Cara Melacak Lokasi dengan Akun Gmail

Cara Melacak Lokasi dengan Akun Gmail – Akun Gmail memberikan berbagai kemudahan bagi pemiliknya. Sehingga, dengan mempunyai satu akun  tersebut, anda dapat mengakses berbagai layanan hanya dengan satu akun.

Salah satu layanan Google yang dapat anda akses menggunakan Gmail adalah Google Maps. Google Maps sendiri adalah aplikasi penunjuk arah, lokasi, atau peta secara online yang dapat memperlihatkan posisi kita secara real time.

Untuk mengetahui lokasi kita, Google Maps memerlukan akses GPS serta akun gmail untuk memperlihatkan keberadaan pemilik akun tersebut. Lokasi ini dapat kita lihat melalui aplikasi Google Maps.

Fungsi Akun Gmail dalam Melacak Lokasi

Akun Gmail tidak hanya berfungsi untuk mendapatkan akses terhadap layanan Gmail. Alamat google mail tersebut pun berfungsi untuk melacak lokasi. Melacak lokasi yang dimaksud adalah lokasi pemilik akun Gmail.

Fitur ini berguna apabila anda mengalami musibah seperti kehilangan ponsel. Misalnya, ponsel hilang karena dicuri ataupun terjatuh dan raib dari tangan anda. Saat terjadi hal tersebut, anda tidak perlu khawatir. Sebab, kini anda dapat mengatasinya dengan akun Gmail.

Tidak hanya mengakses lokasi perangkat pribadi. Anda juga dapat mengakses lokasi orang- orang terdekat anda seperti anak, saudara, ibu, dan lain sebagainya. Lalu, bagaimana cara melacak lokasi sendiri maupun orang lain dengan akun Gmail?

Baca Juga :  Cara Melihat Password Gmail yang Lupa, Mudah Banget

Bagaimana Cara Melacak Lokasi dengan Akun Gmail

Bagaimana melacak lokasi dengan akun Gmail? bisa kita bilang mudah sekali. Asalkan perangkat telah memenuhi ketentuan yang berlaku. Dengan zaman yang semakin canggih ini, mengakses lokasi sendiri maupun orang lain tidak akan menjadi hal yang sulit.

Sebelumnya, anda harus memiliki aplikasi Gmail serta aplikasi Google Maps. Serta yang terpenting anda harus memiliki akun Gmail atau akun Google dalam keadaan aktif. Selain itu, anda juga perlu mengingat password dan alamat gmail.

Syarat berikutnya, ponsel anda harus terhubung dengan jaringan. Jadi, alangkah baiknya jika ponsel anda selalu terhubung pada jaringan. Sebagai tindakan antisipastif jika terjadi kehilangan ponsel. Pun Keadaan GPS pada ponsel harus selalu dalam keadaan aktif.

Cara Melacak Lokasi dengan Akun Gmail

Cara Melacak lokasi dengan akun Gmail terbagi menjadi 2 yaitu untuk melacak lokasi perangkat sendiri dan melacak lokasi orang lain. Melacak lokasi sendiri artinya, cara ini dapat anda gunakan ketika perangkat atau ponsel anda hilang.

Sehingga, anda dapat menemukan dimana lokasi ponsel tersebut. Sedangkan melacak lokasi orang lain berarti cara ini dapat anda gunakan untuk mengetahui lokasi orang lain. Orang lain tersebut bisa orang terdekat seperti pacar, saudara, maupun orang tertentu.

Untuk melacak lokasi orang lain, anda tidak dapat sembarangan mengakses lokasinya. Sebab, lokasi seseorang merupakan sebuah privasi. Gunakanlah cara ini dengan bijak. Baiklah, berikut cara melacak lokasi dengan akun Gmail.

Cara Melacak Lokasi Perangkat Sendiri dengan Gmail

Pertama : Pastikan Memenuhi Ketentuan

Langkah pertama, pastikan ponsel atau perangkat yang hilang memenuhi ketentuan. Ketentuan tersebut meliputi:

  • Ponsel atau perangkat dalam keadaan menyala
  • Ponsel atau perangkat dalam keadaan login atau terhubung dengan akun gmail
  • Terhubung pada jaringan baik data seluler maupun wifi
  • GPS atau lokasi ponsel dalam keadaan aktif
  • Sebelumnya telah mengaktifkan layanan Temukan Perangkat Saya pada Google Play
Baca Juga :  Cara Memindahkan Kontak Ke Gmail di Hp Android & IOS

Kedua : Masuk ke Halaman android.com/findpada Browser

Jika ketentuan tersebut sudah terpenuhi. Langkah selanjutnya, buka browser pada smartphone atau komputer anda yang lain. Anda juga dapat menggunakan ponsel orang lain untuk mencari lokasi ponsel yang hilang.

Masuklah ke akun gmail atau akun google yang tertaut pada ponsel yang hilang. Jika browser telah menggunakan alamat gmail atau akun google pada ponsel yang hilang. Bukalah halaman android.com/find pada pencarian.

Secara otomatis anda akan terarah pada halaman temukan perangkat saya. Catata penting, jika anda menggunakan banyak akun gmail pada ponsel yang hilang. Loginlah menggunakan akun gmail utama pada ponsel yang hilang tersebut.

Ketiga : Pilih Ponsel yang Hilang

Setelah masuk pada halaman temukan perangkat saya. Maka, anda akan melihat peta lokasi ponsel tersebut. Pada bagian atas terdapat merek ponsel yang terhubung dengan akun gmail tersebut. Pilihlah ponsel yang hilang.

Keempat : Info Lokasi Ponsel

Dengan memilih ponsel yang hilang. Maka, peta lokasi yang muncul pun akan berubah. Peta lokasi tersebut menunjukkan dimana keberadaan ponsel yang hilang tersebut. Lokasi yang tersedia mempunyai kemungkinan tidak sepenuhnya akurat dengan titik ponsel. Namun, histori lokasi dari ponsel tersebut dapat menjadi petunjuk anda untuk menemukan ponsel.

Kelima : Tindakan

Setelah berhasil mengakses lokasi ponsel, selanjutnya anda dapat melakukan beberapa tindakan. Tindakan ini merupakan layanan dari google dalam menemukan ponsel yang hilang. Pertama, ada fitur putar suara yang berfungsi agar ponsel tersebut dapat berdering dengan volume maksimal selama 5 menit walaupun ponsel dalam keadaan silence.

Kedua, anda dapat mengamankan perangkat dengan menyetel ulang kunci keamanan atau membuat kunci keamanan ponsel apabila belum membuatnya. Selain itu, anda juga bisa menambahkan pesan serta nomor telepon pada layar kunci agar orang lain dapat mengembalikan ponsel tersebut.

Terakhir, anda juga bisa menghapus seluruh data yang tersedia pada ponsel dari ponse yang hilang. Cara terakhir ini bersifat permanen.

Keenam : Gunakan Aplikasi Temukan Perangkat Saya

Selain menggunakan browser, anda juga dapat menggunakan aplikasi temukan perangkat saya secara

Baca Juga :  Cara Membuat Gmail Baru di Hp dan PC, Cuma 5 Menit

langsung. Anda dapat mengunduhnya melalui play store.

Cara Melacak Lokasi Orang Lain Tanpa Ketahuan dengan Gmail

Pertama : Pastikan Memenuhi Ketentuan

Sebelum melakukan cara melacak lokasi orang lain, pastikan anda memenuhi ketentuan cara ini terlebih dahulu yaitu sebagai berikut:

  • Anda harus memegang hp target. Jika anda tidak memegang hp target, anda akan kesulitan

melakukan cara ini.

  • Pastikan terhubung dengan jaringan internet.
  • Pastikan target dan anda memiliki akun gmail atau akun google.
  • Akun gmail target adalah akun gmail utama yang memiliki akses lokasi google maps.
  • Kedua pihak harus mempunyai akses GPS yang aktif.

Kedua : Buka Aplikasi Google Maps pada Ponsel Orang Lain

Langkah berikutnya, bukalah aplikasi Google Maps pada ponsel target. Kita asumsikan bahwa target adalah pacar anda. Jadi, pinjamlah ponsel pacar anda kemudian masuk ke Google maps.

Ketiga : Klik Foto Profil Gmail pada Kanan Atas

Selanjutnya, klik foto profil Gmail pada sebelah kanan atas. Kemudian, pilihlah akun utama yang selalu terhubung dengan Google Maps atau selalu terkoneksi dengan GPS.

Keempat : Berbagi Lokasi

Pilih berbagi lokasi, kemudian klik bagikan yang baru.

Kelima : Pilih Durasi Waktu

Pilihlah durasi waktu untuk menerima lokasi secara real time dari pasangan anda. Anda bisa mengaturnya dalam jam. Jika anda menginginkan akses lokasi selamanya, maka klik hingga dinonaktifkan.

Keenam : Pilih Alamat Gmail Anda

Pada bagian bawah carilah alamat gmail anda.

Ketujuh : Bagikan

Klik bagikan untuk mendapatkan lokasi real time pasangan anda. Untuk melihat lokasi pasangan, masuklah pada aplikasi Google Maps pada smartphone anda. Maka, secara otomatis, anda akan melihat lokasi pasangan anda. Ketuk profil akun gmailnya yang terdapat pada peta untuk memperbaharui lokasi terkininya.

Penutup

Demikian mengenai cara melacak lokasi perangkat sendiri maupun lokasi orang lain menggunakan akun Gmail. Semoga anda dapat menerapkan cara ini dengan bijaksana.

Leave a Comment