Cara Mengaktifkan Shopee Paylater, Besar Bunga dan Dendanya

Fitur paylater saat ini semakin merambah di berbagai layanan, termasuk marketplace. Sebagai salah satu platform jual beli online populer, tak heran apabila Shopee juga menyediakannya. Terlebih cara mengaktifkan Shopee Paylater terbilang mudah dan periode cicilannya beragam.

Bahkan jenis paylater ini kerap kali digunakan bagi mereka yang malas top up ShopeePay. Apalagi bunga Shopee Paylater juga terbilang masuk akal sehingga disukai berbagai kalangan. Kamu bisa menggunakannya untuk membeli berbagai macam keperluan di Shopee.

Cara Mengaktifkan Shopee Paylater

Pada dasarnya, Spaylater memang banyak disukai pengguna Shopee. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya yang mengaktifkan fitur ini. Bagi yang merasa penasaran, berikut ulasan cara mengaktifkan Shopee Paylater.

1.     Memenuhi Syarat dan Ketentuan

Perlu diketahui bahwa tidak semua pengguna Shopee memiliki kesempatan mengaktifkan Shopee Paylater. Tentunya, pihak Shopee tidak ingin mengambil risiko besar dengan mengizinkan semua penggunanya menggunakan fitur ini.

Tidak perlu khawatir, kamu tidak perlu menjadi pengguna Shopee dengan level platinum untuk mendapatkan kesempatan paylater. Adapun beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi jika ingin memakai fitur SPaylater adalah sebagai berikut.

  • Akun Shopee aktif dan terverifikasi
  • Usia akun minimal tiga bulan
  • Memiliki KTP
  • Sering melakukan transaksi
  • Menggunakan aplikasi Shopee versi terbaru

2.     Mendaftar Shopee Paylater

Jika kamu sudah memenuhi syarat dan ketentuan SPaylater di atas, maka selanjutnya tinggal mendaftarkan diri. Namun, sebaiknya siapkan terlebih dahulu kartu identitas yang diperlukan, yaitu KTP.

  • Langkah pertama, buka app Shopee yang terinstall.
  • Selanjutnya pilih tab Saya lalu tap
  • Jika banner SPaylater sudah terbuka, selanjutnya pilih Aktifkan Sekarang.
  • Akan muncul pemberitahuan bahwa Shopee akan mengirimkan kode OTP via WhatsApp.
  • Selanjutnya pilih Kirim.
  • Periksa chat WA dari Shopee lalu masukkan kode OTP di kolom yang tersedia.
  • Setelah itu, unggah foto KTP. Pastikan kamu mengambil foto KTP dengan tepat dan tidak buram.
  • Jika KTP sudah diunggah, akan muncul informasi mengenai data diri seperti NIK, nama, dan tanggal lahir. Apabila sudah sesuai, tap
  • Isikan beberapa informasi data diri dengan teliti dan benar.
  • Kemudian lakukan verifikasi wajah, tap Mulai Verifikasi Wajah.
  • Pada tampilan layar akan muncul frame kamera dan perintah seperti menunduk, menengokkan kepala, menghadap ke atas, dan sebagainya.
  • Jika sudah verifikasi wajah berhasil, maka selanjutnya akan muncul halaman berisi informasi bahwa SPaylater sedang diproses.
Baca Juga :  5 Cara Screenshot Samsung Berbagai Seri Secara Mudah

Adapun proses verifikasi data dan pengajuan SPaylater berlangsung maksimal selama 2×24 jam. Namun, jika dilakukan di jam kerja dan data sudah sesuai, maka fitur ini bisa aktif lebih cepat. Bahkan hanya dalam beberapa menit saja, SPaylater bisa langsung aktif.

Cara Mengatasi Verifikasi Wajah di SPaylater Gagal

Meski termasuk mudah, tidak sedikit yang gagal melakukan cara mengaktifkan Shopee Paylater untuk pengguna baru. Misalnya pada tahap verifikasi wajah  yang memang harus dilakukan secara tepat. Adapun tahap verifikasi wajah ini memang penting dilakukan demi keaslian data pendaftar SPaylater.

Biasanya tanda gagalnya verifikasi wajah adalah muncul peringatan “Sistem error, silahkan coba lagi”. Jika sudah seperti ini, kamu bisa mencoba beberapa solusinya berikut ini.

  • Pastikan kamu sudah memperbarui aplikasi Shopee ke versi terbaru, silahkan cek Google Playstore atau AppStore.
  • Jika verifikasi wajah gagal dilakukan dalam satu kali percobaan, coba kembali dengan mengikuti arahan yang sesuai.
  • Apabila beberapa kali verifikasi wajah gagal, silahkan tunggu selama 10 menit baru kemudian coba kembali.
  • Periksa kembali koneksi internet, pastikan jaringan internet stabil.
  • Restart HP lalu jika sudah menyala lagi, coba kembali di aplikasi Shopee.

Cara Menggunakan SPaylater untuk Belanja di Shopee

Layanan paylater semakin dekat dengan kehidupan modern, terutama bagi yang senang belanja online. Kini, akun Shopee kamu tidak harus selalu terisi ShopeePay agar bisa belanja. Begitu pula jika memang saat itu belum memiliki dana, maka fitur paylater bisa menjadi pilihan.

Lalu, bagaimana cara menggunakan SPaylater pertama kalinya untuk belanja di Shopee? Simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Langkah pertama, silahkan cari barang yang ingin dibayar menggunakan metode ShopeePaylater.
  • Pada saat Checkout, ubah Metode Pembayaran menjadi
  • Pilih opsi periode cicilan sesuai kebutuhan, ada yang 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, 6 bulan, sampai 12 bulan.
  • Selanjutnya pilih
  • Tap Buat Pesanan.
Baca Juga :  Cara Kredit HP di Shopee, Cicilan Terjangkau Tanpa Ribet!

Sebelum checkout, jangan lupa masukkan voucher gratis ongkir jika memang ada. Setiap periode tentunya memiliki bunga yang berbeda, namun untuk SPaylater memang dikenal cukup terjangkau.

Bunga Cicilan Shopee Paylater Terbaru 2022

Di era digital seperti saat ini, kemudahan mencicil barang sebenarnya bagaikan pisau bermata dua. Artinya, jika tidak digunakan dengan bijak bisa menjerumuskan penggunanya. Begitu pula apabila kamu ingin melakukan cara mengaktifkan Shopee Paylater.

Fitur ini seharusnya memudahkan seseorang membeli barang sesuai kebutuhan. Tidak hanya itu, kamu juga harus mengetahui besar bunga yang ditetapkan Shopee untuk layanan paylaternya. Adapun bunga SPaylater terbaru di tahun 2022 ini yaitu minimal 2,95%.

Penerapan bunga tersebut berbeda-beda sesuai dengan periode cicilan yang dipilih. Jika ingin membayar bunga yang lebih rendah, kamu bisa memilih cicilan selama 1 bulan. Shopee hanya melebihkan sedikit jika ingin membayar belanjaan bulan depan.

Namun jika harga barang cukup besar dan butuh lebih waktu lebih lama untuk melunasinya, kamu bisa memilih periode cicilan 12 bulan.

Berapa Denda Jika Telat Bayar SPaylater?

Sama seperti layanan cicilan lainnya, SPaylater akan mengenakan denda bagi pengguna yang telat bayar cicilan. Meskipun bunga yang ditetapkan Shopee cukup terjangkau, namun lain halnya dengan denda yang dibebankan.

Adapun denda akan dibebankan jika tagihan belum dibayarkan padahal sudah lewat jatuh tempo. Saat pertama kali mendaftar SPaylater, kamu bisa memilih tanggal penagihan di setiap bulannya. Mulai dari tanggal 25, 1, dan 5 sesuai kebutuhan atau tanggal gajian.

Besaran denda yang dibebankan pada pengguna SPaylater dihitung berdasarkan rumus sebagai berikut.

Denda SPaylater = 5% x Total Tagihan

Denda 5% tersebut akan bertambah di setiap bulannya, misalnya jika telat 3 bulan akan dikenakan denda 15%.

Baca Juga :  Cara Buka Rekening BCA Online Terbaru 2022

Adapun rumus perhitungan denda bagi yang telat membayar tagihan SPaylater bisa diketahui melalui ilustrasi sebagai berikut.

Dinda membeli sepasang sepatu dengan harga Rp111.000 di Shopee menggunakan metode pembayaran Spaylater. Periode yang dipilih Dinda adalah cicilan 3 kali dengan nominal Rp58.776 setiap bulannya. Di cicilan bulan kedua, ia belum membayar padahal sudah jatuh tempo.

Lalu berapakah besar denda Spaylater yang dibebankan pada dinda?

Denda SPaylater = 5% x Rp58.776 = Rp61.714

Jadi, total tagihan di bulan tersebut jika dibayar telat adalah Rp61.714. Apabila sudah berganti bulan namun tagihan belum dibayarkan, maka denda akan ditambahkan sebesar 5% dan seterusnya.

Cara mengaktifkan Shopee Paylater memang mudah, bahkan jika kamu baru beberapa kali melakukan transaksi. Namun, sebaiknya gunakan fitur ini dengan bijak agar nantinya tidak terjerumus dalam jumlah cicilan yang menggunung.

Leave a Comment