Cara Menggunakan Google Meet

Google Meet menjadi salah satu layanan yang tumbuh pesat selama pandemi Covid-19. Hal tersebut tidak lepas dari kebutuhan orang-orang akan perangkat komunikasi baru.

Layanan baru di bidang komunikasi tersebut hadir untuk memenuhi kebutuhan interaksi virtual. Berbagai bidang seperti Google Meet diaplikasikan di bidang pendidikan, bisnis, dan berbagai sektor lainnya.

Penerapan tersebut tidak lepas dari kebutuhan untuk membatasi interaksi sosial selama pandemi Covid-19. Namun di sisi lain, kebutuhan hidup harus tetap terpenuhi.

Tentang Komunikasi Virtual

Komunikasi virtual dapat Anda pahami sebagai aktivitas komunikasi dengan memanfaatkan perangkat lunak komputer. Dalam versi awal, masyarakat juga telah mengenal bentuk komunikasi virtual dengan format pesan teks (chat) dan suara.

Namun dengan dorongan kebutuhan dan perkembangan teknologi, beberapa inovasi di bidang komunikasi virtual juga terus hadir. Beberapa pengembangan yang lazim kita temui saat ini, antara lain:

  • Panggilan berkelompok (group call);
  • Komunikasi berbasi video (video call);
  • Dukungan presentasi dalam panggilan (in-app presentation); dlsb.

Berbagai pengembangan tersebut sebelumnya tidak tersedia dalam versi komunikasi virtual klasik. Namun fitur-fitur tersebut saat ini bahkan menjadi fungsi dasar bagi sebagian besar layanan komunikasi virtual, termasuk Google Meet.

Tidak hanya dari sisi pengembangan, fitur-fitur tersebut juga bisa Anda gunakan dengan biaya yang murah, bahkan gratis. Elemen ini menjadi bagian perubahan paling signifikan di sektor komunikasi virtual.

Dari sisi pemanfaatan, Anda tidak perlu mengkhawatirkan spesifikasi minimum perangkat untuk menggunakan layanan. Pasalnya Google Meet berkembang untuk bisa Anda nikmati dari perangkat dengan spesifikasi minimum sekalipun.

Manfaat Komunikasi Virtual

Dalam pemanfaatannya, terdapat banyak bidang yang mendapat manfaat langsung dengan perkembangan teknologi komunikasi virtual. Beberapa bidang yang terpengaruh, antara lain:

  • Pendidikan;
  • Bisnis;
  • Pemerintahan;
  • Ekonomi; dlsb.
Baca Juga :  Cara Memindahkan Kontak Ke Gmail di Hp Android & IOS

Terdapat beberapa manfaat yang dapat Anda temukan pada bidang-bidang tersebut setelah mengadaptasi teknologi komunikasi virtual. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

Mengeliminasi Waktu dan Biaya Tempuh

Pertemuan virtual dapat berjalan dari berbagai tempat berbeda tanpa perlu berada di lokasi yang sama. Sehingga terdapat alokasi waktu lebih efisien. Dukungan ini juga menjadi pendorong agar pertemuan dapat berjalan lebih disiplin pada berbagai lembaga.

Hal tersebut berdampak juga pada kebutuhan biaya transportasi. Biaya tersebut sebelumnya harus tersedia untuk menuju lokasi pertemuan. Dalam model pertemuan virtual, berbagai lembaga dapat memangkas biaya tersebut bagi karyawan dan anggota di dalamnya.

Beraktivitas di Tengah Pandemi

Meski tidak dapat Anda terapkan secara mutlak di semua bidang, komunikasi virtual dapat menjadi solusi sementara aktivitas di tengah pandemi. Salah satunya di pemerintahan dan pendidikan.

Berbagai sektor pemerintahan menerapkan konsep kerja jarak jauh dan mandiri untuk pegawainya. Sementara untuk kebutuhan koordinasi, pemerintah menggunakan perangkat komunikasi virtual seperti Google Meet.

Hal serupa juga terjadi di lingkungan pendidikan dengan penerapan sekolah dari rumah. Beberapa bisnis bahkan menjadikan model kerja jarak jauh tetap berjalan setelah kebijakan seputar pandemi melonggar.

Tentang Google Meet

Google Meet merupakan teknologi layanan komunikasi virtual yang berkembang di bawah naungan Google. Seperti berbagai layanan serupa, Google Meet juga tumbuh pesat di momen pandemi Covid-19.

Google Meet tumbuh menjadi solusi komunikasi dan koordinasi di berbagai bidang. Layanan Google Meet juga terkenal dengan akses yang stabil dan efisien. Berbagai fungsi Google Meet bahkan bisa Anda gunakan dari smartphone lawas sekalipun.

Pasalnya layanan ini dapat Anda gunakan di platform desktop dan smartphone dengan sama baiknya. Selain itu, layanan Meet juga dapat Anda gunakan tanpa menginstal aplikasi tambahan.

Fitur Google Meet

Terdapat beberapa fitur yang dapat Anda gunakan pada layanan Google Meet. Seluruh fitur Google Meet tersebut dapat Anda gunakan secara gratis.

Anda hanya membutuhkan perangkat smartphone atau desktop dan Akun Google untuk mengakses seluruh fitur Google Meet. Adapun ulasan fitur-fitur tersebut adalah sebagai berikut.

Membuat Meeting

Sebagai fitur utama, Anda dapat membuat meeting atau pertemuan virtual dengan layanan Google Meet. Terdapat dua mode yang dapat Anda pilih pada pengaturan ini.

Baca Juga :  Cara Membuat Link Google Meet

Meeting Instan

Anda dapat membuat meeting instan di halaman depan Google Meet. Dengan fitur ini, Anda dapat memulai meeting kapanpun dan membagikan link sebagai akses utama pertemuan.

Menjadwalkan Meeting

Apabila Anda memiliki jadwal spesifik untuk menggelar pertemuan virutal, Anda dapat mengatur meeting dengan jadwal. Fitur ini juga dapat terkoneksi dengan Google Calendar.

Membagikan Tampilan Layar

Di dalam Google Meet, Anda juga dapat membagikan tampilan layar komputer atau perangkat lain. Fitur ini dapat Anda menfaatkan untuk memandu jalannya diskusi dengan lebih jelas.

Dukungan tampilan visual dapat membantu menyamakan persepsi antara peserta diskusi. Bagi kebutuhan pendidikan, fitur ini menjadi fungsi yang sangat bermanfaat untuk guru dan siswa.

Mengundang Orang ke Dalam Pertemuan

Anda dapat mengundang lebih banyak orang untuk dapat menghadiri pertemuan. Pada versi sederhana, Anda bisa langsung membagikan link ruang meeting untuk memberi akses.

Dalam kebutuhan formal, Anda bisa mengundang setiap calon peserta melalui undangan email. Pengaturan fitur ini hanya tersedia pada Google Meet yang memanfaatkan Google Calendar.

Berdiskusi Dengan Fitur Obrolan

Di dalam Google Meet, terdapat fitur obrolan sederhana selama pertemuan berjalan. Fitur ini serupa dengan aplikasi perpesanan lainnya. Namun fitur ini hanya tersedia selama pertemuan berjalan dan tidak memiliki dokumentasi khusus setelahnya.

Sebab fitur obrolan dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan diskusi di dalam pertemuan. Khususnya kebutuhan sesi tanya-jawab dengan jumlah peserta yang lebih banyak.

Dalam forum yang lebih besar, bertanya melalui fitur audio tentu akan cukup merepotkan. Khususnya dalam urutan penanya diskusi. Sehingga fitur obrolan ini dapat sangat membantu.

Whiteboarding

Fitur whiteboarding merupakan fungsi kanvas yang dapat diakses seluruh peserta diskusi. Dengan fitur tersebut, setiap peserta dapat bertukar gagasan secara visual di ruang yang sama.

Fungsi ini juga memungkinkan penyimpanan hasil kolaborasi setelah pertemuan selesai. Sehingga setiap peserta dapat memiliki catatan yang sama dari hasil diskusi.

Cara Membuat Meeting Dengan Google Meet

Apabila memenuhi kebutuhan penggunaan, setiap orang dapat Membuat ruang meeting dalam Google Meet. Adapun kebutuhan dasar tersebut adalah perangkat komputer/smartphone, koneksi internet, dan Akun Google.

Baca Juga :  Cara Membuat 1000 Akun Gmail

Setelah memiliki ketiga perangkat dasar tersebut, Anda dapat membuat ruang di Google Meet dengan beberapa langkah berikut ini.

  • Buka halaman Google Meet di link berikut; dan
  • Klik tombol ‘New Meeting’.

Terdapat tiga pilihan utama setelah Anda menekan tombol tersebut. Adapun penjelasan untuk masing-masing pilihan tersebut adalah sebagai berikut.

Create a Meeting for Later

Tombol untuk membuat ruang pertemuan instan yang dapat Anda akses pada waktu selanjutnya. Tekan tombol tersebut apabila Anda belum memiliki rencana waktu yang spesifik.

Setelah menekan tombol tersebut, Anda akan mendapatkan pesan pop-up berisi link Google Meet. Salin link tersebut untuk akses utama ruang pertemuan di waktu yang akan datang.

Link tersebut juga dapat Anda bagikan ke berbagai pihak sebagai metode akses ke dalam ruang pertemuan virtual.

Start an Instant Meeting

Tombol ‘Start an Instant Meeting’ berfungsi untuk membuat ruang pertemuan virtual secara langsung. Dengan menekan tombol tersebut, Anda akan diarahkan ke ruang meeting virtual yang baru saja dibuat.

Untuk mengundang orang lain, Anda dapat membagikan link ruang meeting sebagai undangan digital. Anda dapat membagikan link di media sosial ataupun media privat yang Anda kehendaki.

Schedule in Google Calendar

Tombol ‘Schedule in Google Calendar’ akan mengarahkan Anda membuat agenda pertemuan melalui Google Calendar. Di dalamnya, Anda akan menemukan beberapa fitur pengaturan yang lebih detail.

Dalam pengaturan tersebut, Anda dapat menentukan beberapa komponen, antara lain:

  • Nama pertemuaan (judul);
  • Lokasi utama pertemuan;
  • Jadwal;
  • Deskripsi;
  • Undangan; dlsb

Hasil pengaturan tersebut dapat Anda kirimkan sebagai undangan resmi ke alamat email calon peserta. Setiap penerima dapat mengakses ruang meeting dari email tersebut.

Cara Masuk ke Google Meet

Apabila Anda menerima undangan pertemuan virtual, Anda dapat menekan link Google Meet tersebut sebagai akses utama. Setelah menekan link, Anda akan menuju halaman persiapan sebelum masuk ke ruang meeting.

Di halaman tersebut, Anda dapat mengatur terlebih dulu beberapa informasi, antara lain:

  • Akun email yang Anda gunakan;
  • Status mikrofon dan kamera;
  • Latar belakang tampilan; dlsb.

Pengaturan tersebut dapat Anda tentukan secara khusus sesuai kebijakan penyelenggara. Khususnya pada pertemuan formal yang memerlukan beberapa persiapan. ***

Leave a Comment