Cara Membuat Link Google Meet

Online meeting yang kian hari banyak dilakukan orang dari berbagai tempat, mampu mendorong perkembangan aplikasi yang memfasilitasinya. Salah satu aplikasi itu adalah Google Meet yang berguna oleh berbagai instansi dan keperluan. Supaya tidak repot, biasanya pengguna mengakalinya dengan cara membuat link Google Meet bisa terpakai setiap hari.

Cara Membuat Link Google Meet Untuk Digunakan Setiap Hari

Google Meet ini adalah aplikasi video konferensi yang bisa anda gunakan baik melalui aplikasi di smartphone maupun browser di PC. Selain cara membuat link Google Meet, terdapat juga fitur menarik yang bisa dinikmati pengguna secara gratis.

Bahkan, pengguna bisa menjadwalkan agenda rapat yang terarahkan secara langsung ke aplikasi Google Kalender.

Sebelum masuk pada cara membuat link Google Meet. Perlu mengenal sedikit sepak terjang aplikasi yang cukup populer di dunia dari sekian banyak aplikasi video konferensi. Ya, berdasarkan grafik penggunaan, tercatat lebih dari 100 orang memanfaatkan keunggulan Google Meet yang antara lain :

Terintegrasi dengan akun Google

Sistem Google Meet ini terintegrasi secara langsung pada akun Google Android. Hal ini semakin meningkatkan pengalaman pengguna yang lebih baik lagi. Sehingga pengguna dapat menetapkan jadwal pertemuan online langsung di Google Calendar.

Kemudian bisa lanjut dengan mengirimkan link undangan pertemuan online melalui Gmail. Selain itu, Google Meet ini juga dapat menyimpan rekaman pertemuan online. Serta masih banyak kemudahan lain yang terintegrasi dalam ekosistem aplikasi Google Meet.

Baca Juga :  Record Google Meet: Cara Rekam Tanpa Aplikasi

Aplikasi Google Meet berkapasitas ringan

Google Meet ini merupakan aplikasi dengan kapasitas ringan. Membuat aplikasi ini dapat memuat waktu di web menjadi sangat optimal. Perbandingan kapasitasnya, pada Android kapasitasnya sebesar 55.37 MB dan di aplikasi lain sekitar 100 MB lebih.

Akses masuk ruang meeting mudah

Akses pengguna masuk ruang meeting di Google Meet sangat mudah baik itu di Androis, iOS, maupun PC. Google Meet memungkinkan penggunanya tidak perlu repot mengunduh aplikasi tambahan. Memudahkan penggunanya untuk mengundang teman bergabung ke dalam pertemuan online.

Terbukti fitur Google Meet sangat menunjang aktivitas pertemuan online ya. Dan pengguna yang tidak ingin repot membuat link baru setiap kali menggunakan Google Meet. Maka akan mengakalinya dengan cara membuat link Google Meet bisa tergunakan setiap hari.

  • Pertama, login ke akun browser Gmail.
  • Lalu masuk ke Google Calendar, tentukan hari pertemuan online.
  • Lalu klik + Buat,
  • Hingga muncul detail ‘Tambahkan Judul’,
  • Kemudian pilih ‘Opsi Lainnya’, lalu tetapkan jadwalnya dari dan sampai jam berapa.
  • Lalu menuju pengaturan dengan klik ikon panah ke bawah, hingga muncul beberapa pilihan : Tidak berulang, Harian, Mingguan pada hari Senin, Bulanan pada Senin Terakhir, Tiap tahun, Setiap hari kerja, atau sesuaikan.
  • Berikutnya klik ‘Tambahkan konferensi video Google Meet’.
  • Tunggu hingga muncul ‘Bergabung dengan Google Meet’ yang menyertai link untuk segera dibagikan ke pengguna lain. Link yang ada tersebut adalah link Google Meet untuk digunakan setiap hari. Perlu anda ingat, hasil link akan menyesuaikan settingan waktu yang sudah diatur sebelumnya.
  • Langkah berikutnya, ‘Aktifkan notifikasi’ yang bisa anda bagikan kepada para peserta pertemuan online. Tentukan pula kapan notifikasi akan anda bagikan, misalnya satu hari menjelang pertemuan online.
  • Tambahkan juga ‘Deskripsi Tambahan’, sesuai dengan kebutuhan.
  • Kemudian untuk mengakhiri, klik ‘Simpan’.
Baca Juga :  5 Cara Menambah Akun Google di Berbagai Gadget

Dari pembahasan di atas, dapat ambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan Google Meet setiap pengguna bisa dengan mudah membuat link pertemuan online yang sama untuk bisa digunakan setiap harinya.

Berdasarkan waktu, jika diringkas berarti ada link untuk hari ini, besok, termasuk untuk jadwal dalam waktu yang lama. Cukup mudah bukan, untuk cara membuat link Google Meet yang bisa anda gunakan setiap hari !

Menggunakan Google Meet Lebih Profesional

Ketika anda menggunakan link Google Meet, ada beberapa hal yang bisa membuat anda tampil semakin istimewa dan juga semakin professional. Salah satunya adalah dengan menggunakan fitur-fitur yang ada di Google Meet.

Fitur menarik pada Google Meet

Pertama, anda bisa menggunakan latar belakang untuk mengganti latar belakang anda menjadi lebih professional. Gunakan gambar buku, perpustakaan, kantor atau apapun ketika anda bisa menggunakan kamera dan menampilkan wajah anda.

Hal ini karena ketika anda menggunakan latar belakang yang tidak professional – anda juga terlihat tidak professional. Hindari menggunakan latar belakang rumah atau apapun yang membuat anda terlihat kurang siap atau tidak sungguh-sungguh berniat untuk bekerja.

Anda juga bisa menggunakan presentasi untuk lebih banyak menampilkan gambar, presentasi, dan juga poin-poin ataupun film sehingga anda bisa menjelaskan berbagai hal yang lebih rinci kepada para audiens yang menonton presentasi anda.

Setelah ini, anda juga bisa menggunakan beberapa fitur lain seperti dengan menggunakan Google Meet tidak hanya untuk bicara sendiri dan berdiskusi namun untuk melakukan aktivitas-aktivitas lain seperti menonton bersama atau aktivitas permainan lainnya.

Platform streaming alternatif

Google Meet juga bisa sebagai platform streaming alternative dari Youtube, Twitch maupun dengan Onlyfans. Google Meet bisa membuat kita lebih dekat dan berdiskusi lebih enak dari beberapa platform streaming tersebut karena fitur diskusi dan pembicaraan yang lebih organic dikarenakan kita bisa langsung bicara dua arah.

Baca Juga :  Cara Sinkron Kontak Ke Gmail

Dibandingkan dengan platform lain seperti Twitch, Skype dan Discord – Google Drive masih lebih memiliki kode dan juga keamanan yang lebih baik. Tidak sembarang orang bisa masuk atau mencoba untuk masuk dan mengganggu berbagai diskusi di Google Meet.

Zona Waktu Google Meet

Google Meet juga bisa anda gunakan lintas zona waktu dan tanpa batasan durasi. Hal ini membuatnya memiliki poin plus di bandingkan dengan Discord, Skype maupun Zoom. Selain itu, fitur-fitur terpisah di sana, bisa ditemukan di Google Meet.

Kami sangat merekomendasikan bahwa Google Meet menjadi pilihan utama anda dalam mengadakan meeting dan berdiskusi secara daring.

Hal ini karena karena kualitas suara, video dan fitur-fitur untuk digunakan di Google Meet sangat berkualitas, mudah digunakan dan memiliki banyak hal yang bisa diakses dengan gratis.

Google Meet sendiri memiliki segudang fungsi dan fitur yang cukup memudahkan anda. Baik langsung membuat rapat, membuat rapat untuk nanti yang terkoneksi dengan Outlook atau Gmail dan Gcalendar – ini adalah kualitas dan kemudahan akses yang luar biasa.

Selain itu, anda bisa menggunakan link Google Meet untuk lebih dari sekedar bicara – anda bisa menggunakan presentasi, anda bisa menggunakannya untuk membangun komunitas, dan anda juga bisa menggunakannya dengan sangat mudah lengkap dan gratis.

Penutup

Cara membuat link Google Meet sangat mudah dan sangat memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang anda perlukan dalam sebuah diskusi online. Aplikasi tersebut juga bisa mengakses dan menampilkan layar anda maupun satu jendela spesifik yang membantu anda untuk menyembunyikan data lain yang tidak anda ingin untuk dilihat oleh orang lain.

Leave a Comment