Cara Membuat Google Sites dengan Mudah

Sudah lama Google menyediakan cara membuat Google Sites secara gratis selain blogspot.com. Jadi anda bisa memiliki situs secara gratis harus berbayar sedikitpun.

Biasanya orang yang memanfaatkan Situs Google ini digunakan untuk kebutuhan bisnis secara online. Jadi mereka mendesain sedemikian rupa melalui Google search secara gratis ini untuk mempromosikan produknya.

Google Sites menyediakan server dan url sedemikian rupa namun untuk merubah url domain dibutuhkan konfigurasi tambahan termasuk biaya layanan.

Proses membuat Google Sites termasuk sangat sulit Jika Anda memang benar-benar baru memulai ingin memiliki situs ini.

Cara Membuat Google Sites

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam cara membuat Google Sites untuk lebih detailnya simak berikut caranya:

Memiliki Akun Google

Tahap paling awal yaitu pastikan anda sudah punya akun Google yang mana Ini adalah alat tempur untuk membuat situs.

Silakan dak daftar terlebih dahulu untuk membuat akun Google untuk memiliki situs gratis ini. Jika tidak punya akun Google hal ini tidak bisa di lanjutkan.

Login ke Google Sites

Selanjutnya masuk ke situs Google Sites DISINI. Setelah login ke situsnya anda akan mengarah ke halaman awal.

Buat Halaman Baru

Setelah berhasil ke situsnya sekarang mulai saatnya membuat halaman baru dengan klik ikon Plus (+). Jika saja bisa menggunakan template yang tersedia. Silakan ikuti saja sesuai kebutuhan desain tempat yang anda butuhkan misalnya tempat untuk portofolio.

Baca Juga :  Record Google Meet: Cara Rekam Tanpa Aplikasi

Desain WebSites Semenarik Mungkin

Agar pengunjung suka dan betah dengan informasi yang anda berikan maka berikan desain yang unik dan menarik. Desain dari situs Google Sites bagi pemula mungkin cukup membingungkan.

Cobalah dengan memperhatikan serta memahami setiap fitur dan deskripsi yang tersedia. Di menu sebelah kanan terdapat beberapa menu yaitu Sisipkan, grup yang dapat anda ciutkan, daftar isi, karosel gambar tombol, pemisah, placeholder, YouTube, kalender, peta, dokumen, slide dan lain sebagainya.

Gunakan setiap menu untuk mendesain semenarik mungkin untuk membuat tampilan situs yang bagus.

Menu Sisipkan

Pada menu sisipan berfungsi untuk menyisipkan semua konten informasi yang tersedia oleh Google Sites. Sebagai contoh ketika anda ingin menambahkan gambar maka Pilih saja menu sisipkan di sebelah kanan atas kemudian pilih gambar.

Sebagai contoh lagi jika ingin menyematkan kode program tertentu juga bisa menambahkan di menu sisipkan tersebut. Termasuk jika ingin menyisipkan dokumen dari YouTube, Google Drive maupun Google formulir juga tersedia di menu sebelah kanan.

Menu Halaman

Ada menu halaman ini berfungsi menampilkan beberapa halaman yang telah anda buat. Misalnya di halaman 1 anda menjelaskan tentang portofolio produk kemudian membuat halaman baru dengan konten artikel produk.

Di menu halaman tersebut menampilkan beberapa hal yang telah anda kelola..

Tema

Sedangkan cara membuat Google Sites yang terakhir yaitu dengan memilih tema sesuai kebutuhan. Pilihlah tema semenarik mungkin agar orang bisa lebih banyak meluangkan waktu untuk memahami informasi yang Anda berikan melalui situs ini.

Buat Nama Halaman

Sebelum dipublikasi buatlah nama file sesuai fungsi halaman untuk memudahkan ketika nantinya Anda membuka atau mengedit halaman tersebut.

Publikasi

Jika dirasa sudah selesai mendesain, Langkah terakhir untuk cara membuat Google Sites adalah dengan mempublikasikan halaman yang telah anda buat tadi.

Baca Juga :  Cara Sinkronisasi Gmail Pada Hp Android Dengan Mudah

Sebagai contoh hasil cara membuat Google Sites tadi yang anda publikasikan menjadi sebuah URL seperti contoh https://Sitess.google.com/view/URLwebSites. Semoga dengan informasi ini dapat membantu anda dalam proses pembuatan Sites ini.

Leave a Comment