mencurigakan, Anda dapat langsung mengamankan akun Anda dengan mengubah kata sandi.

Baca Juga :  Cara Membuat 1000 Akun Gmail

Metode 3: Menggunakan Smartphone Untuk Logout Gmail Dari Semua Perangkat

Sebelum Anda menghapus akun di Android Anda, semua aplikasi Google yang telah login menggunakan Gmail seperti Google maps, Youtube, kalender, drive, asisten Google, dll akan keluar secara otomatis. Beberapa orang khawatir dan bertanya-tanya, “apakah cara logout akun Gmail dengan metode ini akan menghapus akun?” dan jawabannya adalah “tidak”.

Selanjutnya, riwayat pencarian, navigasi, dikumen, gambar, dan sebagainya tidak akan dihilangkahn atau dihapus. Anda dapat dengan mudah mengambilnya jika Anda masuk ke perangkat komputer dengan akun Gmail yang sama.

Note: prosedur ini mirip dengan apa yang telah dilakukan di komputer Anda. di sini untuk mendemonstrasikannya, dapat menggunakan perangkat android dan juga IOS.

  1. Buka aplikasi Gmail
  2. Kemudian klik profile picture yang terletak di pojok kanan atas
  3. Kelola akun
  4. Buka tab keamanan
  5. Di bawah kemanan, pilih “kelola perangkat”. Ini akan memberi Anda daftar akun Google yang masuk di android Anda
  6. Identifikasi perangkat, lalu klik tiga titik, dan klik “keluar” jika ingin menghapus akun dari perangkat tapi tetap mengizinkan aplikasi pihak ketiga mengakses akun Google di perangkat Anda. klik “oke”.

Itulah 3 cara logout akun Gmail di semua perangkat yang dapat Anda praktekan secara langsung dengan mengikuti prosedur yang telah dijelaskan pada artikel ini. semoga membantu.

Leave a Comment