Cara Melihat Insight Facebook Cocok Untuk Pemula

Cara Melihat Insight Facebook – Saat menggunakan Facebook Insight terdapat banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Adapaun Facebook Insight ini merupakan tool yang sangat powerfull yang bisa melakukan track kepada interaksi setiap penggunanya.

Namun, tidak semua orang bisa mengetahui cara melihat insight facebook dengan mudah. Berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan.

Cara Melihat Insight Facebook

Untuk melihat statistic kinerja pada cerita halaman Anda, tentu Anda harus mengaktifkan Insight Cerita. Adapun untuk mengaktifkan Insight Cerita, Anda juga harus menjadi admin pada halaman. Foto serta video tersebut hanya bisa terlihat selama 24 jam, hanya saja Anda masih bisa melihat Insight selama 28 hari.

Adapun cara untuk melihat insight facebook itu pun sangat mudah. Beirkut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan :

  1. Pada kabar berita silahkan klik Error! Filename not specified. pada Halaman yang ada pada menu sebelah kiri
  2. Selanjutnya, buka halaman Anda dan klik Insight pada menu sebelah kiri
  3. Pada bagian kiri, silahkan klik Cerita jika ini adalah pertama kalinya silahkan klik Aktifkan
  4. Dengan begitu, Anda bisa melihat metric pada cerita halaman terbaru milik Anda

Cara menggunakan Facebook Insight

Untuk menggunakan Facebook Insight, Anda harus masuk pada halaman Admin pada fanspage yang sedang Anda kelola lalu temukan tombol Insight pada bagian atas cover page dan klik See All. Pada bagian bawah terdapat beberapa kolom yang berisikan statistic postingan.

Adapun penjelasan singkatnya seperti berikut ini :

  1. Engaged User > Mampu mendeteksi berapa pun jumlah pengunjung yang melakukan klik pada postingan yang sudah Anda buat sebelumnya. Hal ini bisa terjadi karena postingan Anda akan muncul pada newsfeeds.
  2. Talking About This > yaitu menunjukkan berapa banyak orang yang sudah menciptakan Story pada postingan yang sudah Anda buat. Story tersebut meliputi : like atau komentar pada postingan Anda, merespon event yang Adan buat, yang melakukan share, menjawab pertanyaa, atau dengan melakukan klaim offer.
  3. Reasch > Mampu mengindikasikan berapa banyak jumlah orang yang telah melihat postingan yang telah Anda buat, bisa melalui mobile maupun desktop. Jangka waktunya 28 hari usah melakukan postingan.
Baca Juga :  Cara Live di Grup Facebook

Untuk melihat viewer tersebut dari mana Anda bisa klik bagian bawah yang ada pada Reach yang akan mendeteksi viewers yang berasal dari organic, viral, maupun hasil iklan atau paid.

  1. Virality > Persentase dari jumlah pengunjung yang membuat Story dengan beberapa orang yang melihat story yang sudah Anda upload dan sebarkan sebelumnya. Adapun story ini merupakan turunan dari unique viewer yang sudah ada.

Perhitungannya pun adalah : Jumlah orang yang melakukan Talking About This yang dibagi dengan Reach. Jadi, semua skor virality yang sudah melebihi angka 3% yaitu excellent.

Kesimpulan dan Penutup

Jika kita telah secara detail, Facebook Insight akan memberikan sebuah sudut pandang tentang konsep viral yang telah dibangun oleh facebook kepada pengelola fanpage. Sangat terlihat jelas bagaimana demografi orang-orang yang sudah melakukan like kepada fanpage Anda.

Anda juga bisa melihat dari kota mana, negara mana, bahkan umurnya pun bisa Anda lihat dengan mudah. Oleh karena itu, Facebook Insight ini akan mengkalkulasi yang trending topic dengan apa yang paling diminati dan juga digemari.

Itulah artikel mengenai cara melihat Insight Facebook yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Selain itu, jika Anda memiliki pengalaman tentang insight facebook silahkan tulis pada kolom komentar ya!

Leave a Comment