Cara Memulihkan Akun Google

Cara memulihkan Akun Google menjadi krusial pada beberapa kondisi. Pemulihan tersebut Anda butuhkan saat kehilangan akses pada Akun Google.

Kehilangan aset dapat terjadi akibat ebab pemilik akun lupa terhadap informasi akun dan kata sandinya. Namun situasi peretasan juga dapat menyebabkan pengguna kehilangan akses.

Pada kondisi lupa kata sandi atau email, seorang pemilik akun akan kehilangan akses pada data-data penting di akun terkait. Namun hal tersebut umumnya hanya bersifat sementara.

Sedangkan pada situasi peretasan, terdapat risiko yang lebih besar yang dapat menerpa pemilik akun. Termasuk kerugian materi hingga pencurian identitas yang dapat melibatkan perkara hukum.

Tentang Akun Google

Google menerapkan kebijakan akun tunggal untuk menggunakan seluruh layanan. Kebijakan tersebut memungkinkan Anda mengelola berbagai data dan pekerjaan hanya dengan satu akun.

Kebijakan tersebut berkembang dengan semakin banyaknya fungsi yang terdapat dalam Google. Sehingga pengguna tentu akan merasa kerepotan apabila harus mengakses akun terpisah untuk setiap layanan Google yang berbeda.

Tidak hanya menggunakan satu Akun Google terpusat, namun setiap aplikasi di dalam layanan Google juga dapat terkoneksi satu sama lain.

Masing-masing layanan seperti Docs, Sheet, Drive, dan aplikasi lainnya terhubung satu dengan lainnya. Pengembangan tersebut membuat pekerjaan pengguna jadi lebih fleksibel dan efisien.

Google juga menerapkan akumulasi kuota penyimpanan berdasarkan akun. Seluruh data dari berbagai aplikasi pada layanan Google terakumulasi dalam satu ruang penyimpanan.

Pada versi dasarnya, setiap Akun Google memiliki kuota 15GB tanpa dikenakan biaya. Namun pengguna memiliki opsi untuk meningkatkan kuota tersebut dengan membayar sejumlah biaya.

Baca Juga :  Inilah, Cara Ganti Nomor Akun Google Mudah !!

Dampak Tidak Bisa Akses Akun Google

Dengan berlakunya kebijakan akun dan ruang penyimpanan tunggal, kehilangan akses pada Akun Google berarti tidak bisa menggunakan seluruh layanan yang tertaut pada akun tersebut.

Hal tersebut berarti Anda tidak lagi memiliki akses pada data dan proses kerja yang terjadi di Akun Google terkait. Hal tersebut tentu sangat merugikan, khususnya pada akun yang berhubungan dengan kepentingan pekerjaan, data pribadi, maupun bisnis.

Dengan situasi tersebut, Google mengembangkan layanan untuk memulihkan Akun Google. Tujuannya agar pemilik akun dapat memiliki opsi alternatif untuk akses akun dan data kembali.

Memulihkan Akun Google

Google menyediakan opsi pemulihan akun dalam layanan utamanya. Fungsi ini memberikan Anda kesempatan mengakses kembali akun pada beberapa kondisi, antara lain:

  • Lupa kata sandi;
  • Lupa alamat email;
  • Akses ilegal oleh pihak lain; dlsb.

Dengan memanfaatkan fungsi tersebut, Anda dapat memulihkan akses pada Akun Google apabila memenuhi ketentuan layanan. Selain itu, Anda juga dapat mendeteksi aktivitas mencurigakan yang terjadi selama akun tidak dapat Anda akses.

Hal tersebut memungkinkan Anda mengidentifikasi pihak-pihak yang bertanggung jawab dalam upaya peretasan. Khususnya pada aplikasi berbahaya dan prosedur scamming yang bisa terjadi.

Sejumlah proses pelacakan dan tuntutan pertanggung jawaban terlalu sulit Anda tempuh. Tapi setidaknya Anda dapat mengamankan kembali akun dan data agar lebih aman.

Cara Memulihkan Akun Google

Terdapat beberapa metode agar Anda dapat memulihkan Akun Google dan menggunakan kembali seluruh layanannya. Dalam prosesnya, Anda tetap harus bisa memverifikasi kepemilikan akun dan akses yang sesungguhnya menurut kebijakan Google.

Bukti kepemilikan dan akses akun tersebut dapat berbentuk kata sandi, nomor telepon yang terhubung dengan akun, alamat email, dan berbagai data lainnya.

Baca Juga :  Cara Melihat Password Gmail yang Lupa, Mudah Banget

Lupa Kata Sandi

Salah satu cara termudah untuk mendapatkan kembali akses pada Akun Google Anda adalah dengan melakukan pengaturan ulang pada kata sandi akun. Untuk melakukannya, Anda dapat mengikuti beberapa panduan berikut.

  • Akses halaman masuk Google di link berikut;
  • Masukkan alamat email di kolom tersedia;
  • Klik tombol ‘Berikutnya’ di bawah kolom email;
  • Anda akan diarahkan pada halaman kata sandi; dan
  • Klik tombol ‘Lupa Sandi?’ di bawah kolom kata sandi.

Pada versi terkini, terdapat beberapa model pengaturan ulang kata sandi. Salah satunya konfirmasi kode melalui email atau nomor telepon yang terhubung dengan akun.

Pastikan Anda memiliki akses pada nomor telepon atau email yang terhubung. Setelah memasukkan kode verifikasi, Anda akan diarahkan pada halaman pengaturan kata sandi.

Setelah mengatur kata sandi baru, Anda bisa mengakses Akun Google kembali. Pastikan Anda menerapkan pengamanan berlapis agar akun tidak mudah terkena upaya peretasan.

Selain itu, Anda juga dapat mendokumentasikan kata sandi baru di perangkat pencatatan yang tersedia. Salah satu layanan yang dapat Anda gunakan adalah Google Password Manager.

Fitur Lupa Alamat Email

Selain lupa kata sandi, Anda juga mungkin mengalami lupa alamat email. Hal ini dapat terjadi pada akun-akun lawas yang terkadang sudah jarang Anda gunakan.

Terdapat beberapa alternatif yang dapat Anda lakukan apabila menemui situasi terkait. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan fitur nomor telepon yang terhubung pada Akun Google.

Untuk mengembalikan akses akun menggunakan fitur nomor telepon, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Akses halaman login di link berikut.
  • Klik tombol ‘Lupa Email?’ di bawah kolom alamat email;
  • Anda akan diarahkan ke halaman pemulihan;
  • Masukkan alamat email pemulihan atau nomor telepon;
  • Klik tombol ‘Berikutnya’; dan
  • Masukkan nama depan dan nama belakang di kolom tersedia.
Baca Juga :  Cara Memperpendek Link Google Form

Google akan membantu proses verifikasi dan pemulihan apabila data email yang Anda masukkan sesuai dengan salah satu database Akun Google.

Selanjutnya Anda hanya perlu mengakses Akun Google dari halaman login dengan alamat email yang diinformasikan ke nomor telepon atau email pemulihan.

Apabila menemui kendala mengingat kata sandi pada Akun Google terkait, Anda juga dapat mengubah kata sandi sesuai panduan sebelumnya.

Bagaimana jika Anda tidak mengingat nomor telepon yang tertaut pada akun dan email pemulihan? Anda dapat memastikan kembali proses pembuatan akun tersebut.

Apabila Akun Google dibuat oleh lembaga seperti sekolah atau perusahaan, Anda dapat menghubungi administrator sebagai langkah memulihkan Akun Google. Sebab terdapat kemungkinan informasi Akun Google Anda masih tersedia di administrator tersebut.

Kesimpulan Proses Memulihkan Akun Google

Google menerapkan kebijakan akun tunggal untuk mengakses berbagai fitur dan layanan di dalamnya. Kebijakan tersebut menempatkan pemanfaatan data dan fitur pada satu akses masuk.

Sehingga seseorang yang kehilangan akses pada Akun Googe juga akan kehilangan data serta proses kerja yang tertaut di dalamnya. Kondisi tersebut seringkali merugikan pemilik akun.

Dalam prosesnya, Anda dapat memulihkan Akun Google dengan beberapa cara, salah satunya dengan mengatur ulang kata sandi. Namun dalam proses tersebut, Anda tetap harus dapat membuktikan kepemilikan akun.

Kepemilikan akun dapat Anda buktikan dengan akses pada nomor telepon tertaut, email cadangan, dan berbagai fitur yang telah tersedia dari Google.

Di sisi lain, Anda juga dapat menyimpan informasi kata kunci dan kredensial Akun Google sebagai upaya pencegahan. Terdapat beberapa layanan yang dapat memfasilitasi kebutuhan tersebut dengan lebih aman. ***

 

Leave a Comment