Cara Menggunakan Facebook Watch, Platform Terbaru Facebook

Facebook watch merupakan sebuat fitur video yang disediakan oleh Facebook dengan menggabungkan fungsi share video serta berbagai konten premium. cara menggunakan Facebook watch juga cukup mudah bahkan bagi seorang pemula sekalipun.

Dengan adanya fitur Facebook watch, pengguna dapat mengupload video pendek milik mereka. Selain itu, Facebook watch juga menghadirkan berbagai macam video unik dan menarik, mulai dari konten komedi, drama, serta program berita. Tentunya layanan ini dapat digunakan secara gratis bagi pengguna akun Facebook.

Apa Itu Facebook Watch?

Facebook watch diciptakan di dalam aplikasi Facebook, dan dapat diakses melalui aplikasi Facebook maupun situs website utama dari aplikasi berbasis sosial media ini. Pengguna dapat menemukan fitur ini di bagian menu facebook dengan ikon seperti TV.

Namun, jika dibandingkan dengan TV, Facebook watch lebih mirip seperti youtube yang dapat digunakan tanpa harus menghubungkan kabel ataupun antena. Selain itu, layanan yang satu ini juga memiliki kesamaan dengan Instagram TV, yaitu masuk ke dalam Konten creator pengguna yang didominasi Youtube.

Facebook watch juga mencakup berbagai konten campuran yang diproduksi oleh para creator video profesional yang dibayar oleh Facebook. Dengan ini, bisa dikatakan Facebook watch mirip seperti Youtube premium yang memungkinkan para creatornya dapat memonetisasi video yang mereka buat sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Cara Menggunakan Facebook Watch

Fitur Facebook watch dapat digunakan di web dekstop, android, dan perangkat lainnya. untuk menggunakannya, Anda memerlukan sebuah akun Facebook yang diperlukan untuk login ke dalam aplikasi Facebook.

Baca Juga :  Cara Bayar Iklan di Facebook

Meskipun dapat diakses tanpa sebuah akun, Anda akan tetap mendapat pesan pop-up untuk meminta mendaftar Facebook. Tentunya pesan ini akan sangat menganggu, karena itulah memiliki akun facebook menjadi hal utama sebelum mengakses layanan Facebook watch.

Berbeda dengan Mesengger yang mengharuskan Anda untuk mendownload aplikasi tambahan, Anda dapat menggunakan fitur Facebook watch melalui aplikasi utama Facebook. Kecuali Microsoft yang memiliki aplikasi Facebook Watch terpisah untuk windows.

Berikut informasi cara menggunakan Facebook watch

  • Unduh aplikasi Facebook yang tersedia secara gratis di Google Play Store
  • Daftar akun facebook menggunakan nomor ponsel ataupun email
  • Setelah berhasil, buka menu tampilan Facebook dan pilih icon berbentuk TV di bagian atas.
  • Pilih acara atau video

Cara Mencari Video di Facebook Watch

Karena fitur Facebook watch yang dibuat mirip seperti Youtube, memungkinkan Anda untuk menemukan sebuah video berepisode. Anda dapat memilih episode serta melihat komentar pengguna lainnya terkait video yang Anda tonton.

Selain dari segi cara menggunakan Facebook watch yang cukup mudah bagi semua kalangan, salah satu layanan Facebook ini juga menampilkan berbagai macam konten video yang dibuat oleh seorang creator. Jika Anda mengikuti creator video tersebut, kemungkinan video yang dibuatnya muncul di Facebook watch Anda juga semakin besar.

Tidak hanya konten yang dibuat oleh seorang creator, Facebook watch juga menampilkan konten original dari platform streaming seperti Netflix, Hulu, dan Amazon Prime. Terdapat juga berbagai konten eksklusif seperti program komedi, drama korea, acara game, talkshow, serta program berita.

Facebook watch juga menyediakan konten olahraga dan streaming langsung dari MLB, WWE, PGA, sepak bola, MotoGP, silat, dan lainnya.

Setelah membuka layanan Facebook watch, Anda memiliki beberapa cara untuk menemukan video:

Baca Juga :  3 Cara Membuat Polling di Facebook untuk Pemula

1. Pilihan Editor

Beberapa video Facebook watch paling populer tersedia melalui sebuah rekomendasi yang ditampilkan di bagian atas situs utama Facebook watch. Pilih panah di bagian sisi kanan untuk mnelusuri video yang direkomendasikan oleh Facebook.

2. Pilihan Teratas

cara menggunakan Facebook watch juga menyesuaikan algoritma untuk menemukan sebuah video yang menarik bagi Anda. Algoritma ini juga telah disesuaikan berdasarkan lokasi, hobi, minat, dan video yang pernah Anda tonton sebelumnya. Situs utama dari Facebook watch lainnya diisi oleh video acak yang dipilih secara otomatis oleh Facebook.

3. Pilihan Cari Video

Anda dapat memilih acara video dengan menggunakan fitur cari video dengan mengetikan nama acara yang akan dicari. Misalnya, mengetik “ drama korea 18 Again Eps 1” maka Facebook watch akan memunculkan acara dengan nama dan topik yang sama.

4. Daftar Pantauan

Jika Anda memilih ikuti / follow di video atau acara apapun yang Anda sukai, maka video tersebut akan ditambahkan ke dalam daftar pantauan Anda. Tentunya, video tersebut dapat Anda tonton kembali melalui bagian daftar pantauan Facebook watch dan dapat diakses kapanpun Anda ingin melihat kembali.

5. Facebook Watch News

Tab news diisi oleh video siaran berita yang direkam oleh sumber lokal maupun internasional. Jika Anda tertarik untuk melihat beberapa berita di berbagai belahan dunia, inilah tempatnya.

6. Facebook Watch Show

Anda akan menemukan sebagian besar konten dari Facebook Watch disini. Anda dapat menelusuri berbagai video melalui pilihan editor untuk melihat apakah ada acar yang spesifik dan menarik bagi Anda.

7. Gaming

Bagian ini sedikit lebih khusus untuk mewakili Facebook twitch dan Youtube gaming. Ini merupakan bagian Facebook watch di mana Anda dapat menemukan streaming game langsung yang ditayangkan oleh seorang streamer video. Anda juga dapat menambahkan streamer tersebut ke dalam daftar favorit untuk melihat lebih banyak video yang mereka buat.

Baca Juga :  Cara Berjualan di Facebook Marketplace 100% Laris Manis

 

Apakah Facebook Watch Memiliki Iklan dan Dapat Dimonetisasi?

Bagi seorang konten creator, cara menggunakan Facebook watch  cukup berbeda dibandingkan dengan pengguna pada umumnya. Terdapat dua cara berbeda untuk memonetisasi video mereka dari iklan yang ditayangkan. Yaitu, Audience Network dan Ad Break. Kedua metode ini menggunakan penyisipan iklan pendek ke dalam sebuah video.

Biasanya, jika Anda menonton sebuah video dan creatornya telah memonetisasi video tersebut, Anda harus menonton iklan yang ditampilkan selama acara tersebut berlangsung. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut terkait dua metode ini, berikut informasinya:

1. Audience Network

Metode yang satu ini digunakan oleh penerbit dan pembuat aplikasi yang lebih besar. Langkah ini dapat digunakan untuk menampilkan iklan dari layanan iklan Facebook di aplikasi, situs website, artikel Facebook, dan juga game.

2. Ad Break

Untuk jeda iklan biasanya dikhususkan untuk konten creator yang mengupload video mereka ke Facebook watch. Untuk memonetisasi video, halaman atau page yang Anda buat harus memenuhi sejumlah aturan yang telah ditetapkan oleh pihak Facebook. Mulai dari jumlah minimum pengikut, jumlah minimum menit dari tayangan video, dan jumlah penonton video dalam jangka waktu tertentu.

Siapa Yang Bisa Mengunggah Video Ke Dalam Facebook Watch?

Facebook memberikan kebebasan agar siapapun bisa mengunggah video mereka ke dalam Facebook watch. Cara menggunakan Facebook watch agar video yang diupload dapat muncul di Facebook watch adalah dengan mengunggahnya melalui halaman facebook, bukan melalui profil pengguna ataupun grup facebook.

Dengan begitu, kemungkinan video muncul di Facebook watch menjadi lebih tinggi, dan akan menarik pengguna lainnya untuk menonton video tersebut.

Itulah beberapa penjelasan dan informasi terkait cara menggunakan Facebook watch  secara gratis dan tentunya sangat mudah digunakan bagi semua kalangan. Semoga informasi ini membantu.

Leave a Comment