Cara Menyalakan 2FA Google dengan Mudah

Di era digital ini menjaga keamanan adalah hal yang sangat penting karena sudah maraknya kejahatan-kejahatan secara online. Maka dari itu gunakan keamanan 2FA oleh Google dengan mengikuti cara menyalakan Google yang kami berikan di halaman ini 2FA.

Keamanan 2FA merupakan suatu hal yang sangat penting khususnya pemilik akun dengan memiliki data yang sangat penting. Biasanya pemilik akun dengan data yang sangat penting adalah memiliki data keuangan yang cukup banyak dan harus menjaga privasi data pengguna lain.

Alasan Harus Menyalakan 2FA Google

Ada alasan kuat kenapa kita semua harus menggunakan 2FA Google authenticator. Jika tidak menggunakan hal ini kemungkinan-kemungkinan yang terjadi adalah kebobolan akun. Alasannya adalah sebagai berikut:

  • Memiliki tingkat keamanan yang tinggi Dika login harus melakukan verifikasi bisa melalui OTP SMS maupun kode selalu ter refresh setiap 60 detik.
  • Bisa dilakukan secara offline dan tidak harus tersambung koneksi internet.
  • Menyalakan 2FA Google authenticator menjadi lebih praktis dan bisa digunakan untuk banyak akun secara bersamaan.
  • Cara penggunaan yang sangat mudah itu cukup membuka Google authenticator maka tersedia kode OTP secara otomatis.
  • Penggunaan secara gratis dan tidak terbatas tanpa ada batasan sedikitpun.

Setelah mengetahui beberapa alasan penting kenapa kita harus menyalakan 2FA atau Two Factor Authentication, langkah selanjutnya adalah proses mengaktifkannya.

Baca Juga :  Inilah, Cara Ganti Nomor Akun Google Mudah !!

Cara Menyalakan 2FA Google

Dalam proses menyalakan authenticator 2FA Google sebenarnya sangat mudah namun untuk melakukan verifikasi ini setiap perusahaan atau layanan memiliki prosedur yang berbeda-beda.

Karena pada pembahasan ini adalah pembahasan yang global yang mana anda bisa mempraktekkan di setiap situs perusahaan atau aplikasi untuk menyambungkan 2FA Google. Langsung saja simak berikut caranya:

Download Google Authenticator

Sebagai tahap awal yaitu melakukan download aplikasi Google Authenticator di Google Play Store. Pengguna iPhone silahkan saja cari di app Store.

Buka dan Akses Situs atau Aplikasi yang Disambungkan dengan Google 2FA

Sebagai contoh di sini anda ingin menyalakan 2FA Google ke akun keuangan/saldo. Pastikan anda sudah terdaftar ke aplikasi atas situs tersebut dan terverifikasi sebagaimana mestinya.

Masuk ke Pengaturan Verifikasi 2FA

Setelah terinstal silahkan login dan masuk ke pengaturan yang mana pengaturan itu untuk menambahkan atau menyambungkan autentikasi verifikasi 2FA. Jika di aplikasi atau situs tersebut tidak terdapat pengaturan hal ini berarti Anda tidak bisa melanjutkan panduan ini.

Menyalakan 2FA Google

Anggap saja situs atau aplikasi tersebut memiliki fitur 2f Google jadi sampai langkah ini silahkan aktifkan atau centang verifikasi kode 2FA Google.

Ketika menyalakan 2FA Google ini pasti anda mendapatkan kode yang cukup panjang atau QR barcode. Pilih salah satu saja.

Menambahkan Kode Baru di 2FA Google

Sekarang minimize aplikasi atau browser tersebut dan buka kembali aplikasi Google authenticator atau pengesahan Google. Silahkan ketuk ikon plus (+) dan pilih salah satu kode yang Anda putuskan tadi yaitu melalui kode panjang atau barcode.

Cara Cek 2FA Google Sudah Terpasang dengan Benar

Pada tahap ini seharusnya proses menyalakan 2FA Google sudah berhasil. Sekarang silahkan cek Apakah sudah berjalan dengan benar atau tidak.

Baca Juga :  Record Google Meet: Cara Rekam Tanpa Aplikasi

Sekarang tutup aplikasi atau situs yang ingin anda sambungkan dengan Google 2FA kemudian buka kembali. Itu muncul notifikasi kolom untuk mengisi kode verifikasi Google 2FA.

Buka aplikasi Google authenticator kemudian tahan beberapa detik untuk menyalin kodenya. Setelah itu buka aplikasi atau situs tadi dan silahkan paste kemudian login.

Leave a Comment