Cara Menambahkan Filter Di Instagram

Mungkin sudah hampir semua orang tahu cara menambahkan filter di Instagram. Walaupun hal itu terkesan mudah untuk dilakukan, namun tetap saja masih belum semua orang memahami cara menambahkan filter tersebut di Instagram.

Pada saat sekarang ini filter menjadi salah satu fitur yang paling banyak orang gunakan, baik di Instagram maupun pada media sosial lainnya. Bahkan pada saat sekarang, tak jarang ada beberapa filter yang viral sehingga banyak orang yang mencobakannya. Banyak orang yang tidak mau ketinggalan tren sehingga mereka juga mencoba serta mencari filter untuk menambah keseruan bermain Instagram.

Seperti yang sudah banyak orang ketahui, penggunaan filter di media sosial pada saat sekarang ini sudah bergeser fungsinya. Jika pada waktu dahulu filter orang gunakan dalam mempercantik diri, namun pada saat sekarang filter banyak orang gunakan sebagai bahan seru-seruan membuat postingan.

Lalu bagaimanakah cara menambahkan filter di Instagram tersebut? Bagi kamu yang ingin mengetahuinya lebih lanjut, silakan simak pembahasan ini sampai habis.

Fungsi Filter Di Instagram

Sebelum kita masuk ke pembahasan utama, alangkah baiknya sebagai pengguna Instagram kamu mengetahui terlebih dahulu apa fungsi filter.

Banyak orang pasti beranggapan bahwasanya filter berfungsi untuk mempercantik diri, menaikkan kepercayaan diri, untuk terlihat cantik di depan orang banyak dan lain sebagainya. Akan tetapi hal tersebut tidak sepenuhnya benar, karena pada saat sekarang ini banyak filter lucu yang bisa kamu gunakan sebagai seru-seruan.

Bahkan pihak Instagram juga memberikan kebebasan kepada penggunanya dalam membuat filter mereka sendiri. Hal tersebut tentu menjadi sebuah fakta bahwasanya filter bukanlah sebuah alat untuk mempercantik diri saja. Bahkan akibat dari kebebasan yang Instagram berikan tersebut, banyak pengguna Instagram yang membuat filter dengan konsep permainan atau pantun yang membuat filter semakin seru untuk digunakan.

Baca Juga :  Cara Mengubah Kata Sandi Instagram dengan 5 Macam

Hal inilah yang menjadi penambah daya tarik filter Instagram pada saat sekarang ini. Karena keberadaannya tersebut bisa mengajak orang lain untuk menggunakannya juga serta menciptakan kompetisi hanya dari pemanfaatan filter Instagram.

Cara Menambahkan Filter Di Instagram

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk memakai filter di Instagram. Mulai dari mencarinya sendiri atau menggunakan kembali filter yang telah pengguna lain pakai.

Untuk lebih jelasnya berikut beberapa cara menambahkan filter di Instagram:

1. Mencari Sendiri Menggunakan IG Story

Cara pertama yang bisa kamu gunakan dalam menambahkan filter ialah dengan menggunakan IG Story. Berikut caranya :

  1. Pertama-tama silakan buka terlebih dahulu aplikasi Instagram di smartphone yang kamu gunakan.
  2. Setelah itu loginlah menggunakan akun Instagram aktif agar kamu bisa mengakses IG Story.
  3. Masuklah ke fitur IG Story.
  4. Pada fitur IG Story ini, kamu akan menemukan banyak sekali filter yang muncul. Silakan gulir hingga kamu menemukan ikon pencarian pada bagian kanan paling ujung filter IG Story tersebut.
  5. Jika sudah menemukannya, silakan klik ikon pencarian tersebut. Maka akan muncul galeri efek untuk mencari filter yang tersedia.
  6. Pada galeri efek tersebut, kamu dapat memilih filter yang sudah tersedia atau mencari nama filter dengan mengetiknya pada kolom pencarian.
  7. Jika sudah menemukannya, silakan klik pakai untuk menambahkan filter tersebut.

2. Memanfaatkan Filter yang Pengguna Lain Pakai

Cara menambahkan filter di Instagram kedua yang bisa kamu gunakan ialah dengan memakai kembali filter yang sudah pengguna lain pakai. Cara ini sangat efektif bagi kamu yang ingin mencoba filter populer Instagram.

Bagaimanakah caranya? Silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Langkah pertama silakan kamu login terlebih dahulu ke akun Instagram menggunakan aplikasi Instagram pada smartphone yang kamu gunakan.
  2. Selanjutnya silakan pilih story pengguna lain yang ingin kamu gunakan filternya.
  3. Nantinya kamu akan melihat keterangan dari story tersebut, pada bagian bawah story itu biasanya tercantum filter apa yang dia gunakan.
  4. Silakan klik filter tersebut, maka kamu akan diarahkan ke beranda berbagai pengguna yang menggunakan filter sama.
  5. Selanjutnya silakan klik “cobakan filter”, maka secara otomatis filter tersebut akan masuk ke menu IG Story kamu.
Baca Juga :  Ukuran Post Instagram dalam Foto dan Video

Cara yang kedua ini sangat efektif apabila kamu gunakan ketika melihat IG Story. Pasalnya kamu tidak perlu lagi susah payah untuk mencari tahu filter apa yang pengguna itu pakai di storynya.

3. Menambahkan Filter Di Instagram Melalui Akun Kreator

Ini merupakan cara khusus yang bisa digunakan oleh para kreator Instagram. Pada menu creator tersebut, sebenarnya juga terdapat tombol untuk menambahkan filter sebelum creator membuat postingan.

Lalu bagaimanakah cara menambahkan filter Instagram menggunakan akun creator ini? Silakan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan sama dengan langkah-langkah sebelumnya yaitu login terlebih dahulu ke akun menggunakan aplikasi Instagram.
  2. Langkah selanjutnya silakan pilih halaman profil dan masuk ke akun kreator.
  3. Pada profil akun kreator ini, silakan kamu klik ikon bintang dan tentukan filter Instagram mana yang akan kamu tambahkan.
  4. Jika sudah menemukan filter yang kamu inginkan, langkah selanjutnya silakan kamu “klik coba”.
  5. Dengan demikian filter yang kamu pilih tadi akan masuk ke menu filter IG dan sudah bisa kamu pakai.

4. Menggunakan Filter Melalui Reels Instagram

Selain menggunakan tiga cara di atas, sebenarnya baru-baru ini Instagram juga merilis fitur baru yaitu Reels Instagram. Fitur ini merupakan jendela dimana kamu melihat berbagai video pendek secara bergulir.

Pada fitur baru ini tidak ada batasan pengguna yang bisa memakainya, dalam artian fitur ini bisa dipakai oleh seluruh pengguna Instagram. Bagusnya lagi pada fitur ini pihak Instagram juga membekalinya dengan beberapa kelebihan termasuk menambahkan filter.

Bagi kamu yang penasaran bagaimana cara menambahkan filter pada Reels Instagram ini, silakan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Login terlebih dahulu akun Instagram yang kamu miliki.
  2. Langkah selanjutnya silakan kamu klik ikon Reels yang ada pada bagian bawah Instagram, tepatnya posisi tengah.
  3. Selanjutnya silakan kamu klik “Ikon Kamera” yang ada pada bagian kanan atas Reels tersebut.
  4. Jika sudah kamu akan masuk ke dalam menu tempat membuat konten Reels Instagram. Pada menu tersebut sudah tersedia berbagai jenis filter yang bisa kamu gunakan.
  5. Untuk menambahkan filter baru, langkah yang harus kamu lakukan ialah dengan mengeklik “Ikon Efek” di bagian bilah kiri layar.
  6. Di situ kamu akan melihat berbagai jenis filter. Untuk menambahkan filter yang sendiri, kamu bisa mencarinya pada kolom pencarian atau memilih dari filter populer yang pengguna lain pakai.
  7. Jika sudah maka filter tersebut akan secara otomatis masuk ke dalam beranda filter yang pernah kamu tambahkan.
Baca Juga :  Cara Melihat Link Instagram dengan Mudah

 

Itulah beberapa cara menambahkan filter di Instagram yang bisa kamu gunakan. Bagi kamu yang masih kebingungan dengan cara tersebut, silakan ikuti kembali langkah-langkah di atas dengan seksama. Semoga pembahasan tersebut dapat membantu kamu dalam menambahkan filter baru ke Instagram.

 

Leave a Comment