Cara Membuat Facebook Ads – Facebook Ads merupakan sebuah fitur untuk beriklan yang facebook tawarkan bagi setiap audiensnya. Biasanya, penempatan iklan ini berada pada sidebar atau beranda.
Bagi sebagian orang, facebook ads cukup sulit untuk dilakukan. Namun, Anda bisa menggunakan facebook Ads dengan mudah hanya dengan mengikuti Cara Membuat Facebook Ads berikut ini :
Membuat Halaman Facebook
Silahkan Anda melakukan login pada akun facebook lalu pilih Menu Halaman dan buat halaman baru. Lalu pilihlah jenis halaman yang memang sudah sesuai dengan bisnis Anda. Selanjutnya lengkapi informasi yang dibutuhkan pada facebook.
Jika Anda selesai membuat halaman pada facebook Anda sudah bisa membuat iklan pada Facebook Ads.
Login ke Facebook Ads Manager
Selanjutnya silahkan Anda masuk pada laman Facebook Ads Manager dan dogin menggunakan akun Facebook yang nanti akan digunakan untuk mengelola iklan pada facebook.
Tentukan Kampanye Iklan
Untuk membuat kampanye iklan silahkan klik menu Creation yang ada pada menu sebelah kiri laman Facebook Ads Manager. Anda bisa mengaksesnya menggunakan link https://web.facebook.com/adsmanager/creation?act+191225660982018
Buat Campaign
Tentukan tujuan iklan yang ingin Anda gunakan. Tujuan iklan Facebook ini sendiri terbagi menjadi 3 yaitu kesadaran, pertimbangan, dan konversi
Kesadaran
Kesadaran merek bertujuan untuk meningkatkan awareness pada merek bisnis serta mampu menjangkau orang yang tertarik dengan produk Anda.
Jangkauan atau reach mampu menampilkan iklan pada banyak pengguna yang sesuai pada target yang sudah Anda tentukan.
Pertimbangan
Lalu Lintas Kunjungan mampu mengirim orang-orang menuju website Anda
Interaksi mampu memberikan interaksi pada suatu post
Pemasangan Aplikasi mampu mengajak orang untuk memasang dan menginstal aplikasi Anda
Penayangan Video mampu mengajak orang menonton video yang telah Anda prommosikan
Pembuatan Prospek mampu mendapatkan leads seperti alamat email pada orang yang tertarik pada bisnis Anda
Pesan mampu mengajak orang untuk mengirim pesan pada Anda
Konversi
Konversi mampu menghasilan konversi atau penjualan pada website
Penjualan Katalog mampu menampilkan iklan pada katalog produk
Kunjungan Toko mampu mengajak orang untuk mengunjungi toko offline yang Anda miliki
Buat Ad Sets
Jika campaign sudah terbuat, langkah selanjutnya yaitu dengan memiliki menu Ad Sets -> Create. Lalu klik opsi Use Existing Campaign dan pilih kampanye yang sudah Anda buat sebelumnya. Selanjutnya, silahkan isi judul yang Anda inginkan pada kolom Ad Set dan klik Continue. Lalu pilih facebook page yang akan anda promosikan..
Untuk mengatur cara kerja ads yang lebih detail, berikut ini penjelasannya :
Budget dan Jadwal Promosi
Terdapat dua budget yang bisa Anda pilih, yaitu daily budget dan lifelime budget. Daily Budget ialah biaya rata-rata yang akan Anda keluarkan per harinya. Serta lifetime budget ialah total biaya yang akan Anda keluarkan pada periode tertentu. Selain itu, Anda juga bisa mengatur durasi dari iklan.
Target Audiens
Pada settingan ini Anda bisa memfokuskan ads pada target audiens tertentu. Anda bisa melakukan target mulai dari target audiens, gender dan umur, serta detail tambahan lainnya.
Penempatan Iklan
Silahkan mengatur lokasi mana saja Anda ingin Facebook menampilkan iklan. Mulai dari Facebook, Instagram, Messenger dan lain sebagainya.
Keamanan Brand
Fitur ini mempermudah iklan Anda yang terhindar dari konten yang mampu membahayakan reputasi bisnis meliputi konten sensitif seperti berbau SARA.
Optimasi Iklan
Menu optimasi iklan ini akan membantu Anda untuk mengalokasikan budget agar lebih tepat sasaran serta efektif.
Nah, itulah beberapa cara membuat Facebook Ads yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Sekian dulu artikel ini, see you next artikel ya!