Cara Membuat Google Docs

Menyimpan dokumen berupa teks sudah menjadi rutinitas masyarakat millenial sehingga tidak terlepas dari aplikasi bawaan laptop atau HP, sayangnya aplikasi bawaan tersebut tidak bisa menyimpan secara real time pada penyimpanan online. Untuk bisa menyimpan dokumen teks secara online maka kamu harus memperhatikan cara membuat Google Docs berikut ini.

Mengenal Apa Itu Google Docs

Sesuai dengan namanya, Google Dokumen atau Google Docs merupakan aplikasi yang dibuat oleh Google sebagai media untuk menulis layaknya aplikasi Word di laptop maupun HP.

Google yang terkenal sebagai perusahaan internet raksasa ini tentunya memiliki kecanggihan tersendiri yakni dokumen yang dibuat menggunakan Google Docs bisa diakses di perangkat mana saja asalkan tersambung internet dan login menggunakan akun Google yang sama.

Keuntungan memakai Google Dokumen tentunya sangat banyak dan cocok terpilih sebagai aplikasi membuat dokumen yang mudah dan praktis. Berikut keuntungan menggunakan Google Docs.

Bisa Diakses di Perangkat Lain

Dalam keadaan darurat saat tidak membawa perangkat yang memadai biasanya sering ada tugas mendadak dari dosen atau atasan. Hal ini sangat menyulitkan jika ternyata file yang kita miliki berada di perangkat laptop.

Jangan khawatir jika kamu menggunakan Google Docs karena file dokumen akan dengan mudah anda buka di mana saja.

Ini juga termasuk di platform lain yang memiliki koding serupa seperti Microsoft Office di Apple iOS dan bermacam-macam perangkat lain. Hal ini karena Google Drive kompatibel dengan kode Microsoft di Office yang dipasang di Apple iOS.

Baca Juga :  Cara Menghapus Gmail Permanen Dengan Mudah

Memungkinkan Pengeditan Bersama

Jika kamu bekerja secara tim, menggunakan Google Docs bisa menjadi solusi yang bagus agar memudahkan pekerjaanmu. Kamu tidak perlu lagi menyalin dan tempel pekerjaan milik temanmu begitu juga sebaliknya. Google Dokumen bisa anda akses bersamaan dan pengeditan bersama.

Caranya cukup mudah, kamu bisa menamai dan menyimpan file dokumenmu terlebih dahulu. Setelah itu klik bagikan, pilih izinkan untuk anda bagikan kepada yang memiliki link atau tautan tinggal salin link dan bagikan ke temanmu. Tidak perlu menunggu file dokumen tersebut terisi terlebih dahulu karena temanmu bisa mengaksesnya secara real time.

Bisa Diintegrasikan dengan Aplikasi Google yang Lain

Google Docs memiliki tools yang mumpuni dan memungkinkan untuk tersambungkan ke aplikasi Google yang lain seperti Google Keep, Google Kalender dan masih banyak lagi. Jadi, kamu bisa memanfaatkan data yang ada di Google Docs untuk memproses informasi.

Misalnya, kamu perlu catatan dan juga visualisasi tabel. Maka kamu tinggal hubungkan Google Docs dengan Google Sheet. Mereka bisa dibuatkan formula agar isi dan konten dari satu aplikasi tergunakan di aplikasi lain – cukup memudahkan pekerjaan kan?

Memiliki Extention

Extention atau Ekstensi merupakan tools yang bisa membantu memudahkan segala pekerjaanmu tetapi biasanya ini melibatkan pihak ketiga. Kamu bisa mengklik tools ‘Ekstensi’ lalu ketik ekstensi yang kamu cari.

Selain memiliki kelebihan, Google Dokumen juga memiliki kekurangan yang perlu anda perhatikan sebelum menyimak cara membuat Google Docs. Google Docs atau Google Dokumen tidak menyediakan penghitung kata dan karakter layaknya Word bawaan laptop tetapi jangan khawatir karena kamu bisa mendownload extention Google Dokumen Word Counter.

Begini Cara Membuat Google Docs

Membuat Google Dokumen cukup mudah hanya perlu menyiapkan koneksi internet dan perangkat laptop maupun HP. Jika memakai HP, kamu bisa mengunduh aplikasi Google Docs atau Google Dokumen di Play Store maupun App Store agar lebih mudah saat mengakses Google Docs. Berikut tata cara membuat Google Docs mudah dan gampang.

  • Pergi ke situs Google Dokumen dengan cara mencari di pencarian atau link berikut ini https://docs.google.com/. Pada aplikasi HP cukup klik dokumen Google Dokumen.
  • Login menggunakan akun gmail.
  • Setelah login, kamu bisa membuat dokumen yang nantinya akan disimpan di penyimpanan Google Drive.
  • Klik dokumen baru, kamu bisa menuliskan judul yang nantinya akan disimpan secara online.
  • Setelah menulis dokumen, kamu bisa menyimpan dokumen di penyimpanan online kamu sesuai dengan ruang penyimpanan yang kamu pilih.
Baca Juga :  Cara Hapus Akun Gmail Secara Permanen

Setelah mengikuti tata cara membuat Google Docs dan mempraktikkannya maka dokumen bisa anda akses di perangkat lain yang bisa terhubungkan dengan akun Google milikmu. Tidak perlu khawatir lagi jika dokumenmu hilang karena terkena virus atau ketinggalan dan lain sebagainya.

Berbagi Google Docs Secara Umum

Beberapa kali kita melihat GDocs terpublikasi seperti buku online – biasanya mereka berisi petisi atau bahkan beberapa tuntutan terhadap satu organisasi atau lebih sering lagi satu orang. Kita bisa melihat contohnya di kampanye ‘Change The Channel’.

Change the Channel merupakan kampanye anti perisakan dan pelecehan di sebuah perusahaan internet di Chicago – Amerika Serikat. Beberapa pekerja dan mitra bisnis menuntut perusahaan ini secara publik, dan untuk memenangkan simpati rakyat mereka mengeluarkan dokumen tersebut.

Pembagian Sesuai Kebutuhan

Pertanyaannya: apakah kita bisa membagikan hal seperti itu? Dan apakah ini aman? Jawabannya iya, dan bisa. Anda bisa membagikan dokumen dalam dua versi: editor dan spectator atau pembaca. Apabila anda sekedar membaca, maka anda mungkin tidak akan bisa mengedit.

Sementara apabila anda bisa mengedit, anda bisa membaca dan juga mengubah berbagai kata dan kalimat yang tertunjuk di dokumen tersebut. Hal ini biasanya lumrah dilakukan di beberapa gerakan atau bahkan sekarang guru sudah pernah juga membuat ulangan di Google Docs.

Sistem Aman Dari Peretasan

Selain itu, GDocs juga cukup aman karena untuk meretasnya adalah dengan meretas Google. Kode keamanan Google untuk produk komputasi awan seperti di GDrive dan GDocs cukup bisa membuat kita menjadi lebih aman dan lebih terjaga dari yang lain.

Komputasi awan yang digunakan oleh Google cukup rumit dan tidak bisa ditembus satu orang sendiri. Hal ini di karenakan ia merupakan sistem keamanan yang berlapis dan juga menggunakan algoritma yang mengubah-ubah kode keamanan setiap waktu.

Baca Juga :  Cara Verifikasi 2 Langkah Gmail

Jadi apabila anda ingin mempublikasikan dokumen anda, dan masih bisa anda ubah terus berkali-kali secara pribadi – anda bisa melakukannya di Google Docs. Anda hanya perlu menjaga bagaimana anda menyebarkan tautan dalam versi editor atau versi pembaca.

Anda juga tidak perlu takut bahwa ada orang yang bisa meretas dan mengubah dokumen anda tanpa menggunakan izin dari anda. Komputasi awan dan password algoritmik yang terpakai oleh Google dalam menjaga keamanan GDocs dan juga GDrive cukup kuat.

Penutup

Kesimpulannya, Google Docs dan Google Drive sangat mudah dan gampang anda gunakan. Anda bisa gunakan ini untuk sekolah, kerja maupun menggunakan apapun yang anda butuhkan. Apabila anda juga mencari cara membuat dan menyimpan dokumen yang sangat mudah dan aman – Google Docs dan Google Drive adalah pilihan terbaik untuk anda gunakan setiap saat.

Leave a Comment