Cara Menghapus Gmail Permanen Dengan Mudah

Cara Menghapus Gmail Permanen Dengan Mudah– Bagi pengguna smartphone, keberadaan gmail sudah tidak asing lagi. Hampir setiap smartphone mempunyai beberapa akun gmail baik untuk kepentingan pribadi maupun bisnis.

Setelah lama menggunakan akun gmail, mungkin anda ingin mengganti dengan akun gmail baru. Atau mungkin akun gmail sudah tidak diperlukan lagi. Sehingga, untuk mengatur banyaknya akun gmail pada smartphone.

Anda ingin menghapus akun- akun gmail tersebut secara permanen. Bisakah kita menghapus akun gmail? Jawabannya tentu saja bisa. Nah, pada ulasan berikut akan membahas mengenai cara menghapus Gmail permanen dengan mudah. Yuk Simak dengan baik.

Menghapus Akun Gmail Secara Permanen

Menghapus akun gmail secara permanen berarti menghilangkan akun gmail yang dimaksud selamanya. Artinya, akun gmail tersebut tidak dapat kita gunakan lagi. Proses penghapusan ini dapat anda lakukan ketika sudah tidak memerlukan akun gmail tersebut.

Pada beberapa keadaan, misalnya anda akan menjual smartphone. Dan akun gmail tersebut tidak akan anda gunakan lagi. Maka, anda harus menghapus akun Gmail tersebut selamanya. Nah,apa yang akan terjadi jika anda menghapus akun Gmail secara permanen?

Apa Saja yang Terjadi Setelah Menghapus Gmail Permanen?

Saat hendak menghapus akun Gmail. Anda memang harus berpikir dengan matang. Pasalnya, akun Gmail yang dihapus secara permanen tidak bisa dipulihkan atau dikembalikan. Anda dapat mempertimbangkan hendak menghapus akun Gmail sementara atau selamanya.

Baca Juga :  Cara Memindahkan Kontak Ke Gmail di Hp Android & IOS

Apa saja yang akan terjadi jika kita menghapus Gmail? Pertama, akses terhadap e-mail dan setelan e-mail akan terhapus dari smartphone. Sehingga semua pesan yang masuk dan keluar  pada alamat Gmail tidak akan bisa anda lihat lagi.

Dengan menghapus akun Gmail selamanya, anda juga tidak bisa login menggunakan alamt e-mail tersebut. Semua data yang tersimpan dalam Gmail tersebut akan  terhapus secara otomatis.

Kedua, dengan menghapus akun Gmail anda tidak akan bisa lagi mengirim dan menerima surel menggunakan alamat e-mail tersebut. Walaupun begitu, alamat gmail yang telah anda hapus secara permanen tidak akan bisa digunakan lagi oleh orang lain.

Jadi, anda tidak perlu khawatir dengan nama alamat e-mail yang persis sama di kemudian hari. Sebab, alamat e-mail tersebut tidak akan bisa digunakan lagi.

Cara Menghapus Akun Gmail Permanen

Bagaimana cara menghapus akun Gmail secara permanen? Menghapus akun Gmail dapat anda lakukan secara permanen maupun sementara. Menghapus akun Gmail permanen memberikan dampak pada hilangnya akses terhadap Gmail dan tidak dapat anda pulihkan lagi.

Langkah Pertama : Download Data Sebelum Menghapus Akun Gmail

Menghapus akun Gmail secara permanen akan menyebabkan hilangnya semua data- data yang terdapat dalam akun Gmail tersebut. Jika anda masih memerlukan data pada akun Gmail tersebut. Anda dapat mendownload data yangterdapat dalam akun sebelum menghapus Gmail secara permanen.

Cara ini termasuk salah satu kegiatan mengarsipkan data sehingga, data- data tersebut tidak akandihapus dari server Google. Nah, adapaun caranya anda dapat menggunakan link download melalui e-mail, drive, dropbox, box, dan lain sebagainya. Untuk mengamankan data- data pada akun.

Langkah Kedua : Buka Aplikasi Setelan

Jika data- datadalam akun Gmail telah anda simpan dengan aman. Selanjutnya, lakukan penghapusan akun. Adapun langkah pertama yaitu dengan membuka aplikasi ‘Setelan’ atau ‘Pengaturan’ pada smartphone android.

Baca Juga :  Cara Sinkron Kontak Ke Gmail

Apabila anda hendak menghapus akun Gmail menggunakan komputer bukalah browser seperti chrome kemudian masuk ke halaman akun Google yang berisi alamat Gmail yang akan anda hapus. Sedangkan, jika anda hendak menghapus akun Gmail pada iphone maupun ipad.

Bukalah aplikasi Gmail. Lalu klik ikon foto profil pada sebelah kanan atas. Jika tidak menggunakan aplikasi Gmail, maka bukalah akun Google yangberisi Gmail tersebut pada browser.

Langkah Ketiga : Pilih Data & Privasi

Langkah ketiga, klik ‘Data dan Privasi’.Pada bagian data dan privasi ini berisi beberapa data yang meliputi opsi data dan privasi, iklan yang anda lihat, data yang tersimpan pada akun Google, info yang anda bagikan, serta aplikasi atau layanan Google yang anda gunakan.

Kemudian scroll kebawah. Ketuk ‘Data dari aplikasi dan Layanan yang Anda Gunakan’. Bagian ini berisi konten yang berkaitan dengan aplikasi serta layanan yang terhubung pada akun Google. Salah satu contohnya adalah layanan Gmail.

Langkah Keempat : Hapus Layanan Google (Gmail)

Nah, untuk menghapus akun Gmail selamanya. Pada bagian ‘Data dari aplikasidan layanan yang Anda Gunakan’ pilihlah bagian ‘Download atau Hapus Data Anda’. Kemudian ketuk ‘Hapus Layanan Google’.

Saat hendak mengakses layanan Google yang hendak anda hapus mungkin akan memerlukan login ulang. Sehingga, jangan lupa untuk mengingat username dan password akun Google. Setelah melakukan re-login, anda akan melihat beberapa layanan Google yang terhubung dengan akun Google anda.

Untuk menghapus Gmail selamanya, carilah ikon Gmail. Kemudian Klik tanda hapus pada bagian samping layanan Gmail tersebut.

Langkah Kelima :Lakukan Verifikasi

Setelah akun Gmail berhasil terhapus dari akun Google anda. Anda harus memasukkan alamat e-mail verifikasi. Jadi, sebelumnya siapkan alamat e-mail untuk verifikasi.Kemudian masukkan alamat e-mail tersebut pada kolom yang tersedia lalu kirim email verifikasi.

Baca Juga :  Cara Membuat Gmail Baru di Hp dan PC, Cuma 5 Menit

Alamat E-mail tersebut tidak boleh berupa alamat G-mail. Artinya, anda harus menggunakan alamat e-mail yang lain.Dengan begitu, alamat Gmail yang anda hapus akan terhapus secara permanen. Apabila anda tidak melakukan verifikasi tersebut, maka alamat Gmail dalam akun Google tidak akan terhapus. Kecuali anda telah memasukkan alamat E-mail baru serta mengirimkan verifikasi.

Apakah Menghapus Akun Gmail juga Menghapus Akun Google?

Apakah menghapus Akun Gmail tersebut akan menghapus seluruh akun Google?Jawabannya tentu tidak. Ketika melakukan penghapusan Akun Gmail, maka yang paling terdampak adalah data- data dan dokumen yang berhubungan dengan akun Gmail tersebut.

Penghapus akun Gmail hanya menghapus layanan yang diberikan oleh Gmail. Bukan menghapus keseluruhan akun Google pada smartphone anda. Layanan seperti google play serta pembelian pada akun Google tidak akan terpengaruh oleh penghapusan akun Gmail tersebut.

Menghapus layanan Gmail tentunya sangat berbeda dengan menghapus akun Google. Meskipun begitu, menghapus layanan Gmail akan berimbas pada hilangnya data- data yang tersimpan menggunakan alamat Gmail tersebut.

Itulah sebabnya,mengapa pada cara menghapus Gmail permanen ini. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mengunduh atau mendownload data yang ada dalam alamat Gmail. Hal tersebut bertujuan melindungi data-data yang mungkin anda butuhkan pada masa mendatang.

Data- data tersebut akan tersimpan pada server Google dengan aman. Data tidak akan terhapus, kecuali anda menghapus akun Google atau menghapus link arsip secara spesifik.

Penutup

Demikian mengenai cara menghapus Gmail secara permanen atau selamanya dengan mudah. Sebaiknya, anda mempertimbangkan sebelum berencana untuk menghapus akun Gmail. Akhir kata, semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima Kasih.

Leave a Comment