Cara Membuat Toko Di Instagram Bisnis

Belajar cara membuat toko di Instagram adalah langkah awal untuk menyebarluaskan produk dari toko offline ke dunia Internet. Perhatikan hal ini agar bisa berjualan melalui Instagram shop.

Memanfaatkan Instagram shop sangat luar biasa karena hampir seluruh penduduk di Indonesia bahkan tetangga rumah pun setiap hp-nya terinstal aplikasi Instagram. Jadi ketika kita posting produk di Instagram maka peluang untuk mengetahui produk tersebut sangat cepat tersebar.

Apa itu Instagram dan Instagram Shop

Sebenarnya Instagram merupakan sebuah aplikasi media sosial yang berfokus pada konten gambar dan video pendek. Untuk mengenalkan produk di media sosial sangat tepat sekali menggunakan gambar dan video pendek.

Seiring berjalannya waktu Facebook selalu mengembangkan fiturnya untuk Instagram khususnya Instagram shop. Dulunya Instagram hanya fokus pada konten foto dan video pendek saja sebagai media sosial namun sekarang fiturnya bertambah menjadi Instagram shop.

Sedangkan Instagram shop adalah tempat jual beli online yang disediakan oleh Instagram dengan sedemikian rupa.

Jika anda memasarkan ke media sosial berupa teks saja tentu akan kurang menarik. Dengan adanya Instagram yang berfokus pada gambar dan video pendek sangat mendukung sekali untuk kebutuhan toko online di Instagram.

Syarat Pembuatan Toko Di Instagram

Sebelum pada proses cara membuat toko online di Instagram, Anda harus memperhatikan beberapa syarat yang harus terpenuhi. Langsung saja berikut syaratnya:

  • Merubah akun Instagram menjadi akun bisnis.
  • Produknya memenuhi persyaratan dari Instagram (secara umum tidak melanggar peraturan pada umumnya).
  • Harus menjual produk fisik.
  • Mematuhi perjanjian perdagangan yang dibuat oleh Facebook dan Instagram. Lihat disini.
  • Terhubung ke Facebook dan terhubung dengan katalog produk di Facebook.
  • Punya website.
  • Memiliki lokasi toko fisik atau offline.
Baca Juga :  Cara Mengubah Kata Sandi Instagram dengan 5 Macam

Jika persyaratan di atas sudah terpenuhi, langkah selanjutnya adalah pada proses cara membuat toko di Instagram. Pada langkah proses pembuatan toko ini sebenarnya sangat mudah namun untuk pemula sepertinya cukup sulit.

Cara Membuat Toko Di Instagram

Terdapat beberapa langkah yang harus anda lewati dalam proses membuat toko online di Instagram. Selain memperhatikan syarat di atas dalam membuat toko Instagram ini yang harus anda siapkan adalah akun Facebook dan Instagram. Langsung saja simak berikut caranya :

Cara Membuat Toko Di Instagram dengan Merubah Akun Instagram Menjadi Akun Bisnis

Langkah pertama kali yang harus anda lakukan yaitu merubah akun Instagram menjadi akun bisnis. Pada proses ini cukup mudah yaitu:

  • Pastikan punya aplikasi Instagram dan jika belum silakan download di play store maupun app store.
  • Login menggunakan akun Instagram kemudian masuk ke profil Instagram yang ada di pojok kanan bawah.
  • Ketuk tiga garis pojok kanan atas kemudian masuk ke menu pengaturan Instagram.
  • Setelah masuk ke menu pengaturan, sekarang masuk ke menu akun.
  • Pada menu bagian bawah terdapat opsi perubahan jenis akun dan sekarang ubahlah akun pribadi menjadi akun bisnis.

Itulah masjid tahap awal dalam proses membuat tubuh di Instagram dengan cara mengubah akun Instagram menjadi akun bisnis. Langkah selanjutnya yaitu membuat website sebagai tempat untuk transaksi melalui Instagram bisnis.

Membuat Website

Syarat penting selanjutnya dalam pembuatan Instagram shop adalah dengan memiliki website. Dalam proses pembuatan website ini sebenarnya cukup kompleks dan akan selesainya lama jika kami membahasnya di sini.

Singkatnya dan cara yang paling mudah adalah dengan membuat website menggunakan wordpress atau blogspot. Rekomendasi dari kami adalah gunakan wordpress dengan menggunakan plugin e-commerce kemudian setting sedemikian rupa sesuai anjuran e-commerce.

Baca Juga :  Ukuran Feed Instagram untuk Foto dan Video

Dalam pembuatan website melalui wordpress membutuhkan uang tambahan yaitu untuk membeli domain dan hosting serta template atau plugin yang sekiranya bisa memaksimalkan fitur website. Membuat website sangatlah kompleks dan terlalu rinci, jadi modifikasi sedemikian rupa sesuai kebutuhan.

Sebenarnya dengan website saja Anda bisa bertransaksi jual beli produk layaknya Shopee, Tokopedia, Lazada dan lain-lain sebagainya. Namun dalam pembahasan ini tentang cara membuat toko di Instagram maka siapkan website yang nantinya akan disambungkan ke Facebook dan Instagram. Jika sudah selesai silahkan sambungkan website tersebut ke Facebook beserta Instagramnya.

Membuat Halaman Facebook

Hal yang harus disiapkan selain membuat website adalah dengan membuat halaman baru di Facebook. Mungkin anda sudah paham cara membuat halaman Facebook namun bagi yang belum paham silahkan simak berikut ini :

  • Buka aplikasi Facebook.
  • Ketuk tiga garis pada pojok kanan atas kemudian masuk ke menu halaman.
  • Buat halaman baru dan isikan semua kolom sesuai data untuk kebutuhan toko.
  • Kustomisasi atau desain secantik mungkin tampilan toko anda dan pastikan datanya lengkap.

Sebagai optimasi tambahan yaitu gunakan WhatsApp bisnis kemudian tambahkan ke halaman Facebook dan profil Instagram. Jika membuat website dan halaman Facebook sudah selesai sekarang kembali lagi ke aplikasi Instagram.

Buat dan Tambah Katalog Produk

Setelah halaman Facebook dibuat, sekarang tambahkan produknya. Istilah produk sebanyak mungkin di katalog produk untuk memperlancar proses review atau pengajuan di Instagram shop.

Cara menambahkan produknya yaitu masuklah ke halaman Facebook kemudian tambahkan produk baru sesuai katalognya.

Sambungkan Akun Instagram dengan Halaman Facebook

Tahap selanjutnya yaitu menyambungkan antara halaman Facebook dengan akun Instagram. Namun sebelum itu pastikan akun Instagram juga sudah terkoneksi dengan Facebook. Caranya adalah :

  • Buka aplikasi Instagram kemudian masuk ke pengaturan seperti di atas.
  • Pada bagian edit profil Instagram cari istilah ‘Publick Business Information’.
  • Pilih halaman untuk menyambungkan akun Instagram ke halaman Facebook yang sudah anda buat baru saja.
  • Sekarang pilih menu ‘Page’ untuk menyambungkan antara akun Instagram bisnis dengan halaman Facebook yang telah anda buat sebelumnya.
Baca Juga :  Cara Share Link Instagram, Yuk Simak Informasinya

Silahkan koreksi lagi dari beberapa tahapan di atas dan jika sudah siap untuk pengajuan, coba lakukan tahap selanjutnya.

Tunggu Proses Peninjauan Akun Instagram Shop

Setelah semua proses pendaftaran dan pembuatan di atas sudah selesai dengan benar langkah selanjutnya yaitu menunggu pihak Instagram untuk menyetujui sebagai akun Instagram bisnis untuk membuat toko.

Biasanya proses peninjauan atau pengajuan menjadi Instagram bisnis membutuhkan waktu yang lama beberapa hari hingga mingguan.

Mengaktifkan Instagram Shopping

Jika pengajuan menjadi akun Instagram bisnis sudah disetujui sekarang saatnya untuk mengaktifkan Instagram shopping. Caranya adalah:

  • Buka pengaturan Instagram seperti biasanya.
  • Ke pengaturan bisnis kemudian pilih shopping.
  • Sekarang pilih katalog produk dan jika sudah selesai silahkan klik done.

Agar lebih optimal sambungkan akun Instagram dengan beberapa marketplace seperti shopee dan Tokopedia.

Membuat Toko Di Instagram dengan Menambahkan Tag Produk di Postingan Instagram

Mulai sekarang anda sudah bisa menambahkan produk baru di tag Instagram shopping. Caranya pada saat menambahkan produk atau foto yaitu tambahkan tag produk yang berada di bawah tag people. Tambahkan produk sebanyak mungkin untuk mendapatkan uang.

Mengingat hampir banyaknya pengguna smartphone telah menginstal Instagram, memiliki peluang besar untuk mendapatkan uang melalui Instagram shopping.

Saran dari kami setelah berhasil membuat toko di Instagram shopping adalah mengoptimasi bagaimana ketika proses posting produk bisa menjangkau banyak orang.

Leave a Comment