Cara Membuat Iklan di Facebook Terbaru untuk Pemula

Cara Membuat Iklan di Facebook – Sebagai salah satu media sosial yang sangat populer. Dengan banyaknya jumlah pengikut aktif pada Facebook membuat Facebook menjadi media alternatif untuk melakukan iklan produk atau jasa milik Anda.

Nah, berikut ini adalah Cara Membuat Iklan di Facebook untuk meningkatkan bisnis online yang sedang Anda jalankan.

Buat Halaman Bisnis

Jika Anda memiliki halaman Facebook bisnis silahkan masuk pada Facebook Ads Manager untuk mengatur iklan. Jika Anda belum memiliki, maka silahkan buat halaman Facebook bisnis terlebih dahulu.

Pilih Tujuan

Jika sudah login, klik tap Campaign dan klik Create. Pada Facebook terdapat 11 tujuan pemasaran yang tergantung dengan iklan yang ingin Anda capai, antara lain :

  • Reach
  • Traffic
  • Messages
  • App Installs
  • Conversions
  • Store Traffic
  • Video Views
  • Engagement
  • Catalog Sales
  • Lead Generation
  • Brand Awareness

Beri Nama Kampanye Iklan

Cara Membuat Iklan di Facebook selanjutnya yaitu dengan memberi nama kampanye iklan. Untuk menamai kampanye iklan silahkan scroll ke bawah. Anda bisa mengaktifkan A/B split test atau tidak. Terdapat juga opsi guna mengoptimalkan budget iklan jika Anda sudah pernah menjalankan banyak iklan.

Atur Akun Iklan

Jika Anda pertama kali membuat iklan pada Facebook silahkan klik Set Up Ad Account. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengisi rincian data pembuatan akun iklan. Silahkan masukkan negara, mata uang, serta zona waktu dan klik Continue.

Pilih Audiens

Setelah menamai kampanye iklan silahkan pilih lokasi target, bahasa, genre, dan usia. Saat Anda hendak memilih audiens target, jangan lupa untuk memperhatikan indicator ukuran audiens yang terdapat pada sisi kanan layar untuk mendapatkan bayangan pada potensi jangkauan iklan Anda.

Baca Juga :  Cara Menghapus Akun Iklan Facebook

Anda Akan dihadapkan pada dua kolom untuk memilih audiens yang spesifik sesuai dengan keinginan Anda. Pada kolom Detailed Targeting masukkan orang yang berdasarkan minat, perilaku dan demografi.

Pada kolom Connections Anda bisa menargetkan atau mengecualikan orang yang sudah memiliki hubungan dengan halaman Facebook bisnis.

Pilih Lokasi Penempatan Iklan

Setelah Anda memilih audiens, silahkan scroll ke bawah untuk memilih dimana Anda akan menampilkan iklan tersebut. Bagi Anda yang pemula, silahkan pilih opsi Automatic Placements.

Setelah memilih opsi ini, Facebook dengan otomatis akan menempatkan iklan pada Facebook, Messenger, Instagram dan Audience Network yang mana iklan tersebut akan tampil dengan optimal.

Atur Budget dan Jadwal

Cara membuat Iklan di Fb yang lain yaitu dengan mengatur budget serta jadwal pada iklan. Anda bisa mengatur pembayaran pada Facebook dengan mematok harga tertentu dan kalian bisa membayarnya sesuai dengan kemampuan serta budget yang Anda miliki. Anda bisa memilih budget harian maupun seumur hidup.

Selain itu, Anda juga bisa mengatur jadwal iklan kapan pun Anda tayangkan serta kapan iklan akan berhenti berkampanye. Jika sudah selesai dengan indicator audiens dan pengaturan lalu klik Continue.

Buat Iklan

Langkah terakhir untuk membuat iklan yaitu dengan membuat iklan dengan cara pilih format iklan, lalu masukkan teks serta komponen media untuk iklan. Lalu pilih format yang sudah tersedia pada tujuan pemasaran yang sudah Anda pilih sebelumnya.

Anda bisa menggunakan preview yang terdapat pada bawah agar iklan terlihat lebih bagus dan menarik pada semua platform penempatan yang sudah Anda pilih.

Setelah Anda puas dengan tampilan iklan yang sudah Anda buat, silahkan klik tombol Confirm untuk mengirimkan order. Tunggulah sampai Anda mendapatkan email dari facebook yang sudah menyatakan jika iklan yang sudah Anda buat sudah diterima oleh Facebook.

Baca Juga :  Cara Membuat Facebook Ads dengan Mudah dan Cepat!

Nah, itulah Cara Membuat Iklan di Facebook yang akan membantu Anda untuk menjalankan bisnis online.

Leave a Comment