Cara Membuat Website Gratis di WordPress

Membuat website sendiri ternyata tidak sesulit yang dibayangkan, terlebih pengguna internet saat ini semakin banyak. Mudahnya mendapatkan informasi mungkin membuat kamu juga ingin berkontribusi. Cara membuat website gratis di WordPress bisa dipilih bagi pemula.

Pada dasarnya, website sendiri bisa digunakan untuk berbagai macam tujuan, baik personal maupun bisnis. Tidak perlu membeli domain mahal, WordPress pun menyediakannya secara gratis dengan performa yang cukup baik.

Cara Membuat Website Gratis di WordPress

Website WordPress memang cukup bagus untuk berbisnis, pengelolaannya pun cukup mudah tanpa banyak plugin rumit. Terlebih jika pengetahuan kamu mengenai website masih minim, maka WordPress adalah pilihan tepat untuk memulai.

  • Langkah pertama, silahkan buka situs wordpress.com terlebih dahulu melalui browser.
  • Selanjutnya, akan muncul form pendaftaran online yang harus diisi. Diantaranya adalah email, username, dan password.
  • Pada kolom surat elektronik, pastikan untuk mengisi alamat email yang memang masih aktif. Pihak WordPress akan langsung mengirimkan konfirmasi pendaftaran.
  • Setelah itu, pilih username yang disukai dan usahakan memang mudah untuk mengingatnya.
  • Buat password yang unik, yaitu kombinasi huruf, angka, dan simbol.
  • Mengecek ketersediaan warna dengan tap
  • Pada halaman berikutnya akan ada kolom Alamat Blog, nama blog kamu akan tertera pada bagian tersebut.
  • Jika semua informasi sudah dipilih, selanjutnya tap
  • Tap keterangan “Mulai dengan Situs Gratis”. Nantinya WordPress akan mengirimkan email konfirmasi bahwa website sudah berhasil dibuat.

Cara Kustomisasi Website WordPress

Jika sudah membuat website gratis melalui cara di atas, selanjutnya kamu bisa melakukan kustomisasi. Pengaturan singkat bisa dilakukan agar situs terlihat lebih menarik dan tidak terlalu monoton, berikut langkah-langkahnya.

  • Setelah website berhasil dibuat, buat nama website di bagian “Beri nama situs Anda”.
  • Selanjutnya tuliskan Judul Situs, perlu diingat bahwa bagian ini berbeda dengan nama website.
  • Jika ingin menambah slogan, tambahkan di bagian Slogan Situs.
  • Selanjutnya pilih Simpan Pengaturan.
  • Di bagian Beranda Saya, silahkan pilih Edit Beranda dan sesuaikan tampilannya.
  • Pada menu Edit Beranda, silahkan lakukan penyesuaian atau perubahan yang sesuai dengan kebutuhan.
  • Jika beranda sudah diedit sesuai keinginan, silakan pilih opsi luncurkan situs. Caranya dengan memilih menu Pengaturan lalu tap di bagian Luncurkan Situs.
  • Halaman website yang telah dibuat pun akan langsung ditampilkan.

Cara Aktivasi Email Website WordPress

Pastikan kamu menggunakan alamat email yang masih aktif ketika registrasi di WordPress. Pihak WordPress akan mengirimkan link untuk aktivasi website tersebut, silahkan cari di fitur inbox pada email.

Jika tidak ketemu, silahkan cari di folder spam dengan kata kunci “WordPress”. Jika tautan sudah diklik, maka website sudah aktif dan bisa digunakan sesuai kebutuhan.

Apabila proses tersebut sudah dilakukan seluruhnya, maka kamu bisa kembali ke halaman dashboard admin utama. Pada halaman tersebut, silahkan lihat menu-menu pengaturan di dalamnya.

Adapun untuk halaman dashboard sendiri merupakan tempat pengaturan website dilakukan. Misalnya penertiban konten, pengaturan layout, mengganti tema, dan sebagainya.

Cara Membuat Postingan Pertama di WordPress

Cara membuat website gratis di WordPress memang terbilang mudah, namun mungkin kamu masih bingung membuat postingan pertama. Tidak perlu khawatir, hal ini sebenarnya mudah dilakukan melalui langkah-langkah berikut ini.

  • Langkah pertama, silahkan login ke dashboard WordPress yang sudah dibuat.
  • Pada halaman utama, silahkan tap menu Posting.
  • Berikutnya, pilih Tambah Baru.
  • Isikan judul postingan ke kolom Tambahkan Judul.
  • Jika sudah, kamu bisa mengisi permalink, tag, kategori, dan gambar sesuai dengan kebutuhan.

Cara Menambahkan Unsur Tertentu di Postingan WordPress

Jika kamu pertama kali membuat postingan di WordPress, maka tidak ada salahnya menambahkan unsur tertentu. Misalnya tag yang bisa memudahkan pengguna internet mencari postingan yang sudah dibuat.

1. Permalink

Pada dasarnya, permalink merupakan bagian untuk setting URL postingan yang dibuat. Sistem pada WordPress sendiri akan secara otomatis men-generate link tersebut. Namun jika ingin memangkas URL artikel, maka bisa menggunakan menu permalink ini.

2. Kategori

Jika ingin membuat postingan lebih terstruktur, kamu bisa menambahkan kategori. Caranya dengan memilih opsi Add New Category lalu isikan nama kategori yang hendak dibuat.

3. Tag

Pada dasarnya, tag tidak hanya bermanfaat untuk postingan di media sosial seperti Instagram saja. Namun bisa juga pada postingan di website, tag merupakan kata yang bisa mendeskripsikan isi postingan secara singkat.

Fungsi lain dari tag adalah untuk mengelompokkan postingan sesuai dengan tema yang tengah dibahas. Semakin banyak tag, maka semakin bagus asalkan relevan dengan isi postingan.

4. Gambar

Adapun untuk gambar fitur sendiri merupakan gambar utama yang nantinya muncul pada postingan yang dibuat. Jika ingin mengunggah gambar seperti ini, sebaiknya perhatikan ukurannya.

Adapun ukuran feature image yang paling direkomendasikan adalah 600×315 piksel dan 1200×630 piksel. Tidak hanya itu, ukuran file juga harus diperhatikan agar bisa terupload dengan lancar, disarankan sebesar 100kB.

Jika sudah menambahkan beberapa fitur di atas sesuai kebutuhan, maka kamu bisa langsung menerbitkannya, Caranya yaitu dengan memilih opsi Publish lalu tunggu beberapa saat sampai postingan sudah berhasil dipublikasi.

Tips Menggunakan Website WordPress untuk Pemula

Jika ingin website ramai, tidak cukup jika hanya memahami cara membuat website gratis. Kamu juga perlu mengetahui bagaimana cara agar situs tersebut ramai oleh pengunjung internet, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan.

1. Rajin Update

Salah satu kunci krusial jika ingin sukses menggunakan website adalah dengan rajin update. Terlebih phak WordPress sendiri memang senantiasa mengupdate versinya sehingga meningkatkan kenyamanan penggunanya.

Namun sebelum update, disarankan untuk backup data terlebih dahulu. Terutama jika kamu mengupdatenya secara manual, maka kemungkinan data hilang akan lebih besar.

2. Backup Berkala

Selain rajin update versi WordPress, kamu juga perlu melakukan backup secara rutin. Aktivitas pencadangan ini penting dilakukan dalam mengelola sebuah website. Mengingat banyaknya tindakan peretasan yang menyasar platform tersebut sehingga merugikan pemiliknya.

3. Mengecek Performa Website

Hindari menganggap remeh performa website, faktanya lebih dari 40% pengunjung akan meninggalkan situs tersebut jika loadingnya lama. Oleh karena itu, silahkan cek kembali secara rutin performa website kamu, misalnya menggunakan Google PageSpeed Insights.

4. Mengubah Halaman Login

Pada dasarnya, WordPress memang sudah memiliki level keamanan yang bagus. Namun, tidak ada salahnya memberikan perlindungan lebih, yaitu dengan mengganti halaman login. Kamu bisa melakukannya secara manual maupun otomatis menggunakan plugin.

5. Menghindari Username Admin

Membuat username WordPress sebaiknya tidak sembarangan, bahkan kamu sebaiknya menghindari penggunaan username admin. Alasannya karena sebagian besar orang sudah mengetahuinya dan bisa saja situs diretas oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Cara membuat website gratis menggunakan WordPress bisa menjadi solusi mudah bagi yang ingin membuat situs pribadi. Namun, pemilik bisnis online juga bisa memanfaatkan platform ini. Lakukan kustomisasi tampilan dengan baik dan cek performa website yang sudah dibuat secara rutin.

Leave a Comment