Cara Promosi di Facebook Gratis

Apakah ada cara promosi di Facebook secara gratis? Bagi kamu yang bertanya-tanya akan hal ini, berarti kamu sedang berada pada tempat yang tepat. Karena pada pembahasan ini akan dijelaskan bagaimana cara melakukan promosi secara gratis di Facebook.

Facebook merupakan salah satu media sosial terbesar dunia yang ada pada saat ini. Pengguna media sosial ini sangatlah banyak termasuk di Indonesia sendiri. Hal ini tentu membuat Facebook menjadi salah satu wadah promosi yang bagus untuk kamu gunakan.

Jika menggunakan Facebook sebagai wadah promosi, kamu tidak perlu lagi susah-susah mencari pelanggan. Hal itu karena Facebook sendiri sudah memiliki ribuan pengguna. Apabila kamu membuat postingan yang banyak orang suka, maka postingan tersebut nantinya akan Facebook rekomendasi ke pihak lain.

Tentunya cara ini sangat menguntungkan bagi kamu pelaku usaha online, karena bisa melakukan promosi secara gratis di Facebook. Akam tetapi cara melakukan promosi gratis di Facebook ini tidak banyak orang yang tahu. Bahkan ada juga yang beranggapan bahwa melakukan promosi fi Facebook itu membutuhkan banyak uang.

Sebab itu bagi kamu yang ingin mengetahui cara promosi di Facebook secara gratis silahkan simak pembahasan berikut ini.

Cara Promosi di Facebook Secara Gratis

Promosi merupakan salah satu upaya pemasaran produk agar dilihat oleh banyak orang. Tanpa melakukan promosi, biasa suatu produk akan lebih lambat laku. Apalagi bagi kamu pelaku bisnis online yang mana tidak melihat konsumen target secara langsung.

Metode promosi online sebanarnya sama dengan promosi offline. Akan tetapi banyak yang tidak paham cara kerjanya, sehingga memutuskan untuk melakukan iklan berbayar.

Baca Juga :  Cara Menggunakan Facebook Watch, Platform Terbaru Facebook

Padahal pada era digital ini, keberadaan media sosial sudah cukup kamu jadikan sebagai wadah promosi. Enaknya lagi kamu juga bisa melakukan promosi itu secara gratis. Lalu bagaimana caranya? Berikut cara promosi di Facebook gratis..

  1. Menggunakan Akun Pribadi

Cara promosi di Facebook gratis pertama yang bisa kamu lakukan ialah dengan memanfaatkan akun pribadi. Untuk saat sekarang ini, Facebook memperolehkan setiap akun pribadi untuk memiliki teman hingga 5.000. jumlah tersebut tentunya sangat potensial jika kamu gunakan sebagai wadah promosi.

Bagi kamu yang memiliki jumlah pertemanan banyak oada akun Facebook, tidak ada salahnya memanfaatkan hal tersebut sebagai media promosi gratis. Akan tetapi ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan, salah satunya dalam membuat postingan.

Akun pribadi pada dasarnya sedikit kurang bagus dijadikan sebagai wadah promosi. Hal tersebut berkaitan dengan aturan Facebook mengenai spam. Namun kamu bisa menghindari hal tersebut asal melakukan promosi yang baik pada akun pribadi.

Promosi yang baik itu ialah dengan tidak membuat banyak postingan dalam satu waktu atau membuat postingan yang mengganggu pengguna lain. Apabila kamu menerapkan hal tersebut, maka penggunaan akun pribadi sebagai media promosi gratis bisa kamu lakukan.

  1. Menggunakan Halaman Facebook

Halaman Facebook merupakan bagian lain yang tidak terpisahkan dari aku pribadi. Kamu dapat memanfaatkan halaman Facebook ini untuk membuat akun khusus dalam akun pribadi.

Keberadaan halaman Facebook yang terpisah dengan akun pribadi tentu membuka peluang bagi pengguna. Kamu bisa memanfaatkan halaman ini sebagai toko dan media promosi secara gratis. Keuntungan dari penggunaan halaman Facebook ialah tidak adanya batasan pengikut.

Bukan itu saja, kamu juga bisa membuat halaman menggunakan nama brand produk sendiri sehingga terkesan lebih profesional. Halam Facebook ini juga bisa kamu hubungkan dengan WhatsApp, Facebook bisnis, dan iklan berbayar.

  1. Menggunakan Grup Facebook

Sama dengan halaman, grup juga bisa kamu manfaat sebagai tempat promosi gratis.

Baca Juga :  Cara Berjualan di Facebook Marketplace 100% Laris Manis

Ada sedikit kelebihan apabila menggunakan grup Facebook dibandingkan halaman yaitu kamu bisa bergabung langsung kedalam grup yang sudah banyak anggotanya.

Berbeda dengan halaman yang mana hanya pemilik saja yang bisa memposting sesuatu. Pada grup semua anggota bisa membuat postingan. Akan tetapi ada beberapa grup yang menerapkan sistem moderasi postingan. Hal tersebut mengharuskan anggota grup untuk mendapatkan persetujuan admin sebelum postingannya publis.

Akan tetapi kamu tidak perlu khawatir karena tidak semua grup menerapkan hal tersebut. Apabila kamu masuk grup yang menerapkan hal tersebut sebenarnya tidak masalahnya juga. Andalkan kamu memposting sesuatu hal yang tidak melanggar ketentuan Facebook dan grup, maka postingan tersebut pasti akan admin grup setujui.

Cara promosi di Facebook gratis menggunakan grup ini sebenarnya cukup mudah. Kamu hanya perlu bergabung kedalam grup yang sesuai dengan produk jualan. Sebisa mungkin carilah grup yang memiliki banyak anggota serta aktif. Jika sudah menemukan dan bergabung, kamu cukup membuat postingan dalam grup itu saja.

Akan tetapi jangan sesekali membuat postingan yang melanggar atau spam. Karena hal tersebut bisa mengakibatkan kamu dikeluarkan dari dalam grup. Lakukan promosi dengan santai, 2 postingan perhari itu sudah cukup untuk menarik perhatian.

  1. Menggunakan Marketplace Facebook

Fitur yang satu ini memang sengaja Facebook luncurkan untuk pelaku bisnis online. Marketplace Facebook ini sama dengan marketplace pada umumnya seperti shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan lainnya.

Keberadaan marketplace pada aplikasi Facebook ini tentu membuka peluang bagi pengguna Facebook selaku pembisnis online untuk melakukan promosi secara gratis. Cara melakukan promosi menggunakan marketplace ini juga tergolong mudah karena kamu hanya perlu membuat postingan produk dalam marketplace.

Sebaiknya kamu memberikan keterangan yang lengkap ketika mengupload produk di marketplace Facebook. Hal itu bertujuan agar produkmu lebih mudah pengguna lain temukan.

Baca Juga :  Cara Menghapus Akun Iklan Facebook

Sistem kerja marketplace Facebook sendiri ialah lebih mendahulukan produk terdekat. Sehingga pemberian keterangan lengkap pada produk menjadi salah satu faktor penentu larisnya produk yang kamu jual.

Akan tetapi marketplace Facebook ini memiliki sedikit kelemahan yaitu pihak Facebook tidak mengawasi sistem pembayaran. Sesuai dengan tujuannya, marketplace ini hanya berfungsi untuk mempertemukan dua pengguna Facebook yang saling membutuhkan. Dalam artian marketplace Facebook ini lebih menekankan COD ketika melakukan jual beli.

Akan tetapi kamu dapat mensiasati kekurangan tersebut dengan memanfaatkan e walet yang ada pada saat sekarang. Dengan demikian kamu dapat berjualan produk pada market Facebook secara online tanpa takut ditipu atau mengalami kerugian.

Tips agar promosi produk di Facebook agar cepat laris

Sebenarnya Facebook memiliki algoritma yang mana akan merekomendasikan sebuah postingan kepada peminat-peminat tertentu. Akan tetapi ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar promosi gratis yang kamu kerjakan berjalan maksimal.

Apa sajakah tips tersebut? Berikut tips promosi produk di Facebook gratis agar banyak peminat.

  1. Rutin update produk, usahakan untuk selalu update produk yang kamu jual dan lakukan postingan pada jam-jam kosong.
  2. Buat konten menarik, menyajikan konten menarik merupakan salah satu teknik dalam menjangkau peminat baru.
  3. Kombinasikan beberapa teknik di atas, kamu dapat memaksimalkan promosi gratis dengan mengkombinasikan beberapa teknik di atas seperti membagikan postingan halaman ke dalam grup.

Itulah cara promosi di Facebook gratis yang bisa kamu manfaatkan ketika ingin mendapatkan pelanggan. Perlu kamu ketahui Facebook memiliki algoritma yang mana akan merekomendasikan sebuah postingan yang mendapatkan banyak respon pengguna. Cewek itu penting bagi kamu pelaku bisnis untuk membuat postingan yang menarik minat orang lain agar lebih direkomendasikan oleh pihak Facebook.

Leave a Comment