Cara Registrasi Kartu Smartfren Pengguna Baru atau Pengguna Lama

Sedang cari cara registrasi kartu Smartfren? Tidak hanya satu, ternyata ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan registrasi kartu provider yang banyak digunakan oleh masyarakat luas ini.

Uniknya, Smartfren memiliki metode atau cara registrasi yang berbeda dengan jenis provider lainnya. Smartfren menyediakan cara daftar kartu baru dengan menggunakan layanan langsung di aplikasi resmi MySmartfren.

Cara yang digunakan bisa disesuaikan dengan kemauan atau kondisi perangkat yang digunakan saat hendak registrasi kartu. Mulai dari registrasi menggunakan cara dial up kode tertentu, SMS, hingga registrasi lewat aplikasi, semua bisa kamu pilih sendiri.

Kapan Registrasi Kartu Perlu Dilakukan?

Pahami dulu ada beberapa waktu krusial yang perlu dipertimbangkan untuk melakukan registrasi kartu sebuah provider. Termasuk provider Smartfren, kamu bisa mempertimbangkan saat-saat berikut untuk langsung melakukan registrasi kartu.

1. Sesaat Setelah Membeli Kartu Baru

Tentunya sesaat kamu telah memberi kartu baru kamu perlu melakukan registrasi kartu. Dalam hal ini kamu bisa langsung menggunakan cara registrasi kartu Smartfren baru. Ada banyak metode atau cara yang bisa digunakan untuk langsung registrasi kartu Smartfren baru yang kamu miliki.

Mulai dari SMS, telepon, hingga menggunakan aplikasi resmi bisa dipilih sesuai dengan kemauan. Langsung siapkan KK dan KTP untuk melakukan registrasi. Bila ingin mudah, kamu bisa langsung menghubungi CS atau minta didaftarkan pada gerai dimana kamu membeli kartu baru.

Baca Juga :  3 Cara Mengaktifkan Hotspot iPhone dan Solusinya Jika Tidak Berhasil

2. Saat Mendapat Himbauan untuk Registrasi Ulang Pengguna Lama

Registrasi juga perlu dilakukan bila kamu memiliki peran sebagai pengguna lama. Pada umumnya, registrasi ulang ini dilakukan oleh manajemen perusahaan untuk memastikan data pengguna di sistem terbaru yang diterapkan perusahaan.

Karenanya saat kamu mendapat notifikasi ini perlu langsung melakukan registrasi ulang agar data penggunaan tidak hilang. Pahitnya, jangan sampai kartu aktif yang digunakan mendadak jadi tidak aktif karena hal sepele.

3. Saat Ingin Mengubah, Mengurangi, atau Menambah Data

Terakhir, kamu perlu melakukan registrasi, termasuk prosedur registrasi ulang, saat ingin mengubah, mengurangi atau menambah data yang sudah  terlanjur terdaftar pada sistem. Untuk melakukan registrasi jenis ini kamu perlu tahu format khususnya.

Format yang ditetapkan oleh pihak provider tidak begitu berbeda jauh. Namun karena tidak berbeda jauh, kamu perlu teliti dalam penulisannya bila menggunakan cara registrasi menggunakan metode SMS. Jangan lupa juga pastikan data kartu berubah sesaat setelah proses selesai dilakukan.

Cara Registrasi Kartu Smartfren Pengguna Baru

Pengguna baru sebuah provider termasuk Smartfren tentu perlu melakukan registrasi untuk bisa mengakses berbagai layanan yang disediakan. Sebagai opsinya, kamu bisa memilih salah satu dari 5 cara registrasi berikut ini:

1. Registrasi Kartu Smartfren via SMS

Cara pertama yang bisa dicoba adalah registrasi kartu baru Smartfren via SMS. Kamu tidak perlu koneksi internet atau khawatir kehabisan kuota saat melakukan proses pendaftaran lewat SMS. Langkah yang perlu dilakukan di antaranya:

  • Buka fitur atau aplikasi SMS pada perangkat yang digunakan.
  • Langsung pilih opsi membuat pesan.
  • Ketik format registrasi berupa NIK#Nomor KK#.
  • Kirim pesan ke nomor 4444.

Pastikan nomor KK dan NIK yang dimasukkan benar dan berjumlah masing-masing 16 digit. Selanjutnya ikuti langkah registrasi sampai akhir hingga kartu Smartfren yang baru bisa digunakan untuk akses berbagai layanan yang disediakan.

Baca Juga :  4 Cara Cek Kuota XL Paling Mudah dan Praktis

2. Registrasi Kartu Smartfren via Website

Website resmi dari provider Smartfren juga bisa digunakan untuk melakukan registrasi kartu pengguna baru. Tidak kalah mudah untuk digunakan, kamu bisa langsung memastikan kartu aktif saat itu juga. cara registrasi kartu Smartfren via web yang perlu dilakukan diantaranya:

  • Buka laman pencarian, contohnya Google.
  • Langsung cari my smartfren pada tab pencarian atau langsung salin link https://my.smartfren.com/prepaid_reg.php.
  • Pada tampilan utama akan muncul kolom data diri yang perlu diisi dengan data pribadi seperti halnya nomor kartu, email, No. KK hingga No. NIK.
  • Pastikan data yang telah di isi tepat.
  • Jika sudah yakin sesuai, pastikan kamu sudah mencentang kolom persetujuan ketentuan & syarat yang diberlakukan.
  • Masukkan format Kode Captcha yang muncul.
  • Klik opsi Lanjutkan.
  • Tunggu hingga proses registrasi selesai.

Notifikasi akan muncul saat proses telah selesai dilakukan sistem dan kartu sudah aktif dan bisa digunakan. Setelah prosesnya selesai dan memastikan kartu sudah aktif, kamu bisa langsung menutup laman web tersebut.

3. Registrasi Kartu Smartfren via Aplikasi MySmartfren

Aplikasi MySmartfren juga bisa digunakan untuk melakukan registrasi kartu yang baru digunakan. Berbeda dengan provider lainnya yang tidak bisa melakukan hal yang sama, kamu bisa mengikuti langkah registrasi kartu berikut ini:

  • Pastikan sudah download dan instal aplikasi MySmartfren yang asli di Play Store atau App Store.
  • Setelah terinstal, buka aplikasi dan langsung klik kolom registrasi.
  • Masukkan data berupa nomor baru, data diri dan data lain sesuai dengan kolom yang tertera.
  • Setelah memastikan data di isi dengan benar, kamu bisa klik Lanjut.
  • Tunggu proses registrasi selesai.

Bila tampilan sudah berubah, langsung ke laman utama atau pindah ke laman untuk log in maka bisa dipastikan kartu baru sudah teregistrasi dengan baik. Pastikan juga perangkat terkoneksi dengan internet terbaik saat melakukan registrasi.

Baca Juga :  Syarat dan Cara Daftar Gofood Gobiz 2022 Update

4. Registrasi Kartu Smartfren via Gerai Langsung

Bila ingin langsung meregistrasikan kartu lewat ahlinya, kamu bisa langsung menemui CS di gerai resmi. Kamu bisa dengan mudah menemukan gerai resmi dengan pegawai asli dari Smartfren untuk diminta melakukan proses registrasi dengan cepat dan tepat.

Jangan lupa untuk membawa data berupa KTP dan KK atau bisa berupa fotonya untuk proses pendaftaran. Proses registrasi akan dilakukan dengan cepat namun kamu perlu memastikan data yang diserahkan tetap aman dan tidak bocor.

5. Registrasi Kartu Smartfren via Telepon CS

Tidak hanya cara registrasi lewat SMS yang banyak diandalkan, registrasi dengan menghubungi langsung CS juga banyak jadi opsi pertama. Kamu bisa menggunakan cara ini bila ingin langsung mendaftarkan kartu baru tanpa perlu memasukkan data secara manual.

Langsung hubungi CS Smartfren yang resmi hanya di 021-50100000 atau 08811223344. Selain nomor di atas, pihak yang mengatasnamakan CS Smartfren patut dicurigai. Pastikan juga kamu telah menyiapkan data yang diperlukan untuk melakukan registrasi kartu.

Cara Registrasi Kartu Smartfren Pengguna Lama

Ada kalanya pengguna lama perlu melakukan registrasi ulang di periode tertentu. Ini dilakukan untuk menjaga ketetapan data pengguna yang masuk dalam sistem informasi rahasia provider Smartfren. Bagi kamu yang ingin melakukan registrasi ulang bisa menggunakan cara di bawah:

  • Buka aplikasi atau fitur pesan dalam perangkat.
  • Langsung ketik format registrasi ulang ULANG#NIK#Nomor KK#.
  • Bila data sudah sesuai kirimkan pesan ke nomor 4444.

Pemberitahuan lanjutan akan hadir dengan format balasan SMS pada kolom yang sama. Registrasi yang telah berhasil bisa dimanfaatkan untuk mengakses berbagai layanan terbaru yang disediakan langsung oleh Smartfren.

Cara registrasi kartu Smartfren memang beragam dan bisa digunakan sesuai dengan kemauan. Jangan lupa pastikan kartu telah aktif agar kamu bisa segera menggunakan berbagai layanan yang disediakan pihak provider.

Leave a Comment